Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20818 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mongometry, A. Thomson
Reading: Masa Addison Wesley 1982, 1982
657.48 MON f (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Walgenbach, Paul H.
New York: Harcourt Brace Jovanovich, 1990
657.4 WAL f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Smith, Jack L.
New York: McGraw-Hill, 1980
657.3 SMI a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Glenn Michael Pujianto
"Laporan magang ini membahas perihal implementasi dari prosedur pengendalian mutu di KAP Meister, sebuah kantor akuntan publik tingkat dua yang terafiliasi dengan jaringan internasional dan refleksi diri penulis. Di dalamnya terdapat analisis terhadap kesesuaian antara penerapan prosedur pengendalian mutu berkaitan dengan penerimaan klien baru, kelanjutan klien, dan audit terhadap laporan keuangan di KAP tersebut dengan Standar Pengendalian Mutu No.1 yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Prosedur sistem pengendalian mutu di KAP Meister berkenaan dengan penerimaan klien baru, kelanjutan klien dan audit atas laporan keuangan secara garis besar telah sesuai dengan ketentuan yang ada. Mengenai refleksi diri, penulis menyadari bahwa memiliki pikiran yang terbuka dan senantiasa berkomunikasi merupakan hal yang penting untuk pengembangan karir penulis ke depan.

This internship report discusses the implementation of quality control procedures at KAP Meister, a second-tier public accounting firm affiliated with an international network and writer’s self reflection. It contains an analysis of the conformity of the application of quality control procedures regarding new client acceptance, client continuance and audit of financial statements in the KAP to the Sistem Pengendalian Mutu No.1 issued by Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Broadly speaking, the KAP Meister quality control system procedures regarding new client acceptance, client continuance and audit of financial statements is in accordance with the existing regulations. As for self reflection, writer realized that being open-minded, and communications are important for writer’s career development ahead."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadapdap, Ursula Kezia Zefanya
"Laporan magang membahas dan mengevaluasi manfaat penggunaan perangkat lunak akuntansi bernama TMB sebagai salah satu komponen sistem informasi akuntansi yang digunakan perusahaan dalam proses mempersiapkan laporan keuangan per 31 Desember 2020. Magang ini menyampaikan evaluasi selama melakukan kegiatan magang di PT TUV Indonesia. TMB merupakan perangkat lunak akuntansi yang membantu perusahaan dalam menyusun laporan keuangan sehingga pekerjaan dapat selesai dengan lebih cepat dan akurat. Namun di tengah era pandemi yang mengharuskan pegawai untuk bekerja dari rumah, ditemukan kelemahan dimana penggunaan perangkat lunak ini membutuhkan spesifikasi komputer dan penggunaan koneksi internet yang tinggi, sehingga laptop pribadi tidak bisa bekerja optimal untuk menopang kebutuhan TMB.

The internship report discusses and evaluates the benefits of using accounting software called TMB as one of the components of the accounting information system used by the company in the process of preparing financial reports as of December 31st, 2020. This internship report provides an evaluation during an internship at PT TUV Indonesia. TMB is accounting software that helps companies in compiling financial reports so that work can be completed faster and more accurate. However, in the midst of a pandemic era that requires employees to work from home, a weakness was found where the use of this software requires computer specifications and the use of high internet connections, so that personal laptops cannot work optimally to support TMB needs."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Ondi Gokkon Yanuar
"Skripsi ini berisi tentang analisis sistem dan prosedur akuntansi dari Pemerintah Daerah Kota Depok. Dalam skripsi ini membahas mengenai unit-unit kerja yang ada pada Pemerintah daerah. Pembahasan dalam skripsi ini dimulai dari traksaksi-transaksi yang ada pada masing-masing unit kerja Pemerintah daerah sampai menghasilkan laporan keuangan konsolidasi yang merupakan bentuk pertanggungjawaban Pemerintah Daerah. Proses akuntansi dalam Pemerintahan Daerah melalui beberapa tahapan proses sampai pada akhirnya menghasilkan laporan keuangan. Melalui skripsi ini, penulis ingin mengetahui apakah sistem akuntansi pada Pemerintah Kota Depok telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan teori yang ada.
Hasilnya, penelitian ini menyatakan bahwa sistem akuntansi Pemerintah Kota Depok telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemerintah kota Depok telah menerapkan penggunaan aplikasi SIPKD dalam mengolah data-data keuangan mereka sampai pada proses menghasilkan pertanggungjawaban berupa laporan keuangan. Sistem ini telah membuat kinerja Pemerintah kota Depok lebih efektif dan efisien terutama bagi setiap SPKD dan juga PPKD yang ada.

This thesis contains about the analysis of accounting system and procedures of the Local Government City of Depok. In this thesis discusses the work units that exist in local government. The discussion in this paper starts from transactions that exist in each local government unit to produce consolidated financial statements is the responsibility form of local government. Accounting process in Local Government through several stages of the process to ultimately result in financial statements. Through this paper, the authors wanted to determine if the accounting system in Depok Municipality has been in compliance with applicable laws and existing theories.
The result, this study states that the accounting system of the City of Depok has been in compliance with applicable laws. Depok city government has implemented the use SIPKD applications in processing their financial data to the accountability of the process of generating financial reports. This system has made the performance of Depok city government more effective and efficient, especially for any SPKD and PPKD also available.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sam Karya Nugraha
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan akuntansi pengguna laporan keuangan dan tingkat kecukupan informasi laporan keuangan dalam pemanfaatan laporan keuangan pada Sekretariat Jenderal DPR RI. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian diperoleh dengan kuesioner dan wawancara, bagaimana kuesioner didistribusikan secara langsung kepada 54 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan tingkat pengetahuan akuntansi pengguna tergolong kurang baik; perdirjen 57/PB/2013 hanya mampu memenuhi 60% kebutuhan pengguna laporan keuangan dan laporan keuangan DPR RI cukup dimanfaatkan oleh pengguna dengan tingkat pemanfaatan sebesar 68,5%. Penelitian ini tidak dapat membuktikan adanya hubungan antara pengetahuan akuntansi dan tingkat kecukupan informasi dalam pemanfaatan laporan keuangan di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI.
Hasil lain menunjukkan bahwa jenis pemanfaatan tertinggi adalah terkait sumber dan penggunaan anggaran dan pemanfaatan terendah terkait rincian hutang kepada pihak ketiga. Tidak termanfaatkannya laporan keuangan DPR RI disebabkan adanya beberapa unsur dalam laporan keuangan yang tidak disertai dengan penjelasan yang rinci sehingga dapat menyebabkan kekeliruan interpretasi, serta beban kerja yang cukup berat di kalangan pengguna laporan keuangan. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa memang dibutuhkan komponen tambahan dalam laporan keuangan, namun dapat dipenuhi oleh basis akuntansi yang ada saat ini.

The aim of this study is to identify degree of accounting knowledge level and adequacy of financial statement information in the use of financial statement. The results show that the level of accounting knowledge of the financial statement users are in the "unfavorable" category; The House of Representative Financial Statement is "less able" to meet the needs of the user; and the degree of utilization of financial statement by financial statement users are pretty good; There is no evidence that accounting knowledge and adequacy of financial statement are related to utilization of financial statement of Secretariat General of The House Of Representative.
Other results show that the most type of financial statements utilization are related to the source and use of funds. Meanwhile the biggest reason for lack of financial statement utilization is not every piece of information in the financial statements accompanied by a detailed description. Further analysis show that additional components are needed in the financial statements of the House of Representative for a better financial statement utilization. The additional component can be fulfill by current accounting bases.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fuji Anrina
"Laporan magang ini membahas tentang proses penyusunan SOP keuangan proses expense di PT X yang ditujukan untuk meyesuaikan SOP lama dengan proses bisnis yang baru. Analisis dilakukan atas kesesuaian proses yang dilakukan dengan teori yang ada serta penilaian aspek sistematika SOP PT X mengacu pada beberapa standar. Analisis juga dilakukan atas kecukupan pengendalian internal pada SOP hasil pemutakhiran. Analisis pengendalian internal tersebut dilakukan pada setiap SOP proses expense. Hasil laporan magang menyimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan pada proses penyusunan SOP keuangan di PT X. Sementara itu, aspek sistematika dalam SOP keuangan proses expense sudah sesuai dengan standar dan pengendalian internal dalam SOP tersebut sudah cukup memadai.

This internship report discusses about the process of preparing financial standard operating procedures (SOP) expense process on PT X to conform with the new business processes. The analysis was conducted to check the conformity of the preparation process that was performed to the existing theory and also the assessment of systematic aspects of the SOP refers to some standards. The analysis was also carried out on the adequacy of internal control of the updated SOP. Internal controls are analyzed in every SOP of expense process. The result of this internship report concludes that there are some deficiencies in the process of preparing financial SOP on PT X. Meanwhile, the systematics aspects of financial SOP process of expense are already conformed to the standards and internal controls in that SOP are already sufficient."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44617
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanny Christina
"

Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur review atas laporan keuangan yang dilakukan oleh KAP SCH dalam mempersiapkan proses IPO yang akan dilakukan oleh PT GHI dari sisi akuntansi. PT GHI merupakan perusahaan yang bergerak di industri pembangkit listrik bertenaga minihidro dan memiliki beberapa entitas anak dengan model bisnis serupa. Pada perikatan dengan PT GHI ini, KAP SCH bertugas untuk memastikan kesesuaian pelaporan keuangan PT GHI dan entitas anaknya terhadap ketentuan-ketentuan PSAK terkait dalam rangka persiapan IPO tersebut. Salah satu isu yang timbul adalah adanya penggunaan standar akuntansi SAK ETAP pada salah satu entitas anak, PT XYZ, sehingga diperlukan penyesuaian kepada PSAK Umum. Adapun prosedur-prosedur yang dilakukan dan menjadi subyek evaluasi adalah: 1) prosedur penilaian kesenjangan atas PSAK Umum dan SAK ETAP untuk PT XYZ; 2) prosedur penghapusan saldo yang tidak memiliki informasi pendukung pada PT XYZ; 3) prosedur penyusunan draf disclosure checklist untuk Grup GHI; 4) prosedur penyusunan draf template laporan keuangan Grup GHI; dan 5) prosedur penyusunan draf kebijakan akuntansi Grup GHI. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur yang dilakukan secara garis besar telah sesuai dengan PSAK. Meskipun begitu, KAP SCH perlu untuk turut mempertimbangkan kesesuaian template laporan keuangan dengan model bisnis spesifik entitas serta menyertakan PSAK yang berlaku setelah tahun 2018 pada draf kebijakan akuntansi. Selain itu, laporan ini juga membahas refleksi diri atas aktivitas magang dan penulisan laporan magang yang dilakukan.


This internship report discusses the evaluation of KAP SCH’s review procedures on financial statements in preparing the IPO process underwent by PT GHI in terms of accounting. PT GHI is a mini-hydropower plant company which has several subsidiaries with similar business model. In this engagement with PT GHI, KAP SCH is responsible to ensure the compliance of PT GHI and its subsidiaries’ financial reporting against the prevailing PSAKs for its IPO preparation. One of the arising issues is the use of SAK ETAP accounting standard at one of the subsidiaries, PT XYZ, resulting in needed adjustment to General PSAK. The procedures performed and subject to this evaluation are: 1) gap assessment procedures on General PSAK and SAK ETAP for PT XYZ; 2) write-off procedures on account balances without supporting information for PT XYZ; 3) procedures for preparing draft of disclosure checklist for GHI Group; 4) procedures for preparing draft of GHI Group’s financial statements template; and 5) procedures for preparing draft of GHI Group’s accounting policies. Based on the evaluation, the procedures carried out in general have complied with the prevailing PSAKs. However, KAP SCH needs to take into account the appropriateness of financial statements template towards entity-specific business model as well as includes the PSAKs which will be effective after 2018 in the draft of accounting policies prepared. In addition, this report also discusses the self-reflection based on the internship activities and the writing process undertook.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Syahbela
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencatatan dan penyajian laporan keuangan Pondok Pesantren AB pada saat ini serta memberikan usulan perbaikan untuk pencatatan dan penyajian laporan keuangan di Pondok Pesantren AB di Sumatera Selatan sesuai dengan Pedoman Akuntansi Pesantren yang ditetapkan oleh IAI dan Bank Indonesia. Mengingat Pedoman Akuntansi Pesantren baru dikeluarkan pada tahun 2018 oleh karena itu penerapannya masih belum masif dilakukan di Indonesia khususnya pesantren-pesantren di daerah terpencil. Dikhawatirkan rentannya terjadi masalah dikemudian hari dikarenakan Pihak Pondok tidak memisahkan harta Pendiri dengan harta yayasan, laporan keuangan yang dibuat sangat sederhana, serta arus kas yang dicatat mencampuradukan keuangan Pendiri, Asrama dan Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen data berupa analisis dokumentasi, wawancara, dan Focus Group Discussion. Rekomendasi penerapan dalam penelitian ini menggunakan standar Pedoman Akuntansi Pesantren (PAP) oleh IAI tahun 2018. Hasil Penelitian ini adalah sebuah evaluasi pencatatan dan penyajian laporan keuangan Pondok Pesantren AB saat ini serta rekomendasi penerapan pencatatan dan penyajian laporan Keuangan Pondok Pesantren AB agar sesuai dengan Pedoman Akuntansi Pesantren (PAP).

This research aims to evaluate the recording and presentation of financial statements in Pondok Pesantren AB at present, and to provide suggestions for improvement in the recording and presentation of financial statements in Pondok Pesantren AB in South Sumatra, in accordance with the Accounting Guidelines for Pesantren established by the Indonesian Institute of Accountants (IAI) and Bank Indonesia. Considering that the Accounting Guidelines for Pesantren were only issued in 2018, their implementation is still not widespread in Indonesia, especially in pesantrens located in remote areas. There is a concern that problems may arise in the future due to the lack of separation between the assets of the Founder and the foundation, the simplicity of the financial statements produced, and the commingling of cash flows from the Founder, Dormitory, and Madrasah. This research uses a qualitative descriptive method with data instruments including document analysis, interviews, and Focus Group Discussions. The recommended implementation in this study follows the Accounting Guidelines for Pesantren (PAP) issued by the IAI in 2018. The results of this research provide an evaluation of the current recording and presentation of financial statements in Pondok Pesantren AB, as well as recommendations for the implementation of recording and presentation of financial statements in accordance with the Accounting Guidelines for Pesantren (PAP)."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>