Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 215989 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Usmi
"Tesis ini membahas implementasi kegiatan C-R pada pengajaran tata bahasa Korea, yang dibatasi pada pengajaran klausa relatif berpredikat verba berkala lampau dan berkala mendatang dalam kalimat majemuk bertingkat Bahasa Korea. Penelitian ini merupakan penelitian pre ksperimental yang menggunakan dua sampel kecil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan kelas yang menerapkan kegiatan C-R lebih baik daripada kemampuam kelas yang menerapkan pengajaran secara konvesional, yakni melalui penyediaan kegiatan latihan. Penelitian ini menggunakan dua desain, yakni Design One Group Pretest- Postest dan Design Randomized Control Group Only. Data penelitian diperoleh dari nilai tes sebelum dan sesudah mendapat perlakuan, kemudian dicari signifikansinya dengan menggunakan T-test untuk sampel kecil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan C-R dapat meningkatkan pemahaman tata bahasa mahasiswa dan mahasiswa menganggap kegiatan C-R efektif untuk membantu pemelajaran tata bahasa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan yang signifikan di antara kedua kelas. Dengan kata lain kedua kegiatan itu sama efektif.

This thesis discusses an implementation of C-R activities on Korean grammar teaching which focuses on relative clause teaching for past-tensed verbs and future-tensed verbs in complex sentence of Korean Language. This research is a pre-experimental research that applies two small samples.
The purpose of this research is to know whether a class implementing C-R activities in Korean grammar class is better than a class implementing conventional teaching method, which is by practice. In this research, two designs are applied, that is, Design One Group Pretest-Posttest and Design Randomized Control Group Only. Data are collected from test scores, after and before treatment. Subsequently, its significance is investigated by using T-test for small samples.
The result of the research shows that C-R activity is capable of improving students? understanding about grammar. That way, students consider C-R activity effective for helping them learn grammar. In addition, this research also shows that there are no significant differences between the two classes mentioned above. In other words, the two activities are effective."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28316
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mohammad Umar Muslim
"Tulisan ini menyoroti empat hal yang berkaitan dengan klausa bersubyek verba dalam bahasa Indonesia: jenis verba yang mempunyai kemungkinan menduduki fungsi subyek; jenis klausa yang bersubyek verba; perilaku struktural klausa bersubyek verba; dan analisis klausa bersubyek verba.
Data yang didapat dari beberapa surat kabar/majalah dan dari intuisi penulis setelah dianalisis rnenghasilkan beberapa kesimpulan: dengan memakai pembagian jenis verba dari Kridalaksana (1986) diketahui bahwa verba intransitif, transitif, aktif, pasif, antiaktif, antipasif, resiprokal, nonresiprokal, refleksif, nonrefleksif, dan ekuatif mempu_nyai kemungkinan menduduki fungsi subyek, hanya verba kopulatif yang tidak mempunyai kemungkinan tersebut; berdasarkan pembagian jenis klausa dari Kridalaksana dan Tim Peneliti Linguistik FSUI (1987) ternyata delapan jenis klausa verbal (yaitu klausa verbal intransitif, transitif, aktif, pasif, antiaktif , antipasif, ekuatif, dan kopulatif) dan tiga jenis klausa nonverbal (yaitu klausa nominal, ajektival, dan klausa berpredikat frase preposisional) da_pat bersubyek verba; klausa bersubyek verba menunjukkan perilaku struktural yang berbeda dengan klausa bersubyek nomina, misalnya dalam pemasifan; verba yang menduduki fungsi subyek dapat dianalisis sebagai klausa terikat yang berkategori nomina."
Depok: Universitas Indonesia, 1990
S11159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lucia Tyagita Rani Caesara
"Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan silabus BIPA untuk tujuan akademik umum berdasarkan analisis kebutuhan pemelajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, pengisian kuesioner, dan penelaahan laporan pengajaran. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa pemelajar memerlukan silabus gabungan untuk dapat mengakomodasi kebutuhan berbahasa mereka. Silabus gabungan yang disusun berperan membekali pemelajar untuk mengikuti perkuliahan reguler di universitas.

The aim research is to make a BIPA syllabus for general academic purposes based on student?s needs analysis. This research use a qualitative method. Technique in collecting data with observation, interview, questionnaires, and analysis on teaching report. Analysis from the research showed that student needs a mixed syllabus to acomodate their language needs. The syllabus? role is to give tools for student to join a regular course at university."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28309
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Septyanto Putro
"Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan efektifitas kegiatan registrasi arsip dan temu kembali arsip dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang dibangun beradasarkan bahasa pemrograman PHP dan di integrasikan dengan database MySQL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan melakukan beragam percobaan atau trials pada fungsi dan syntax yang terdapat pada bahasa pemrograman PHP serta membuat rancangan basis data yang sesuai. Pembangunan aplikasi ini juga disesuaikan dengan standar form daftar pencarian arsip yang digunakan pada unit kearsipan fakultas ilmu pengetahuan budaya, universitas indonesia. Hasil penelitian ini dapat membantu kegiatan pengelolaan arsip, khususnya pada saat dilakukan pendataan arsip, penyimpanan data-data arsip dan penelusuran kembali arsip tersebut.

The focus of this study is to gain the effectivensess of archive registration and archive retireval using a web-based application which established by PHP Programming Language and integrated with MySQL database. This is an experimental research which has a lot of trials and errors in finding the right PHP syntax and functions. And also in designing a proper database system to store all the data. This application is also adapt archive description standard on archive retrieval form that being used by the archive center of faculty of humanities, university of indonesia. The result of the research can assist the archive management activities especially the archive registration, archive data storage and archive retrieval.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Annisa Rizcher
"Penelitian ini mengkaji sikap bahasa mengenai penggunaan kata ganti aku dan kamu dalam komunikasi dengan teman sebaya. Penelitian ini berangkat dari sebuah pertanyaan: bagaimana pandangan mahasiswa FIB UI terhadap penggunaan kata ganti aku dan kamu dalam berkomunikasi kepada teman sebaya? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia yang juga menjadi subjek penelitian. Berdasarkan hasil kuesioner, ditemukan bahwa responden cenderung menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari-hari. Namun, dalam pemilihan dan penggunaan kata ganti, responden cenderung menggunakan kata ganti gua dan lu. Dari hasil kuesioner juga didapat sikap bahasa yang diberikan oleh responden terkait pemilihan dan penggunaan kata ganti. Sikap bahasa digunakan untuk menjawab dan menganalisis pertanyaan penelitian. Hasil analisis memperlihatkan adanya sikap positif yang dihasilkan responden terkait pemilihan dan penggunaan kata ganti aku dan kamu.

This research examines the language attitudes concerning the use of the first-person pronouns “aku” and “kamu” in communication among peers. This research came from a question: How do students in FIB UI perceive the pronouns “aku” and “kamu” when they communicate with the peers? This research use the quantitative method. The data are obtained by distributing questionnaires to students of Faculty of Humanities,, Universitas Indonesia, which also became a research subject. Based on the results, the respondents are mostly use Bahasa Indonesia to daily communicate. However, in they used “gua” and “lu” pronouns. From the questionnaires, there are also attitudes related the choice and use of pronouns. Language attitudes analysis are used to answer the research question. The results shows t positive attitudes towards the choice and use of “aku” and “kamu”."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, R. Mawarni
"meniliti bilamana verba majemuk dapat di pisahkan dan bilamana tidak dapat dipisahkan..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julianty Dwieliza
"ABSTRAK
Verba majemuk merupakan salah satu aspek dari kata majemuk. Berdasarkan pengalaman dalam mempelajari bahasa Jerman, terdapat kesulitan dalam menerjemahkan suatu verba majemuk karena kita tidak mengetahui dasar dari verba majemuk itu. Untuk itu dilakukan analisis morfologis dan semantis dalam mengetahui apakah ada keterkaitan antara bentuk dan makna sebuah verba majemuk.
Dalam penelitian ini digunakan dua sumber acuan, yaitu: Grammatik der deutschen Gegenwartssprache_Bd.4 (Duden, 1984) dan Wortbildung der deutschen Gegenwartssprache (Wolfgang Fleischer, 1933).
Dalam menganalisis verba majemuk dijabarkan bagaimana terbentuknya sebuah verba majemuk. Setelah itu dilakukan analisis terhadap maknanya, apakah makna dari suatu bentuk verba majemuk itu berterima atau tidak.
Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa proses pembentukan verba majemuk dapat dilakukan terhadap lima jenis leksem, termasuk di dalamnya tiga kelas kata dan dua jenis afiks, yaitu V+V, N+V, A+V, P+V dan V+S. Sedangkan korelasi makna antar-kata pembentuk dari sebuah verba majemuk dapat dilihat dari tipe/macam verba majemuk. Dengan kata lain antara bentuk dan makna terdapat suatu keterkaitan. Namun harus diketahui juga apakah makna itu berterima atau tidak.

"
1990
S14691
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Esaputra
"ABSTRACT
Latar belakang penelitian ini berasal dari keinginan The Japan Foundation untuk mengaplikasikan Marugoto ke seluruh lembaga pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecocokan buku ajar Marugoto di Program Studi Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jika dibandingkan dengan Minna no Nihongo dalam pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini termasuk jenis evaluasi buku ajar dengan memakai kerangka analisis dan evaluasi Andrew Littlejohn sebagai dasar penelitian. Objek penelitian pada tulisan ini adalah buku Marugoto level A2 versi Katsudou dan Rikai, serta buku Minna no Nihongo Shokyuu II. Penentuan objek penelitian berdasarkan fakta lapangan bahwa Program Studi Jepang FIB UI memakai Minna no Nihongo sebagai buku ajar bahasa Jepang bagi pemula. Analisis dilakukan dengan tiga tahap, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marugoto tidak bisa menggantikan Minna no Nihongo sebagai bahan ajar bahasa Jepang bagi pemula di Program Studi Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Akan tetapi, Marugoto bisa menjadi buku penunjang Minna no Nihongo untuk latihan percakapan.

ABSTRACT
Background of this research is the passion from The Japan Foundation to apply Marugoto to all Japanese language learning institutions. This research aims to understand the compatibility of Marugoto on Japanese Studies at Faculty of Humanities, Universitas Indonesia if compared with Minna no Nihongo on Japanese language learnings. This research is to evaluate learning materials with Andrew Littlejohn rsquo s framework for learning material analysis and evaluation as the basis of research. Object of this research is Rikai and Katsudou version of Marugoto level A2, and Minna no Nihongo Shokyuu II. Object of research is selected based on fact that Minna no Nihongo is used as materials for beginner learners in Japanese Studies at Faculty of Humanities, Universitas Indonesia. Analysis is done in three stages, followed by an evaluation. The results shows that Marugoto cannot replace Minna no Nihongo as material for Japanese Studies at Faculty of Humanities, Universitas Indonesia rsquo s Japanese language learning. However, Marugoto can be a supplementary materials for Minna no Nihongo on conversation exercise."
2017
S68747
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>