Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5169 dokumen yang sesuai dengan query
cover
A. Malik Fadjar
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005
370.959 8 MAL h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abd. Rachman Assegaff
Jakarta: Rajawali, 2013
297.77 ABD a (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsul Kurniawan
Yogyakarta: Samudra Biru, 2016
297.77 SYA p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abuddin Nata
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000
297.61 ABU p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abuddin Nata
Jakarta: Rajawali, 2012
297.77 ABU p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ichwan Ishak
"UUSPN menyatakan bahwa Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YangMaha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Permasalahan yang muncul adalah apakah tujuan Pcndidikan Nasional sudah dijabarkan, dalam bentuk adanya konsistensi intemasional diantara tujuan, fokus, strategi, mekanisme, dan usaha, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik,
begitupun kesepakatan terhadap falsafah, visi dan paradigmanya yang
mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan nasional dan penyusunan
kurikulumnya. Di samping itu bagaimana bentuk pendidikan yang dapat
mendorong terwujudnya koherensi dan komplementasi pendidikan yang
dilakukan oleh keluarga dan masyarakat terhadap pendidikan sekolah.
Tesis ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap rumusan dan
penjabaran tujuan Sistem Pendidikan Nasional beserta peraturan yang terkait, dengan menggunakan teori Bromley (\989) mengenai proses kebijakan sebagai suatu hierarki (Policy Process as a hierarchy). Sedangkan hasil implementasi tujuannya direfleksikan oleh kondisi umum tentang pendidikan yang dinyatakan oleh Garis-garis Besar Haluan Negara Tahun 1999-2004.
Penelitian dilakukan dengan metoda kualitatif melalui teknik observasi, kepustakaan, analisis dokumen, dan wawancara mendalam (depth inrerview), dan dibatasi pembahasannya pada Policy Level, seperti ketetapan MPR dan UU SPN, sedangkanOrganization Level dan Operalion Level dibatasi dengan hanya melihat kondisi sccara umum manajemen Pendidikan Nasional, Kurikulum yang berlaku, kondisi dan proses pendidikan di sekolah, partisipasi keluarga dan partisipasi masyarakat. Pola interaksi yang diteliti secara kualitatif dan indikatif, adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah, pendidikan oleh keluarga, dan pendidikan masyarakat.
Pemikiran Islam tentang pendidikan dan analisis relevansinya dengan Kebijakan Pendidikan Nasioanl, merupakan wacana untuk dapat menjadi masukkan bagi penyempumaan Kebijakan Pendidikan. Terlihat pemikiran Islam tersebut sangat relevan dikaitkan dengan visi, falsafah dan paradigma pendidikan, yang masih belum jelas perumusannya sampai saat ini, dan sangat mempengaruhi implementasi kebijakan pendidikan di tingkat operasional.
Hasil evaluasi menunjukkan perlunya rumusan baru visi dan falsafah, dan paradigma pelaksanaan pendidikan nasional, yang mengakibatkan perlunya revisi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional berdasarkan rumusan visi dan falsafah dan paradigma yang baru."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T3134
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herminie Soemitro
"Masalah pendidikan adalah masalah kemasyarakatan yang berperanan Denting dalam kelangsungan hidup bangsa yang berbudaya. Peranan penting pendidikan ditunjukkan melalui persiapan generasi muda menghadapi tantangan zaman. Mengingat bahwa masalah pendidikan perlu ditempatkan dalam rangka kemasyarakatan dan kelangsungan hidup bangsa yang berbudaya, serta peranan pentingnya menuntut kewaspa_daan, maka dalam usaha memperoleh pemahaman masalah pendi_dikan diperlukan pandangan yang kritis, mendasar namun u_tuh menye luruh. Pandangan yang demikian diharapkan dapat diperoleh jika dipilih persepsi filosofis sebagai objek formal terhadap pendidikan sebagai obyek material. Sumber primer bahan penulisan adalah beberapa buku karya Bertrand Russell terutama buku On Education dan bu_ku Education and The Social Order. Sebagai sumber sekunder adalah buku-buku dan tulisan yang relevan dengan masalah pendidikan. Penggalian dan pengungkapan gagasan-gagasan dasar Bertrand Russell yang relevan dengan pemikirannya tentang pendidikan, yakni gagasan-gagasan dasar; antropologis, sosiologis ,kosmologis, teologis dan etis merupakan usaha memperoleh pandangan yang mendasar dan menyeluruh. Gagas_an-gagasan dasar tersebut menjadi landasan pemikiran tentang pendidikan. Pemikiran Bertrand Russell tentang pendidikan disimak melalui konsep-konsep pendidikan yang di_ajukannya. Konsep-konsep pendidikan Bertrand Russell telah mengandung sikap kritis terhadap sistem pendidikan-sistem pendidikan terkenal. Konsep-konsep pendidikan Bertrand Russell terdiri dari postulat-postulat teori pendidikan yang berisikan sistem pendidikan demokratis, jenis-jenis pendidikan (baik yang berguna maupun yang ornamental) dan metode pendidikan universal, serta tujuan pendidikan yang mencakup aspek pembentukan watak dan pengembangan,kecerdasan (intelegensi). Syarat yang diajukan Bertrand Russell dalam melaksanakan pendidikan adalah cinta dan kasih sayang yang dilengkapi penuh dengan pengetahuan. Kesimpulan yang didapat adalah sebagai berikut. Dengan mempelajari pemikiran Bertrand Russell tentang pendidikan diperoleh pandangan yang lebih luas dan sikap kritis terhadap konsep pendidikan nasional, Indonesia. Penerapan konsep pendidikan Bertrand Russell dapat memberikan im_bas pada orientasi nilai budaya bangsa Indonesia yang sedang dalam perubahan dan pergeseran ke arah orientasi nilai budaya bangsa Indonesia yang ideal sesuai tuntutan za_man dengan tidak mengabaikan identitas bangsa dan solidaritas bangsa."
Depok: Universitas Indonesia, 1989
S16014
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhaimin
Jakarta: Rajawali, 2011
297.071 MUH p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>