Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 156502 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zulfi Novriandi
"Tidak dapat disangkal lagi bahwa bencana tsunami pada Desember 2004 menunjukan perlunya perbaikan manajemen penanganan bencana serta sistem informasi, karena sistem yang ada terbukti tidak dapat merespons bencana tersebut dengan baik. Agar manajemen penanganan bencana berjalan dengan baik, kumpulan serta analisis data dan informasi harus terhubung dengan proses pengambilan keputusan. Manajemen informasi, selain memungkinkan organisasi untuk mengambil keputusan yang efektif dan tepat waktu, juga dapat berfungsi sebagai katalis dalam menjalin hubungan dan kerjasama, sehingga akan meningkatkan efektifitas serta efisiensi dari bantuan kemanusian yang diberikan.

There is no doubt that recent event such as the December 2004 tsunami have illustrated the need for improvements in disaster response and information management system. It is evident that these systems were overwhelmed and inadequate to response to the magnitude of the events. In order for disaster management efforts to succeed it is necessary for data and information collection and analysis be inherently linked to decision making process. Information management, while required to enable agencies to make effective and timely decisions, can do more. Information management tools can be catalysts for cooperation and relationship building, resulting in increased effectiveness and efficiency of humanitarian aid delivery."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26604
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Saryanto
"Dari pembahasan pada bab 4 dapat disimpulkan bahwa konsep restrukturisasi organisasi tidak hanya sekedar melakukan perampingan, penataan kembali dan menyusun kembali konfigurasi organisasi menjadi lebih kecil.
Tujuan konsep yang lebih penting disini adalah untuk merancang ulang proses-proses bisnisnya sehingga organisasi dapat lebih efisien, efektif dan meningkatkan nilai tambah serta membangun daya saing perusahaan. Untuk memenuhi konsep ini, Dinas PIMPD juga dituntut untuk memperbaiki kinerja layanannya untuk mendukung strategi perusahaan.
Dinas PIMPD sebagai fungsi S/I di Pertamina korporat akan menjadi lebih kecil, baik ukurannya maupun jumlah stafnya dimana stafnya sarat akan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan di bidang teknologi dan proses bisnis untuk mendukung sebagai konsultan internal. Kesemuanya ini adalah untuk mendukung strategi Pertamina.
Karena fungsi S/I di masa mendatang jumlah stafnya menjadi lebih kecil, kegiatan outsourcing tentunya akan menjadi bertambah. Hal ini merupakan tantangan bagi manajemen S/I, Eksekutif S/I akan mefokuskan waktu dan energinya kepada tanggung-jawabnya untuk meningkatkan nilai tambah setinggi-tingginya untuk perusahaan, seperti membantu top management mengidentifikasi peluang-peluang strategi dan memperkembangkan blueprint (perencanaan) untuk infrastruktur T/I.
Fungsi S/I dimasa mendatang, meskipun Iebih kecil, akan menjadi lebih kritis terhadap operasi Pertamina. Fungsi S/I secara efektif akan membantu Pertamina melalui pemanfaatan T/I untuk merancang-ulang proses-proses dan mengakses informasi yang diperlukan pada anggaran yang ketat."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suta Wirapraja
"E- Government merupakan sistem pengelolaan informasi yang berbasis teknologi informasi. Melalui penerapan e-government yang ada maka diharapkan kualitas layanan pemerintah kepada publik dapat lebih cepat, murah, transparan dan akuntabel. Sayangnya penerapan e-government ini belum banyak mempertimbangkan segi keamanan informasi, padahal dengan penggunaan data dalam bentuk digital dan jaringan yang terhubung satu sama lain, maka Resiko Ancaman terhadap keamanan sistem informasi akan semakin meningkat.
Manajemen Risiko pada Keamanan Sistem Informasi yang dikembangkan oleh National Institute Standard Technology (KIST) menganalisa Ancaman terhadap keamanan sistem Informasi melalui identifikasi dua hal yaitu: Kemungkinan Ancaman dan Dampak. Output dari kedua hal diatas akan menjadi input bagi penentuan Tingkat Resiko yang hasilnya dibagi menjadi tiga tingkatan : High , Medium dan Low.
Dengan telah di identifikasinya Ancaman serta Tingkat Resiko maka bisa dibuat langkah-langkah Kontrol Risiko untuk mengurangi risiko yang terjadi. Alternatif Kontrol Risiko sendiri terbagi atas: Kontrol Teknik, Kontrol Manajemen dan Kontrol Operasional yang penggunannya bisa bersamaan tergantung kondisi yang ada. Dengan penerapan proteksi keamanan sistem informal: pada penerapan e-government yang ada saat ini diharapkan dapat mengurangi resiko gangguan terhadap keamanan sistem informasi.

E - Government is system management of information based on information technology. Through applying of existing e-government that expected the quality of governmental service to public could quicker, cheaper, transparency and accountability. Unhappily applying of this e-government not yet considering many information security risk, though with usage of data in the form of digital and network which connenct one to another, hence Risk Threat to information system security will progressively arise.
Management Risk at Security Information System which developed by National Institute Standard of Technology (NIST) analyze Threat to information system security through identify two matter: Impact and Likelihood . Output from both will become input for determination of Risk Level which result divided into three level : High , Medium and of Low.
As the identifying of Threat and Risk Level can be made. Risk Controlling to lessen risk could be defined. Alternative Control Risk divided of Control Technique, Control Management and Control Operational which all of them can use the same time depended existing condition. With applying of information system security protection at applying of existing e-government is expected can lessen possible trouble risk to information system security.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16874
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Hariyani Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini mencoba untuk mengetahui dan mengukur tingkat pengetahuan dasar arsiparis mengenai prosedur manajemen bencana arsip di Badan Nasional Penanggulangan Bencana melalui empat kategori penelitian yaitu kebijakan, khasanah arsip vital, sumber daya manusia serta sarana dan prasarana. Penelitian ini juga mencoba mengaitkan antara tingkat pengetahuan dengan peran dan pengalaman arsiparis mengenai manajemen bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik skala Likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dasar manajemen bencana yang dimiliki setiap arsiparis memiliki rata-rata sebesar 3, 0 di setiap kategori penilaian. Namun, kendala yang terjadi adalah rata-rata pengetahuan arsiparis terampil lebih tinggi daripada arsiparis ahli di beberapa kategori penilaian. Hubungan antara tingkat pengetahuan dan peran serta pengalaman arsiparis menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan muncul karena adanya peran dan pengalaman.

ABSTRACT
This research attemps to know and measure archivists basic knowledge level concerning archives disaster management procedures conducted in National Agency of Disaster Management by four assessment including policy, vital records collection, human resources, and structure & infrastructures. This research attemps to link between knowledge level of archivists role and experience about disaster management. This research is a quantitative descriptive research using Likert scale technique. Questioner and document study are used for obtaining data. This research shows disaster management as a basic knowledge of every archivist. Every assessment has mean 3, 0 in every categories. Mean of skilled archivist is higher than profesional archivist in some categories. Relation between knowledge level and experience of archivists shows that basic knowledge can appear because their role and experience.
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Rajawali Press, 2022
658.403 SIS
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Murdick, Robert G.
Jakarta : Erlangga , 1993
658.403 8 MUR i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Murdick, Robert G.
Jakarta: Erlangga, 1997
658.403 8 MUR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Murdick, Robert G.
Jakarta : Erlangga , 1995
658.403 8 MUR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bondan Pandit Ardi
"ABSTRAK
PT- BSS adalah sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pertunjukan, promosi, rekaman, manajemen artis, dan produksi jingle iklan untuk radio dan televisi.
lndustri jasa memiliki karakteristik khas yang menentukan sukses atau tidaknya dalam persaingan. Karakteristik itu antara Iain adalah mutu layanan, waktu pengiriman, kesesuaian produk dengan pesanan, dan pekerja yang bermotivasi. Ketiga karakteristik terakhir menentukan karakteristik pertama.
Skripsi dengan judul Usulan Sistem informasi Proyek Untuk Divisi Jingle Pada PT. BSS ini disusun untuk membantu terpenuhinya tingkat keandalan ketiga karakteristik tersebut Dengan adanya sistem informasi yang dikembangkan, diharapkan akurasi dalam pengolahan data sebagai pendorong tercapainya tingkat keandaian perusahaan dalam mengamankan waktu pengiriman, kesesuaian produk dengan pesanan, dan motivasi pekena dapat terpelihara.
Sistem informasi yang dikembangkan memuat informasi yang dibutuhkan untuk pengambiln keputusan oleh Kepala Divisi Jingle, yaitu :
1. lnformasi tentang rincian pesanan, meliputi produk yang dipesan, tenggat, pelanggan pemesan, harga, dan lain-lain.
2. Informasi nilai penjualan
3. lnformasi proyek yang sedang berjalan
4. Informasi biaya produksi
5. lnformasi keuntungan per proyek Perancangan sistem informasi dilakukan untuk menggantikan sistem manual yang selama ini beriaku, yang tidak lagi memadai untuk digunakan, terutama dalam kondisi frekuensi pesanan yang tinggi.
Pengelolaan data dalam basis data dilakukan melaiui Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System, DBMS). DBMS yang digunakan dalam skripsi ini adalah Microsoft Access for Windows 95 Version 7.0. Sistem yang dikembangkan dibatasi sampai pada tahap pengembangan, dan tahap implementasi tidak dibahas.

"
1996
S36566
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ali Mahdi
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada pembahasan manajemen informasi di Jurusan Administrasi Kehidupan PT XYZ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manajemen informasi di Departemen Life Administration yang meliputi kegiatan arus informasi dan informasi dan keamanan informasi dalam mendukung strategi perusahaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan audit informasi sebagai alat penelitian. Koleksi
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa proses manajemen informasi di Departemen Administrasi Kehidupan dibagi menjadi kegiatan yang menggunakan informasi, penyimpanan informasi, dan distribusi informasi. Selain itu, bentuk manajemen informasi di unit administrasi mempengaruhi arus informasi dan keamanan informasi departemen. Penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen informasi di
Departemen Administrasi Kehidupan berfokus pada informasi digital dengan penerapan sistem otomasi setiap aktivitas informasi, sedangkan manajemen informasi untuk informasi tercetak dilakukan bekerja sama dengan pihak eksternal.
ABSTRACT
This study focuses on the discussion of information management in the Department of Life Administration, PT XYZ. The purpose of this study is to identify information management in the Department of Life Administration which includes information and information flow activities and information security in supporting corporate strategy. The approach used in this research is a qualitative approach with case study methods and information auditing as research tools. Collection
Data was collected by structured interviews, observation, and document analysis. The results of this study identify that the information management process in the Department of Life Administration is divided into activities that use information, information storage, and information distribution. In addition, the form of information management in the administrative unit affects the information flow and information security of the department. This research shows that information management in The Life Administration Department focuses on digital information by implementing an automated system for every information activity, while information management for printed information is carried out in collaboration with external parties."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>