"Penelitian ini dilakukan pada salah satu industri komponen alat berat yang sedang mengimplementasikan TPM yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaannya. Namun pencapaian Overall Equipment Effectiveness (OEE) selama tahun fiskal 2014 rata-rata 58.20%, berada di bawah target kinerja TPM berupa OEE minimum 85%. Usaha yang dilakukan belum mengarah kepada perbaikan implementasi TPM yang menyeluruh, ditambah lagi diharuskannya TQM dijalakan di perusahaan pada tahun
fiskal 2015. Belum adanya indikator kinerja TPM yang mempertimbangkan faktor-faktor TQM yang sedang dijalankan di perushaan tersebut. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk merancang indikator kinerja TPM menggunakan faktor-faktor TQM. Indikator kinerja yang berpengaruh terhadap keberhasilan TPM diidentifikasi melalui FGD dengan melibatkan 5 responden dari internal dan external perusahaan yang expert di bidang TPM, TQM dan Continuous Improvement. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah mendapatkan 11 indikator kinerja peningkatan TPM dengan mempertimbangkan 4 faktor-faktor TQM yang terpilih, yaitu: Customer Focus (0,96), Training (0,87), Top Management Leadership (0,85), dan Continuous Improvement (0,76). 11 indikator kinerja TPM tersebut terdefinisikan dengan jelas dan terukur.
This study was performed in a heavy equipment components manufacturer that implements TPM in order to improve its competitiveness. However, the achievement of Overall Equipment Effectiveness (OEE) in the fiscal year of 2014 is an average of 58.20%, it is below the TPM target performance of OEE minimum is 85%. The initistives have been done not lead to improve the TPM implementation, in addition TQM also mustbe applied in the fiscal year of 2015. Since the lack of TPM performance indicators that considers the TQM factors, therefore the aim of this study is to design TPM performance indicators by using TQM factors. The performance indicators that influence the success of the TPM identified through FGD by involving five respondents from internal and external company whom experts in the fields of TPM, TQM and Continuous Improvement. The results can be concluded from this research is defining 11 TPM performance indicators by considering four factors TQM, such as Customer Focus (0.96), Training (0.87), Top Management Leadership (0.85) and Continuous Improvement (0.79). Those TPM performance indicators are clearly defined and measurable."