Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 82223 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Topik proyek mahasiswa yang dilakukan oleh kelompok kami adalah Penerapan Konsep Extended Computer-Assisted Learning (ECAL) pada Pengembangan e-Learning. Pengembangan modul ini dilakukan secara berkelompok dengan dibantu oleh pembimbing Proyek Mahasiswa yang kami pilih, yaitu bapak Suryana Setiawan, M.Sc. Authorware Extended Computer-Assisted Learning (ECAL) adalah suatu bentuk authorware yang merupakan hasil riset kerjasama antara Pusilkom UI dan The Open University (Inggris) sebagai pengembangan dari authorware konvensional [SET88]. Pada sistem ini, author cukup memikirkan isi pembelajaran tanpa perlu memikirkan alur pembelajaran, karena sistem ini bekerja berdasarkan aspek-aspek abstraksi dari materi pembelajaran yang diistilahkan sebagai Intended Learning Outcome (ILO) [POS82]. Kami melihat bahwa konsep ECAL berpotensi untuk diterapkan pada metode pembelajaran e-learning. Dengan adanya internet dan konsep e-learning, maka pengembangan auhorware ECAL yang dulu sempat terhenti dapat diangkat kembali. Dengan adanya pembelajaran elektronis seperti ini, student diharapkan juga mendapat dampak yang baik karena penerapan metode pembelajaran yang lebih terstruktur. Sistem authorware ECAL yang dikembangkan oleh tim proyek mahasiswa ini terbagi atas tiga (3) modul yang dibagi berdasarkan kelompok penggunanya, yaitu modul administrator, modul author, dan modul student. Bagian awal laporan adalah bagian pendahuluan yang berisi latar belakang, tujuan dan ruang lingkup, serta sistematika penulisan laporan. Kemudian dijelaskan landasan teori yang digunakan oleh kelompok kami untuk menyusun laporan. Pada bagian selanjutnya, kami menjelaskan mengenai proses pengembangan modul tersebut selangkah demi selangkah. Tahap pengembangan modul terdiri atas analisa permasalahan, analisa kebutuhan sistem, desain sistem, konstruksi sistem, dan implementasi sistem. Dan pada bagian akhir yang merupakan penutup, terdapat kesimpulan dan saran yang diajukan untuk pengembangan sistem selanjutnya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oxford : Blackwell, 1989
407 COM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Oxford: Pergamon Press, 1980
530.078 COM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Irhamni Rahman
"

Tesis ini membahas tentang evaluasi pencapaian outcome dari Program Indonesia Digital Learning yang dilaksanakan oleh PT. Telkom Indonesia pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Wawancara mendalam dilakukan kepada 7 orang informan yang terdiri atas 2 orang panitia pelaksana program dan 5 orang peserta yang mengikuti seluruh rangkaian program dari awal sampai akhir. Adapun observasi yang dilaksanakan dalam penelitian ini dilakukan kepada 3 orang peserta program yang juga mengikuti program secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa rangkaian pelatihan pembelajaran berbasis digital secara intensif yang diberikan kepada tenaga pendidik mampu meningkatkan kemampuan dasar digital yang dimiliki oleh peserta. Program ini membuat peserta yang awalnya sebagai pengguna dasar perangkat pembelajaran digital menjadi instruktur terlatih. Peserta program menjadi mampu menghadirkan ragam pembelajaran berbasis digital di kelas yang mereka ajar sekaligus mampu berkolaborasi dan berbagi kepada tenaga pengajar lain di sekolah mereka maupun di tingkat pelatihan nasional. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa aspek input dan proses program menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan pencapaian outcome program. Standarisasi peserta program, kurikulum, materi pelatihan, instruktur program, serta reward yang diberikan kepada peserta menjadi faktor input yang mempengaruhi keberhasilan program. Proses seleksi peserta di awal program dan penjurian yang selektif juga menjadi bagian dari aspek proses yang berpengaruh dalam pencapaian outcome program ini.

 


This thesis discusses the outcome evaluation of the Indonesia Digital Learning Program implemented by PT. Telkom Indonesia from 2016 to 2017. This research used a qualitative approach with an evaluative research type. The data collection methods were in-depth interviews and observations. The in-depth interviews were conducted with seven informants consisted of two program committee members and five participants who were participated in the entire program from the beginning to the end. The observations carried out in this study were conducted through three program participants who were also participated in the whole program. The results of the study showed that the intensive digital-based learning training series provided to the educators were able to improve the basic digital capabilities of the participants. This program enabled participants who, initially, were basic users of digital learning devices became trained instructors. The program participants were able to deliver various digital-based learning in the classes they taught and able to collaborate and share with other teaching staff in their schools and in the national training level. In addition, the result of this study also showed that the inputs and program process aspects determined the achievement of program outcomes. Standardization of program participants, curriculum, training materials, program instructors, and the given rewards to participants were input factors that influenced the success of the program. The participant selection process at the beginning of the program and selective appraisal were also part of the process aspects that contributed to the accomplishment of program outcomes.

 

"
2019
T53265
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beatty, Ken
London : Pearson Education, 2003
418.007 BEA t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Houston, Brant
New York: St. Martin Press, 1996
R 004 HOU c
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Ayesha Thalia Kanaya Putri
"Penelitian ini dipicu oleh minimnya penelitian yang berkaitan dengan desain antarmuka aplikasi e-learning environment yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA jurusan IPA dan IPS. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, menganalisis, dan mengimplementasikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh siswa SMA dalam proses e-learning. Metode yang digunakan adalah User Centered Design untuk memastikan desain yang dihasilkan menjawab kebutuhan pengguna. Pengumpulan kebutuhan dilakukan dengan mewawancarai 15 pelajar SMA jurusan IPA dan IPS. Hasil analisis kebutuhan menjadi dasar dari dirancangnya low fidelity prototype dan high fidelity prototype berupa clickable mockup dengan mengacu pada teori Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design, active learning, dan perkembangan kognitif oleh Piaget. Low fidelity prototype bertujuan untuk memberikan gambaran tata letak pada desain yang dirancang. Kemudian, high fidelity prototype bertujuan untuk memberikan gambaran yang utuh terkait desain antarmuka yang dirancang. High fidelity prototype ini dievaluasi melalui usability testing dan kuesioner System Usability Scale. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hampir keseluruhan fitur yang diajukan memiliki completion rate dan error-free rate sebesar 100%, yang menunjukkan bahwa pengguna dapat menyelesaikan task tanpa adanya kesulitan yang berarti. Namun, terdapat dua fitur yang memiliki tingkat error-free rate yang rendah, yaitu fitur “Dashboard” dan fitur “Materi Pembelajaran”, masing-masing sebesar 63.64% dan 72.73%, yang kemungkinan dipicu oleh bagian progres pembelajaran yang kurang ditekankan pada halaman “Dashboard” dan keberadaan checkbox yang mendistraksi pada halaman “Mata Pelajaran”. Penelitian ini mengajukan high fidelity prototype dan rekomendasi perbaikan yang didasarkan pada umpan balik yang bermakna selama proses evaluasi dijadikan acuan untuk melakukan pengembangan pada desain antarmuka e-learning environment.

This research is driven by the lack of research related to the interface design of the e-learning environment application that suits the needs of high school students majoring in science and social studies. This research aims to identify, analyze, and implement the features needed by the high school students during online learning. We apply the User Centered Design (UCD) method to ensure the results meet the user needs. We interviewed 15 high school students majoring in science and social studies to gather the requirements needed. The results became the basis for designing a low fidelity prototype and a high fidelity prototype in the form of a clickable mockup while still referring to the theory of Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design, active learning, and cognitive development by Piaget. Low fidelity prototype aims to provide an overview of the layout of the design. Then, the high fidelity prototype aims to provide a complete picture regarding the interface design. We evaluated the high fidelity prototype through usability testing and the System Usability Scale (SUS) questionnaire. This study concludes that almost all of the proposed features have a completion rate and error-free rate of 100%, which indicates that users can complete tasks without any significant difficulties. However, there are two features that have a low error-free rate, namely the "Dashboard" and the "Learning Material", respectively 63.64% and 72.73%, which are likely triggered by the less emphasized learning progress section on the “Dashboard” page and the existence of distracting checkboxes on the “Learning Material” page. This study proposes a high fidelity prototype and recommendations based on meaningful feedback during the evaluation as a reference for designing the interface of an e-learning environment."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book constitutes the refereed proceedings of the 5th International Conference on Hybrid Learning, ICHL 2012, held in Guangzhou, China, in August 2012.
The 32 contributions presented in this volume were carefully reviewed and selected from numerous submissions. In addition two keynote talks are included in this book. The topics covered are computer supported collaborative learning, experiences in hybrid learning, electronic learning, pedagogical and psychological issues, hybrid learning systems, and organizational frameworks for hybrid learning."
Berlin: Springer-Verlag, 2012
e20410162
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>