Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115719 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Horonjeff, Robert
Jakarta : Erlangga , 1993
629.136 HOR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Horonjeff, Robert
Jakarta : Erlangga, 1988
629.136 HOR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Horonjeff, Robert
Jakarta : Erlangga, 1993
629.136 HOR pt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Horonjeff, Robert
Jakarta: Erlangga, 1988
629.136 HOR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Horonjeff, Robert
New York : McGraw-Hill, 1975
629.136 HOR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Horonjen, Robert
New York : McGraw-Hill, 1983
629.136 HOR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Anis
"ABSTRAK
Metode desain perkerasan landasan bandar udara dibagi menjadi dua, yaitu metode empiris dan metode mekanistik. Terdapat pergeseran dalam sistematika mendesain landasan, yaitu dari sistem metode empiris ke metode mekanistik, perlu dilakukan kajian mengenai pengaruh dari pergeseran tersebut terhadap desain landasan bandar udara -
bandar udara di Indonesia, baik terhadap bandar udara baru maupun bandar udara yang
sudah beroperasi (overlay), begitu juga pengaruh pergeseran tersebut terhadap
perhitungan nilai PCN (Pavement Classification Number). Metode empiris dilakukan
perhitungan berdasarkan metode FAA dengan dokumen 150/5320-6D dan metode
mekanistik berdasarkan dokumen 150/5320-6E yang diaplikasikan dengan program
komputer FAARFIELD (Federal Aviation Adminstration Rigid and Flexible Iterative
Layer Design), sedangkan kajian perhitungan nilai PCN dengan metode teoritis atau
metode ICAO dan dengan program komputer COMFAA berdasarkan dokumen AC
150/5335-5C. Kajian banding terhadap parameter desain yaitu tebal perkerasan dan biaya,
analisis sensitivitas dan perhitungan PCN yang menghasilkan kriteria, pelayanan nilai
PCN terhadap ACN dan pelayanan nilai modul pesawat. Metode empiris adalah surface
oriented sedangkan metode mekanistik adalah base oriented. Berdasarkan analisis
sensitivitas pada desain perkerasan baru maupun overlay, baik dengan metode empiris
maupun metode mekanistik, struktur perkerasan metode mekanistik lebih tipis, dengan
penumpang yang diangkut dengan pesawat modul 200 (kelas pesawat 5) dari pada dengan
pesawat modul 350 (kelas pesawat 6). Nilai PCN, yang dihitung dengan program
COMFAA lebih besar nilai nya dari pada yang dihitung dengan Metode ICAO, baik
untuk perkerasan baru maupun overlay

ABSTRACT
Method of runway pavement design is divided into two, namely empirical method and
mechanistic method. There is a shift in the systematics of designing the runway, from a
system of empirical method to the mechanistic method, necessary to study about the
effect of the shift to the design of the runway - the airport in Indonesia, both to the new
airport and the airport is already operating (overlay), as well as the effect of the shift to
the calculation of the value of PCN (Pavement Classification Number). Empirical calculation method based on the method of FAA documents 150/5320-6D and
mechanistic method based document 150/5320-6E applied to computer programs
FAARFIELD (Federal Aviation Adminstration Rigid and Flexible Layer Iterative
Design), whereas the study by PCN value calculation of theoretical methods or ICAO
method and the computer program COMFAA based document AC 150/5335-5C.
Assessment appeals against the design parameters are pavement thickness and cost,
sensitivity analysis and calculations that generate criteria PCN, PCN value of the ACN
services and aircraft services module value. The empirical method is surface oriented
while the mechanistic method is base oriented. Based on the sensitivity analysis on
pavement design new or overlay, either by empirical methods and mechanistic method,
pavement structure mechanistic method is thinner, with passengers transported by plane
module 200 (Aircraft grade 5) of the plane module 350 (Aircraft grade 6). PCN value,
which is calculated by the program COMFAA its value is greater than that calculated by
the ICAO method, both for new pavement and overlay"
2016
T46086
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Reva Fachriza
"Skripsi ini membahas evaluasi daripada target perencanaan prosedur baru peningkatan kapasitas landas pacu bandar udara internasional Soekarno-Hatta dari 64 pergerakan perjam menjadi 72 pergerakan perjam dengan penerapannya di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis prosedur baru tersebut terhadap dampaknya dilapangan dan membandingkan hasil analisis tersebut dengan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prosedur baru ini belum berjalan sesuai dengan target perencanaan. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh operasi pesawat oleh pilot yang belum berjalan secara efektif dan efisien.

This thesis purpose is to evaluate the planning target of the new procedure that enhances the Soekarno-Hatta International Airport landas pacu capacity from 64 movement per hour to 72 movement per hour with it‟s application on the field. This is a qualitative research which analyze how the new procedure could affect the landas pacu capacity and compare the result with the field violation to the new procedure. The result shows us that this new procedure field-application is not going effectively as it‟s planning target should be. This problem usually occurs when the pilot of an aircraft is not operating it's aircraft properly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63963
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Hidayani
"Runway excursion merupakan kecelakaan dalam penerbangan di landasan pacu dengan pesawat udara meninggalkan ujung atau sisi dari landasan pacu saat lepas landas ataupun mendarat. Pada Runway sendiri terdapat Runway Strip yang bertujuan untuk mengurangi risiko kerusakan pesawat terbang yang keluar dari landasan pacu dan melindungi pesawat udara yang terbang di atasnya selama pendaratan, pendaratan darurat atau lepas landas dengan menyediakan area yang bebas dari rintangan, kecuali untuk alat bantu navigasi udara yang diizinkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi terjadinya kecelakaan di runway strip bandar udara beserta jumlah kejadiannya dan mengidentifikasi besarnya probabilitas kecelakaan di runway strip akibat faktor lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan analisis dan tabulasi data kejadian runway excursion di Indonesia dari laporan investigasi KNKT dan DBU Kemenhub. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif dan analisis probabilitas menggunakan Probability Density Function (PDF). Setelah dilakukan analisis, diketahui bahwa aspek-aspek dari faktor lingkungan yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di runway strip bandar udara di Indonesia adalah rain, thunderstorm, wind condition, dan keberadaan awan comulunimbus. Dari hasil analisis probabilitas menunjukkan probabilitas tertinggi kejadian kecelakaan di runway strip bandar udara di Indonesia akibat faktor lingkungan yaitu terjadi di waktu peristiwa Day-Light yaitu pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00.

A runway excursion is an in-flight accident in which the aircraft leaves the end or side of the runway during takeoff or landing. On the runway, there is a runway strip which aims to reduce the risk of damage to aircraft that leave the runway and protect aircraft flying on it during landing, emergency landing or takeoff by providing an area free from obstacles, except for air navigation aids that allowed. This research aims to identify environmental factors that can influence the occurrence of accidents on the airport runway strip along with the number of occurrences and identify the probability of accidents on the runway strip due to environmental factors. This research was conducted by analyzing and tabulating runway excursion data in Indonesia from the KNKT and DBU investigation reports of the Ministry of Transportation. The method used in this research is quantitative analysis and probability analysis using the Probability Density Function (PDF). After doing the analysis, it is known that aspects of environmental factors that can cause accidents on the runway strip of airports in Indonesia are rain, thunderstorm, wind condition, and the presence of comulonimbus clouds. From the results of the probability analysis, it is shown that the highest probability of accidents on the runway strip of airports in Indonesia due to environmental factors occurs during Day-Light events, namely 06.00 to 18.00."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>