Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10671 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gerlach, Vernon S.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1971
371.102 2 GER t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Washington: Association for Higher Education, 1963
371.33 NEW
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Rizky Nur Iman
"Walaupung fungsinya sangat penting, banyak praktisi dalam dunia procurement dan purchasing di berbagai belahan dunia masih memiliki kendala dalam mengembangkan sebuah strategi yang baik terhadap sourcing. Banyak masih menganggap bahwa pendekatan sourcing adalah untuk mendapatkan harga terendah dan melupakan potensi sesungguhnya dalam sourcing. Sourcing sudah tidak lagi sebatas fungsi transaksional, tetapi sudah menjadi fungsi yang strategis yang terintegrasi dengan strategi perusahaan. Ini merupakan sebuah masalah dan lebih lagi mengingat bahwa tantangan dalam sourcing akan terus meningkat seiringan dengan meningkatnya tren global sourcing.
Untuk membantu para sumber daya yang bergerak di bidang sourcing dalam memahami proses pengembangan strategi sourcing, sebuah serious simulation game diaujukan sebagai alternatif solusi. Serious simulation game telah digunakan untuk tujuan pedagogi dalam berbagai bidang seperti rantai pasokan, simulasi bisnis, kesehatan, dan militer. Lingkungan permainan yang ditawarkan memberikan media pembelajaran yang immersive dan dapat meningkatkan proses pembelajaran pesertanya. Permainan yang telah dirancang dalam penelitian kali ini membuktikan sebuah indikasi bahwa serious simulation game dapat digunakan untuk tujuan pedagogi. Selain itu, serious simulation game juga dilihat sebagai media pembelajaran yang cocok untuk generasi millennial.

Despite the importance of its functionality, research shows that many of the world procurement and purchasing specialist around the world are still having trouble in developing and implementing an effective strategy towards sourcing Some still perceive the approach in sourcing is to find the lowest cost and ignores the true potential of sourcing. Sourcing is no longer a transactional function, but is a strategic one which is integrated with the firm strategy. This is a problem as the challenge in sourcing will rise especially with the rising trend of global sourcing.
In order to help the professionals to gain a better understanding of sourcing strategy development process, a serious simulation game is presented as a solution. Serious simulation game has been used in many pedagogical purposes throughout different fields such as supply chain management, business simulation, medical and military. The gaming environment creates an immersive learning medium and therefore is able to improve the learning process of its participants. The game presented in this research proves another indication of a possible pedagogical use of a serious simulation game. Serious simulation game is seen as a suitable learning medium especially for the millennials
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64008
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Firdaus
"Tingginya angka perokok aktif di Indonesia diikuti dengan tingginya anak dibawah umur mencoba merokok untuk pertama kalinya pada umur ≤ 13 tahun merupakan suatu ironi yang terjadi di Indonesia. Siswa Sekolah Dasar umumnya menghabiskan hampir 50% waktunya di sekolah sehingga hal tersebut merupakan potensi untuk adanya intervensi pendidikan kesehatan terutama untuk mencegah anak untuk mencoba rokok. Dengan pendekatan Design Thinking, penelitian ini mencoba untuk merancang suatu alat bantu ajar sebagai media pendidikan kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Dimulai dari fase empathy hingga define terhadap pengguna sehingga dapat didefinisikan elemen-elemen apa saja yang perlu dimiliki alat bantu ajar ini. Dilanjutkan dengan fase ideate sampai prototype yaitu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pengguna. Diakhiri dengan fase test yang menunjukkan bahwa intervensi alat bantu ajar dengan Asymp.Sig. < 0.05 yang berarti memberikan perubahan terhadap pengetahuan siswa, yang mana perubahan tersebut adalah peningkatan pengetahuan dan kewaspadaan siswa terhadap bahaya rokok. Alat bantu ajar yang dirancang terbukti memberikan pengaruh positif kan kepuasan terhadap penggunanya.

The high number of active smokers in Indonesia followed by the escalation of young smoker who tried smoking for the first time at the age of ≤ 13 years old is an irony that occurs in Indonesia. Primary school students spend a large part of 50% received at school so this is a potential for the intervention of health education for children particularly for protecting them to try to smoke. By Design Thinking approach, this study discusses a teaching aid as a health education media tailored to the needs and wants of users. Starting from the empathy phase and define, elements that user needs and wants can be defined in this teaching aid Followed by the ideate phase until the prototype is to provide a solution to the problems faced by users. Ends with the test phase which shows that the teaching aid intervention with Asymp. Sig. <0.05 which means giving a change to students 'knowledge, which changes are an increase in students' knowledge and awareness of the dangers of smoking. Teaching aids designed to provide a positive influence on satisfaction with users."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arkav Juliandri
"Saat ini baik di tatanan lokal maupun global, kendaraan listrik telah hadir sebagai salah satu solusi transportasi ramah lingkungan. Namun ekosistem kendaraan listrik khususnya mobil listrik ini masih jauh dari sempurna. Hal ini dapat dibuktikan antara lain di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dimana tingkat pemahaman akan mobil listrik yang masih sangat rendah serta minimnya modul pembelajaran tentang mobil listrik ini di seluruh jenjang pendidikan. Salah satu solusi mengatasi masalah pengembangan SDM ini adalah lewat inovasi Mobil Belah yang berfungsi sebagai alat peraga pendidikan dan pengetahuan keilmuan mobil listrik. Inovasi alat peraga Mobil Belah terdiri dari perangkat keras (hardware) berupa dua buah mobil modifikasi yang dapat dikembangkan menjadi bahan ajar dengan mengintegrasikan platform pendidikan Odoo. Inovasi Mobil Belah ini didesain, dibangun, dan dikomersialkan menggunakan disiplin ilmu teknik, ilmu teknologi pendidikan, dan ilmu lingkungan. Dalam laporan ini, aktivitas-aktivatas penting khususnya terkait interdisiplin keteknikan dijabarkan termasuk aspek komersialisasi dalam hubungannya dengan kode etik insinyur, profesionalisme dan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan (K3L). Dari hasil uji awal yang dilakukan, inovasi alat peraga Mobil Belah ini secara kuantitatif terbukti mampu menjadi alat peraga yang efektif serta dapat menjadi awal dari bahan ajar yang komprehensif guna meningkatkan pendidikan dan pengetahuan di bidang mobil listrik.

Electric vehicles (EVs) have become a pivotal solution for environmentally friendly transportation, yet their ecosystem remains in its infancy compared to Internal Combustion Engine (ICE) vehicles. A significant gap exists in human resource development, particularly in the availability of educational modules on EV technology. Addressing this need, the innovative teaching aid namely ‘Mobil Belah’ has been developed. This aid comprises two modified vehicles with exposed engine blocks for side-by-side comparison—one representing an ICE vehicle and the other an EV conversion. By allowing learners to visually examine and compare the components, Mobil Belah enhances understanding and supports hands-on education in automotive technology. This report describes how Mobil Belah is designed and developed by integrating inter-discipline engineering, educational technology, and environmental science principles, in particular how the innovation adheres to professionalism, the code of ethics, and Occupational Health, Safety, and Environment (OHSE) standards. Initial testing conducted at the Astanita Sukses Apindo Teaching Factory (ASA TEFA) demonstrated the innovation's effectiveness in delivering practical, impactful learning experiences. Beyond being a teaching aid, Mobil Belah holds promise as a cornerstone for developing more comprehensive educational resources and fostering competency in EV technology. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew J. Milson
"This book brings together authors from 34 countries who profile the current status of GIS in secondary school teaching and learning in their country. Each chapter includes a summary of the country?s educational context, a case study illustrating how GIS is used in secondary schooling, and an assessment of the opportunities and challenges in teaching and learning with GIS now and in the future. The book demonstrates that GIS is not only a technological tool to be used in the classroom, but also a catalyst for motivation, encouragement, and cooperation in understanding and solving global problems. The most up to date and extensive survey of GIS in the secondary education landscape, covering both principles and practice."
Dordrecht, Netherlands: Springer, 2012
e20400317
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, James Ward, 1934-
New York: McGraw-Hill, 1977
371.33 BRO a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, B. Biskes
"Dalam pendidikan modern, pemanfaatan program media televisi pendidikan merupakan bagian dari penerapan konsep teknologi instruksional yang disebut konsepsi pengajaran visual, yang perlu disebarluaskan karena memiliki keuntungan relatif, manfaat, kesamaan dan kemudahan untuk proses belajar mengajar.
Selain daripada itu penggunaan alat bantu visual dalam program pengajaran dimaksudkan untuk memperkenalkan, membentuk dan memperkaya serta memperjelas pengertian yang abstrak kepada anak didik serta mengembangkan sikap yang diinginkan dan mendorong kegiatan anak didik lebih lanjut. Istilah konsepsi pengajaran visual inilah yang disebut audio visual instruction.
Pemanfaatan audio visual seperti media televisi pendidikan sangat dimungkinkan apabila mampu menyajikan pesan dengan jelas kepada anak didik tentang hal-hal yang berguna dan pantas ditiru.
Tesis ini membahas pemanfaatan program kaset media televisi pendidikan produksi Pustekkom di Kotamadya Bandung, karena selama ini frekuensi pemanfaatannya disekolah Lanjutan Tingkat Pertama sangat rendah, padahal telah diproduksi 547 (lima ratus empat puluh tujuh) buah judul program media televisi pendidikan untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Terdapat dua masalah yang diidentifikasikan dalam penelitian ini, pertama kurangnya pemahaman guru-guru tentang inovasi pendidikan, kedua rendahnya kualitas program kaset media televisi pendidikan Pustekkom Sehingga kedua hal ini di duga mempengaruhi tingkat pemanfaatannya di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Untuk membuktikan dugaan permasalahan tersebut diatas, maka dibutuhkan sebuah penelitian. Karena dalam penelitian ini ingin melihat hubungan antara pemahaman inovasi pendidikan dan kualitas program dengan pemanfaatan program di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, baik itu secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama, maka untuk membuktikan hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda, dengan syarat terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji linieritas data. Hasil pengujian membuktikan bahwa ketiga hasil uji data tersebut memenuhi syarat. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis, ternyata hipotesis pertama, kedua dan ketiga terbukti yaitu :
1. terdapat hubungan yang positip antara pemahaman inovasi pendidikan dengan pemanfaatan program kaset media televisi pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
2. Terdapat hubungan yang positip antara persepsi mengenai kualitas program kaset media televisi pendidikan dengan pemanfaatannya di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
3. Terdapat hubungan yang positip antara pemahaman inovasi pendidikan dan persepsi mengenai kualitas program media pendidikan produksi Pustekkom secara bersama-sama dengan pemanfaatannya di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Untuk hal tersebut di atas, maka perlu diterapkan teori difusi inovasi, dan peranan Sanggar Tekkom sebagai agen pembaharuan di daerah memegang peranan penting untuk penyebarluasan pemahaman inovasi.
Pustekkom sebagai lembaga pembaharuan dan yang sekaligus bertindak sebagai unit produksi harus dapat menyediakan program-program yang berkualitas, yang sesuai dengan kebutuhan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, dan yang tidak kalah pentingnya ialah bahwa sebelum program kaset media televisi pendidikan ini diproduksi terlebih dahulu dilakukan penelitian. "
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2000
T5680
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erickson, Carlton W.H.
New York: McMillan , 1959
371.33 ERI a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Haas, Kenneth B.
Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1960
371.33 HAA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>