Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61618 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kotter, John P., 1947-
Jakarta: Prenhalindo, 1997
658 KOT ct
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wattimena, D.M.
Djakarta: Soeroengan, 1961
658 WAT f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tyta Hanistia Rizkimada
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pada Biro Manajemen BMN dan Pengadaan Kementerian Keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 133 pegawai Biro Manajemen BMN dan Pengadaan dengan  menggunakan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, dan budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Budaya organisasi secara bersama sama dengan kepuasan kerja memiliki pengaruh sebesar 70,5% terhadap kinerja dan budaya organisasi memiliki pengaruh sebesar 34,1% terhadap kepuasan kerja.

 


This study aims to analyze the influence of organizational culture and job satisfaction on performance in the Asset Management and Procurement Bureau of the Ministry of Finance. This study uses a quantitative approach. The sample in this study were 133 employees of the Asset Management and Procurement Bureau using the simple random sampling method. This study uses an instrument in the form of a questionnaire and is analyzed using simple linear regression and multiple linear regression. The results of this study indicate that organizational culture has a positive and significant effect on performance, job satisfaction has a positive and significant effect on performance, and organizational culture has a positive and significant effect on job satisfaction. Organizational culture together with job satisfaction has an effect of 70.5% on performance and organizational culture has an influence of 34.1% on job satisfaction.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Doni Saputra
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (sistem informasi, keselarasan, motivasi kerja, pemberdayaan karyawan tingkat pelatihan ulang karyawan, kepuasan karyawan, retensi karyawan dan produktivitas karyawan) terhadap kinerja RSUD Sawahlunto tahun 2008. Secara teoritis penelitian ini diambil dari konsep yang dikemukan oleh Kaplan dan Norton tahun 2000 tentang Balanced Score Card. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, dimana data yang digunukan adalah data primer dengan memakai alat bantu kuesioner. Metode penelitian menggunakan metode analisis jalur atau disebut juga dengan Path Analysis (PA) dengan menggunukan program LISREL. Sampel penelitian diambil dari karyawan RSUD Sawahlunto tahun 2008 dengan menggunakan stratified random sampling berdasarkan kelompok strata pendidikannya.
Hasil penelitian ditemukan bahwa system informasi, keselarasan, pemberdayaan karyawan, kepuasan karyawan, retensikaryawan dan produktivitas karyawan mempengaruhi kinerja RSUD Sawahlunto tahun 2008 sebesar 73,79% dan 26,21% dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel yang paling besar mempengaruhi kinerja RSUD Sawahlunto adalah kepuasan karyawan karena variabel ini berpengaruh secra langsung dan secara tidak langsung terhadap kinerja RSUD Sawahlunto yaitu sebesar 27,04% sedangkan pemberdayaan karyawan sangat berpengaruh terhadap kepuasan karyawan sebesar 17.64% Motivasi kerja dan tingkat pelatihan ulang karyawan tidak menunjukkan adanya pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap tinggi rendahnya kinetja RSUD Sawahlunto. Ketidak sesuaian antara teori dan hasil penelitian ini mungkin disebabkan oleh keterbatasan dalam penelitian.
Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk lebih memperhatikan tingkat kepuasan karyawan hal ini dapat dilakukan dengan cara : (1) memberikan pujian atas prestasi kerja yang dicapai karyawan; (2) memberikan balas jasa sesuai dengan basil ketja: (3) Memberikan balas jasa sesuai dengan hasil kerja; (4) menempatkan karyawan sesuai dengan pendidikan, keahlian dan keterampilannya; (5) memberikan perlakuan yang adil dan layak kepada karyawan; (6) memberikan kesempatan promosi jabatan yang adil dan terbuka; (7) memberikan kesempatan yang sama bagi tiap karyawan untuk mendapatkan pelatihan; (8) menyediakan sarana dan prasarana kerja yang memadai dan (9) menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang baik, antara lain hubungan yang harmonis antara pimpinan dengan bawahan dan antar rekan kerja.

This study has an objective to know the influence of growth-and-learning­ perspective (i.e information system, harmony, working motivation,. empowerment of the employee, refreshment training for the employee, employee's satisfaction, employee's retention and employee's productivity) to RSUD Sawahlunto's performance in 2008. Theoretically, this concept is taken from Kaplan-and-Norton's concept in 2000 about Balanced Score Card. The design in this study is a survey design with quantitative approaches. The method being used in this study is a path-analysis-method with LISREL program. The data are primer taken by the questionnaires. Samples are taken among employees at RSUD Sawahlunto in 2008 by stratified-random-sampling-method based on educational background level.
The result shows that infonnation system, harmony, empowerment of the Employee, employe?s satisfaction, employeeretention and employee?s productivity has influenced RSUD Sawahlunto?s performance in 2008 as much as 73,79%, and the rest is influenced by other factor which is not included in this study. The biggest influence to RSUD Sawahlunto?s performance was caused by employee?s satisfaction variable, directly and indirectly, as much as 27,04%. Meanwhile, the employee?s satisfaction was influenced mostly by the empowerment of the employee variable. Working motivation and refreshment training for the employee do not show any influence directly, -neither directly- to the RSUD Sawahlunto's performance. This result do not appropriate with the theory, which is may caused by the limitation of this study.
According to the result of this study, it is recommended to give more attention to employee's satisfaction variable. The director of RSUD Sawahlunto can do these actions : (I) to give appraisal to good performance produced by the employee, (2) to give reward to the employee as much value as the result of the job, (3) to place the employee based on his educational background, skill and competence, (4) to give equal and deserved treatment to employees, (5) to give promotion to the employee with an equal and opened chance, (6) to give equal chance to employees to follow a training, (7) to give good facility to work and (8) to create a good working- atmosphere, including good relationship between supervisor and subordinate, and among co-workers."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T20883
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eli Fitriati
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26574
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Priska Puspita Iriadini
"

Penelitian ini tentang pengaruh motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai Badan Informasi Geospasial. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai; (2) untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai, (3) untuk menganalisis motivasi kerja dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai. Penelitan ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan metode survei dalam pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 85 orang pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analissi menggunakan regresi linier. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Budaya Organisasi secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja pegawai di Badan Informasi Geospasial. Indikator  dari variabel budaya yang berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Badan Informasi Geospasial adalah  koordinasi yang dilakukan antar unit, kebebasan mengemukakan pendapat, komunikasi dengan atasan, dukungan pimpinan dalam menyelesaian masalah dan promosi atas prestasi kerja. Sehingga, dari Indikator yanh berpengaruh tersebut, dapat dilakukan langkah-langkah strategis peningkatan kinerja pegawai yang tepat sasaran. Motivasi kerja secara signifikan memiliki pengaruh positif  faktor pengarunya lebih kecil dibandingkan faktor budaya organisasi. Setelah dikatagorikan pada interval rendah, sedang dan tinggi, Dimensi Satisfiers dengan indikator pengembangan potensi menjadi indikator yang paling berpengaruh terhadap kinerja. Sehingga, Badan Informasi Geospasial dalam meningkatkan motivasi pegawainya, perlu melakukan pengembangan potensi yang dianggap menunjang Kinerja pegawai di dalamnya. Faktor budaya organisasi dan motivasi kerja secara bersama-sama telah memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Informasi Geospasial.

 


This study is about  The Inlfluence Of Motivation and Organzational Culture on Employee Performance at Geospatial Information Agency. The objectives of the study were (1) to analysis the effect of motivation in employee performance : (2) to examine the effect of organization culture on employee performance, (3) to test the effect of motivation and organization culture on employee performance. This research uses quantitative approach with survey method in collecting data. Sampling technique using proportional random sampling as many as 85 employes, Data collection techniques were conduct using quesionnaires. The method of analysis using regression analysis. The result of rhe research  it was found that Organizational Culture has a significant positive effect on improving employee performance in the Geospatial Information Agency. Indicators that influence the performance of employees at the Geospatial Information Agency are coordination between units, freedom of expression, communication with superior, support from leaders, problems and promotion of work performance. The influential Indicator, strategic steps can be taken to improve employee performance on target. Work motivation significantly has a positive effect on the influence factor is smaller than organizational culture factors. After being categorized at low, medium and high intervals, the Satisfiers Dimension with potential development indicators is the most influential indicator on performance. Geospatial Information Agency in increasing the motivation of its employees, needs to develop the potential that is considered to support the performance of its employees. Organizational culture and work motivation together have a positive and significant influence on the performance of Geospatial Information Agency employees.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suhaeniti
"Dengan mengaplikasikan konsep Moore (1995) mengenai fungsi manajerial yang berbeda - managing upward, downward, dan outward, studi ini berupaya untuk memahami dampak fungsi manajemen tingkat menengah terhadap kinerja organisasi; dan menyelidiki dampak gender pada hubungan antara manajemen tingkat menengah dan kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan data cross section dari Indonesian Family Life Survey 4 (IFLS4) dan menerapkan metode Weighted Least Squares (WLS) untuk menganalisis hipotesa yang tersusun.
Hasil penelitian mengindikasikan dampak signifikan dari managing downward secara negatif dan managing outward secara positif terhadap kinerja organisasi. Sedangkan, managing upward tidak memberikan dampak signifikan terhadap kinerja organisasi. Di sisi lain, dampak managing outward berdasarkan gender sangat signifikan berpengaruh positif pada manajer perempuan dan sangat signifikan berpengaruh negatif pada manajer laki-laki. Managing downward, baik pada manajer perempuan dan laki-laki, memberi dampak positif yang signifikan terhadap kinerja organisasi, tetapi dampaknya pada manajer pria lebih besar dibandingkan manajer wanita. Managing upward berdasarkan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa manajer publik perlu memberikan upaya lebih terhadap managing outward dengan menciptakan lebih banyak jejaring demi meningkatkan performa kinerja organisasi yang mereka pimpin. Sebaliknya, manajer publik perlu memodifikasi strategi mereka dalam mengatur bawahannya karena strategi managing downward yang sudah diterapkan memberi pengaruh negatif terhadap performa kinerja organisasi.

By applying Moore (1995) concept of distinctive managerial functions - managing upward, downward, and outward –, this study attempts to understand the impacts of middle-level management functions on organizational performance; and tries to investigate gender impacts on the middle-level management and performance linkages. This study employs Indonesian Family Life Survey 4 (IFLS4) cross-sectional data and applies Weighted Least Squares (WLS) method to analyze some hypotheses constructed.
The results indicate the significant impacts of managing downward negatively and managing outward positively on organization performance. Meanwhile, managing upward does not give the significant impact on organization performance. On the other hand, gendered managing outward effects on organization performance are strongly positive significant for female managers and strongly negative significant for males. For both male and female managers, managing downward gives significant positive impacts on organization performance, but males’ effect is much greater than females. Lastly, the gendered managing upward effect is not significant related with organization performance.
Therefore, it can be concluded that public managers need to give more efforts on managing outward by creating more networking to increase the organization performance. In contrast, the principals may need to modify their strategy to manage their subordinates because current managing downward strategy gives negative impacts on the organization performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fadil
"Penelitian ini menganalisa implementasi manajemen kinerja di PT. BNI (Persero) Tbk. Divisi Bisnis Kartu. Metoda yang digunakan adalah Balanced Scorecard (BSC) dan European Foundation For Quality Management (EFQM). Dengan kombinasi kedua metoda tersebut, memberikan turunan baru yang mengarah kepada pemahaman yang baik mengenai kinerja organisasi. Dengan demikian nantinya akan didapatkan hasil penilaian implementasi manajemen kinerja di PT. BNI (Persero) Tbk, guna mengurangi kendala dalam stabilitas operasional serta mengantisipasi potensi kendala yang mungkin timbul di masa yang akan.

This study analyzes the implementation of performance management at PT. BNI (Persero) Tbk. Credit Business Division. The method used is the Balanced Scorecard (BSC) and the European Foundation For Quality Management (EFQM). With the combination of the two methods, provide new derivative that leads to a good understanding of the performance of the organization. Thus the results of the assessment will be obtained performance management implementation at PT. BNI (Persero) Tbk, to reduce obstacles in the operational stability and to anticipate potential problems that may arise in the future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soebowo Musa, 1962-
"Penelitian ini mengeksplorasi authentic leadership pada tingkat strategis sebuah organisasi dengan memeriksa hubungannya dengan pelaksanaan strategi, mempertimbangkan orientasi strategi perusahaan, dan hubungannya dengan kinerja organisasi. Studi ini juga mengeksplorasi peran moderasi dari practical intelligence pada hubungan antara authentic leadership dengan pelaksanaan strategi. Hasil yang dikumpulkan dari 193 cabang bank menunjukan bahwa authentic leadership berhubungan secara positif terhadap pelaksanaan strategi yang efektif. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkapkan bahwa dimensi kewirausahaan dari kerangka Miles and Snow's adaptive cycle mempunyai hubungan positif dengan pelaksanaan strategi yang efektif; dimensi teknik dan administrasi tidak mempunyai hubungan secara signifikan terhadap pelaksanaan strategi. Orientasi strategi berbasis kewirausahaan menunjukkan hubungan yang positif dengan pelaksanaan strategi dimana hal tersebut memberikan dampak positif pada kinerja organisasi. Teori dan implikasi praktis dari temuan-temuan ini juga dibahas dalam penelitian.

This study explores authentic leadership at the strategic level of the organization by examining its relationship with strategy execution, given the orientation of the firm rsquo s strategy, and its relationship to organizational performance. It also explores the potential moderating role of practical intelligence with regard to the relationship between authentic leadership and strategy execution. The results of data collected from 193 bank branches indicate that authentic leadership is positively related to effective strategy execution. Additionally, the study reveals that the entrepreneurial dimension of the Miles and Snow rsquo s adaptive cycle framework is positively related to strategy execution the engineering and administrative dimensions are not significantly related to strategy execution. Entrepreneurial based strategic orientation is shown to have a positive relationship with strategy execution which, in turn, is positively related to organizational performance. Theoretical and practical implications of these findings are discussed
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
D2310
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>