Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134314 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Ajeng Susanandari
"Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran penyesuaian diri ibu dan perkembangan kemampuan anak tunaganda-netra. Subjek terdiri dari tiga orang ibu dari anak tunaganda-netra taraf ringan hingga sedang. Gambaran penyesuaian diri ibu diperoleh melalui wawancara dengan ibu. Sementara gambaran perkembangan kemampuan anak (kognitif, bahasa, sosial-emosional, motorik kasar, motorik halus, orientasi-mobilitas, visual, bina-bantu diri) diperoleh melalui asesmen menggunakan alat ukur perkembangan kemampuan anak tunaganda-netra.
Berdasarkan hasil penelitian, reaksi dan masalah yang dialami ketiga subjek, sehubungan dengan kehadiran anak tunaganda-netra, memiliki persamaan dan perbedaan satu sama lain. Dalam penelitian ini, dua subjek sudah mampu menerima kondisi anak tunaganda-netra, sedangkan satu subjek belum mampu menerima. Satu subjek yang sudah mampu menerima kondisi anak menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan anaknya secara umum cenderung baik. Sedangkan, satu subjek yang belum mampu menerima kondisi anak menunjukkan, bahwa perkembangan kemampuan anaknya, secara umum masih perlu mendapat perhatian. Subjek lain yang sudah mampu menerima kondisi anak menunjukkan, bahwa perkembangan kemampuan anaknya tidak jauh berbeda dengan subjek yang belum mampu menerima kondisi anak. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri ibu, seperti sumber daya pribadi, hubungan pernikahan, karakteristik ketunaan, sumber daya sosial, serta parent support-group.

This research is aimed to describe the mother`s adjusment and skills development of multiple disabilities and visual impairment children. The three respondents are mothers who have multiple disabilities and visual impairment child. Data about mother`s adjusment was taken from interview with mother. Data about children`s skills development (cognitive, language, social-emotional, gross motor, fine motor, orientationmobility, visual, self-help) was taken from assesment used by skills development measuring tools for multiple disabilities and visual impairment children.
Based on the result, those three respondents have some similarity and differences between each other, in reactions and problems that experienced by mothers with multiple disabilities and visual impairment child. In this research, two respondents already have accepted the multiple disabilities and visual impairment children`s condition, while one respondent have accepted yet the child. One of the respondents who already has accepted the child`s condition shows, that the child generally have a good skills development. Whereas, one respondent who has accepted yet the child`s condition shows, that child tend to have skills development which generally need to get attention. Another respondent who has accepted the child`s condition show, that the child skills development doesn`t too much differ with the respondent who has accepted yet the child`s condition. These condition caused by some factors that influence mother`s adjusment, such as personal resources, marital relationship, characteristic of the disabled children, social resources, and parent support-group."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
155.2 DWI g
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Rahmawati
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peran guru dan perkembangan kemampuan anak tunaganda-netra. Subjek dari penelitian ini adalah tiga orang guru yang mengajar anak tunaganda-netra. Gambaran mengenai peran guru diperoleh peneliti dari hasil wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Selain itu, penelitian ini juga memberikan gambaran mengenai perkembangan kemampuan anak tunaganda-netra pada delapan aspek perkembangan (kognitif, bahasa dan komunikasi, sosial, motorik kasar, motorik halus, orientasi-mobilitas, visual, bina-bantu diri). Gambaran tersebut diperoleh dengan melakukan asesmen pada anak. Karakteristik ketunaan siswa berbeda satu sama lain, tetapi mereka sama-sama mengalami ketunaan berupa tunanetra-tunarungu.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa ketiga subjek telah menjalankan ketiga perannya (pengajar, manajer, dan konselor) dalam membantu perkembangan kemampuan anak tunaganda-netra. Perbedaan karakteristik siswa pada ketiga subjek membuat pelaksanaan peran menjadi berbeda. Dalam menjalankan peran-perannya, ketiga subjek melakukan metode yang berbeda dari guru kebanyakan seperti melakukan strategi pemaksaan untuk mengajarkan bahasa isyarat, menerapkan pengobatan herbal dan diet glutin untuk menangani epilepsi dan gangguan emosi, serta penerapan sudut individual bagi siswa yang sedang marah.

The purpose of this research is to get description about teacher`s role and skills development of Multiple Disabilities and Visual Impairment (MDVI) children. Respondent of this research are three teachers who teach MDVI children. Description about teacher`s role is got by the researcher from interview, observation, and document analysis. Beside that, this research also give the description about skills development of MDVI children in eight aspect of development (cognitive, language and communication, social, gross motor, fine motor, orientation-mobility, visual, and self-help). The description is got by doing assessment to the child. Characteristics if student`s impairment are different from one to another, but they have similarities that they are suffering deaf-blind.
From this research is knew that the three subjects already done the three teacher`s role (instructional expert, manajer, and counselor) in helping skills development of MDVI children. Differences of children`s characteristics make the role implementation become different too. When implementing their roles, those three respondent doing methods that differ from most of other teachers like doing forcing strategy to teach sign language, applicating herbal medical treatment and glutine diet to handle epilepsy and emotional disturbance, and also applicating individual corner for angry student."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Almira Devina
"Kompetensi sosial merupakan tugas perkembangan yang krusial serta perlu untuk dioptimalkan bagi anak usia prasekolah karena pada rentang usia ini terjadi peningkatan kompleksitas dan variasi interaksi sosial. Penelitian sebelumnya sudah menemukan bahwa stres pengasuhan dan perilaku pengasuhan orangtua secara signifikan memengaruhi perkembangan kompetensi sosial anak usia prasekolah. Hanya saja, mekanisme hubungan antara stres pengasuhan, perilaku pengasuhan orangtua, dan perkembangan kompetensi sosial anak belum banyak diteliti. Penelitian kali ini bertujuan untuk mempelajari peran autonomy support Ibu sebagai mediator dalam hubungan antara stres pengasuhan dan kompetensi sosial anak prasekolah. Metode convenience sampling digunakan untuk merekrut partisipan. Terdapat 56 anak usia 48-72 bulan beserta Ibunya yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Autonomy support Ibu diobservasi melalui kegiatan interaksi bersama anak dalam mengerjakan puzzle. Kompetensi sosial anak diukur dengan kuesioner Preschool and Kindergarten Behavior Scale – Skala A yang diisi oleh orangtua, sedangkan stres pengasuhan diukur dengan kuesioner Parental Stress Scale. Hasil menunjukkan bahwa autonomy support memediasi penuh hubungan stres pengasuhan dan kompetensi sosial anak usia prasekolah. Penelitian ini memperluas temuan sebelumnya tentang pengaruh tidak langsung stres orang tua terhadap kompetensi sosial anak prasekolah yang dimediasi oleh perilaku pengasuhan autonomy support. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi profesional untuk mengembangkan program intervensi yang berfokus pada peningkatan kemampuan Ibu untuk mengelola stres pengasuhan serta peningkatan keterampilan pengasuhan autonomy support.

Social competence is a crucial developmental task for preschool children that needs to be optimized due to the increasing complexity and variety of the social interactions. Research has revealed the significance of parental stress and parenting behavior in influencing the development of social competence during the preschool period. Nonetheless, the mechanism of relationship between parental stress, parenting behavior, and child's social competence development has not been well explored. Furthermore, limited studies have investigated the mediating role of mother’s parenting practice in the relationship between parental stress and child's social competence. This research aims to explore the role of mother’s autonomy support as one of parenting behavior as a mediator in the relationship of parental stress and preschool child's social competence. Children aged 48-72 months old (N = 56) and their mothers participated in the current study. Children's social competence and parents' level of parental stress were measured through two different parent-report questionnaires, Preschool and Kindergarten Behavior Scale – Skala A dan Parental Stress Scale. Mother’s autonomy support was observed during the dyadic interaction between the mother and the child in the context of structured play. Data collection and observations are conducted online. Results indicate that mother’s autonomy support fully mediates the relationship of parental stress and preschool children's social competence. This research extends previous studies about the indirect effect of parental stress on preschool children's social competence mediated by parenting behavior in a pandemic condition. The results of this study can become a basis for professionals to develop program interventions that focus on increasing mothers' ability to manage parenting stress and increase the level of autonomy support."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kania Danimartianda Muninggar
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan parenting stress dengan persepsi terhadap pelayanan family-centered care pada orang tua anak tunaganda-netra. Anak tunaganda adalah mereka yang karena intensitas masalah fisik, mental, atau emosional, membutuhkan pelayanan pendidikan, sosial, psikologis, dan medis melebihi program pendidikan khusus yang biasa. Penelitian ini dianggap penting karena orang tua anak tunaganda ditemukan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan orang tua anak normal. Dengan adanya pemahaman mengenai berbagai kesulitan yang dialami orang tua anak tunaganda, tenaga profesional dapat memahami secara lebih mendalam tentang berbagai masalah yang ada dan membantu untuk mengarahkan pilihan intervensi dalam menangani anak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Model operasional penelitian ini menggunakan adaptasi Parenting Stress Scale (PSS) untuk menggambarkan parenting stress dan skala Measure of Processes of Care versi Indonesia (MPOC-Indonesia) untuk menggambarkan persepsi orang tua terhadap pelayanan family-centered care. Penelitian ini dilakukan pada 52 orang tua anak tunaganda yang sedang menerima pelayanan pengasuhan dari tenaga profesional. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner, sedangkan untuk analisis data digunakan perhitungan korelasi dengan teknik Pearson product-moment.
Berdasarkan analisis terhadap hasil pengolahan data, penelitian ini menemukan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara parenting stress dengan persepsi terhadap pelayanan family-centered care. Dengan kata lain, tidak terdapat hubungan antara parenting stress dengan persepsi terhadap pelayanan family-centered care pada orang tua anak tunaganda-netra.

The purpose of this study is to better understand whether there is a relationship of parenting stress and perception of family-centered care service in parents of children with multiple disabilities and visual impairment. Children with multiple disabilities are those who because of the intensity of their physical, mental, or emotional problems need educational, social, psychological, and medical service beyond those which are traditionally offered by regular special education program. This research was considered to be crucial since parents of children with multiple disabilities have been found experience higher levels of stress than parents of normal children. Through knowledge about difficulties faced by parents of children with multiple disabilities, professionals can get a greater understanding of their problems and may help guide the intervention chosen for the children.
This study is a quantitative research with a correlational design. Operational model of this study used the adaptation of Parenting Stress Scale (PSS) to describe parenting stress and the scale of Measure of Processes of Care in Indonesian version (MPOC-Indonesia) to describe parents? perception of familycentered care service. This study was held among 52 parents of children with multiple disabilities who were receiving family-centered care service from the professionals. The data was collected by using questionnaire method, and it was analyzed by using Pearson product-moment correlation technique.
By analyzing the result of data processing, the research found that there was no significant correlation between parenting stress and perception of family-centered care service. In other words, there is no relationship of parenting stress and perception of family-centered care service in parents of children with multiple disabilities and visual impairment.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
649.1 MUN h
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Kartinka Rinaldhy
"Penelitan ini didasari teori Furman & Lantheir (1996) dan berbagai hasil penelitian mengenai saudara dari anak berkebutuhan khusus. Pentingnya membahas saudara kandung dari anak yang tunaganda-netra karena hubungan antara saudara (sibling relationship) adalah hubungan yang unik. Jika salah satu saudaranya tunaganda-netra maka hubungan jangka panjang yang terjalin dapat mengubah perkembangan satu sama lain. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui wawancara terhadap tiga orang (dua perempuan dan satu laki-laki) remaja akhir dalam rentang usia 18-21 tahun yang memiliki saudara tunaganda dengan salah satu ketunaannya gangguan penglihatan.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa ketiga partisipan menunjukkan kehangatan dalam sibling relationship yang disebabkan interaksi positif yang biasa dilakukan oleh anak tunaganda-netra seperti berpelukan, mencium dan tersenyum. Tekanan lingkungan dan konflik akibat kesulitan mengatur anak tunaganda-netra adalah dua faktor yang lebih besar mewarnai dinamika sibling relationship. Keberadaan saudara yang tunaganda-netra memberikan pengaruh positif terhadap saudaranya yaitu meningkatnya toleransi terhadap perbedaan. Pada diskusi, menemukan ketika ketiga partisipan yang saat ini telah mencapai tahap penerimaan didasari atas kekuatan spiritual, mempengaruhi keseluruhan cara memandang proses sibling relationship secara positif. Salah satu saran praktis yang diajukan adalah memanfaatkan potensi saudara melalui pembentukan program sibling as therapists dan sibling support group.

Research done based on Furman & Lantheir (1996) theory and a number of exceptional children studies. Because the sibling relationship is unique, and important that sibling influence each other and play important roles in each other?s lives. When this relationship is affected by a sibling's disabilities, the long-term benefits of the relationship may be altered. This study adopts a qualitative method by interviewing three (2 females and 1 male) selected adolescence sibling include range of 18 -21 years old and have multiple disabilities and a visual impairment (MDVI) sibling.
The findings suggest that three participant has warmth on their sibling relationship causes by positive interaction such as hug, kiss and smile. Experience embarrassment on public image and burdened on child care demands are two factor that show bigger impact on sibling relationship. Companionship of MDVI sibling had give positive impact on sibling such tolerance with differences. Finding highlight when participant reach acceptance level that based on spiritual power, influence the way them saw a hole process of sibling relationship as positive view. The research suggestion to underutilized sibling potential on training sibling as therapists and sibling support group programs.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
306.875 RIN g
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bertha Fania Maula
"Using the Indonesia Family Life Survey IFLS year 2014, this study sought to analyse the impact of teenage childbearing on women soft skills development when they become adult. The findings show that having children below than the age of 20 is negatively and significantly associated with one of the soft skill aspects, openness to experience. Educational attainment is thought to be the important mechanism to explain why it might happen. Compared to the non teenage mothers, additional year increase in education significantly increase the openness to experience among the teenage mothers. As openness to experience is one of the soft skills that predicted to be high in demand, teenage childbearing appears to disadvantage women in the future labor market.

Menggunakan data Indonesia Family Life Survey IFLS tahun 2014, penelitian ini menganalisa dampak memiliki anak di usia remaja terhadap perkembangan soft skills perempuan ketika dewasa. Hasil menunjukkan bahwa memiliki anak di bawah usia 20 tahun secara signifikan memiliki hubungan negatif dengan salah satu aspek soft skills yaitu keterbukaan terhadap pengalaman. Tingkat pendidikan menjadi mekanisme transmisi yang penting dalam menjelaskan hubungan tersebut. Dibandingkan dengan mereka yang bukan ibu remaja, tambahan satu tahun pendidikan secara signifikan meningkatkan skor keterbukaan terhadap pengalaman di antara ibu remaja. Melihat prediksi aspek keterbukaan terhadap pengalaman sebagai salah satu soft skills yang semakin dibutuhkan, memiliki anak usia dini cenderung memberi dampak negatif terhadap perempuan di pasar tenaga kerja."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S66993
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Gallahue, David L.
New York : McGraw-Hill, 2002
152.3 GAL u
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Istiqomah Nurul Fauziah
"Anak usia prasekolah merupakan masa kritis dalam proses perkembangan seorang individu. Orang tua, terutama ibu memiliki peran yang penting dalam tercapainya perkembangan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Saat ini, banyak ibu bekerja diluar rumah sehingga ibu memiliki peran ganda didalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan anak usia prasekolah pada ibu yang bekerja. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis univariat. Responden merupakan anak usia prasekolah yang memiliki ibu bekerja di PAUD/TK pada Kelurahan Tanah Baru Beji Depok n=93 diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perkembangan anak menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan KPSP. Hasil penelitan menunjukkan perkembangan anak sebagian besar 62,4 sesuai dengan tahap tumbuh kembang. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan promosi kesehatan tentang pentingnya pemantauan perkembangan anak terutama pada ibu bekerja.

Preschoolers is a critical period in the development of an individual. Parents, particularly mothers have an important role in the achievement of development in accordance with the stages of child development. Today, mothers have work so mother has a double role in her life. This study aims to describe the development of preschool children of working mothers. This study design is descriptive univariate analysis. Respondents are preschoolers whose mothers work in early childhood kindergarten in Tanah Baru, Beji, Depok n 93 were taken by purposive sampling technique. The instrument used to measure the child 39 s development is Kuesioner Pra Skrining Perkembangan KPSP. The results showed a large majority of child development 62.4 according to the stage of growth and development. This research is expected to be used as consideration of the importance of health promotion monitoring child development, especially on working mothers."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S69501
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>