Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 157961 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tribuana
"BTA Group Depok merupakan sebuah lembaga bimbingan belajar dan konsultan pendidikan. Sistem informasi akademik yang selama ini berjalan pada lembaga ini masih secara manual tanpa pemanfatan teknologi informasi.
Pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung sistem informasi di lembaga tersebut akan menimbulkan reaksi yang berbeda-beda dalam sikap dan perilaku pengguna sistem informasi. Perasaan menerima atau menolak muncul menjadi dimensi sikap terhadap penggunaan sistem informasi. Selain sikap, diketahui ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku pengguna terhadap penggunaan system informasi.
Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk membantu pihak lembaga pendidikan dalam pengolahan data akademik dan promosi ke masyarakat luas serta mengkaji perilaku pengguna sistem informasi berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Uji statistik dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS 16.0.

BTA Group Depok is a learning institute and education consultant. Academic information system that applicated in this institution is still manual based without utilizing of information technology.
Information technology utilization for supporting information system in this institution will make different reaction in user attitude and behavior. Feeling of accept or reject the system will become attitude dimension of utilizing this information system. Beside attitude, there have known another factor that can influence user behavior of utilizing this information system.
Objective of this study are to help the institution on academic data processing and market promotion activity. Furthermore this study will examine information system user behavior based on factors that influence the system with approach of Technology Acceptance Model (TAM). Test of statistic was done with multiple linear regression using SPSS 16.0.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40480
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syahono
"ABSTRAK
Enterprise resource planning adalah software yang kompleks dan terintegrasi. Namun demikian, ERP diperlukan dalam mendukung strategi, operasional, analisa dan fungsi pengambilan keputusan. Openbravo adalah salah satu software ERP yang diimplementasikan di PT L rsquo;Essential. Kerjasama penggunaan Openbravo pada beberapa bagian seperti: gudang, production planning and control dan produksi masih kurang, sehingga data yang saling terkait seperti: stock, sales order dan delivery belum bisa digunakan secara langsung dalam proses pembuatan rencana produksi dan perhitungan kebutuhan bahan baku. Perusahaan perlu meneliti faktor-faktor kerjasama yang berpengaruh pada penerimaan dan pemahaman penggunaan sistem Openbravo yang dalam model TAM ditunjukkan dengan behavioral intention to use. Penelitian ini memperluas model TAM dengan penambahan faktor-faktor kerjasama. TAM terdiri dari perceived usefulness PU , perceived ease of use PEU , attitude toward use ATU dan behavioral intention to use BIU , sedangkan faktor - faktor kerjasama pada penelitian ini terdiri dari interdepartmental cooperation ICC , intradepartmental cooperation IC , implementation consultant IMC dan vendor support VS . Faktor-faktor kerjsama dipetakan ke dalam model TAM yang dihubungkan dengan PU dan PEU, PEU dihubungkan dengan PU, PEU dan PU dihubungkan dengan ATU, ATU dan PU dihubungkan dengan BIU. Data diolah dengan metode PLS-SEM menggunakan software smartPLS 3. Data didapat dari kuesioner yang disebarkan kepada pengguna sistem ERP di PT L rsquo;Essential yang berasal dari bagian purchasing, gudang, production planning and control dan lain-lain. Penelitian ini mendapatkan jumlah data responden sebanyak 55 dari 281 pengguna yang didaftarkan dalam sistem. Penelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 5 ? = 0,05 dengan nilai statistik t >= 1,96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa behavioral intention to use dipengaruhi oleh perceived usefulness. Perceived usefulness dipengaruhi oleh intradepartmental cooperation. Perceived ease of use dipengaruhi oleh interdepartmental cooperation dan intradepartmental cooperation. Attitude toward use dipengaruhi oleh perceived usefulness dan perceived ease of use. Faktor kerjasama intradepartmental cooperation terbukti mempunyai pengaruh positif terhadap penerimaan dan pemahaman penggunaan sistem Openbravo.Kata kunci: ERP, Openbravo, Cooperation, TAM, PLS-SEM

ABSTRACT
Enterprise resource planning is a complex and integrated software. However, ERP is needed in support of strategy, operations, analysis and decision-making functions. Openbravo is one of the ERP software implemented in PT L 39;Essential. Openbravo use cooperation in some parts such as: warehouse, production planning and control, and production is still lacking, so that interrelated data such as: stock, sales order and delivery can not be used directly in the process of making production plans and calculation of raw material needs. Companies need to examine the factors of cooperation that affect acceptance and understanding of the use of Openbravo systems which in the TAM model is indicated by behavioral intention to use. This research extends the TAM model with the addition of cooperative factors. TAM consists of perceived usefulness PU , perceived ease of use PEU , attitude toward use ATU and behavioral intention to use BIU , while the factors of cooperation in this study consist of interdepartmental cooperation ICC , intradepartmental cooperation IC , implementation consultant IMC and vendor support VS . Cooperation factors are mapped into TAM models linked to PU and PEU, PEUs linked to PU, PEU and PU associated with ATU, ATU and PU connected to BIU. Data processed by PLS-SEM method using smartPLS 3 software. Data obtained from questionnaires distributed to users of ERP system in PT L 39;Essential derived from the purchasing, warehousing, production planning and control and others. This study obtained the number of respondents as much as 55 data out of 281 users registered in the system. This research uses 5 significance level ? = 0,05 with statistic value t> = 1,96. The results showed that behavioral intention to use was influenced by perceived usefulness. Perceived usefulness is influenced by intradepartmental cooperation. Perceived ease of use is influenced by interdepartmental cooperation and intradepartmental cooperation. Attitude toward use is affected by perceived usefulness and perceived ease of use. Intradepartmental cooperation factor has proven to have positive influence on acceptance and understanding of Openbravo system usage. Keywords: ERP, Openbravo, Cooperation, TAM, PLS-SEM"
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dionisius Alvian Ariwibowo
"Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sistem terautomatitasi yang digunakan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan dalam menunjang proses di Rumah Sakit. Berdasarkan Pasal 3 (tiga) ayat 1 (satu) Permenkes No 82 tahun 2013, setiap Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Walaupun pemerintah mewajibkan setiap Rumah Sakit untuk menyelenggarakan SIMRS, nyatanya menurut data dari Kementrian Kesehatan tahun 2017 dari 2734 total Rumah Sakit yang terdapat di Indonesia, hanya terdapat 1423 (53%) Rumah Sakit yang memiliki SIMRS dan berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengimplementasian SIMRS yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja menggunakan Technology Acceptance Model yang telah dimodifikasi. Metode yang digunakan adalah metode campuran paralel konvergen.
Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa 80,2% pengguna SIMRS memiliki pandangan yang baik terhadap pengimplementasian SIMRS. Pada analisis multivariat terhadap model yang dirumuskan peneliti, kualitas informasi merupakan determinan utama yang menentukan keinginan pengguna untuk menggunakan SIMRS. Hasil wawancara menunjukkan bahwa petugas RSUD Koja menerima pengimplementasian SIMRS dengan positif, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan. Desain sistem yang personal bagi setiap pengguna merupakan salah satu faktor utama yang membuat SIMRS dapat diterima dengan baik. Pengimplementasian SIMRS di RSUD Koja cukup baik dan perlu dilanjutkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan di Rumah Sakit.

Hospital Management Information System (HMIS) is an automated system that is used to record and report in supporting the process at the Hospital. Based on Article 3 (three) paragraph 1 (one) Minister of Health Regulation No. 82 of 2013, each Hospital is required to carry out HMIS. Although the government requires every hospital to hold HMIS, in fact according to data from the Ministry of Health in 2017 of 2734 total hospitals in Indonesia, there are only 1423 (53%) hospitals that have HMIS and function properly. This study aims to analyze the implementation of existing HMIS at the Regional Public Hospital Koja using a modified Technology Acceptance Model. The method used is a mixed convergent parallel method.
The results of univariate analysis showed that 80,2% of HMIS users have a good view of the quality and implementation of HMIS. In the multivariate analysis of the model formulated by the researcher, information quality was the main determinant that determines the users desire to use HMIS. The results of the interview indicated that the Koja Hospital staff had positively accepted the implementation of HMIS, although there were still some problems. Personal system design for each user is one of the main factors that makes HMIS well received. The implementation of HMIS in Koja Hospital was quite good and needs to be continued to improve the effectiveness and efficiency of services at the Hospital.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nyimas Adella Gustina
"Pada tahun 2020, teknologi jaringan generasi terbaru (5G) telah digunakan di enam puluh negara di seluruh dunia. Namun, Indonesia secara resmi menyambut era 5G pada tahun 2021, yang relatif terlambat dibandingkan dengan beberapa negara lain. Makalah ini bertujuan untuk menyelidiki penerimaan pengguna terhadap layanan 5G di Indonesia. Penelitian ini mengembangkan kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan memasukkan faktor eksternal. Pengumpulan data melibatkan penyebaran kuesioner berupa Google Form kepada pengguna 5G di seluruh Indonesia, dan data kuesioner yang diperoleh telah melalui pengolahan data dilakukan dengan memanfaatkan metode Partial List Square – Structural Equation Modelling (PLS – SEM). Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah Perceived Skill Readiness (PSR), Perceived Enjoyment (PEN), Perceived Interactivity (PI) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT). Tetapi untuk variable Perceived Ease of Use (PEoU), Perceived Usefulness (PU), dan Perceived Resources (PRe) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT). Untuk variable Perceived Risk (PRi) tidak memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Intention to Use 5G (INT), hal ini dapat diartikan bahwa persepsi pengguna terhadap adanya resiko dalam menggunakan jaringan 5G, seperti masalah keamanan, privasi, atau efek pemborosan kuota dan daya tidak secara signifikan mempengaruhi atau menghambat niat mereka dalam mengadopsi dan menggunakan jaringan 5G. Menurut hasil pengamatan penulis, pengguna 5G lebih cenderung melihat manfaat dan kegunaan teknologi 5G dibandingkan dengan risikonya. Operator seluler dapat memperhatikan persebaran infrastruktur, memperhatikan untuk selalu menyediakan layanan 5G dengan faktor-faktor seperti kecepatan internet yang lebih tinggi, latensi rendah, konektivitas yang andal, dan kemampuan untuk mendukung aplikasi dan layanan yang canggih dapat meningkatkan persepsi kegunaan dan mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan jaringan 5G.

By 2020, next-generation network technology (5G) will have been deployed in sixty countries around the world. However, Indonesia officially welcomed the 5G era in 2021, which is relatively late compared to some other countries. This paper aims to investigate user acceptance of 5G services in Indonesia. This research develops an extended Technology Acceptance Model (TAM) framework by incorporating external factors. Data collection involved distributing questionnaires in the form of Google Forms to 5G users across Indonesia, and the questionnaire data obtained has been through data processing conducted by utilizing the Partial List Square - Structural Equation Modeling (PLS - SEM) method. The results and findings in this study are Perceived Skill Readiness (PSR), Perceived Enjoyment (PEN), Perceived Interactivity (PI) do not have a positive and significant influence on Intention to Use 5G (INT). But for the variables Perceived Ease of Use (PEoU), Perceived Usefulness (PU), and Perceived Resources (PRe) have a positive and significant influence on Intention to Use 5G (INT). For the Perceived Risk (PRi) variable, it does not have a negative and significant effect on Intention to Use 5G (INT), this can be interpreted that users' perceptions of the risks involved in using the 5G network, such as security, privacy, or the effects of wasting quota and power do not significantly affect or hinder their intention to adopt and use the 5G network. According to the author's observations, 5G users are more likely to see the benefits and usefulness of 5G technology compared to the risks. Mobile operators can pay attention to infrastructure deployment, paying attention to always providing 5G services with factors such as higher internet speeds, low latency, reliable connectivity, and the ability to support advanced applications and services can increase perceived usefulness and influence users' intention to use 5G networks."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Yustisia Sari
"ABSTRAK
E-budgeting merupakan sistem informasi penyusunan penganggaran yang dikembangkan oleh Biro PAKLN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR yang dibuat untuk mematuhi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. e-budgeting saat ini sudah digunakan pada seluruh satuan kerja di lingkungan pusat Kementerian PUPR, tetapi belum pernah dilakukan evaluasi terhadap penerimaan e-budgeting apakah sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam melakukan penyusunan anggaran dan penelitian serta review RKA-K/L. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat pengguna untuk menggunakan e-budgeting di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR . Penelitian ini mengintegrasikan kerangka kerja Technology Acceptance Model dengan Task-Technology Fit dan IS Success Model Delone Mclean sebagai variabel eksternalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada pengguna e-budgeting di lingkungan pusat Kementerian PUPR. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square PLS-SEM dan smartPLS. Terdapat 9 variabel yang diuji dengan melibatkan 221 responden yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik tugas dan karakteristik teknologi memengaruhi kesesuaian tugas dan teknologi, kesesuaian tugas dan teknologi memengaruhi persepsi manfaat penggunaan dan kemudahan penggunaan, kemudian persepsi manfaat penggunaan dan kemudahan penggunaan memengaruhi niat pengguna untuk menggunakan e-budgeting.

ABSTRACT
E-budgeting is a budgeting information system developed by the Bureau of Budget Planning and Foreign Cooperation of the Ministry of Public Works and Public Housing which was created to fulfill the Constitution of the Republic of Indonesia No. 14 of 2008 about public information disclosure. Nowadays organizational unit in central environment of Ministry Public Works and Housing is using e-budgeting, unfortunately e-budgeting utilization for fulfill users need hasn rsquo;t been evaluated . The purpose of this research is to find out what factors influence users intention to use e-budgeting at the Ministry of Public Works and Public Housing. This study combine Technology Acceptance Model with Task-Technology Fit and IS Success Model Delone Mclean as external variables. This research uses quantitative approach by distributing online questionnaire to e-budgeting users. Partial Least Square PLS-SEM and smartPLS is used to process data. There are 9 variables used with 221 respondents who meet the study criteria. The results of this study are task characterstic and technology characteristic influence task technology fit, task technology fit influences perceived of usefulness and perceived ease of use, then perceived of usefulness and perceived ease of use influence users intention to use e-budgeting."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Faishal Wafiq Zakiy
"Perencanaan strategis SI/TI yang selaras dengan rencana bisnis di sebuah organisasi bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini membahas tentang perencanaan strategis SI/TI di Universitas Andalas dengan menggunakan metodologi Ward dan Peppard. Metode analisis yang digunakan adalah Value Chain Analysis, SWOT, PEST, McFarlan Strategic Grid, analisis eksternal SI/TI, analisis internal SI/TI, analisis eksternal bisnis, dan analisis internal bisnis. Karena dalam pengelolaan SI/TI di Universitas Andalas, diperlukan adanya rencana strategis agar manfaatnya efektif dan mampu mendukung peningkatan kinerja secara keseluruhan. Rencana strategis SI/TI diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi aktivitas bisnis organisasi.

Information System/Information Technology strategic planning that is aligned with the business plan in an organization aims to achieve organizational goals. This study discusses IS/IT strategic planning at Andalas University using the Ward and Peppard methodology. The analytical methods used are Value Chain Analysis, SWOT, PEST, McFarlan Strategic Grid, IS/IT external analysis, IS/IT internal analysis, business external analysis, and internal business analysis. Because in the management of IS/IT at Andalas University, a strategic plan is needed so that the benefits are effective and able to support overall performance improvement. The IS/IT strategic plan is expected to be able to provide solutions to problems faced by the organization's business activities."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Arie Bayu Untoro
"ABSTRAK
Penyelesaian administrasi Sistem Perizinan dan Regristrasi Terintegrasi SPRINT masih rendah. Hal ini ditunjukan dengan 2.325 pemohon yang registrasi namun hanya 1.483 pemohon 63,78 yang menyelesaikan administrasi. Sementara itu Otoritas Jasa Keuangan OJK berharap SPRINT menjadi sistem informasi yang banyak digunakan sehingga mengurangi proses izin secara manual. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap penerimaan penggunaan terhadap implementasi SPRINT. Model yang digunakan dalam penelitian adalah Unified Theory of Adoption and Use of Technology UTAUT dan DeLone-McLean Model DMM . Pada penelitian ini menggunakan model UTAUT dengan penambahan tiga faktor dari DMM yaitu System Quality, Information Quality dan Service Quality. Penelitian ini menggunakan metode campuran mixed methods dengan memadukan metode kuantitatif dan metode kualitatif serta menggunakan survei sebagai cara mengambil data. Data yang didapatkan dari survei sebanyak 207 data valid untuk jawaban pertanyaan tertutup dan 259 data valid untuk pertanyaan terbuka. Data yang diperoleh diolah menggunakan Partial Least Square PLS untuk data pertanyaan tertutup serta content analysis untuk data pertanyaan terbuka. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat dua faktor yang mempunyai pengaruh negatif terhadap penggunaan SPRINT yaitu Information Quality dan Service Quality.

ABSTRACT
The administration completion level of the Integrated Licensing and Registration System SPRINT is still low. This is indicated by 2,325 applicants who already registered but only 1,483 applicants 63.78 have completed the administration. Meanwhile, OJK expects SPRINT to be a widely used information system so that reduce the licensing process manually. One of the problems is the absence of an evaluation of the user acceptance of the use of SPRINT. Therefore, it is necessary to evaluate the user acceptance of the SPRINT implementation. The model used in this research is Unified Theory of Adoption and Use of Technology UTAUT and Human, DeLone McLean Model DMM . In this study, Researchers used UTAUT model with the addition of three DMM factors. The added factor from the DMM model is System Quality, Information Quality and Service Quality. This research used mixed methods by combining quantitative and qualitative methods. In order to collect the data, this research used surveys. Valid data obtained from the survey were 207 respondents for closed questions and 259 respondents for open questions. Then, the obtained data were processed using Partial Least Square PLS for closed question data and content analysis for open question data. As conclusion, there are two factors that have negative influence on SPRINT usage which are Information Quality and Service Quality."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yaya Sudarya Triana
"ABSTRAK
Dalam rangka mengantisipasi era globalisasi di sektor pendidikan program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanannya, sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasinya. Untuk mewujudkan usaha tersebut MM-FEUI harus didukung dengan pelayanan teknologi informasi, diantaranya yaitu pelayanan di bidang akademik.
MM-FEUI berharap sistem registrasi online yang akan dikembangkan ini dapat memudahkan dalam melaksanakan administrasi dan pengelolaan data serta memiliki manual online. Sistem online ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam mendaftarkan kuliah yang dipilih pada cawu yang berlangsung berdasarkan mata ajaran yang ditawarkan pada cawu yang bersangkutan. Selain itu dapat memudahkan dosen untuk melihat jadual perkuliahan yang akan di-plot. Demikian juga untuk staf administrasi dapat menetapkan jadual registrasi dengan menentukan batas waktu registrasi dan melakukan proses transfer kedalam sistem pembayaran terhadap mahasiswa yang tidak konflik, serta menentukan jadual perkuliahan.
Sistem ini dapat menampung sebanyak mahasiswa yang terdaftar, dosen, staf administrasi dan manajemen yang memiliki otoritas terhadap sistem tersebut secara cepat dengan menggunakan platform sistem registrasi online, menggunakan linux sebagai server dan web sebagai solusi interface antara pengguna dan sistem.
Sistem ini akan dibuat dengan terlebih dahulu menggunakan proses requirement management, sehingga requirement yang dihasilkan adalah requirement yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna dan stakeholder. Selain itu requirement ini dapat dipantau dan dikendalikan, dimana apabila terjadi perubahan-perubahan yang besar dapat diantisipasi dan dapat dikembalikan ke dalam proses awal pembuatan requirement management.
Acceptance test harus dilakukan agar dapat diperiksa, apakah aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum, untuk itu harus diperiksa fitur-fiturnya, keandalan, performansi dan keamanan. Penggunaan model untuk mengendalikan proses ini juga perlu dilakukan. Dalam tesis ini menggunakan model "V'' untuk mengendalikan antara satu requirement dengan yang lainnya.

ABSTRACT
In anticipating the globalization era, Master of Management program, faculty of Economic University of Indonesia (MM-FEUI) insisted to increase the education quality and it's services in order to defend and increase the education quality. To realize those effort, MM-FEUI 3hould be supported by information technology, especially is the academic services.
MM-FEUI insist to develop an on line system registration. This effort could make all administration and data process activities much easier and also could have on line document. This on line system expected to be a smooth facility for the students to register subject. They may choose courses in quarterly bases. Other advantage is to make the lecturer could access their schedule easier. This could also facilitate the administration staff in ascertaining registration schedule by enforcing registration deadline and transfering process into payment request system.
This system could enable more registered students, lecturers, administration staff and management person who have authority to make fast operation by using online registration platform. Using the system will adopt linux as server and web interface solution between user and system.
The development effort is in initialized by constructing the requirement become closed to the user and stakeholder needs. Beside that, this requirement could be evaluated if there are some big changes can be anticipates and returned to the first making process of requirement management.
Acceptance test make us able to check the result, in order to guarantee the application already fullfill the requirement. Therefore we have to check the futures, reliability, performance and security. To control the process, we need some pattern. This test will follow the "V' model to control from one to another requirements."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40500
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aflah Ulil Amri
"ABSTRAK
Program pemerintah Indonesia dalam menyediakan jutaan hunian bagi masyarakat telah mendorong dibangunnya ratusan rumah susun di seluruh Indonesia. Disaat bersamaan, deviasi antara biaya anggaran dan biaya aktual yang dikarenakan buruknya perencanaan kebutuhan material menjadikan hal tersebut isu yang perlu diperhatikan oleh kontraktor. Material adalah elemen penting pada proyek konstruksi mengingat besarnya biaya material yang mencapai 50% - 60% dari total biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi isu tersebut dengan menerapkan perencanaan kebutuhan material yang baik melalui sistem informasi berbasis Work Breakdown Structure dengan menggunakan Building Information Modeling. Building Information Modeling berguna untuk menyimpan banyak informasi sejak tahap awal perencanaan proyek sehingga permasalahan konstruksi dapat diminimalisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan sistem informasi berbabis Work Breakdown Structure dengan menggunakan Building Information Modeling. Langkah pertama adalah memvalidasi Work Breakdown Structure untuk menentukan material beserta referensi merk material yang dapat digunakan pada proyek konstruksi rumah susun dengan menggunakan penilaian para pakar. Langkah kedua adalah mengembangkan sistem informasi material. Material konstruksi yang telah divalidasi digunakan untuk mengembangkan sistem informasi dengan menggunakan Building Information Modeling. Sebuah studi kasus pada proyek konstruksi rumah susun dilakukan untuk memastikan sistem informasi yang dibuat berjalan dengan baik. Hasil dari pengembangan sistem informasi dinilai oleh para pakar. Metode Dephi digunakan terhadap penilaian para pakar. Kontribusi dari penelitian ini, yaitu penggunaan Building Information Modeling untuk mengembangkan sistem informasi perencanaan kebutuhan material konstruksi dan untuk meningkatkan efektifitas perencanaan kebutuhan material konstruksi pada proyek rumah susun.

ABSTRACT
Indonesian government program to provide millions homes for community has carried out hundreds flat construction project. At the same time, deviation between the budget and actual cost due to unwell planned construction material make it a disrupting focus among contractor issue. Construction material is an important element in construction projects since it cost up to 50% - 60% of the total project cost. This study intend to overcome these issue by implementing well planned construction material requirement information system based on Work Breakdown Structure using Building Information Modeling. The benefit of Building Information Modeling there is a lot of information which could be stored at Building Information Modeling in early planning stage so that construction conflict could be minimize. This research is using qualitative approach to achieve information system of material needed based on Work Breakdown Structure using Building Information Modeling. First step is validating Work Breakdown Structure to define construction materials needed in flat construction project using expert assessment. Second step is developing construction material information system. Validated construction materials are used to develop information system using Building Information Modeling. A case study in flat construction project is conducted to ensure information system is working well. The result of the development of construction material information system is assessed by experts. The Delphi method is used to validate the expert assessment. Contribution from this research include utilization of Building Information Modeling to develop construction material information system is proposed and to enhance the effectiveness of the construction material requirement planning in flat construction project."
2019
T54164
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadiyan Prabowo
"Sistem Informasi / Teknologi Informasi (S/TI) dapat mendukung secara penuh bisnis perusahaan sehingga dapat menjalankan misi dan mencapai visi yang diharapkan. S/TI membutuhkan perencanaan yang matang dan strategis untuk dapat menghasilkan keunggulan yang kompetitif. Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia tidak memiliki perencanaan yang strategis dalam menggunakan S/TI-nya. Tesis ini membahas mengenai bagaimana bentuk model kerangka kerja (framework model) perencanaan strategis sistem informasi / teknologi informasi untuk perusahaan properti.
Analisis dan interpretasi data yang dilakukan peneliti menggunakan metode analisis kualitatif. Metode analisis ini cenderung menggunakan pendekatan logika induktif, di mana silogisme dibangun berdasarkan pada hal-hal khusus atau data di lapangan yang bermuara pada kesimpulan-kesimpulan umum.
Hasil dari Tesis ini berupa Model Kerangka Kerja yang terdiri dari Bentuk Proses Pembuatan Perencanaan Strategis S/TI dan Bentuk Struktur Dokumen Perencanaan Strategis S/TI untuk perusahaan bidang bisnis properti. Hasil ini diharapkan dapat membantu perusahaan bidang bisnis properti dalam membuat Perencanaan Strategis S/TI-nya untuk mencitakan keunggulan kompetitif supaya dapat bersaing. Kebutuhan Perencanaan Strategis S/TI untuk Perusahaan bidang bisnis properti sangat diperlukan.
Saran untuk pengembangan lebih lanjut, yaitu Perencanaan Strategis S/TI sebaiknya lebih difokuskan untuk kegiatan strategi bersaing (competitive advantage), walaupun dalam pelaksanaannya tidak mudah untuk mendapatkan suatu kekuatan bersaing. Ini mengingat tingkat persaingan yang semakin ketat. Perencanaan Strategis S/TI juga sebaiknya lebih diikutsertakan pada saat Perencanaan Strategi Bisnis, agar program kerja dan sasaran bisnis dari setiap unit kerja di dalam struktur organisasi semakin jelas. Mengingat perkembangan teknologi yang kian cepat, sebaiknya perencanaan strategis S/TI dievaluasi tiap tahunnya. Ini dilakukan untuk memperoleh peluang baru melalui penerapan teknologi.

Information System / Information Technology is able to completely support a business of company to persue its mission and achieve its vision. IS/T requires matured planning and strategies to provide competitive advantage. Many indonesian companies don?t have good strategic of planning in using there IS/T. This Tesis explains how is type of information system / information technology strategic planning framework model for property company.
Interpretation and analysis data that done by writer is using qualitative analysis method. This method inclines to used logical inductive approach, which is silogicly built by special matter or data stuaried to common armful suggestions.
The result of this Tesis is Framework Model that contains Type of Making Process IS/T Strategic Planning and Type of IS/T Strategic Planning Document Structure for property company. Hoped of the result is to support property company in its IS/T Strategic Planning to provide competitive advantage. Using of IS/T Strategic Planning for property company is very useful.
Next suggestion, Used of IS/T has to be more focused for competitive advantage, eventhough it is difficult in getting of it. It reminds how difficult to be opposite of other companies. It is excelent if IS/T Strategic Planning fills Business Strategic, so the target of busines unit in organization structure could be more clearly. Rever to how fast is technology built, it would be great if IS/T evaluated in every single year. This could make new opportunity with technology approach."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>