Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175553 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ary Prastono Widjaja
"Dengan makin besarnya suatu perusahaan, maka pembukuan secara manual sudah tidak relevan lagi karena akan banyak memakan waktu dan berpotensi menimbulkan kesalahan serta kecurangan yang besar sehingga memerlukan ongkos besar untuk melakukan pengawasan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kecepatan dan ketepatan untuk memproses suatu transaksi perusahaan agar manajemen dapat melakukan analisis dan mengambil keputusan secara cepat dan akurat. Salah satu solusi yang paling rasional untuk mendukung kegiatan perusahaan dalam skala besar adalah melakukan pembukuan berbasis komputer atau penerapan teknologi informasi. Penerapan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan baik dalam skala kecil maupun besar berkembang menjadi kebutuhan mendasar dalam menghadapi globalisasi dan tuntutan good corporate governance. Berbagai macam perangkat teknologi informasi untuk infrastruktur, servis, maupun aplikasi, saat ini banyak tersedia di pasaran dalam berbagai bentuk dan fungsi. Hal ini menyebabkan banyaknya alternatif solusi masalah teknologi informasi yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan kebijakan pengembangan organisasi. Selain itu, penerapan teknologi informasi dalam kegiatan operasional perusahaan juga akan memberikan dampak yang cukup signifikan, tidak hanya dipandang dari sisi efisiensi kerja namun juga dari sisi budaya kerja baik secara personal, antar unit maupun keseluruhan institusi. Meskipun penerapan teknologi informasi telah mengalami kemajuan pesat dengan banyaknya software ERP yang ada, namun penggunaannya tetap berpotensi menimbulkan risiko bagi perusahaan. Untuk menghilangkan atau meminimalisir risiko yang mungkin timbul tersebut, diperlukan suatu control atau pengendalian. Pengendalian merupakan suatu sistem yang dipakai untuk mencegah, mendeteksi, atau mengoreksi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Dalam kaitannya dengan sistem informasi, pengendalian merefleksikan kebijakan, prosedur, praktik dan struktur perusahaan yang dirancang untuk menyediakan keyakinan yang memadai bahwa tujuan perusahaan akan tercapai. Audit sistem informasi diperlukan untuk memeriksa tingkat kematangan atau kesiapan organisasi dalam melakukan pengelolaan teknologi informasi (IT governance). Tingkat kesiapan (level of maturity) tersebut dapat dilihat dari tata kelola teknologi informasi dan tingkat kepedulian seluruh stakeholder tentang posisi sekarang dan arah di masa depan dalam bidang teknologi informasi suatu perusahaan.

The bigger a firm, the more irrelevant a manually book keeping since it was time consuming and potentially evoke fault and deceitfulness that need a big cost to do observation. Therefore, needed a speed and accuracy to process corporate transactions so that management can do analysis and take a decision faster and accurate. The most rational solution to support firm activity in a big scale is to do computer-based book keeping or implementation of information technology. The implementation of information technology to support company?s operational activity in small or big scale is expanded to face globalization and good corporate governance demand for company. A various information technology peripheral for infrastructure, service, and also application, now available at market in various form and function. It makes many alternative can be chosen to solve IT problem. Besides, the implementation of information technology in company?s operational activity will also give impact that adequately significant, not only seen from work efficiency but also from work culture in personal, among unit or all institution. Even information technology implementation has grown rapidly which many software ERP available in market , but there is still any risk for company when using ERP system. It need a control to remove or to minimalize the risk that maybe evoked. Controlling is a system that be used to prevent, detect, or correct undesirable events. In its relation with information system, controlling reflects operation policy, procedure, and firm structure that is designed to provide corporate?s goal. Information system audit is required to check maturity level of organization in information technology implemantation (IT governance). Level of maturity can be seen from stakeholder and management?s awareness about present position and the direction of future information technology area in that corporation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
T23837
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erykson
"This study tries to find the effect of General Control and Application Control Components on Software Change carried out by one company as an effort to enhance the Goals of Internal Control. The views and perceptions from credit staf on implementation and interaction of control components result that interaction General Control and Application Control Components with Software Change have significant effect on Enhancing Internal Control Goal. Hipothesys test concludes that moderating variables have significant value of p. It means when General Controls and Application Controls implemented on New Software, the Internal Control Goal could be enhanced."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
T 23819
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandjaitan, Salasti
1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Rizky Vidia Pratama
"Review pengendalian umum teknologi informasi dan pengendalian aplikasi adalah jenis jasa review yang mendukung audit laporan keuangan, dalam hal ini memberikan keyakinan kepada auditor ekternal bahwa perusahaan telah menerapkan pengendalian umum teknologi informasi dan pengendalian aplikasi dalam menyusun laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam melakukan review adalah membandingkan kebijakan dan implementasi pengendalian PT. FGH dengan indikator RSM. Hasil dari review ini adalah pengidentifikasian kelemahan pengendalian umum teknologi informasi dan pengendalian aplikasi PT FGH serta rekomendasi untuk menanggulangi kelemahan tersebut.

Information technology general controls and application controls review is the kind of service that support the audit of financial statements, in this case provide assurance to the external auditor that the company has inplemented information technology general control and application control in preparing the financial statements. The method used in conducting the review was by comparing policies and implementation of PT. FGH controls with RSM indicator. The results of this review is identification of PT. FGHs information technology general control and application control weaknesses as well as recommendations to address these weaknesses."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Azzahra Tharisya Syarif
"Laporan magang ini dibuat dengan tujuan untuk melakukan evaluasi tata kelola dan pengendalian internal atas transaksi penjualan dengan diskon pada PT DKS. Evaluasi ini dilatarbelakangi oleh timbulnya pengakuan utang kepada distributor dari transaksi pemberian diskon penjualan oleh PT DKS. Evaluasi yang dilakukan di dalam laporan magang ini menggunakan Prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) dan Kerangka Pengendalian Internal Terintegrasi COSO. Evaluasi GCG akan difokuskan pada prinsip akuntabilitas, pertanggungjawaban, transparansi, dan kewajaran. Sedangkan evaluasi pengendalian internal akan difokuskan ke tiga komponen pengendalian internal, yaitu aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pengawasan. Evaluasi dilakukan pada lebih dari 1.000 transaksi pemberian diskon penjualan selama tiga tahun. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, sekitar 10% dari transaksi tersebut tidak mencapai prinsip GCG, yaitu akuntabilitas, pertanggungjawaban, transparansi, dan kewajaran. Lalu, berdasarkan hasil evaluasi pengendalian internal pada PT DKS, utang atas pemberian diskon yang muncul di PT DKS disebabkan karena belum memadainya pelaksanaan pengendalian internal atas sistem pelaksanaan penjualan, pengungkapan informasi, dan pengawasan atas penjualan. Akibatnya, terjadi kelebihan diskon yang diberikan kepada distributor, sehingga timbul pengakuan utang kepada distributor pada PT DKS. Laporan magang ini juga berisi refleksi diri atas pengalaman magang yang telah dijalani.

This internship report was created with the aim of evaluating governance and internal control over discounted sales transactions at PT DKS. This evaluation is motivated by the emergence of debt recognition to distributors from sales discount transactions by PT DKS. The evaluation conducted in this internship report uses the Principles of Good Corporate Governance (GCG) and COSO's Integrated Internal Control Framework. The evaluation will focus on the principles of accountability, responsibility, transparency, and fairness. Meanwhile, the evaluation of internal control will be focused on the three components of internal control, such as control activities, information and communication, and monitoring. Evaluation was conducted on more than 1,000 sales discount transactions for three years. Based on the results of the evaluation that has been conducted, around 10% of these transactions do not achieve the principles of GCG, such as accountability, responsibility, transparency, and fairness. Then, based on the results of the evaluation of internal control at PT DKS, the debt for giving discounts that arose at PT DKS was due to the inadequate implementation of internal control over the sales implementation system, information disclosure, and sales monitoring. As a result, excess discounts were given to distributors, resulting in debt recognition to distributors at PT DKS. This internship report also contains self-reflection on the internship experience that has been undertaken."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Anderrina
"Sistem informasi digunakan perusahaan untuk mencapai efisiensi dalam menjalankan proses bisnis. Pengendalian umum dan pengendalian aplikasi yang dilakukan perusahaan merupakan salah satu bentuk perlindungan keamanan atas aset sistem informasi PT AFI. Laporan ini membahas mengenai implementasi pengendalian yang dijalankan PT AFI. Pemeriksaan dan pengujian atas pengendalian keamanan sistem informasi perlu dilakukan untuk meminimalisasi resiko dan memastikan sistem dapat menghasilkan data yang akurat.
Metode yang digunakan dalam melakukan proses audit meliputi pengumpulan bukti atas prosedur terkait sistem informasi, wawancara, observasi langsung dan pengujian data konsumen secara manual. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, masih terdapat beberapa area terkait sistem PT AFI yang tidak memiliki standar operasional prosedur. Prosedur pemeriksaan yang dilakukan tim audit berdasarkan RSM Metodology telah sesuai dengan kerangka kerja ISO 27001 yang merupakan salah satu standar internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi.

Information system is used by company to reach eficiency of its business process. Information technology general control and application control in a company is one of the security guarantee of information system asset. This thesis writes about the implementation of those controls in PT AFI. Audit and test of information system security control should be made to minimize risk and ensure the system can produce data accurately.
The methods in audit process are collect evidence from information system procedure, interview, direct observation and test the data manually. Based on the analysis that has been done, there are some areas from system in PT AFI that have no operational procedure standards. Procedure that is used by audit team RSM Indonesia, is based on ISO 27001 which is one of international standards about information security management system.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aqilla Daffa Hakimah
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP DHL pada akun pendapatan PT TMY untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2022. PT TMY merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang pertanian dan transportasi pelabuhan. Adapun prosedur audit yang dibahas pada laporan magang ini mencakup prosedur pembuatan Working Balance Sheet and Working Profit or Loss (WBS WPL), penentuan tingkat materialitas, pembuatan lead schedule akun pendapatan, uji pengendalian, dan uji substantif cut-off testing. Berdasarkan evaluasi prosedur audit yang dilakukan, prosedur audit atas akun pendapatan PT TMY oleh KAP telah sesuai dengan standar dan teori audit yang berlaku. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri penulis selama menjalani magang di KAP DHL.

This internship report discusses the evaluation of audit procedures carried out by KAP DHL on PT TMY's revenue account for the period ended on December 31, 2022. PT TMY is a service company engaged in agriculture and port transportation. The audit procedures discussed in this internship report cover the procedures for preparing a Working Balance Sheet and Working Profit or Loss (WBS WPL), determining materiality levels, preparing lead schedules on revenue account, tests of controls, and substantive test procedures on cut-off testing. Based on the evaluation of the audit procedures performed, the audit procedures for PT TMY's revenue account by the KAP DHL are in accordance with applicable auditing standards and theories. This internship report also discusses the author's self-reflection during the internship at KAP DHL."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Irsyad Sulardi
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas mengenai evaluasi pengendalian internal proses pengiriman dokumen piutang usaha atas iklan dalam aplikasi pada PT X dan melakukan refleksi diri atas pengalaman yang telah didapat dari magang. PT X merupakan salah satu anak perusahaan dari PT A yang bergerak dalam industri e-commerce. Evaluasi pengendalian internal proses pengiriman dokumen piutang usaha atas iklan dalam aplikasi pada PT X menggunakan komponen aktivitas lingkungan pengendalian dan aktivitas pengendalian dari kerangka pengendalian internal Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Komponen aktivitas lingkungan pengendalian yang dievaluasi mencakup prinsip-prinsip lingkungan pengendalian. Berdasarkan hasil evaluasi, PT X belum menerapkan aktivitas lingkungan pengendalian dengan baik. Komponen aktivitas pengendalian yang dievaluasi terdiri dari verifikasi, otorisasi dan persetujuan, pemisahan tugas, pengendalian master data, dan pengendalian supervisi. Setelah melakukan evaluasi, PT X telah menjalankan pengendalian internal pada komponen pengendalian aktivitas verifikasi dan pengendalian supervisi sesuai dengan COSO. Namun belum menjalankan pengendalian internal pada komponen pengendalian aktivitas otorisasi dan persetujuan dan pemisahan tugas sesuai dengan COSO. Setelah melakukan refleksi diri dari pengalaman yang didapat pada saat melaksanakan magang, hal yang harus ditingkatkan kembali adalah komunikasi secara professional dengan media daring dan meningkatkan kedisiplinan selama bekerja.

This internship report aims to discuss the evaluation of internal control process of sending accounts receivable documents for advertisements in the application at PT X and to reflect on the experience that has been gained from the internship. PT X is a subsidiary of PT A which is engaged in the e-commerce industry. Evaluation of internal control process of sending accounts receivable documents for advertisements in applications at PT X uses the control environment activity and control activity component of the Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) internal control framework. The control environment activity includes the principles of the control environment. Based on the analysis results, PT X has not implemented environmental control activities properly. The control activity components evaluated consist of verification, authorization and approval, segregation of duties, master data control, and supervisory controls. After conducting the evaluation, PT X has implemented internal control on the components of the verification activity control and supervision control in accordance with COSO. However, it has not yet implemented internal control on the components of authorization and approval activities and segregation of duties in accordance with COSO. After reflecting on the experience gained during the internship, the thing that must be improved again is professional communication with online media and increasing discipline during work."
Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nugrahini Wijayanti
"Dengan semakin berkembangnya perekonomian, kebutuhan akan konsultan menjadi meningkat. Persaingan antara perusahaan konsultan menjadi kian ketat sehingga diperlukan suatu alat yaitu anggaran sebagai acuan dalam menjalankan perusahaan. Tujuan penulisan ini adalah mencari tahu sejauh mana anggaran tersebut berfungsi sebagai alat perencanaan dan alat pengendalian. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan, wawancara dengan pihak yang berwenang dalam perusahaan, observasi lapangan dan melihat dokumen-dokumen pendukung dari perusahaan. Dalam perusahaan konsultan yang merupakan perusahaan jasa, konsep anggaran secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain, namun perlu penekanan pada laporan laba/rugi yaitu mengenai perolehan pendapatan maupun pengeluaran biayanya. Juga proses penyusunan anggaran yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku terutama untuk perusahaan BUMN yang sudah dibuatkan peraturan tersendiri. Untuk mengetahui tingkat pelaksanaan perencanaan maupun pengendalian perusahaan, dilakukan perbandingan antara anggaran dengan realisasi yang sesungguhnya sehingga dapat diketahui penyimpangan yang favorable maupun penyimpangan unfavorable yang melebihi 10% yang perlu diketahui pemecahannya, untuk mendukung pertumbuhan usaha. PT Bina Karya dengan banyaknya penyimpangan yang terjadi perlu menyelidiki dengan seksama dan mengambil tindakan koreksi yang diperlukan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997
S19016
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herry Triestanto
"Alasan penulisan adalah pada analisa dari suatu sistem dan pengendalian intern didalam suatu perusahaan sandal yang sangat penting peranannya didalam mencapai target perusahaan yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dari penerapan sistem yang ada dibandingkan dengan sistem yang seharusnya, sehingga dapat diperoleh suatu perbaikan atas sistem yang ada khususnya untuk pembelian, penyimpanan dan proses produksi. Metode penelitiannya adalah metode perpustakaan dan penelitian lapangan. Hasil penelitian membuktikan walaupun perusahaan sudah mempunyai sistem dan prosedur yang sudah digariskan, pada kenyataannya sistem dan prosedur tersebut belum tentu dijalankan secara benar sesuai dengan yang digariskan; dan supaya efektif sistem dan prosedur yang ada harus selalu dinilai dan dievaluasi kembali sesuai dengan perubahan-Perubahan yang terjadi pada lingkungan didalam dan diluar perusahaan. Kesimpulannya setiap perusahaan didalam mencapai tujuan-tujuannya sangat membutuhkan suatu sistem dengan pengendalian intern didalamnya dan juga pentingnya peranan faktor-faktor manusia dalam struktur pengendalian intern tersebut dan disarankan agar sistem dan prosedur yang sudah digariskan oleh perusahaan sebelumnya melalui perencanaan yang mendalam hendaknya dijalankan dalam kegiatan sehari-hari sehingga sistem pengendaliannya dapat ditingkatkan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>