Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 133321 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kukuh Pamuji
"Tesis ini membahas tentang Komunikasi dan Edukasi di Museum Istana Kepresidenan Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa komunikasi dan program edukasi yang dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta belum optimal, mengingat Istana Kepresidenan Jakarta saat ini berfungsi sebagai pusat kegiatan pemerintahan sehingga perlu adanya sebuah museum khusus yang mengacu kepada konsep pendidikan konstruktivis yang memiliki karakteristik free choice learning, sehingga memungkinkan pengunjung dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang optimal tentang Istana Kepresidenan Jakarta.

This thesis discusses the communication and education at the Presidential Palace Museum in Jakarta. This study is a descriptive qualitative approach. The results of this study identified that communication and education programs are conducted at the Presidential Palace in Jakarta is not optimal, given the Presidential Palace in Jakarta now serves as the center of government activities so that the need for a special museum which refers to the concept of constructivist education that has the characteristics of free choice learning, allowing visitors can obtain an optimal knowledge and experience of the Presidential Palace in Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T27477
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amir Hamzah Suleiman
Jakarta: Gramedia, 1985
371.33 AMI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Amir Hamzah Suleiman
Jakarta: Gramedia, 1988
371.33 AMI m (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Information accessibility, communication intensity, and effectiveness of digital information services. Development of library activities begining from the traditional to digital system could be seen in its system of information material collecting, processing, offering and serving...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Royandiah
"Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan jarak jauh di Indonesia, dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan Informasi kepada mahasiswa yang tersebar di seluruh pelosok tanah air dengan latar belakang yang berbeda. Kualitas pelayanan informasi di duga mempunyai kaitan yang erat dengan masalah Komunikasi dalam Organisasi. Ada beberapa unsur yang dapat kita pelajari dalam komunikasi organisasi, hal yang menarik untuk dihubungkan dengan kualitas pelayanan informasi adalah iklim komunikasi organisasi dan aliran informasi.
Atas dasar pemikiran itu, dilakukan penelitian dengan judul hubungan antara Iklim Komunikasi Organisasi dan Aliran Informasi dengan Kualitas Pelayanan Informasi kepada mahasiswa di Universitas Terbuka. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan pendekatan hipotesis-deduktif yaitu hipotesis yang diturunkan berasal dari teori yang ada. Penelitian ini dilakukan di UT Pusat, UPBJJ-UT Jakarta, UPBJJ-UT Bogor dan UPBJJ-UT Bandung, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya Iklim Komunikasi Organisasi dan Aliran Informasi yang kurang baik di Universitas Terbuka, maka dihasilkan Kualitas Pelayanan Informasi yang kurang memuaskan.

Universitas Terbuka as an institution that runs a distant learning system is required to improve the quality of the information services to the students who are scattered all over Indonesia and who have various backgrounds. It is assumed that there is a strong correlation between the quality of the information services and the issues of communication in an organization. There are several aspects that can be investigated from the relation of communication in an organization and the quality of the information services, such as the organization communication climate and the flow of the information.
The research was conducted based on this assumption and was done by using a quantitative methodology. The research was conducted at Universitas Terbuka main office, and Jakarta, Bogor and Bandung regional offices, with 100 respondents.
The result showed that bad in communication climate and insufficient information flow at Universitas Terbuka caused bad quality of information services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11692
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Mahardhika
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai edukasi peranan teknologi informasi dan
komunikasi secara umum kepada masyarakat. Peranan tersebut mencakup
pemanfaatan dan penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam
berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Lokasi penelitian ini adalah Museum
Telekomunikasi yang terletak di Taman Mini “Indonesia Indah”, Jakarta Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tesis ini merupakan
bentuk penelitian yang mengangkat isu-isu terkini yang belum dapat ditampilkan
di museum, mengingat kondisi masyarakat yang cepat menerima informasi dan
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia yang tergolong
cukup pesat, hal ini dapat menimbulkan berbagai dampak baik positif maupun
negatif. Dari hasil analisis penelitian dengan menggunakan teori pembelajaran
konstruktivis dapat disimpulkan bahwa edukasi teknologi informasi dan
komunikasi melalui ekshibisi penggunaan perangkat teknologi informasi dan
komunikasi digital dan aplikasi software dalam memberikan informasi
memberikan nilai tambah tersendiri bagi metode pembelajaran di museum.

ABSTRACT
This thesis discusses study of the educational role of information and
communication technologies in general communication to the public. The role
covers the use and misuse of information and communication technologies in
various areas of life in society. The location of this research is the
Telecommunications Museum is located in Taman Mini "Indonesia Indah", East
Jakarta. This research is a qualitative descriptive study. This thesis is a form of
research that address current issues that can not be displayed in the museum,
given the condition of the people who quickly receive the information and the
development of information and communication technology in Indonesia, which
is quite rapid, it can cause a variety of impacts, both positive and negative. From
the analysis of the study using constructivist learning theory can be concluded that
education through information and communication technology exhibition devices
use digital information and communication technologies and software applications
to provide information provide added value for learning methods in the museum."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T42073
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Donna Fyani Magriza
"Penelitian ini membahas mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh Museum Tekstil Jakarta sebagai pusat pembelajaran untuk menarik pengunjungnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran rinci mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh Museum Tekstil Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Museum Tekstil Jakarta melakukan berbagai kegiatan promosi untuk menarik pengunjungnya dan mempublikasikannya melalui media cetak dan media elektronik.

This research discusses the promotion activities done by Museum Tekstil Jakarta to attract its visitors through staff's opinion and museum visitors. The purpose of this research is to describe about promotion activities done by Museum Tekstil Jakarta. This is a qualitative research with case study method The result of this research shows that Museum Tekstil Jakarta managed various promotion strategies to attract visitors to come. The methods used cover Museum Goes To School programs, textile exhibition, and promotion through printed and online media.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad M. Sjarif Hidayatullah
"Jakarta Evolution (JAKEVO) merupakan sistem pelayanan daring perizinan dan non-perizinan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui sistem satu pintu yang direncanakan dapat melayani dan memproses sebanyak 296 jenis izin dan non-izin. Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020, diketahui bahwa JAKEVO baru dapat melayani 266 jenis izin dan non-izin atau sebesar 90% dari target Rencana Strategis DPMPTSP 2017-2022 pada indikator Persentase Layanan Perizinan dan Non-Perizinan secara Online untuk tahun 2020 yang sebesar 100%. Selain itu berdasarkan besarnya investasi dalam pengembangan JAKEVO, didapatkan data bahwa JAKEVO baru dapat menarik pengguna sebanyak 692.988 user. Berdasarkan penelusuran permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan layanan dari JAKEVO. Penelitian ini menggunakan modifikasi model kesuksesan Delone and McLean. Metodologi penelitian yang digunakan adalah campuran dimana data kuantitatif didapatkan melalui penyebaran kuesioner terhadap 197 responden dan data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 79.8% model yang digunakan pada penelitian ini dinyatakan fit/baik. Dari 9 faktor dan 17 hipotesis awal yang digunakan pada penelitian ini, dihasilkan 8 faktor yang terbukti signifikan mempengaruhi kesuksesan layanan dari sistem JAKEVO dan 12 hipotesis diterima. Faktor Information Quality, Service Quality, Trust, Perceived Usefulness, User Satisfaction, Intention to Use, EWOM Intention, dan Organization Performance terbukti signifikan mempengaruhi kesuksesan layanan sistem JAKEVO. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu DPMPTSP harus fokus dalam pengembangan dan peningkatan faktor kualitas sistem dari JAKEVO, DPMPTSP juga harus meningkatkan fitur keamanan informasi agar JAKEVO hanya dapat di akses oleh user yang valid saja, JAKEVO harus dapat diakses kapanpun, dan terdapat petugas stand-by 24/7 untuk membantu pengguna yang mengalami kendala dalam menggunakan JAKEVO di luar jam kantor.

Jakarta Evolution (JAKEVO) is an online permits and non-permits service system owned by the DKI Jakarta Provincial Government through a one-stop system that is planned to serve and process as many as 296 types of permits and non-permits. Based on the 2020 DKI Jakarta Provincial DPMPTSP Implementation Report, it is known that JAKEVO can only serve 266 types of permits and non-permits or 90% of the target of 2017-2022 DPMPTSP Strategic Plan on the Percentage indicator of Online Permit and Non-Permit Services for 2020 which by 100%. In addition, based on the amount of investment in the development of JAKEVO, data obtained that JAKEVO has only been able to attract 692,988 users. Based on these problems, it is necessary to analyze the factors that influence the success of JAKEVO’s services. This study uses a modified Delone and Mclean success model. The research methodology used is mixed methods where quantitative data is obtained from distributing questionnaires to 197 respondents and qualitative data is obtained from interviews. Quantitative data processing is done by PLS-SEM. The results showed that 79.8% of the models used in this study were declared fit. Of the 9 factors and 17 initial hypotheses used in this research, 8 factors were proven to significantly influence the service success of the JAKEVO system and 12 hypotheses were accepted. Information Quality, Service Quality, Trust, Perceived Usefulness, User Satisfaction, Intention to Use, EWOM Intention, and Organization Performance factors have been shown to significantly influence the success of JAKEVO system services. Recommendations that can be given are DPMPTSP must focus on developing and improving the quality factor of the system from JAKEVO, DPMPTSP must also improve information security features so that JAKEVO can only be accessed by valid users, JAKVEO must be accessible at any time, and there are 24/7 stand-by officers to help users who have problems using JAKEVO outside of office hours.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Pramanto
"Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis kebutuhan informasi bagi pengajar Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional LIA (LBPP-LIA) Cabang Pramuka Jakarta Timur. Kebutuhan informasi yang dikaji menyangkut kesadaran akan kebutuhan informasi, subyek, format media, serta saluran informasi tempat di mana informasi tersebut diperoleh. Kebutuhan informasi tersebut terutama dikaitkan dengan tugas para pengajar LBPP-LIA dalam mengajar bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan sebuah kajian pemakai (user study) dengan paradigma interpretif/fenomenologis dan pendekatan atau metode kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sepuluh orang pengajar LBPP_-LIA yang mengajar program General English, mereka diambil dengan teknik berantai atau bola salju (chain sampling/snowball) dari keseluruhan pengajar LBPP-LIA Pramuka yang berjumlah 117 orang. Selanjutnya guna memperoleh data yang diperlukan kesepuluh responden tersebut diwawancarai. Selain itu diwawancarai pula Kepala Bagian Perpustakaan Yayasan LIA dan Kepala Seksi Perpustakaan LIA Pramuka sebagai data pernbanding. Hasil wawancara dikelompokkan berdasarkan, pertanyaan yang diajukan serta dianalisis untuk melihat kecenderungan sikap sebagian besar responden responden terhadap pertanyaan yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan: l) Semua responden menyatakan membutuhkan informasi dalam tugasnya sebagai pengajar; 2) Subyek dari informasi yang paling banyak mereka cari, butuhkan, dan gunakan adalah Bahasa Inggris; 3) Sebagian besar responden menyatakan bahwa saluran informasi yang utama bagi mereka adalah Perpustakaan Yayasan LIA, berikut kelebihan dan kekurangannya yang juga mereka tanggapi dan berikan saran."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Kania Dewi
"Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi di SMA Negeri 28 Jakarta dalam kaitannya dengan perpustakaan sekolah tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan wawancara dengan 11 informan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Negeri 28 Jakarta seagai salah satu SMA favorit di Jakarta telah memiliki media sosial untuk dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran informasi, namun perpustakaan yang seharusnya berperan dalam mendukung tujuan sekolah tersebut justru belum memiliki media sosial. Oleh karena itu, hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa usulan rancangan program pemanfaatan media sosial untuk Perpustakaan SMA Negeri 28 Jakarta.Dalam usulan rancangan program tersebut dijelaskan tentang manfaat media sosial dan peran pustakawan dalam memanfaatkannya serta media sosial yang tepat untuk dimanfaatkan oleh Perpustakaan SMA Negeri 28 Jakarta.Berdasarkan usulan rancangan program tersebut, media sosial yang dapat digunakan adalah Blog dan Twitter.Berdasarkan penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa media sosial penting untuk perpustakaan dan sekolah sehingga perlu adanya pemanfaatan media sosial secara optimal untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

The focus of this study is uses of social media as a media to disseminating information in “SMA Negeri 28 Jakarta” related to school library. This research is qualitative with case study method. The research use observation and interview as a collecting data method. The purpose of this study is to describe how the use of social media at school library. “SMA Negeri 28 Jakarta” is one of the favorite schools in Jakarta. This school has already social media to support their services and programs, but school library doesn’t have it. Therefore, the result of this research is proposal of the social media program in “SMA Negeri 28” Library. According to this proposal, Blog and Twitter can be used as effectively social media."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45799
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>