Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5222 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pohlmann, Ken C.
Indiana: Sams, 1989
621.389 3 POH p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cameron, Derek
Virginia: Reston, 1978
621.389 CAM a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wahidin Wahab
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang sistem perekam suara berbantuan komputer. Sistem dirancang untuk bekerja pada IBM PC/XT atau kompatibelnya.
Teknik modulasi yang digunakan dalam rancangan ini adalah teknik Modulasi Delta Adaptif. Bahasan mencakup teori dasar dari pengkodean sinyal suara sampai pada rancangan perangkat keras dan perangkat lunaknya. Prinsip kerja dari modulasi delta itu beserta pengaruh proses kuantisasinya.
Rancangan perangkat keras berbentuk kartu yang akan dipasang pada slot ekspansi komputer, dan terdiri dari dekoder-dekoder modulator delta, rangkaian pembangkit pulsa, rangkaian filter, rangkaian dekoder alamat dan rangkaian pelengkap lainnya. Rancangan perangkat lunaknya terdiri dari dua program utama, yang masing-masing berfungsi untuk merekam dan main-ulang. Program menggunakan bahasa rakitan 8088 (8088 assembly language). Dalam pembahasan perangkat lunak diberikan juga diagram-alir untuk kedua program."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Farhana
"Mengirim pesan yang bersifat rahasia rawan mengalami pencurian, penyalahgunaan dan tindak kriminal lainnya. Oleh karena itu, pengirim harus melakukan pengamanan pesan rahasia saat menyimpan sebelum pengiriman. Salah satu teknik pengamanan tersebut adalah steganografi. Steganografi merupakan teknik penyimpanan pesan dengan cara menyembunyikan pesan rahasia ke dalam suatu media yang bertujuan agar keberadaan pesan rahasia tidak dicurigai. Media yang digunakan adalah teks, citra digital, suara digital dan video.
Pada penelitian ini media yang digunakan adalah pesan suara digital sebagai pesan rahasia dan citra digital warna sebagai media penyembunyian dengan menggunakan dua metode Least Significant Bit (LSB), 1-LSB dan 2-LSB. Sebelum penyisipan, pesan suara digital dienkripsi dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan. Hasil dari implementasi algoritma selanjutnya digunakan untuk beberapa analisis.
Berdasarkan hasil analisis nilai PSNR, diperoleh nilai yang relatif tinggi yaitu sekitar 61.374 dB sampai 72.820 dB. Hal ini berarti stego image yang dihasilkan memiliki tingkat imperceptibility yang tinggi sehingga pesan rahasia sulit dideteksi.

Sending a secret message is vulnerable to theft, misuse and any other criminal acts. Therefore, the sender must secure secret message before sending it. One of the security techniques is steganography. Steganography is a technique of hiding a secret messages in other medium that is intended to make the existence of secret message is not suspected. The media that can be used are text, digital image, digital audio and video.
In this research, the media that is used as a secret message is digital audio and the media that is used to conceal the secret message is digital color image using two kinds of Least Significant Bit (LSB) method, 1-LSB and 2-LSB. Prior to the insertion process, digital audio message is encrypted with the aim to increase security. Results of the implementation of the algorithm is then used for some analysis.
Based on the results of PSNR value analysis, the values are relatively high, around 61.374 dB to 72.820 dB. It means the produced stego image has a high level of imperceptibility so the secret message is hardly detected.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2016
S62607
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjandra Satria Gunawan
"ABSTRAK
Pada era digital saat ini, penggunaan teknologi sudah menglobal, bertukar data merupakan hal yang biasa dan mudah dilakukan sehingga data rentan terhadap penyerangan atau manipulasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu jenis data yang rentan terhadap penyerangan ini adalah suara digital. Sehingga, diperlukan suatu metode pengamanan data yang kuat dan cepat. Salah satu metode pengamanan yang memenuhi semua kriteria tersebut adalah pengamanan data menggunakan fungsi chaos. Fungsi chaos yang digunakan pada penelitian ini adalah fungsi Normalized Complex Quadratic Map NCQM . Fungsi NCQM memiliki kelebihan yaitu dijamin bersifat chaos ketika parameter fungsinya memiliki nilai absolut yang lebih kecil dari satu. Barisan kunci yang dibangkitkan dengan fungsi NCQM lolos semua 15 uji NIST, hal ini berarti pembangkitan barisan kunci key stream dari fungsi NCQM ini terbukti bersifat acak random . Selain itu, hasil sampel-sampel dari suara digital yang telah terenkripsi ketika diuji dengan histogram dan uji Goodness of Fit terbukti uniform sehingga pengamanan suara digital dengan metode ini kebal terhadap frequency analysis attack. Ruang kunci yang dihasilkan dari metode ini sangat besar yaitu 9,1 1046 untuk kemungkinan kunci pada fungsi NCQM tunggal, dan 3,8 10109 untuk NCQM ganda , sehingga metode ini juga kebal terhadap brute force attack.

ABSTRAK
In this digital era, technology usage has been globalized in which data exchange is common and easy to do, it is vulnerable to be attacked and manipulated from unauthorized parties. One data type that is vulnerable to attack is digital audio. So, we need data security method that secure and fast. One of the methods that match all of those criteria is data security using ldquo chaos rdquo function. ldquo Chaos rdquo function that is used in this research is Normalized Complex Quadratic Map NCQM . NCQM function has advantages that are guaranteed to be ldquo chaos rdquo when the function parameter has absolute value less than one. The key stream that is generated using this NCQM functions passed all 15 NIST tests, this means that the key stream generated by NCQM proved to be random. In addition, samples of encrypted digital sound when tested using histogram and Goodness of Fit test are proved to be uniform so this digital audio security using this method is immune to frequency analysis attack. The key space that is generated from this method is very huge approximately 9,1 1046 possible keys for single NCQM function, and approximately 3,8 10109 for multiple NCQM function , therefore this method is also immune against brute force attack."
2017
S68674
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Solari, Stephen J.
New York: McGraw-Hill , 1997
621.389 7 SOL d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rio Harlan Hartono
"Saat ini aplikasi di bidang audio sudah banyak menggunakan teknologi DSP. Salah satu contoh adalah beralihnya berbagai jenis efek audio dari bentuk analog menjadi efek audio yang berbasis dijital dengan menggunakan prosesor DSP. Hal ini disebabkan karena efek audio yang dirancang dengan bantuan DSP memberikan kelebihan-kelebihan seperti efisiensi perancangan dan fleksibilitas. Efek audio dijital dapat diterapkan secara real time menggunakan DSP Starter Kit TMS320C6713 dengan mengimplementasikan algoritma masing-masing efek tersebut dalam pemrograman bahasa C.
Pada skripsi ini, dilakukan perancangan 3 jenis efek audio, yaitu fuzz, echo, dan reverb. Ketiganya menghasilkan karakter output yang berbeda yang dapat dianalisis dengan menggunakan bantuan FFT (Fast Fourier Transform). Analisis menunjukkan bahwa perancangan yang dilakukan telah dapat diimplementasikan pada DSK TMS320C6713 sehingga menghasilkan suatu board yang, dapat berfungsi sebagai efek audio dijital dan bekeria secara real time. Pada tiap jenis efek ditemukan adanya atenuasi yang besarnya berbeda-beda. Selain itu, noise juga muncul dengan intensitas yang tidak signifikan. Pada efek echo dan reverb dilakukan pengukuran besamya waktu delay dan sebagai hasilnya ditemukan bahwa waktu delay berhubungan langsung dengan variabel tertentu pada algoritma. Hubungan ini dinyatakan dalam persamaan matematis yang berbentuk linear.

DSP technology is widely used in many audio applications. One of the examples is the changing of analog audio processing into digital audio processing using the DSP processor. The reason of this changing is that digital audio processing give many advantages compare to analog such as designing efficiency and flexibility. A real time digital audio effect can be developed on DSP Starter Kit by using C algorithm of each effect.
In this paper, 3 type of audio effect are developed, which are fuzz, echo, and reverb. These effects produce different output character and several parameters such as attenuation, noise, and delay is analyzed using FFT (Fast Fourier Transform) method. Results show that the audio effect design can be successfully implemented on DSK TMS320C6713. A different value of attenuation (in dB) is founded in each effect and measured by compare the FFT graph between input and output signal. Noise also occur with insignificant intensity and will not disturb when the application running. In echo and reverb effect, the time delay between original signal and reflected signal is measured. As the result, it is founded that the time delay depends on some variable in the effect algorithm. This relationship can be expressed in linear mathematic equation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40727
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S38359
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinclair, Ian R.
[Place of publication not identified]: PC Publishing, 1992
621.381 5 SIN i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jeane Phialsa
"

ABSTRAK

 

Nama              : JEANE PHIALSA

Program studi  : Magister Hukum Hak Kekayaan Intelektual

Judul               : Perlindungan Hak Cipta Bagi Digital Audio Sampling di Indonesia

Pembimbing    : Prof. Dr. Agus Sardjono, S.H., M.H.

 

Tesis ini membahas mengenai perlindungan hak cipta atas sebuah hasil rekaman suara yang kemudian dijadikan sebuah digital audio sampling untuk selanjutnya digunakan kembali dalam suatu karya yang baru. Digital audio sampling ini memberikan kemudahan dan sebagai alternatif untuk memproduksi musik agar lebih efektif dari segi waktu, tenaga dan biaya, tanpa harus mempekerjakan musisi untuk melakukan rekaman dan membayar biaya sewa studio rekaman, maka para pencipta lagu maupun produser dapat menghemat banyak sekali biaya produksi yang seharusnya dikeluarkan. Di Indonesia pun sudah sangat popular dalam penggunaan sampling tersebut, dari sampling alat musik pada umumnya seperti strings, drum, gitar, bass, piano, alat tiup hingga alat musik tradisional. Namun Undang-Undang Hak Cipta belum sepenuhnya mengakomodir pengaturan mengenai rekaman suara maka keberadaan pembuatan hingga penggunaan digital audio sampling. Begitu juga fenomena keberadaan samplingalat musik tradisional Indonesia yang sudah banyak diproduksi oleh pihak asing dan dijual secara online, Undang – Undang Pemajuan Kebudayaan mempunyai pengaturan mengenai pengamanan namun impelementasi dari Pemerintah masih belum maksimal sehingga fenomena tersebut masih terus berlangsung, dikhawatirkan akan merugikan Indonesia karena komersialisasi yang tidak diawasi langsung oleh negara Indonesia sebagai pemilik ha katas kebudayaan tradisional tersebut.

 

Kata Kunci      : Perlindungan Hak Cipta, Digital Audio Sampling, Musik Tradisional Indonesia.

 


ABSTRACT

 

Name                          : JEANE PHIALSA

Study Program            : Master of Law, Intellectual Property Right

Title                            : Copyright Protection of Digital Audio Sampling in Indonesia

Counsellor                  : Prof. Dr. Agus Sardjono, S.H., M.H.

 

This thesis discusses the protection of copyright for a sound recording which is used as a digital audio sampling who re-used in a new project. Digital audio sampling is an alternative to producing music to be more effective in terms of time, effort and cost, without have to hire recording musicians and pay the rental fees for recording studios. Songwriters and producers can save a lot of production cost. In Indonesia, it has been very popular sampling, from sampling musical instruments in general such as strings, drums, guitars, basses, pianos, wind instruments until traditional musical instruments. However, Undang-Undang HakCiptahas not fully accommodated the protection regarding sound recording, the existence of the manufacture to the use of digital audio sampling. Likewise, the phenomenon of the existence of sampling Indonesian traditional musical instruments that have been produced by foreign parties, Undang-Undang Pemajuan Kebudayaanhas arrangements regarding safety, but implementation from the Government is still not optimal so that the phenomenon continues until now, it is feared that it will harm Indonesia due to commercialization which was not directly monitored by the Indonesian state as the owner of the traditional culture.

 

Keyword         :Copyright, Digital Audio Sampling, Indonesian Traditional Musical Instrument.

"
2019
T53604
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>