Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 84512 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Batubara, Cosmas
Jakarta: UKI, 1988
331.11 BAT p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi
"ABSTRAK
Dalam tesis ini yang berjudul ?Tinjauan Yuridis Pengaturan Upah Berdasarkan Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dihubungkan dengan Peran Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek (FPBJ)? digambarkan mengenai permasalahan upah dan pengaturannya dalam UU No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, mulai dari pengertian upah, fungsi upah dalam hubungan kerja, sistem pengupahan, dan proses penentuannya sampai dengan implikasi pengaturan upah dalam UU Ketenagakerjaan tadi terhadap peran dan fungsi Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek (FPBJ) sebagai salah satu organisasi pekerja/buruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana pengaturan upah dalam UU Ketenagakerjaan dan apakah pengaturan tersebut telah memberikan perlindungan yang cukup bagi buruh mendapatkan kehidupan yang layak bagi diri dan keluarganya, dan bagaimana peran dan fungsi FPBJ sebagai organisasi buruh dalam proses pengupahan. Adapun pemikiran yang melandasi dilakukannya penelitian ini adalah karena adanya kekhawatiran terhadap fenomena perseteruan yang selalu terjadi antara buruh dengan pengusaha yaitu tentang masalah uupah dan FPBJ sebagai salah satu organisasi buruh yang sering dalam kondisi/ perseteruan masalah upah dengan pengusaha seperti tersebut sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskritif analistis dengan pendekatan yuridis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Pengaturan upah di dalam UU Ketenegakerjaan dan peraturan pelaksana lainnya masih memiliki beberapa kekurangan, baik dari definisi mengenai upah, penetapan upah minimum, dan waktu peninjauan upah minimum sehingga organisasi buruh FPBJ dituntut untuk berperan aktif dalam mewujudkan pengupahan yang dapat memberikan perlindungan yang cukup bagi buruh dan keluarganya khususnya kepada anggota yang tergabung dalam FPBJ."
2010
T27481
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Widiasa
"Penilaian kinerja terhadap staf perpustakaan adalah suatu upaya pemetaan tingkat kemampuan atau unjuk kerja staf perpustakaan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya sehari-hari. Tujuan penilain kinerja terhadap staf perpustakaan adalah untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangan masing-masing staf perpustakaan sehingga memudahkan dalam melakukan perencanaan operasional perpustakaan dengan mengedepankan kelebihan-kelebihan yang dimiliki, serta lebih mudah merencanakan program pengembangan keahlian guna mengatasi kekurangan atau hambatan yang berhasil diidentifikasi lewat penilaian yang diselenggarakan. 'Penelitian tentang penilaian kinerja staf perpustakaan perguruan tinggi dengan mengambil lokasi di perpustakaan Universitas Udayana bertujuan untuk : 1) Mengetahui perbedaan kinerja staf perpustakaan universitas Udayana ditinjau dari tingkat pendidikan yang dimiliki. 2) Mengetahui perbedaan kinerja staf perpustakaan Universitas Udayana ditinjau dari masa kerja masing-masing staf perpustakaan. 3) Mengetahui perbedaan tingkat kinerja staf perpustakaan Universitas Udayana ditinjau dari aspek pengembangan keahlian. Sampel penelitian adalah staf perpustakaan Universitas Udayana berjumlah 42 orang (sampel jenuh). Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan menerapkan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data, dengan skala pengukuran likert dengan 4 (empat) kategori yaitu; kurang, cukup, baik dan sangat baik. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan eksplanatori studi. Pengujian hipotesis mengunakan analisis tata jenjang Spearman dengan tingkat signifikansi 5 % atau 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Tingkat kinerja staf perpustakaan Universitas Udayana ditinjau dari tingkat pendidikan,masa kerja dan pengembangan keahlian tergolong pada kategori baik. 2). Berdasarkan aspek¬aspek kinerja ditinjau dari tingkat pendidikan, masa kerja dan pengembangan keahlian tergolong baik. Ada peningkatan nyata pada kategori baik ditinjau dari tingkat pendidikan dan masa kerja dari masing-masing kelompok responden, dan tidak terjadi peningktanan nyata ditinjau dari pengembangan keahlian. 3) Dari tiga hipotesis yang diajukan hanya pengembangan keahlian yang menunjukkan signifikan dengan peningkatan kinerja

Performance assessment to library staff is an effort of mapping or drawing staff performance degree when completing their duties. The objectives of performance evaluation are to collect or invent such kinds of strengths and weaknesses of the staff so that, it will be easier for library management when they manage library operation according to the staff abilities or strengths, and it is also easier when planning for professional development program to overcome insufficiencies. or weaknesses which are identified by assessment program. The objectives of performance appraisal research of Udayana library staff are: I). To identify the differences of performance degree of Udayana library staff according to their educational back ground. 2). To identify the differences of performance degree of Udayana library staff according to their length of work 3). Identifying the differences of performance degree of Udayana library staff according to their participation intensities on professional development programs. The research sampling is total sampling with 42 respondents. The research is basically survey technique with questionnaire as an instrument to collect the data. This research is employee Likert Scale to show the degree of performance with 4 (four) categories, namely: poor, sufficient, good and very good. Data is analyzed using descriptive statistical and explanatory analyses, while examining of research hypothesis using Spearman test with significant level at 5 % or 0.05. The finding of the research shows: 1). Performance degree of Udayana library staff according to educational background, length of work and participation intensities on professional development programs classified into good categories. 2). Based on performance aspects through educational, length of work and participation intensities on professional development programs classified into good categories. Educational background and length of work shows significant improvement on good categories, while participation intensities on professional development programs do not show significant improvement. Performance degree of Udayana library staff according to classified into sufficient nearly good. 3) From three research hypothesis raised, only participation intensities on professional development programs show significant correlation with performance degree of Udayana library staff"
2005
T39941
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yeh, Stephen H.K.
Kuala Lumpur: UNESCO, 1990
331.11 Sem o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Romario
"Sebanyak 80 permasalahan yang dialami oleh pekerja migran Indonesia di luar negeri berasal dari dalam negeri. Hal tersebut dikarenakan banyaknya permasalahan terutama dalam manajemen sistem khususnya pada masa pra-penempatan seperti proses rekrutmen, pelatihan, serta pembekalan kepada pekerja migran Indonesia. Ditambah terdapat tumpang tindih pengaturan di dalam peraturan perundang-undangan antara peran BNP2TKI dengan Kementrian. Hal tersebut membuat kesemerawutan terutama dalam praktek di lapangan.
Skripsi ini membahas mengenai tumpang tindih kewenangan antara BNP2TKI dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dalam penyelenggaraan penempatan dan perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan Indonesia. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang memuat norma hukum tertulis. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang dilakukan dengan menganalisa data secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diidentifikasi bahwa terdapat tumpang tindih kewenangan anatar BNP2TKI dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dalam perlindungan dan penempatan pekerja migran Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya pengaturan yang lebih lengkap serta koordinasi yang baik antara kedua lembaga demi mewujudkan perlindungan yang aman terhadap pekerja migran Indonesia.

As many as 80 of the problems experienced by Indonesian migrant workers abroad come from within the country. The things that become the basis especially in the management system especially for the term of office such as recruitment process, training, and briefing to Indonesian migrant workers. Overlapping settings within the context between BNP2TKI and the Ministry. It makes a chaos especially in practice in the field.
This thesis discusses the overlapping of authority between BNP2TKI and the Manpower and Transmigration Office in the regulation and tracking of Indonesian migrant workers arranged in the context of Indonesian regulations. Writing this thesis using normative juridical research method that is done by studying library materials or secondary data containing legal norms written. This research is analytic conducted by analyzing data qualitatively.
Based on the results of the study, it can be accessed that there is an overlap of authority between BNP2TKI and the Office of Manpower and Transmigration in the message and placement of Indonesian migrant workers. Therefore, there is a need for a more complete and favorable arrangement that can be used for Indonesian migrant workers.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Bandung Yayasan Akatiga 1994,
331.11 Tin
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>