Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56244 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sofiudin
"Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) pada tingkat MTs. Penulisan karya akhir ini meliputi pemilihan materi cerpen, analisis unsur intrinsik, penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran cerpen dengan pendekatan PBAS. Pembelajaran cerpen dengan pendekatan PBAS dapat membantu siswa untuk menelusuri unsur-unsur intrinsik dan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Di samping itu, pendekatan tersebut dapat mengarahkan siswa untuk menikmati dan mengapresiasi karya sastra, mendorong siswa untuk mencintai karya sastra, dan meningkatkan minat baca siswa terhadap karya sastra, terutama cerpen. Dengan demikian, pendekatan PBAS dapat membantu siswa tingkat MTs untuk mempelajari materi cerpen secara aktif, kreatif, dan apresiatif.

This thesis discusses teaching short stories using Students? Activity-Oriented Teaching Approach (PBAS) to students of MTs. The discussion covers material selection, intrinsic element analysis, syllabus design and lesson plan (RPP). Further, it also describes its implementation in teaching process. Teaching short stories using PBAS method enables students to scrutinize intrinsic elements and reveal the values in short stories. Besides, the method leads the students to enjoy and appreciate literary works, and enhance students? interest to read literary work, particularly short stories. Eventually, PBAS method can help students of MTs to study literary work in a more active, creative, and appreciative way."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26266
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Ikhwanto
"Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif bagi siswa MTs. Penelitian kepustakaan dipakai sebagai upaya untuk menentukan langkah-langkah pengajaran cerpen yng disusun dalam silabus dan RPP. Sumber data yang dipilih adalah cerpen ‘Sahabat dan Kembang’ karya Soekanto S.A., Cerpen ‘Bunga Pengantin Bagian Keempat’ karya Arswendo A., dan cerpen ‘Aktor Ulung Kena Batunya’ karya Bambang J.K. Ketiga cerpen tersebut dianalisis strukturnya untuk dijadikan bahan pengajaran cerpen. Dari hasil deskripsi langkah-langkah pengajaran cerpen dengan sumber data tersebut terungkap bahwa pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sosial siswa. KBM juga dapat berlangsung menarik dan tidak monoton. Siswa pun dapat mengapresiasi karya sastra dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

The focus of this study is on teaching short story by using cooperative learning model for Junior High School. Bibliography research methodology is used as an effort to determine some steps in teaching short story with sylabus and lesson plan. The chossen data sources are ’Sahabat dan Kembang’ by Soekanto S.A., ’Bunga Pengantin Bagian Keempat’ by Arswendo A., and ’Aktor Ulung Kena Batunya’ by Bambang J.K. The three of the short stories mentioned above will be analyzed stnicturally for the teaching material. The result of steps in planning, implementing, and evaluating on teaching short story can improve the knowledge, attitude, and social studies. The teaching and learning process can become interesting and not boring. So, the students can apreciate the literary works and implement it in daily life direcly."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26087
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Ikhwanto
"Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif bagi siswa MTs. Penelitian kepustakaan dipakai sebagai upaya untuk menentukan langkah-langkah pengajaran cerpen yng disusun dalam silabus dan RPP. Sumber data yang dipilih adalah cerpen `Sahabat dan Kembang' karya Soekanto S.A., Cerpen `Bunga Pengantin Bagian Keempat' karya Arswendo A., dan cerpen `Aktor Ulung Kena Batunya' karya Bambang J.K. Ketiga cerpen tersebut dianalisis strukturnya untuk dijadikan bahan pengajaran cerpen.
Dari hasil deskripsi langkah-langkah pengajaran cerpen dengan sumber data tersebut terungkap bahwa pengajaran cerpen dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sosial siswa. KBM juga dapat berlangsung menarik dan tidak monoton. Siswa pun dapat mengapresiasi karya sastra dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

The focus of this study is on teaching short story by using cooperative learning model for Junior High School. Bibliography research methodology is used as an effort to determine some steps in teaching short story with sylabus and lesson plan. The chossen data sources are 'Sahabat dan Kembang' by Soekanto S.A., 'Bunga Pengantin Bagian Keempat' by Arswendo A., and 'Aktor Ulung Kena Batunya' by Bambang J.K. The three of the short stories mentioned above will be analyzed structurally for the teaching material.
The result of steps in planning, implementing, and evaluating on teaching short story can improve the knowledge, attitude, and social studies. The teaching and learning process can become interesting and not boring. So, the students can apreciate the literary works and implement it in daily life direcly."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T38086
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Siti Mulbisah D.
"Karya Akhir ini adalah mengenai pengajaran puisi untuk siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Janten. Rancangan dibuat berdasarkan kendala yang terjadi dalam pengajaran puisi. Rancangan pengajaran puisi yang disusun adalah rancangan yang efektif, operasional, dan implementatif berisi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan contoh langkah-langkah pengajaran di dalam kelas. Teks puisi dipilih dan dianalisis sebagai bahan pengajaran di kelas. Silabus yang dibuat merupakan penyempurnaan dari silabus yang ditawarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). RPP dijabarkan dengan langkah pengajaran di kelas dengan strategi pengajaran yang mengoptimalkan potensi siswa dan kerja sama.

This thesis is about the poetry lesson plan for the students of Janten State Junior High School (MTsN). It is designed for dealing with the problems aroused during poetry teaching process at school. The design is an effective and operational lesson plan to be implemented. It contains syllabus, operational lesson plan, and samples of teaching procedures in class. The selected poems are analyzed and will be used as teaching materials in class. The syllabus made is an improvement of the BSNP/Badan Standar Nasional Pendidikan (Board of National Education Standard) syllabus. The operational lesson plan is elaborated into class teaching procedures which optimize students' potentials and support strategy."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T39662
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Yakob
"Karya akhir ini membahas materi dan metode pembelajaran cerpen tingkat MTs. Penulisan karya akhir ini meliputi pemilihan materi cerpen, analisis unsur intrinsik, pembuatan silabus, merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mendeskripsikan pembelajaran cerpen dengan materi dan metode yang variatif.
Karya akhir ini menggunakan metode deskripsi dengan melakukan kajian pustaka. Materi ajar diimplementasikan dalam proses pembelajaran menggunakan metode diskusi untuk membahas tokoh dan penokohan, metode inkuiri membahas alur dan latar, dan metode sosiodrama membahas tema dan amanat.

This final paper discusses short story materials and teaching methods for MTs students. This paper aims to offer short story materials, intrinsic elements analysis, syllabus and lesson plan design (RPP), and describing teaching short story in more various method.
This final paper applies descriptive method by conducting library study. In teaching activity, discussion method is carried to discuss character and characterization, inquiry method to elaborate plot and setting, and sociodrama method to scrutinize theme."
Lengkap +
2009
T26222
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Siti Zakiah
"Karya Akhir ini mengenai sebuah rancangan pengajaran drama yang disusun untuk siswa MTs Pondok Pesantren Modem Islam Assalaam Sukoharjo-Surakarta. Rancangan dibuat karena berbagai kendala yang terdapat dalam pengajaran drama. Rancangan pengajaran drama yang aplikatif, berisi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), contoh penerapan pengajaran drama di kelas, dan kumpulan naskah drama pilihan.
Tiga naskah drama terpilih dianalisis sebagai bahan pengajaran di kelas. Silabus yang dibuat merupakan penyempurnaan dari silabus yang ditawarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). RPP dijabarkan dalam langkah-langkah pengajaran secara konkret di kelas dengan menerapkan strategi Stratta. Kumpulan naskah drama pilihan disusun terpisah dari Karya Akhir ini.

This thesis is about drama lesson plan designed for junior high school students (MTs) of The Islamic Assalam Modern Boarding School in Sukoharjo-Surakarta. It is designed to deal with some problems related to the drama teaching problems at school. The design constitutes an applicative drama lesson plan, which contains syllabus, operational lesson plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP), samples of teaching implementation in class, and some drama repertoires.
Three selected drama repertoires have been analyzed for teaching materials in class. The syllabus made is a perfection of the syllabus offered by Badan Standar Nasional Pendidikan (Board of National Education Standard). The operational lesson plan (RPP) is elaborated into concrete teaching procedures by implementing appropriate Stratta's strategy. The selected drama repertoires are organized separately from this paper."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T37485
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alif Sarifudin
"Dalam karya akhir ini, penulis membahas pengajaran cerpen. Tema cerita pendek yang penulis fokuskan, yaitu tema keberanian. Tema keberanian dipilih untuk meningkatkan keberanian siswa MTs Negeri Kota Tegal khususnya dalam mengemukakan pendapat. Tiga cerpen bertema keberanian yang penulis pilih dan dianalisis dalam karya akhir ini dijadikan sebagai sumber pengajaran untuk menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Metode dalam pengajaran ini menggunakan metode kerja kelompok. Kelebihannya adalah adanya saling berbagi pengalaman dan kerjasama antarsiswa sehingga akan menambah pemahaman mengenai cerpen. Dengan karya akhir ini, pembaca khususnya guru dapat mengajarkan cerita pendek kepada siswa mereka dengan mudah.

In this thesis, The writer discusses in short story teaching to students of Islamic Junior High School. The theme of the short stories focuses on bravery. The theme has been chosen to improve the bravery for the students of Islamic Junior High School in Tegal, especially in giving opinion. Three of short stories has been chosen and has been analyzed in this thesis to become source data to design a syllabus and lesson plan. Group-work method has been selected for several reasons. It enables students to share their knowledge to teach other. Besides, it is also enables student to do a collaborative work. Thus, students will be able develop more understanding about short stories given. It is expected that the readers of this thesis, especially teachers, will get more understanding about teaching short stories."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26181
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>