Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15784 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prichard, James W.
New York: John Wiley & Sons, 1965
658.787 PRI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Whitin, Thomson M.
New Jersey: Princeton University Press, 1957
658.7 WHI t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Simarmata, Mikhael Sakharov
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai penilaian persediaan PT MM. Persediaan merupakan akun yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi perusahaan manufaktur, karena persediaan merupakan akun yang terdiri dari komponen biaya-biaya. Oleh karena itu kesalahan penilaian persediaan membawa dampak prospektif terhadap laporan keuangan ke tahun berikutnya. Setelah melakukan analisis dapat disimpulkan bahwa kesalahan penilaian persediaan PT MM disebabkan kelemahan pengendalian internal dalam menangani pencatatan akuntansi, kesalahan spesifik berkaitan dengan transaksi seperti perbedaan waktu pengakuan transaksi, belum dilakukan penjurnalan, kesalahan input data, serta kegagalan software sistem informasi akuntansi dalam mengolah pencatatan persediaan. Selain kesalahan terhadap penilaian terdapat beberapa hal yang harus dirubah manajemen dalam mengakumulasi nilai persediaan agar sesuai prinsip akuntansi yang berlaku umum.

ABSTRACT
This internship report examine about inventory valuation that major asset in manufacturing company as PT MM. Inventory must have special attention in manufacturing company, because this account consist many cost component. Because of that, error in this account has prospektif effect to financial statement in next period. After analyze of financial statement, the conclusion of error in inventory valuation occured because of weakness of internal control in accounting record, specific problem like time difference in record transaction, transaction not recorded, wrong data recorded, the last weakness of system information to process inventory records. Beside that management should change their polcy in counting inventory valuation to match with general accepted accounting principle."
2013
S54280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wahib Adiyatma
"Manajemen inventaris pada suatu perusahaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan yang kegiatan bisnisnya berhubungan dengan aktivitas penambangan sumber daya alam untuk mengatur perencanaan stok barang dan melaporkan penggunaan barangnya. PT. Palu Batu Madu (PBMadu) merupakan salah satu perusahaan yang melakukan manajemen pencatatan data inventaris. Manajemen inventaris yang dilakukan oleh PBMadu adalah mencangkup pengelolaan stok barang atau sparepart yang akan digunakan untuk pemeliharaan alat berat serta pelaporan penggunaan sparepart yang disimpan pada berkas di dalam satu komputer. Namun pada pelaksanaannya, PBMadu mengalami kesulitan ketika melakukan pencatatan yaitu para staf harus melakukan unggah dan unduh dokumen pencatatan inventaris berulang kali setiap ingin memperbarui data inventaris karena data belum terpusat. PBMadu menerapkan prosedur pencatatan biaya penggunaan sparepart dengan metode First In First Out (FIFO) yang dalam pelaksanaannya seringkali mengalami kendala yaitu para staf tidak dapat memastikan urutan barang yang masuk ke inventaris secara pasti. Perusahaan PBMadu menilai bahwa proses pencatatan inventaris saat ini kurang efisien dan akurat sehingga menginginkan sebuah sistem manajemen inventaris berbasis website yang dapat menyimpan data secara online dan terpusat. Sistem manajemen inventaris tersebut bernama PBMadu Inventaris. Penelitian dan pengembangan sistem PBMadu Inventaris diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan sistem manajemen inventaris yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Alur penelitiannya diawali dengan studi literatur mengenai masalah yang dialami perusahaan, requirement gathering dengan melakukan wawancara dengan pengguna, Unified Modeling Language (UML) dengan membuat Use Case Diagram (UCD) dan model relasional, pengembangan sistem dengan metode Rapid Application Development (RAD), dan diakhiri dengan pengujian sistem dengan User Acceptance Test (UAT), Usability Testing (UT), dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem layak untuk digunakan dan sudah mendapat persetujuan dari pihak perusahaan PBMadu.

Inventory management in a company is an important thing to be done by an organization or company whose business activities are related to natural resource mining activities to manage inventory planning and report the use of goods. PT. Palu Batu Madu (PBMadu) is a company that manages inventory data records. Inventory management carried out by PBMadu includes managing the stock of goods or spare parts that will be used for heavy equipment maintenance as well as reporting on the use of spare parts which are stored in a file on a single computer. However, in practice, PBMadu experienced difficulties when recording the inventory, which is the staff had to upload and download inventory documents repeatedly every time they wanted to update inventory data because the data was not yet centralized. PBMadu applies the procedure for recording the cost of using spare parts using the First In First Out (FIFO) method which in practice often experiences problems, which is staff cannot ensure the exact order of items that enter the inventory. The PBMadu company considers that the current inventory recording process is inefficient and inaccurate, so they want a website-based inventory management system that can store data online and centrally. The inventory management system is called PBMadu Inventaris. Research and development of the PBMadu Inventory system is needed to meet the need for an inventory management system that suits user needs. The research flow begins with a literature study on the problems experienced by companies, requirement gathering by conducting interviews with users, Unified Modeling Language (UML) by making Use Case Diagrams (UCD) and relational model, system development using the Rapid Application Development (RAD) method, and ends with system testing with the User Acceptance Test (UAT), Usability Testing (UT), and the System Usability Scale (SUS). The evaluation results show that the system is feasible to use and has been approved by the PBMadu company."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Magee, John F.
New York: McGraw-Hill, 1958
658.503 MAG p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Starr, Martin K.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1981
658.787 STA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Starr, Martin K.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1962
658.787 STA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Salma
"Manajemen persediaan yang efektif menjadi hal yang penting bagi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dalam memenuhi permintaan dinamis pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode peramalan ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) guna meningkatkan manajemen persediaan produk kategori Home care pada perusahaan FMCG. Data historis permintaan produk Home care digunakan untuk mengembangkan model ARIMA dalam meramalkan permintaan. Hasil peramalan digunakan untuk menentukan tingkat persediaan yang optimal, termasuk tingkat safety stock dan reorder point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model peramalan ARIMA, khususnya ARIMA (2,1,1), memberikan prediksi permintaan yang akurat. Dengan menggunakan tingkat service rate yang berbeda (80%, 85%, 90%, dan 95%), perusahaan dapat menyesuaikan strategi persediaan untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan tingkat layanan yang diinginkan. Oleh karena itu, disarankan agar perusahaan FMCG mempertimbangkan implementasi metode peramalan ARIMA guna meningkatkan manajemen persediaan produk Home care. Penelitian ini memberikan wawasan berharga dalam meningkatkan praktik manajemen persediaan di industri FMCG dan membantu perusahaan mengoptimalkan tingkat persediaan, mengurangi risiko kehabisan stok, serta memenuhi ekspektasi pelanggan.

Effective inventory management is crucial for Fast Moving Consumer Goods (FMCG) companies to meet dynamic customer demands. This study aims to implement the ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) forecasting method to improve inventory management of Home care products in an FMCG company. Historical demand data for Home care products are utilized to develop ARIMA models for demand forecasting. The forecasted demand is then utilized to determine optimal inventory levels, including safety stock and reorder points. The results demonstrate that the ARIMA forecasting model, specifically ARIMA (2,1,1), provides accurate demand predictions. By adopting different service rate levels (80%, 85%, 90%, and 95%), the company can customize inventory strategies to meet varying customer demand and achieve desired service levels. Consequently, it is recommended that FMCG companies consider the implementation of the ARIMA forecasting method to enhance inventory management for Home care products. This research provides valuable insights into improving inventory management practices in the FMCG industry and ultimately helps companies optimize inventory levels, minimize stockouts, and meet customer expectations."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Aziza Putri
"Pada tahun 2020 s/d 2022, industri jasa boga dapat dikatakan sebaga industri yang paling cepat pulih berdasarkan nilai PDB konsumsi dan PDB produksi (BPS, 2022). Hal ini sendiri disebabkan karena kemunculan dapur awan yang hanya berfokus pada pelayanan pesan antar makanan. Hal ini dibuktikan dari keberadaan PT KDS yang mampu mengembangkan dapur awan mereka selama pandemi Covid-19. Dalam menjalankan proses operasional outlet dapur awan maupun food service, terdapat bahan baku yang diproduksi pada fasilitas dapur sentral perusahaan yang digolongkan sebagai semi- finished goods. Produk ini sendiri diproduksi secara reguler berdasarkan permintaan dari outlet yang berjarak minimal 2 hari dan dibentuk perencanaan menggunakan MPS. Namun, perencanaan ini sering kali tidak sesuai karena permintaan dari outlet seringkali tidak sesuai dengan kriteria pemesanan, yang kemudian menyebabkan terjadinya out-of- stock untuk produk SFG. Oleh karena itu, diperlukan yang namanya material requirement planning yang bertujuan untuk mempersiapkan persediaan bahan baku produk SFG.. Pada penelitian ini, metode MRP diaplikasikan berdasarkan data MPS PT KDS, bill of materials produk SFG yang dipilih, dan informasi lead time bahan baku, yang kemudian diolah dengan menggunakan 3 jenis metode lot sizing, yaitu lot-for-lot, economic order quantity, dan periodic order quantity. Berdasarkan aplikasi metode berikut, ditemukan bahwa untuk masing-masing metode MRP mampu menurunkan biaya persediaan gudang bahan baku untuk kebutuhan produksi semi-finished goods PT KDS. Berdasarkan masing-masing metode lot sizing, biaya persediaan yang timbul dari pembelian bahan baku produksi semi-finished goods dapat diturunkan secara signifikan. Jika dibandingkan kembali antara masing-masing metode lot sizing yang diuji, metode POQ memiliki hasil yang paling signifikan karena mampu mengurangi biaya persediaan selama bulan Januari s/d Februari 2023 sebanyak 79,5% dari total biaya persediaan aktual.

From 2020 to 2022, the food service industry can be said to be the fastest growing industry based on the value of GDP consumption and GDP production (BPS, 2022). This is due to the emergence of cloud kitchens which only focus on food delivery services. This is proven by the existence of PT KDS which was able to develop their cloud kitchen during the Covid-19 pandemic. In carrying out the operational processes of cloud kitchen outlets and food service, there are raw materials produced in the company's central kitchen facilities which are classified as semi-finished goods. This product itself is produced regularly based on requests from outlets that are at least 2 days apart and plans are formed using MPS. However, this planning is often inappropriate because requests from outlets often do not match the order criteria, which then causes out-of-stock for SFG products. Therefore, there is a need for something called material requirement planning which aims to prepare the supply of raw material for SFG products. then processed using 3 types of lot sizing methods, namely lot-for-lot, economic order quantity, and periodic order quantity. Based on the application of the following methods, it was found that each of the MRP methods was able to reduce the cost of raw material warehouse inventory for PT KDS' semi-finished goods production needs. Based on each of the lot sizing methods, inventory costs arising from the purchase of raw materials for the production of semi-finished goods can be significantly reduced. When compared again between each of the lot sizing methods tested, the POQ method has the most significant results because it is able to reduce inventory costs during January to February 2023 by 79.5% of the total actual inventory costs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>