Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12640 dokumen yang sesuai dengan query
cover
New Delhi: Regional Office for South-East Asia, 1996
613.07 MED
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Suharto
"Early clinical exposure kunjungan rumah sakit ( ECE-KRS) yang merupakan kegiatan integrasi pembelajaran i!mu dasar dan ilmu klinik diharapkan mampu memberi motivasi belajar, sosialisasl dan persiapan pendidikan profesi. Namun ECE-KRS tersebut tidak selalu berlangsung lancar antara lain karena faktor pada diri mahasiswa. Penelitian ini mencari faktor karakteristik mahasiswa yang berhubungan dengan hambatan pelaksanaan ECE-KRS.
Penelitian case control dengan kuestoner dilakukan dalam bulan April - September 2007 di FK Unair- RSU Dr. Soetomo Surabaya,. yang melibatkan mahasiswa preklinik Angkatan 2006, 2005 dan 2004. Pada tahap pertama diperoleh 482 mahasiswa terdiri 110 mahasiswa dengan ada persepsi hambatan (kasus) dan 352 tanpa persepsi hambatan {kontrol), yang kemudian dilakukan sampling, Diperoteh 58 sampel kelompok kasus dan 56 sampel kelompok kontrol. Tahap kedua bertujuan menganalisa 12 karakteristik mahasiswa yang dapat merupakan faktor dominan hambatan.
Analisa regresi logistik dan multivariat model Enter dan Stepwise menunjukkan faktor ikut tidaknya mahasiswa di organisasi setelah masuk Fakultas Kedokteran merupakan faktor yang dominan, Mahasiswa yang tidak ikut dalam organisasi akan mengalami hambatan 2,4 kati lebih besar dibanding mahasiswa yang ikut organisasi :Adjusted OR 2,44.
Hasil peneiitian ini menyarankan Fakultas Kedokteran untuk mendorong mahasiswanya berorganisasi, karena akan membantu kegiatan ECE KRS meningkatkan motivasi belajar, sosialisasi dan persiapan pendidikan Profesi. Juga meningkatkan program guidance dan counselling.

Early clinical exposure hospital visit (ECE-KRS) is an early introduction to cilinical work environment in hospitals for preclinical students. It will motivate the students i11 learning medicine, socialization and preparation for the professional education . However, the ECE program does not always run smoothly because of several factors within and outside of the students. This study is aimed at exploring the internal factors which influence the ECE implementation.
The case control study was conducted during April-Septembar 2007 in Medical Faculty- dr Soetomo Hospital Surabaya by recruiting the preclinical student from Angkatan 2006, 2005 and 2005. At the first stage, the number of respondents were 482 students, consisted of 110 people with obstacle perception (case) and 352 students without obstacle (control), The student sample consisted of 58 student from control group and 56 from case group.
The result was, among 12 characteristics being studied, analyzed by logistic regression and multivariate Enter and Stepwise model, the variable as a member in medical organization was dominant The student who didn't joint the medical organization after entered to medical faculty will have 2,4 time probability to have obstacle perception on ECE-KRS (,adjusted OR 2,44 (CI 95%: 1.02-5,60).
It is suggested that medical faculty should motivate the student to join the medical student organization, and utilize guidance and counselling program which will increase ECE-KRS usefulness to motivate the student in learning and professional education preparation.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007
T31984
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harden, Ronald M.
Edinburgh: Churchill Livingstone, 2012
610.71 HAR e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Neni Sisri
"ABSTRAK
Perawatan mulut untuk mencegah mukositis diperlukan sebelum, selama dan setelah kemoterapi. Edukasi tentang menggosok gigi pada orangtua dan anak merupakan salah satu upaya untuk mencegah keparahan mukositis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas media pendidikan AVA dan leaflet tentang menggosok gigi yang diberikan pada orang tua terhadap kejadian mukositis pada anaknya yang menderita kanker. Disain penelitian adalah quasi experiment pretest dan postest nonequivalent control group design dengan total sampel sebanyak 36 responden yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok inyervensi dan kelompok kontrol, yang dipilih dengan metode consecutive sampling. Hasil penelitian menemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pemberian edukasi menggunakan AVA dan leaflet terhadap kejadian mukositis pada anak ( p value= 0,061). Namun media AVA dan leaflet efektif meningkatkan pengetahuan orangtua menggosok gigi untuk mengurangi kejadian mukositis pada anak kanker selama kemoterapi. Hal ini dapat dilihat dengan peningkatan pengetahuan setelah perlakukan baik pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan p value masing-masing 0,003 dan 0,002. Rekomendasi: edukasi perawatan mulut dapat dilakukan dengan pendekatan multidisiplin ilmu sebelum, selama dan setelah pemberian kemoterapi.

ABSTRACT
Oral care to prevent mucositis is needed before, during, and after chemotherapy. Education about brushing teeth to parents and children is one way to prevent the severity of mucositis. The purpose of this research was to identify the effectiveness of education media AVA and leaflet about teeth brushing to parents of children suffering cancer to the incidence of mucositis. Design research is quasi experimental nonequivalent pretest and posttest control group design with a total sample of 36 respondents composed of two groups: intervention and control groups, selected with consecutive sampling method. The study found no significant differences education using AVA media and leaflets on the incidence of mucositis in children (p value = 0.061). But AVA media and leaflets effectively improve parental knowledge about brushing teeth to reduce the incidence of mucositis in children during cancer chemotherapy. This can be seen by the increase in knowledge after treatment both in the control group and the intervention group with p value respectively 0.003 and 0.002. Recommendation: educational oral care can be done with a multidisciplinary approach before, during and after administration of chemotherapy"
2016
T46394
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Malden: West Sussex Wiley-Blackwell, 2014
610.76 UND
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Kariasa
"Latarbelakang: Kejadian stroke iskemik termasuk stroke berulang terus meningkat di negara maju maupun negara berkembang termasuk Indonesia. Stroke berulang berdampak terhadap peningkatan morbiditas, mortalitas dan ketidakmampuan fungsional. Kemampuan self-management adalah salah satu indikator untuk memprediksi terjadinya stroke berulang. Pengamatan lapangan menunjukkan belum ada alat yang dapat meningkatkan kewaspadaan diri penyintas. Oleh karena itu perlu dikembangkan alat deteksi dini untuk menumbuhkan selfawareness dan motivasi pasien yang berdampak pada peningkatan kemampuan self-management.
Tujuan: penelitian ini bertujuan membentuk model pengelolaan perawatan diri menggunakan kombinasi prototipe deteksi dini SenDiKa dan Pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kemampuan manajemen diri dalam upaya mencegah stroke iskemik berulang serta membuktikan keefektifannya terhadap self-management pasien stroke iskemik.
Metodologi: Penelitian ini terdiri dari dua tahap; tahap pertama mengembangkan alat sensor digital yang dinamai SenDiKa (Sensor Digital Kariasa) menggunakan desain cross-sectional dan menyusun pendidikan kesehatan manajemen diri dan tahap kedua menguji alat tersebut menggunakan desain quasi-eksperimen pre–post-test control group melibatkan 44 sampel pasien pasca stroke iskemik yang diambil melalui teknik consecutive sampling. Subyek terdiri dari kelompok intervensi dan kontrol dengan lama intervensi 12 minggu.
Hasil: Penelitian ini menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan p-value = 0,000 dimana kelompok intervensi yang menggunakan alat deteksi dini yang dikombinasi dengan pendidikan kesehatan memiliki perubahan kearah yang baik terhadap self-management dibandingkan kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan penggunaan kombinasi alat deteksi dini Prototipe SenDiKa dan pendidikan kesehatan dapat berfungsi dengan baik serta memberi efek positif terhadap peningkatan self-management pasien pasca stroke.
Simpulan dan Saran Utama: Model kombinasi prototipe SenDiKa dan Pendidikan Kesehatan manajemen diri dapat digunakan untuk mengidentifikasi beberapa indikator utama yaitu; tekanan darah, gula darah dan kolesterol oleh pasien secara mandiri. Rekomendasi lain adalah Menyempurnakan Prototipe SenDiKa sehingga dapat mengeluarkan angka riil dari setiap faktor risiko pasien, kalkulasi dari akumulasi besarnya faktor risiko dan membuat aplikasi Pendidikan Kesehatan Manajemen Diri kedalam sistem android sehingga responden dapat langsung mempelajari manajemen diri yang benar dan sesuai. Prototipe ini dibuat agar teruji kebermanfaatannya, mudah digunakan, mudah didapat dan murah harganya.
.....Background: The incident rate of Ischemic stroke has been rising either in developed or developing countries, including Indonesia. In addition to physical and functional disability caused by stroke attack, recurrent stroke attack becomes another concern which can cause problems in economic and psychosocial aspect. Recurrent stroke attacks are associated with increased morbidity, mortality, and functional disability. Patient’s Self-Management ability is one of the indicators to predict the occurrence of recurrent ischemic stroke. Based on researchers’ observations, there is no tool available to improve awareness of the stroke survivors to prevent recurrent stroke attacks. Therefore, it is necessary to develop an early detection tool to foster patients’ self-awareness and motivation which have an impact on improving patients’ self-management abilities.
Purpose: This study aim to develop a model that combining a prototype of early detection SenDiKa and health education to improve self-management ability to prevent recurrent stroke attacks and to measure its effectiveness.
Method: This study consists of two stages; the first stage is to develop a device called SenDiKa (Kariasa Digital Sensor) using a cross-sectional design combined with providing health education. The second stage is to test the device to patients using a quasi-experimental design involving 44 post-ischemic stroke patients taken through consecutive sampling technique. The subjects were divided into two groups, the intervention group, which will be using SenDiKa combined with health education, and the control group. They will be provided with intervention and be observed for 12 weeks.
Results: This study shows a significant difference between the two groups with pvalue= 0.0000 where the intervention group had a better self-management abilities compared to the control group. The combination of SenDiKa, a prototype of early self-detection tool and health education on self-management, has a positive effect on improving the stroke survivor’s self-management abilities in order to prevent recurrent stroke attacks.
Conclusion and Recommendations: SenDiKa prototype, combined with health education of self-management, can be used to identify several ischemic stroke risk factors: blood pressure, blood sugar, and cholesterol. Knowing the value of this examination is expected to improve the patients’ self-awareness and motivation which hopefully will encourage the patients to improve their self-management abilities in preventing recurrent stroke attacks. Another recommendation is to continue the development of this combination between early detection prototype devices with health education so that everyone can experience its benefits, especially for stroke survivors."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Dwi Fitri
"Lingkungan pembelajaran klinik di rumah sakit berpotensi mendorong pencapaian kompetensi IPE/IPCP mahasiswa dan meningkatkan kemampuan IPCP staf pengajar klinik. Upaya faculty development (FD) mempersiapkan staf pengajar klinik sebagai fasilitator IPE penting untuk keberhasilan implementasi kurikulum IPE. Namun, hingga saat ini belum ada model yang dapat menjadi acuan. Tujuan penelitian adalah menghasilkan model FD untuk mempersiapkan staf pengajar dari berbagai profesi kesehatan sebagai fasililitator IPE tahap klinik di rumah sakit.
Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain transformasi longitudinal di FKUI, FKKKMK UG, FK UII, dan FK UNS. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu analisis kebutuhan komprehensif dan pengembangan model FD, penerjemahan model FD dalam penyusunan modul FD, dan uji coba serta evaluasi efektivitas modul. Penelitian dilakukan pada periode Januari 2023 hingga Agustus 2024. Responden penelitian adalah pimpinan institusi, IPE champion, IPE lead, staf pengajar klinik dan mahasiswa berbagai profesi kesehatan yang pernah terlibat dalam kurikulum IPE klinik. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam, FGD dan survei menggunakan kuesioner teaching competency for interprofessional education yang diadaptasi ke dalam situasi klinik di Indonesia.
Penelitian telah menghasilkan kuesioner adaptasi yang valid dan reliabel untuk menilai persepsi staf pengajar dan mahasiswa tentang kompetensi fasilitator IPE klinik dan karakteristik pendidik klinik yang baik dalam konteks interprofesional. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada perbedaan bermakna antara persepsi staf pengajar dan mahasiswa. Penelitian menghasilkan model FIND yang terdiri atas empat prinsip meliputi to Foster optimal support from institution, to Involve IPE champions and IPE leads as initiator, innovator, communicator and coordinator, to Nurture faculty members’ competencies through an adequate needs analysis and faculty development, to Deliver faculty development with thorough preparation, targeted implementation and measured evaluation. Penerjemahan model FIND menghasilkan program FD yang dilaksanakan melalui modul pelatihan keterampilan memfasilitasi dinamika kelompok interprofesional di tatanan klinik. Prinsip pada model FIND diterapkan dengan cermat dalam penyusunan modul pelatihan. Kegiatan pelatihan berjalan lancar, partisipasi dan keterlibatan aktif peserta baik, tujuan pembelajaran yang disampaikan pada modul dapat tercapai. Peserta puas dengan pelatihan yang dilakukan, terdapat peningkatan persepsi sebelum dan sesudah pelatihan tentang berbagai kompetensi fasilitator IPE klinik. Dengan demikian dapat disimpulkan model FIND sesuai untuk pengembangan staf pengajar sebagai fasilitator IPE di tatanan klinik di Indonesia.

Clinical learning environment in hospitals has the potential to encourage the achievement of IPE/IPCP competencies of students and improve the IPCP abilities of clinical teaching staff. Faculty development (FD) efforts to prepare clinical teaching staff as IPE facilitators are important for the successful implementation of the IPE curriculum. However, there is no model that can be a reference. The purpose of the study is to develop an FD model to prepare teaching staff from various health professions as facilitators of IPE in the clinical stage in hospitals.
This study uses a mixed method with longitudinal transformation design in FKUI, FKKKMK UG, FK UII, and FK UNS. The research was carried out in three stages, namely comprehensive needs analysis and development of the FD model, translation of the FD model in the preparation of the FD module, and trial and evaluation of module effectiveness. This study was conducted from January 2023 to August 2024. The respondents of the study were institutional leaders, IPE champions, IPE leads, clinical teaching staff and students of various health professions who had been involved in the clinical IPE curriculum. Data were collected using in-depth interview methods, FGDs and surveys using teaching competency questionnaires adapted to clinical situations in Indonesia.
This study has produced a valid and reliable adaptation questionnaire to assess the perception of teaching staff and students about the competence of clinical IPE facilitators and the characteristics of good clinical educators in an interprofessional context. The results showed that there was no difference between the perception of teaching staff and students. This study has produced a FIND model consisting of four principles including to Foster optimal support from institution, to Involve IPE champions and IPE leads as initiator, innovator, communicator and coordinator, to Nurture faculty members' competencies through an adequate needs analysis and faculty development, to Deliver faculty development with thorough preparation, targeted implementation and measured evaluation. The translation of the FIND model resulted in a skills training module to facilitate the intreprofessional group dynamics in the clinical setting. The principles in the FIND model are carefully applied in the preparation of training modules. The training activities went smoothly, the active participation and involvement of participants was good, and the learning objectives conveyed in the module could be achieved. Participants were satisfied with the training conducted. There was an increase in perception before and after the training about the various competencies of clinical IPE facilitators. Thus, it can be concluded that the FIND model is suitable for the development of teaching staff as IPE facilitators in clinical settings in Indonesia.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Purwanto
"Promosi kesehatan di RS mulai dikampanyekan oteh WHO sejak tabun 1997. Harapannya agar RS tidak menfokuskan pada individunya tetapi juga mengarah pada sikap untuk mecegah , mengurangi kesakitan dan meningkatkan derajat kesehatan. Sehingga RS memiliki paradigma baru yaitu rnenjadi tempat untuk menciptakan kesehatan, promotif dan preventif bukan hanya melayani orang saldt saja. Kerja sama yang baik perlu diciptakan antara petugas di ruang perawatan di RSt karena informasi yang kurang dan tidak baik tentang interaksi obat dan makanan yang diminum pasien dalam terapinya, dapat memperpanjang kesembuhan dan masa perawatan serta menimbulkan kejadian keracunan, aler,gi atau internksi obat, kurang gizi, hingga menimbulkan kematian pasien. Ini terlihat dari masih tingginya angka kejadian interaksi obat dan alergi (30,39 %) pada pasien di RRl BPD RSCM.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku perawat dalam memberikan infonnasi cara minum obat (ICMO) kepada pasien di ruang rawat inap Bagian Pcnyakit Dalam (RRI BPD) RSCM Jakarta tahun 2007. Dari teori model Gibson dan diperkuat dengan teori Gillies, Hasibuan dan Siagian. maka peneliti membuat sebuah kerangka konsep peneiitian. Kerangka konsep ini akan diuji lmbungan antara variabel yang mempengaruhi perilaku perawat. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengukur hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku perawat dalam memberikan ICMO kepada pasien di RRI BPD P.SC:>-1 Jakarta lahun 2007.
Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populaslnya adalah pcnmrat yang tedibat langsung dalam pemberian IC?-.10 pada pasien di RRI BPD. Sampel adalah perawat yang bekerja d1 RRl BPD d!pilih secara acak mewakili petugas di RRI BPD. Penentuan jumlah responden ditetapkan secara acak atau sample random sampling. Karena 2 proporsi petugas yang memberikan dan yang tidak memberikan infonnasi minum obat maka jumlah seluruh sampel adalah sebanyak I 16 perawat.
Dari analisis multivariat regresi logistik ganda di dapatkan model terakhir pada penelitian ini adalah : variabel Pengetahuan (p value 0~558; 95 % CI 0~536- 3,171, OR: 1,304), Sikap (p value 0,137; 95% Cl 0,194- 1,253, OR: 0,493) dengan dikontrol variabel konfonding : Pendidikan (p value 0,005; 95 % CI 0,113 -0,683,0R: 0,277) dan Sanksi (pvalue0,003; 95 %CI1,617- 9,770, OR : 3,974). Artinya bahwa responden yang memiliki sanksi yang ketat dl RR1 BPD RSCM mempunyai peluang 4 kali untuk memberikan ICMO kepada pasien dibandingkan dengan responden yang memiliki sanksi longgar.
Kesimpulan adalah : Perawat yang memberikan lCMO sebanyak 32,8 %, tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan periiaku perawat dalam pemberian ICMO. Tidak ada hubungan antara sikap dengan perilaku perawat dalam pemberian ICMO, Tidak ada hubungan antara pengetahuan dan sikap, Hasil analisa uji multivariat regresi logistik ganda menunjukkan bahwa model terakhir dari penelitian ini adalah pengetahaun dan sikap perawat dikontrol dengan variabel pendidikan dan sanksi dapat mempengaruhi pemberian ICMO. Artinya pengetahuan dan sikap perawat yang dikontrol dengan sanksi yang ketat di RRl BPD RSCM mempunyai peluang 4 kali untuk memberikan ICMO kepada pasien dibandingkan dengan responden yang memiliki sanksi longgar.
Saran : sebaiknya pengetahuan perawat tentang penyebab, tanda-tanda bahaya yang ditimbulkan dan cara pencegahan keracunan atau aJergi obat perlu ditingkatkan, agar kejadian keracunan atau alergi oba.t di RR1 BPD dapat dihindari atau dapat diminimalisasi. Peningkatan pengetahuan ini bisa disampaikan pada saat pergantian shift kerja, saat ronde dengan dokter~pertemuan mingguan dengan kepala ruangan dan manajer atau menyelenggarakan workshop. Sebaiknya perawat diberikan kesempatan untuk melihat atau mengunjungi RS lain yang telab memiliki program promosi kesehatan khususnya tentang ICMO. Sebaiknya pibak manajemen RSCM memasang spanduk atau poster di ruang praktek dokter, apotek, ruang tunggu pasien, loket pendaftaran, RRl dan di lingkungan RS yang mudah lihat pasien dan keluarganya. Sebaiknya petugas medis dan keperawatan yang tidak sempat memberikan ICMO kepada pasien dan keluarganya dapat memberikan selebaran atau flyer. Akan baik lagi kalau manajemen RSCM menyediakan ruang khusus untuk mendapatkan ICMO atau konsultasi ten tang obat di setiap RRI RSCM.

Health promotion in hospitals has been campaigned for by the WHO since 1997. Its intention is so that hospitals are not focusing on individuals hut also directing their focus onto attitude to prevent, decrease morbidities and increase the degree of health. As such, hospitals have a new paradigm which is to be a place to create health- involved in promotion and prevention- not only caring for the sick. Good cooperation needs to be built among staff in the hospital in-patlem unit. Lack or bad information regarding drug interaction and food consumed by patients during their therapy, could prolong their recovery and duration of treatment as well as Inducing toxicity, allergy or drug interaction, malnutrition, causing mortality in patients. This can be seen from the high occurrence of drug interaction and allergy (30.39%) in patients in the internal medicine in-patient unit inRSCM.
The main objective of this study is to determine the association between knowledge and attitude with nurses~ behavior in providing information on methods of drug administration to patients in the internal medicine in~ patient unit in RSCM Jahrta in the year of2007. From the theoretical model of Gibson and strengthened by theory from Gillies, Hasibuan and Siagian, the researcher made a frame of concept for this research. Tnis frame of concept will test the association between a variabel that influences nurses' behavior.
This study makes use of cross-sectional method. The study population {;consist of nurses who are directly involved in providing information regarding methods of drug administration in the internal medicine in-patient unit in RSCM Jakarta in the year of 2007. Study samples are nurses who work in the internal medicine in-patient unit and are randomly selected to repre...<::ent the staff in rhe internal medicine in-patient unit. The required numbers of respondents are assigned randomly or by simple random sampling. Because there are 2 proportions of staff) those who provide and those who do not provide information on methods of drug administration, therefOre the total numbers of samples are 116 nurses.
From multivariate analysis of matched logistic regression, a final model for this research is obtained as follow: knowledge variable (p-value 0.558~ 95% Cl 0.536-3.171, OR: 1.304), attitude (p-value 0.137; 95% Cl 0.194-1.253, OR: 0.493) controlled for confounding variables: education (p-value 0.005; 95% CJ 0.113-0.683, OR: 0.277) and punishment (p-value 0.003; 95% CI 1.6!7-9.770, OR: 3.974). This means that respondents with tighter/stricter punisment in the internal medicine in-patient unit RSCM have 4 times more chances of providing information on methods of drug administration to patients compared to those with more lenient punishment
The conclusion as such is: there are 32.8% nurses who provide information on methods of drug administration; there is no association between knowledge and nurses' behavior in providing information on methods of drug administration; there is no association between attitude and nurses? behavior in providing information on methods of drug administration; there is no association between knowledge and attitude.
Advice: It's better to enhance the nurses· knowledge about causes~threatening signs that can be induced and methods of prevention of drug toxicity or allergy, so that drug toxicity and allergy occurrences in the internal medicine inpatient unit can be avoided or minimized. This knowledge enhancement can be conveyed during the change of shift hour, during rounds with doctors! weekly meetings with the head and manager of the unit ·or by holding a workshop, It's preferred that the nurses are given the chance to see or visit other hospitals which already have health promotion program especially about information on methods of drug administration, It's best that RSCM management put up banners or posters which are easily visible to the: patients and their families in the doctors examination rooms, pharmacies, patients' waiting rooms, registration booths, inpatient units and the hospital's surroundings. It'd be favorable if medical staff and nurses, are able to give out leaflets or flyers. It's even more desirable if RSCM management can allocate a special room whereby patients can obtain information on methods of drug administration and have a consultation regarding drugs in all."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T32504
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuni Sari Romadhona
"

Program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) merupakan suatu kebijakan Pemerintah denga tujuan memenuhi jumlah dokter spesialis yang jumlahnya kurang dan distribusinya tidak merata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi persepsi peserta program WKDS angkatan VI-XII di Provinsi Jawa Barat tentang  WKDS Tahun 2019. Desain pada penelitian ini adalah crosssectional dengan jenis data kuantitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa variabel pengetahuan (p value 0,038), harapan (p value 0,0001), jenis rumah sakit (p value 0,003) dan lingkungan kerja (p value 0,0001) perserta program WKDS angkatan VI-XII di Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi tentang program WKDS, sedangkan faktor dominan yang mempengaruhi persepsi tentang program WKDS dengan OR 29,4 adalah lingkungan kerja. 


The Specialist compulsory Work Program (WKDS) is a Government policy with the aim of meeting the number of specialist doctors whose numbers are lacking and the distribution is not evenly distributed. The purpose of this study was to analyze the factors that influence the perceptions of participants in the VI-XII WKDS program in West Java Province on WKDS in 2019. The design in this study was cross sectional with quantitative data types. The results of the study illustrate that knowledge variables (p value 0.038), expectations (p value 0.0001), types of hospitals (p value 0.003) and work environment (p value 0.0001) participants in the VI-XII WKDS program in West Java Province The year 2019 has a significant relationship to the perception of the WKDS program, while the dominant factor that influences the perception of the WKDS program OR 29.4 is the work environment. 

"
2019
T53622
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>