Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 65712 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Juke Bachtiar
"Pada saat ini dunia perdagangan memiliki tingkat persaingan yang semakin tinggi. Persaingan ini mencakup semua aspek baik produk maupun jasa. Pada aspek produk mencakup pula produk-produk rumah tangga seperti misalnya mesin cuci.
Peran pemasaran sangatlah panting dalam memenangkan persaingan tersebut dengan menggunakan kiat-kiat pemasaran yang jitu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada konsumen.
Penelitian ini menemukan bahwa PT. Electrolux Indonesia mengatasi pesaingan perdagangan dengan melakukan program komunikasi yang menggunakan bauran promosi untuk berkomunikasi dengan konsumen. Dari semua bentuk bauran promosi yang ada, tidak semua dilakukan oleh PT. Electrolux Indonesia untuk mengkomunikasikan produk mereka, yaitu mesin cucu.
Dalam memasarkan produk mesin cuci, ada tiga bentuk bauran promosi yang paling ditekankan oleh PT. Electrolux Indonesia, yaitu advertising, sales promotion dan exhibitions. Sedangkan bentuk bauran promosi yang tidak terlalu banyak dilakukan oleh PT. Electrolux Indonesia adalah personal selling, direct marketing, packaging, dan corporate identity.
Personal selling tidak dilakukan oleh PT. Electrolux Indonesia berdasarkan kebijakan yang diambil oleh Electrolux di Stockholm pada tahun 1992 yang memutuskan untuk tidak menjual produk Electrolux secara door to door: Sedangkan tidak dilakukannya corporate identity didasari oleh keyakinan pihak perusahaan akan kekuatan brand Electrolux di masyarakat. Perusahaan merasa tidak perlu melakukan upaya yang terlalu besar dalam mengingatkan masyarakat akan brand Electrolux.
Satu hal yang juga ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk bauran promosi yang memiiiki peranan yang cukup penting yaitu word of mouth. Hal ini didasari oleh kepuasan konsumen atas kualitas produk dan baiknya layanan purna jual.
Sebagai kesirnpulan dari penelitian ini, program komunikasi yang dilakukan oleh PT. Electrolux Indonesia sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa penggunaan bauran komunikasi yang masih memerlukan peningkatan, misalnya corporate identity, personal selling dan interactive, internet dan multimedia marketing.
Sebagai rekomendasi akademis, perlu dilakukan lagi penelitian lebih lanjut mengenai temuan yang didapat dalam penelitian bahwa bauran pemasaran yang dipandang cukup penting untuk memasarkan produk mesin cuci, maupun produk high involvement Iainnya terdiri dari sales promotion, exhibition, advertising dengan personal."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T14075
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Taruna
"Dalam pemasaran daerah ada tiga perubahan besar di tingkat global, regional, dan nasional yang Sangat mempengaruhi perkembangan di berbagai daerah di Indonesia, perubahan tersebut adalah : Arus globalisasi investasi di berbagai Negara; Pemberlakuan perdagangan bebas di wilayah ASEAN dalam kerangka Asean Free Trade Area (AFTA); Penerapan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 jo. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah.
Berbagai perubahan besar tersebut memaksa berbagai pemerintah daerah maupun instansi pemerintah di Indonesia untuk menlnjau ulang pendekatan dan cara pandang dalam mengelola daerah dan pemasaran potensi daerah.
Dalam proses pemasaran daerah meliputi 4 (empat) elemen pendekatan yang dikenal dengan istilah bauran pemasaran (marketing mix), mengintegrasikan dan kombinasi yang baik antara produk, harga, saluran distribusi dan promosi daerah; dan dalam promosi dilakukan Iangkah-Iangkah komunikasi pemasaran dengan strategi pengunaan bauran promosi untuk terciptanya kekuatan 'pemasaran daerah; maka penulis tertarik untuk melakukan studi penelitian mengenai masalah ini.
Penulisan buku ini mengacu pada berbagai teori dl bidang pemasaran termasuk komunikasi pemasaran, juga teori komunikasi yang efektif meialui strategi / Iangkah-Iangkah komunikasi pemasaran. Tujuannya untuk mengetahui keterpaduan bauran pemasaran dan keterpaduan bauran promosi dalam pemasaran daerah Sukabumi. Metode penelitian melalui metode kasus dan bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui daftar pertanyaan dan wawancara mendalam (depth interview), juga studi dokumentasi yaitu studi terhadap dokumen-dokumen yang terkait dengan topik yang diteiliti, dan Studi kepustakaan atau literature khususnya mengenai komunikasi pemasaran dari buku-buku, jurnal, buklet, leaflet, laporan tahunan.
Adapun dalam merancang strategi pemasaran daerah Sukabumi mencakup proses antara lain pemetaan llngkungan eksternal-Internal, kemudian melaksanakan marketing mix yaitu bauran atau kombinasl dari apa yang ditawarkan daerah dan bagaimana tawaran itu disampaikan kepada pelanggan melalui komunikasi promosi yang dilaksanakan, dalam implementasinya komunikasi promosi mengalami kendala dengan data/informasi yang ada belum mampu menjawab atau memberikan data secara lengkap keinginan audiens sasaran, disebabkan belum jelasnya kewenangan daerah dalam pelayanan perizinan bagi calon investor, dan belum optimalnya akses informasi dari pusat ke daerah dalam hal kebljakan mengenai investasi; elemen harga bauran pemasaran, belum dapat berintegrasi dalam pemasaran potensi daerah, yang diakibatkan dari berbagal faktor yang dialami Kabupaten Sukabumi.
Dalam mengintegrasikan promosi, BKPPU melakukan kombinasi bauran komunikasi promosi antara lain: menggunakan iklan, yaltu kerap membeli jam tayang TV, dan menggunakan radio UPT ?RSPD", juga media cetak majalah ?Tandang" yang mempakan majalah pemda Sukabumi; Personal selling, yang merupakan salah satu Contact point dalam saluran penjualan Iangsung, sales personnya adalah pejabat struktural BKPPU yang berkompeten, terutama dari bidang promosi; juga digunakan Direct marketing, Internet dan online marketing, Publikasi, dan Sala promotion. Selain media yang dipilih dan dipakai di atas, sebagal sarana promosi Kbupaten Sukabumi seringkali menggunakan sarana promosi pameran. Pameran merupakan salah satu sarana promosi penjualan, juga penjualan personal. Melalui pameran dilaksanakan kegiatan- kegiatan presentasi, lobbying, dan lain-lain yang berhubungan dengan pemasaran daerah.
Bidang Promosi Daerah BKPPU Kabupaten Sukabumi melaksanakan promosi dan baru menggunakan beberapa alat promosi secara terpadu seperti ada keterkaitan pesan ikian di majalah ?Tandang", radio RSPD, spanduk-spanduk, juga personal selling dan salespromotion dengan sarana promosi kegiatan pameran. Alat/media promosi lainnya seperti internet pemda, televisi, radio 81. majalah swasta, penggunaannya belum optimal. BKPPU lebih sering menggunakan bauran promosi dalam media pameran, pameran mempunyal efektllitas yang tinggi, jangkauan ke investor/pelanggan juga sangat tinggi."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T21637
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Agustinus Christian Nugraha
"Karya akhir ini berisi tentang laporan yang ingin mengetahui bagaimana strategi marketing communication yang terdiri dari personal selling, advertising, special event, dan sales promotion dapat meningkatkan awareness konsumen, dan mendorong terjadinya keputusan terjadinya pembelian konsumen terhadap produk mobil Honda.
Dari hasil analisis yang penulis dapat setelah melakukan magang selama 3 bulan, menunjukkan bahwa marketing communication sangat berperan positif terhadap peningkatan awareness konsumen yang berdampak pada pembelian mobil Honda. Namun ada beberapa yang harus ditingkatkan seperti melakukan promosi pada saat akan dilakukannya special event dan training kepada sales person untuk meningkatkan personal selling yang lebih baik lagi.

This final paper contains reports intended to find out how communication marketing strategies consisting of personal sales, advertising, special events, and sales promotions can increase consumer awareness, and encourage the results of consumer purchases of Honda car products.
From the results of the analysis that can be done for 3 months, it shows that marketing communication is very positive towards increasing consumer awareness, which has an impact on purchasing Honda cars. But there are some that need to be improved such as doing promotions when going to do special events and training for sales people to increase better personal selling.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Shimp, Terence A.
Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2014
658.8 SHI k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Azizah Dewi Pratiwi
"ABSTRAK
Integrated Marketing Communication merupakan proses yang berorientasi pada pemangku kepentingan yang penting untuk diimplementasikan dalam tiap perusahaan, khususnya perusahaan jasa. Dari sudut pandang organisasi, terdapat empat dimensi yang mengkonstruksi integrated marketing communication yaitu konsistensi pesan, interaksi, berorientasi pada pemangku kepentingan, dan keselarasan organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis penerapan integrated marketing communication pada internal perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir JNE . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif, metode survei, dengan menyebarkan kuisioner ke 100 responden dengan non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan integrated marketing communication sangat baik pada internal perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir JNE di Tomang Raya.

ABSTRACT
Integrated Marketing Communication is a marketing strategies that optimise communication to stakeholder and also important to implement in every organization, especially service companies. From broad organizational approach, there are four dimensions that construct integrated marketing communication message consistency, interaction, stakeholder orientation, and organizational alignment. This research was conducted to analyse the application of the integrated marketing communication on internal PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir JNE . This research include quantitative approach, descriptive research, survey methods by spreading to 100 questionnaire respondents with non probability sampling and purposive sampling. The results findings that the application of the integrated marketing communication was really good on internal PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir JNE in Tomang Raya.
"
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hariman T. Zagloel
"ABSTRAK
PT SNP adalah salah satu dari 10 perusahaan kontraktor pameran di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1983. Perusahaan ini termasuk perintis sekaligus market leader sampai dengan tahun 1987, tetapi sejak hadirnya pesaing-pesaing baru keadaannya telah berubah. PT SNP kini menghadapi beberapa masalah diantaranya hilangnya beberapa pelanggan akibat persaingan yang semakin tajam. Harga sangat sensitif pada jenis pasar hazar, mengakibatkan sering terjadinya persaingan harga yang tidak sehat. Pada kelas menengah dan atas kualitas jasa dan produk merupakan prioritas utama bagi pelanggan. PT SNP telah melakukan strateji penurunan harga dan peningkatkan kualitas, namun demikian usaha ini nampak tidak efektif terlihat dengan terus menurunnya pangsa pasar perusahaan.
Penulis berkesimpulan bahwa PT SNP dalam melakukan stratejinya tidak di~ukung dengan bauran promosi/komunikasi pemasaran dengan tepat. Hal ini terjadi karena sasaran komunikasi pemasaran perusahaan tidak jelas. Dari pengamatan penulis PT SNP hanya menggunakan sarana promosi penjulaan melalui potongan harga sebagai andalan dalam persaingannya. Padahal promosi penjualan hanya efeketif dengan sasaran jangka pendek. Yang diperlukan PT SNP pada saat sekarang adalah usaha memperbaiki citra perusahaan terlebih dahulu dan sekaligus memperkenalkan jasa dan produknya pada pelanggan baru.
.
Penulis menyarankan agar PT SNP juga memperhatikan sarana komunikas pemasaran lainnya seperti penjualan pribadi, publisitas dan iklan. Selain itu disarankan PT SNP untuk meninggalkan pasar bazar secara pelan-pelan, karena sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan yang berorientasi dengan kualitas. Dengan demikian penjualan pribadi sangat perlu diperhatikan mengingat sasaran yang dituju adalah konsumen yang sangat kritis dengan pelayanan jasa dan produk. Unsur tenaga ahli sangat memegang peranan dalam hal ini, oleh karena itu disarankan PT SNP untuk melakukan pelatihan khusus bagi tenaga penjual yang sudah ada dan jika perlu dilakukan penambahan tenaga penjual baru yang profesional. Pada akhirnya strateji komunikasi pemasaran ini akan berhasil bila dapat dikelola dan dikoordinasi dengan baik. Manajemen PT SNP harus menempatkan kepala komunikasi pemasaran secara khusus yang bertanggungjawab kepada semua program komunikasi pemasaran perusahaan. Walaupun dalam prakteknya tidak semudah teorinya, bila program komunikasi pemasaran dilakukan dengan disiplin dan sungguh-sungguh sangatlah mungkin misi perusahaan dapat tercapai dengan baik.
"
1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kalista Adi Darmawan
"Dalam pasar yang penuh dengan kompetitor, pemasar harus merumuskan dan melaksanakan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Namun saat ini mendapatkan pelanggan saja tidak cukup, pemasar harus mampu menciptakan dan menjaga loyalitas pelanggan mereka agar dapat memenangkan persaingan. Sales promotion merupakan salah satu alat dalam komunikasi pemasaran terpadu yang tidak jarang digunakan oleh pemasar dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Sales promotion dinilai mempunyai keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan berbagai komunikasi pemasaran terpadu lainnya. Go-Jek, salah satu perusahaan e-hailing di Indonesia sering kali menjadikan sales promotion dalam strategi pemasarannya. Tulisan ini berusaha melihat peran sales promotion dalam menciptakan dan menjaga loyalitas pelanggan Go-Jek dengan cara menganalisis pelaksanaan sales promotion yang dilakukan Go-Jek. Analisis tersebut menunjukkan bahwa selain mampu untuk mendorong trial, re-purchase, dan meningkatkan pembelian, sales promotion juga memiliki dampak jangka panjang yang positif dalam menciptakan dan menjaga loyalitas pelanggan.

In this current market full of competitors, marketers must formulate and implement an effective marketing strategy. Now days, being able to get new customer is not enough. Marketers must be able to gain and retain customer loyalty so that they can win the competition. Sales promotion is a part of Integrated Marketing Communications (IMC) which often used in marketing strategies. Sales promotion has its own advantages compared to the other tools of IMC. Go-Jek is an e-hailing company that often uses sales promotion in its marketing strategy. This journal aims to see the role of sales promotion in creating and retaining Go-Jek's customer loyalty. The analysis shows that sales promotion not only is able to increase trial, re-purchase, and sales, but also has positive long term impact on creating and retaining customer loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Syahmenan
"Penelitian ini didasari dari konsep Customer Based Brand Equity Model yang menggambarkan proses penerapan aktivitas-aktivitas Branding untuk dapat membentuk Brand Equity yang kuat sehingga perusahaan dapat mempunya kesempatan untuk memperluas merek salah satu produknya. Dalam penelitian ini kasusnya adalah LCD TV LG. Pcnclitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptifi I-Iasil penelitian menyarankan agar pemegang merek dalam melakukan aktifitas branding hams mampu menciptakan keunikan sehingga dapat lebih cepat masuk di dalam benak audiens. Branding yang tepat dimana timbul resonansi di dalam hati dan pikiran konsumen. Ketika kondisi itu terjadi maka akan timbul Brand Equity yang kuat. Dan dampaknya adalah Brand Equity menciptakan nilai bagi konsumen dan juga bagi perusahaan yang berguna untuk perusahaan dalam strategi perluasan merek. Produk setelah perluasan merek harus dikomunikasikan dengan tepat salah satunya dcngan word of mouth dan juga iklan yang menarik sehingga timbul persepsi baik, sikap positifl dan kepercayaan konsumen terhadap merek yang pada akhirnya akan menimbulkan perubahan perilaku dan konsumen melakukan pembelian.

The Customer-Based Brand Equity model elicits the brand resonance in the mind and heart of consumers as the ultimate target of branding. Once such conditions established, the brand equity of the products branded is at its highest position. Through brand experiential, the curious brand seekers finally got satisfied in terms of wants, needs, and perceptions. The satisfied cormumers were then motivated to buy the brand, creating the company brand loyalty powerfully. The branding efforts reached one of its final goals, motivating the consumers to buy the company brand, not just the product brand. The study tends to be descriptive and analyzing the concepts of integrated marketing communication, branding, brand equity, and brand extension Concept analysis is performed through interpretative reading and cross-referencing to other definitions. Store branding placed in the forefront of the strategic main gate of exhibition has successfully exposed the brand visually in the eye of consumers and directly absorbed in to the mind and heart of the consumers. The repeated product brand name shouted out loud has successfully created some brand resonance through the ears of consumers. The visual and the hearings of product brand name has successfully created some level of desire for the consumers to experience the brand themselves. Once the curious consumers satisfied through brand experience, they became eager to own the brand, either product-wide or company-wide brand. Sales promotion efforts through branding and integrated marketing communication have reached beyond the expected sales target."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33889
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>