Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116493 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riswan Ardiansyah
"Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah manajemen perusahaan yang mencakup semua metode dan teknologi untuk mengatur hubungan perusahaan tersebut dengan para pelanggannya. Sistem CRM dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk dan cara, salah satunya adalah CRM yang menggunakan expert system. Expert system (ES) merupakan sebuah sistem yang dirancang menyerupai seseorang yang ahli (expert) dalam menyelesaikan sebuah masalah tertentu. Penggunaan utama expert system adalah untuk memudahkan orang-orang yang tidak ahli (non expert) dalam menyelesaikan suatu masalah. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah mengembangkan sistem CRM berbasis expert system dengan studi kasus berupa diagnosis kerusakan pada telepon seluler.
Metodologi yang digunakan pada pengembangan expert system pada penelitian ini adalah melakukan studi literatur yaitu membangun knowledge base, melakukan implementasi sistem dan melakukan pengujian sistem. Pengujian sistem dilakukan untuk membandingkan ketepatan jawaban yang dihasilkan oleh expert system dan expert. Pengujian expert system dilakukan dengan mensurvei satu orang responden yang merupakan expert dalam hal diagnosis kerusakan pada telepon seluler dengan menggunakan lima belas buah kasus kerusakan telepon seluler.
Hasil pengujian yang didapat adalah terdapat sembilan buah jawaban yang sama dari lima belas buah kasus yang diujikan. Hal ini menunjukkan bahwa CRM berbasis expert system dapat diterapkan dan diimplementasikan di dalam perusahaan untuk memberi nilai tambah kepada para pelanggannya. Saran yang diberikan dalam pengembangan expert system pada penelitian tugas akhir ini adalah memperkaya knowledge base yang ada yakni memperluas cakupan jenis dan kerusakan telepon seluler, pemilihan expert yang handal dan perbaikan interface."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saharso
"Penulisan karya akhir ini mengulas tentang implementasi sistem aplikasi Customer Relationship Management (CRM) pada sebuah perusahaan, karya akhir ini mengambil studi kasus PT Indosat Tbk. sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Dalam era kompetisi di industri telekomunikasi khususnya di Indonesia maka kemampuan suatu perusahaan untuk dapat mengelola pelanggan yang dimilikinya dan `menangkap' calon pelanggan potensial sangat diperlukan dan CRM adalah salah satu solusi yang diharapkan.
Karya akhir ini menganalisis implementasi sistem aplikasi CRM Indosat saat ini dengan merujuk kepada rujukan yang didapatkan baik secara teori maupun basil survei dan juga melakukan diskusi dengan manajemen atau `pakar' di perusahaan, kemudian berusaha mencari solusi dari permasalahan tersebut. Namun karya akhir ini tidak hanya menganalisis kondisi implementasi sistem aplikasi CRM pada saat ini tetapi juga melihat kemungkinan implementasi tersebut pada mass yang akan datang dengan menggunakan metoda skenario.
Dui hasil penulisan karya akhir ini ditemukenali bahwa dalam mengimplementasikan sebuah sistem aplikasi CRM yang terintegrasi yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan perusahaan perlu mendapatkan komitmen dan semua pihak terkait, perlunya tahapan pelaksanaan dengan melihat prioritas implementasi, kemudian strategi dan bisnis proses serta sistem pendukung diperlukan sebagai prasyarat suksesnya implementasi sistem CRM. Dengan keberhasilan implementasi sistem aplikasi CRM diharapkan perusahaan akan mampu bertahan dan tetap eksis menghadapi kompetisi saat ini dan saat mendatang."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18342
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ignizio, James P.
New York: Prentice-Hall, 1991
006.33 IGN i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Luger, George F.
California: The Benjamin/Cummings , 1989
006.3 LUG a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Weiss, Sholom M.
New Jersey : Rowman and Allanheld, 1984
006.33 WEI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"In most rule-based expert system, building of rules can easily be done. Knowledge engineer or expert
does not have to do any work specifying rules and how they are linked to each other. Sometime the
knowledge engineer or expert can reference rules or facts that have not yet been created. It seems to be a
simple and an instant work. The problem due to the performance of the knowledge will not occur until the
number of niles is getting higher. Some problem may appear in the form of inconsistent rules,
unreachable rules, redundant rule and rotating chain of rules. In order to solve that problem and to achieve
that mentioned performance, a rule-based knowledge acquisition system using Ternary Grid is developed.
This system acquires knowledge from human expert using grid or matrix system. Ternary Grid represents
a model of rule-based knowledge in a grid or matrix format.
"
Jurnal Teknologi, 21(3) September 2007 : 165-176, 2007
JUTE-21-3-Sep2007-165
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Reading, Mass.: Addison-Wesley, 1984
006.33 RUL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Medsker, Larry
New york: Macmillan Publishing company, 1994
006.3 MED d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Boy Subirosa Sabarguna
Yogyakarta: Konsorsium Rumah Sakit Islam, 2006
651.504 261 BOY s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rachima Fatkhawati
"UMKM di Indonesia menjadi prioritas pengembangan pemerintah. Peta jalan Making Indonesia 4.0 oleh Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa UMKM di Indonesia harus mengadopsi teknologi informasi dalam kegiatan bisnisnya untuk meningkatkan produktivitas dan pangsa pasar. Ditargetkan pada 2030 mendatang, sebanyak 30 juta UMKM di Indonesia telah melakukan transformasi digital. Sistem informasi ini diterapkan guna mendukung operasional bisnis agar tercapai tingkat efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan operasionalnya. Selain itu, perlu diperhatikan juga penerapan strategi Customer Relationship Management (CRM) untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Agile Kanbandengan pendekatan Object Oriented. Sistem yang dihasilkan berupa Sistem Pemesanan, Sistem Transaksi, Sistem Manajemen Pelanggan, Sistem Manajemen Karyawan, Sistem Input Stok, Sistem Invoice, dan Sistem Manajemen Produk. Penulis juga menggunakan alat bantu dalam melakukan perancangan sistem yaitu dengan use case diagram, use case scenario, entity relationship diagram, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram.Penulis juga merancang high-fi design user interface menggunakan software Figma. Sistem informasi ini menggunakan database server yaitu MySQL.

MSMEs in Indonesia are a government development priority. The Making Indonesia 4.0 roadmap by the Ministry of Industry says that MSMEs in Indonesia must adopt information technology in their business activities to increase productivity and market share. It is targeted that in 2030, as many as 30 million MSMEs in Indonesia will carry out digital transformation. This information system is implemented to support business operations in order to achieve a level of efficiency and effectiveness in its operational activities. In addition, it is also necessary to pay attention to the implementation of Customer Relationship Management (CRM) strategies to maintain customer loyalty and customer satisfaction. This study uses the Agile Kanban method with an Object Oriented approach. The resulting systems are Ordering Systems, Transaction Systems, Customer Management Systems, Employee Management Systems, Stock Input Systems, Invoice Systems, and Product Management Systems. The author also uses tools in designing the system, namely use case diagrams, use case scenarios, entity relationship diagrams, class diagrams, activity diagrams, and sequence diagrams. The author also designed a high-fi user interface design using Figma software. This information system uses a database server, namely MySQL."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>