Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7155 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Midgley, Mary
London: Routledge, 1995
121 MID w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Henryk Krawczyk
"ABSTRAK
The paper investigates both the causes and effects of the rapid increase in the data volume Big Data and their impact on human cognition. The role of the Internet in distributing and exchanging of such data, and their impact on the growth of the Information Society are emphasized. As a result, Wisdom Science a new kind of research emerges which has the potential to facilitate more advanced solutions in the digital world. In consequence, new kinds of info driven devices, services and systems called smart are developed and applied in almost every aspect of human activities around the world. However, this is not enough for humans to use all those well informed smart devices and systems because, first of all, their decisions should be wise. Therefore, the paper, coming from a cognitive informatics approach defines wisdom and its applications, illustrated by some practical cases. Based on this, relations between knowledge
and wisdom are shown, and human abilities corresponding to them are defined. They can decide about a transformation of a knowledge society to a wisdom society."
TASK, 2017
600 SBAG 21:4 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Riana Sahrani
"Terdapat pandangan negatif dan juga positif mengenai orang lanjut usia (lansia). Sejalan dengan hal itu jumlah lansia di dunia, terutama di Indonesia, semakin meningkat sehingga patut kiranya dipertanyakan mengenai kualitas para lansia itu sendiri. Apalagi di era globalisasi dan komputerisasi seperti saat ini yang membuat perubahan semakin cepat namun juga. tidak pasti. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan kemampuan untuk menyesuaikan diri agar dapat memecahkan masalah secara bijak, terutama pada para lansia yang diharapkan bisa memberikan nasehat dan panutan bagi generasi muda.
Agar dapat memahami, menilai suatu masalah, dan kemudian mengambil suatu keputusan yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain, dibutuhkan pengetahuan yang memadai. Pengetahuan ini disebut sebagai ‘pengetahuan yang berhubungan dengan kebijaksanaan’ (wisdom-related knowledge). Wisdom-related knowledge adalah pengetahuan yang meliputi lima kriteria wisdom, yaitu mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai masalah-masalah kehidupan (factual knowledge of life); punya strategi dalam pengambilan keputusan dan mengetahui untung-ruginya dari setiap strategi tersebut (procedural knowledge of life); mempertimbangkan konteks kehidupan masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang (life span contextualism); mempertimbangkan keanekaragaman nilai dan prioritas dalam kehidupan (value relativism); dan juga mempertimbangkan adanya ketidakpastian dalam kehidupan (recognition and management of uncertainty).
Orang yang memiliki pengetahuan yang relatif baik pada dua kriteria pertama dapat dikatakan mempunyai tingkat pemerolehan dasar (basic level) wisdom, sedangkan orang yang mempunyai pengetahuan yang melampaui dua hal pertama (kriteria tiga, empat, dan lima) dapat dikatakan sudah mencapai meta level pemerolehan wisdom. Ada dua pandangan yang berbeda mengenai siapa orang yang bisa dikatakan bijaksana (wise). Pandangan lama mengatakan bahwa wisdom adalah area lansia karena lansia sudah lebih banyak pengalaman sehingga bisa memberikan nasehat yang berguna Namun pandangan terbaru menyatakan bahwa wisdom tersebut bisa diperoleh siapa saja, bahkan remaja, karena wisdom adalah suatu kemampuan yang dapat dipelajari dan merupakan gabungan dari aspek intelegensi, sosial, emosi, dan motivasi.
Adanya hasil-hasil penelitian tersebut dan juga keadaan nyata di lapangan membuat penulis ingin mengetahui wisdom-related knowledge pada lansia, dengan memperhatikan perkembangan wisdom-related knowledge mulai dari masa dewasa muda, dewasa madya, dan lansia secara cross sectional. Sehingga dengan demikian permasalahan yang ingin diteliti adalah apakah ada perbedaan pemerolehan wisdom-related knowledge pada tiga tahap perkembangan, yaitu pada orang dewasa muda (usia 22-45 tahun); dewasa madya (usia 45-65 tahun); dan lansia (usia 65 tahun keatas).
Responden penelitian ini berjumlah 197 orang yang terdiri dan ketiga tahapan perkembangan dan berjenis kelamin laki-laki serta perempuan. Alat yang dipergunakan adalah alat wisdom-related knowledge, yang dibuat oleh Baltes dan para peneliti dari Max Planck Institute Jarman. Penulis dalam hal ini memakai empat soal wisdom-related knowledge yang terdiri dari persoalan life planning normative, life planning non normative, life management, dan life review. Keempat soal ini diberikan kepada responden dalam bentuk tertulis dan kemudian jawaban-jawaban tersebut dinilai oleh tiga orang rater. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan memakai metode statistik anova untuk melihat perbedaan yang ada.
Hasil utama yang didapat dari penelitian ini adalah ada perbedaan pemerolehan wisdom-related knowledge pada tiga tahap perkembangan, yaitu antara orang dewasa muda, orang dewasa madya, dan orang lanjut usia. Kemudian, orang dewasa muda memperoleh nilai yang paling tinggi dibandingkan dengan orang dewasa madya dan orang lanjut usia. Di sisi lain, orang lanjut usia mendapatkan nilai yang paling rendah dibandingkan kedua tahapan usia sebelumnya. Orang dewasa muda perempuan mendapatkan nilai yang paling tinggi dibandingkan dengan responden lainnya. Para responden secara keseluruhan mendapatkan nilai yang paling tinggi bila mengerjakan persoalan life planning daripada life management dan life review, sedangkan persoalan life review merupakan persoalan yang paling sulit dikerjakan. Pada orang lanjut usia didapatkan bahwa mereka mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam mengerjakan persoalan life planning non normative daripada persoalan life planning normative. Pendidikan dan pekerjaan (profesi) antara lain juga memfasilitasi perolehan wisdom-related knowledge.
Saran yang dapat dikemukakan antara lain adalah bagi yang berminat untuk meneliti lebih lanjut sebaiknya dilengkapi dengan metode observasi dan wawancara, melakukan tes kecerdasan sebelumnya (guna mengetahui fluid intelligence), dan mengontrol faktor kesehatan responden."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"In this collected series, phronesis is explored as an alternate way of considering professional knowledge. In the present context dominated by technical rationalities and instrumentalist approaches, a re-examination of the concept of phronesis offers a fundamental re-visioning of the educational aims in professional schools and continuing professional education programs. The contributors consider the ways in which phronesis offers a generative possibility for reconsidering the professional knowledge of practitioners. The question at the centre of this inquiry is : ?If we take phronesis seriously as an organising framework for professional knowledge, what are the implications for professional education and practice?? A multiplicity of understandings emerge as to what is meant by phronesis. "
Rotterdam : Sense, 2012
e20400588
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Betz, Frederick
"Frederick Betz examines several cases in recent history that display a fundamental paradox between scientific/technological achievement with devastating social effects (i.e., historical events of ideological dictatorships in Russia, Germany, China, and Yugoslavia). He builds a new framework for applying social science perspectives to explain societal histories and social theory. Emerging from this methodological and empirical investigation is a general topological theory of societal dynamics. This theory and methodology can be used to integrate history and social science toward establishing grounded principles of societal wisdom. "
New York: [, Springer], 2012
e20410641
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ceponkus, Alex
New York: Wiley Computer Publishin, 1999
005.72 CEP a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Hawamdeh, Suliman
Singapore: McGrawHill, 2002
004 ALH i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Springer, 2008
005.74 SHA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New Jersey: Information Today, 2000
658.403 8 KNO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bommel, Patrick van
London: Information Sceince Publishing, 2005
005.74 BOM t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>