Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29834 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Biro Pusat Statistik, 1986
657.48 LAP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rudianto
Jakarta: Erlangga, 2012
657 RUD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rudianto
Jakarta: Erlangga, 2009
657 RUD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Noviyanti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap
Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) pada Kementerian/Lembaga di
tahun pertama penggunaanya pada pembuatan laporan keuangan pemerintah basis
akrual. Model Kesuksesan Sistem Informasi yang diperbaharui (Updated D&M IS
Success Model) digunakan untuk menilai kesuksesan SAIBA yang
penggunaannya bersifat wajib pada Akuntansi Pemerintahan Indonesia yang
berbasis Akrual. Responden adalah Operator Sistem Akuntansi Instansi (SAI) di
setiap Kementerian/Lembaga dengan pemilihan sampel penelitian menggunakan
metode purposive sampling. Data primer yang diperoleh melalui kuesioner
terkumpul sebanyak 204 responden, yang selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa SAIBA dapat dikategorikan sebagai sistem informasi yang sukses untuk
tiap-tiap dimensi kesuksesan dalam Updated D&M IS Success Model. Responden
menilai kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan SAIBA cenderung
baik. Namun demikian, penggunaan SAIBA tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna, berbeda dengan pengaruh kualitas sistem, kualitas
infomasi dan kualitas layanan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna serta
pengaruh kepuasan pengguna dan penggunaan sistem terhadap manfaat bersih dan
pengaruh timbal baliknya terbukti menunjukkan pengaruh yang signifikan.

ABSTRACT
The aim of this study is to determine the user's perception of Sistem
Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) in the Ministry/Agency in the first year
of implementation of accrual-based government's financial statements . Updated
D & M IS Success Model is used to assess the success of SAIBA as a mandatory
system in Indonesian Government Accounting. Respondents are operator of
Institution Accounting System (Sistem Akuntansi Instansi/SAI) in
Ministry/Agency, which are selected using purposive sampling method. The
Primary data were obtained through questionnaires that were collected from 204
respondents, which were then analyzed using structural equation modeling. This
study found that SAIBA can be categorized as a successful information for each
dimension of success in the Updated D&M IS Success Model. Respondents
assessed the system quality, the information quality and service quality of SAIBA
tend to be good. However, respondents indicated the use of SAIBA has no
significant effect on user satisfaction, in contrast to the others constructs
relationships, the system quality, the information quality and service quality of
SAIBA with Net Benefit and Its reciprocal proved to be significant impact."
2016
T45340
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
S. Munawir
Yogyakarta: Liberty, 1993
657.3 MUN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
S. Munawir
Yogyakarta: Liberty, 1991
657.3 MUN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sumarsana
"Proses penyusunan standar merupakan proses politik yang di dalamnya terdapat berbagai pengaruh terhadap penyusun standar (Hodges & Mellett, 2002). Proses tersebut tercermin dari berbagai lobi yang dilakukan oleh konstituen. Tindakan yang paling dapat diobservasi untuk mengukur pengaruh lobi yaitu melalui jumlah tanggapan tertulis atas suatu eksposure draft standar akuntansi.
Berbagai penelitian menunjukkan upaya lobi dapat membuahkan berbagai macam basil misalnya penarikan suatu standar, perubahan standar ataupun tidak membuahkan hasil. Hal tersebut sejalan dengan the Interest Group Theory yang menyatakan keberadaan penyusun standar tidak terlepas Bari pengaruh konstituen yang memperj uangkan kepentingannya melalui penerbitan standar (Scott, 2000).
Di Indonesia standar akuntansi dikenal dengan nama Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang disusun oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) melalui due process procedure yang memungkinkan keterlibatan konstituen.
Dari proses keterlibatan konstituen tersebut muncul permasalahan yang menarik untuk diteliti yaitu seberapa besar pengaruh lobi konstituen, apakah terdapat perbedaan pengaruh di antara konstituen dalam penyusunan PSAK, antara tanggapan yang bersifat substantif dan bersifat bahasa dan antar standar itu sendiri.
Berdasarkan survey ke Ikatan Akuntan Indonesia (TAI) maka data yang tersedia di IAI hanya tanggapan tertulis atas 4 PSAK yaitu PSAK 8, PSAK 38, PSAK 51 dan PSAK 57. Kemudian dengan membandingkan antara eksposure draft dan standar yang diterbitkan serta tanggapan tertulis tersebut dapat dilihat tanggapan yang diakomodasi oleh PSAK.
Penelitian ini menemukan pengaruh lobi konstituen terhadap penyusunan PSAK adalah rendah (hanya 12,88 % tanggapan yang diakomodasi), namun jika dilihat dari masing-masing PSAK hasilnya bervariasi yaitu tidak berpengaruh pada PSAK 08 dan PSAK 38, berpengaruh rendah pada PSAK 51 dan berpengaruh sedang pads PSAK 57. Pengakomodasian tanggapan tersebut berdampak positif karena dapat memperjelas substansi dan kalimat dalam PSAK.
Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan kelompok yang paling banyak memberikan tanggapan adalah KAP bukan pembuat laporan keuangan, hal tersebut diduga karena adanya pandangan pelaku bisnis bahwa standar merupakan tanggung jawab IAI.
Kemudian melalui uji beda proporsi ditemukan tidak terdapat perbedaan pengaruh antar konstituen, hat ini tidak konsisten dengan the Interest Group Theory. Selanjutnya tidak ditemukan juga perbedaan pengaruh antara tanggapan yang bersifat substantif dan yang bersifat bahasa. Namun perbedaan pengaruh ditemukan antar standar yang berarti pengaruh lobi konstituen tergantung dari standarnya.
Beberapa keterbatasan penelitian diantaranya :
a. Penggunaan tanggapan tertulis sebagai ukuran lobi padahal lobi yang sebenarnya lebih sexing, dilakukan lewat jalur non formal.
b. Tanggapan dipandang sebagai suara (vote) yang berarti cenderung tidak memperhatikan substansi tanggapan.
c. Kekurangan data mengenai tanggapan konstituen atas eksposure draft.
d. Masih sedikitnya referensi penelitian mengenai lobi konstituen di Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T17408
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>