Ditemukan 22741 dokumen yang sesuai dengan query
Lambe, Patrick
Oxford: Chandos Publishing, 2007
658.4038 LAM o
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Plessis, Marina du
Oxford: Chandos Publishing, 2006
658.403 8 PLE i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
"makalah ini mengelaborasi aktivitas knowledge management pada perpustakaan Badan Litbang dan Diklat (BalitbangDiklat) Kementrian agama. sebagai lembaga riset, Balitbangdiklat menghasilkan banyak kajian dan penelitian yang menjadi pengetahuan berharga bagi masyarakat luas. Aset pengetahuan yang dimiliki lembaga riset ini bermula dari pengetahuan dan pengalaman yang dimiiki individu peneliti yang menghasilkan karya atau hasil penelitian bagi institusinnya yang kemudian dikelola oleh institusinya. Pengelolaan pengetahuan tersebut melalui infrastruktur yang dibangun mulai dari proses organisasi, sisstem, dan metode yang digunakan. Praktek knowledge management pada perpustakaan Balitbangdiklat meliputi kegiatan menciptakan pengetahuan baru, mengumpulkan dan mengolah pengetahuan baru , melakukan pendokumentasian dan pemeliharaan pengetahuan, serta menyebarkan dan berbagi pengetahuan secara menyeluruh di perpustakaan. Aktivitas yang dilakukan untuk menyebarkan dan berbagi pengeatahuan adalah dengan melakukan tatap muka, diskusi dan dialog terbuka , baik secara langsung maupun dengan memanfaatkan teknologi informasi. akhirnya pengetahuan yang implisit atau tacit dan telah dipublikasikan mampu dicapture oleh perpustakaan Batlitbangdiklat guna kepentingan bersama."
020 VIS 17:3 (2015) (2)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Indila Mayrosa
"Knowledge management merupakan pendekatan yang dapat diimplementasi oleh manajemen organisasi untuk meningkatkan kemampuan kompetitif. Sebagai salah satu tahapan dalam knowledge management, knowledge sharing KS memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan KM. Berbagi pengetahuan antar lintas fungsi atau lintas departemen dapat mensukseskan dan mengembangkan berbagai hal di dalam perusahaan. Peneliti berpendapat jika perusahaan ingin meraih keberhasilan dalam memotivasi karyawan untuk berbagi pengetahuan, maka bukan hanya dengan memperbaiki sistemnya ketika menjalankan strategi bisnis tetapi juga dengan merubah perilaku dan kebiasaan mereka sehingga berbagi pengetahuan dapat berjalan dengan konsisten dan didasari oleh kerelaan. Theory of reasoned action digunakan sebagai kerangka dasar penelitian ini, yang didukung dengan beberapa faktor yang mempengaruhi sikap dalam berbagi pengetahuan. Hasilnya menunjukan bahwa penghargaan, hubungan sosial, konsekuensi dalam bersosial, iklim orgaanisasi, norma subyektif dan sikap terhadap berbagi pengetahuan memberikan pengaruh yang besar terhadap intensi berbagi pengetahuan karyawan perusahaan. Sesuai dengan perhitungan yang dilakukan, tidak terjadi asimetri intensi. Karyawan dari departemen pemasaran, teknik, dan umum masing-masing 80 , 80 , dan 70 memiliki niatan untuk berbagi pengetahuan dengan rekan kerja lainnya.
Knowledge management is an approach that can be implemented by organizational management to improve competitive advantage. As one of the stages of knowledge management, knowledge sharing KS plays a very important role in determining the success of KM implementation. Sharing knowledge across cross functional or cross departmental can succeed and develop things within the company. Previous researchers consider that if companies want to achieve success in motivating employees to share knowledge, then the way to achieve it is not only by improving the system when running a business strategy but also by changing their behavior and habits so that knowledge sharing can run consistently and based on willingness. Theory of Reasoned Action is used as the basic framework of this study, combined with several factors that affect behavior in sharing knowledge. The results show that reward, social ties, social cost, organizational climate, subjective norms and attitudes toward knowledge sharing have a profound effect on the intentions of sharing knowledge of company employees. In accordance with the calculations performed, there is no intimacy asymmetry. Employees from the marketing, engineering, and general departments share 80 , 80 , and 70 each that have an intention to share knowledge with other co workers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51172
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Cavaleri, Steven
Amsterdam: Elsevier / Butterworth-Heinemann : Knowledge Management Consortium International Press, 2005
658.4 CAV k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Desouza, Kevin C
"engagement with new realities"
Hampshire: Palgrave, 2005: Hampshire, 2005
658.403 8 DES e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Tiwana, Amrit
New york: Prentice hall, 1999: New york, 1999
658.4 TIW k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Wickramasinghe, Nilmini
Hershey: IDEA Group Publishing, 2007
658.4 Wic k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Newman, Amy
"Capturing and using all the knowledge and expertise in an organization is the ultimate goal for performance professionals. This Infoline offers a great starting point for your journey by defining knowledge management and posing key questions to help you identify the intellectual capital you need manage. It introduces the new roles, opportunities, and the baseline technology need to begin this daunting task. Key sidebars include an organizational analysis for knowledge management, 12 ways to measure intellectual capital, a planning worksheet, and a listing of competencies to manage knowledge."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press, American Society for Training & Development Press], 1999
e20428852
eBooks Universitas Indonesia Library
Marie, Georgianna
"Every organization is in danger of losing employee knowledge. Knowledge management helps your organization obtain and transfer valuable information before it walks out the door. This Infoline presents and easy-to-follow four-step plan to capture and transfer the crucial knowledge of your employees. You will learn how to identify critical knowledge and who has it, select methods for documenting and capturing knowledge, capture skills and knowledge, and transfer the knowledge to the employees who need it."
Alexandria, Virginia: American Management Association, 2009
e20441852
eBooks Universitas Indonesia Library