Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56055 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Panggabean, Bachtiar
"N. Riantiarno adalah seorang penulis lakon yang cukup produktif. Karya-karyanya yang dipentaskan di Taman Ismail Marzuki dapat memecahkan rekor dalam menyerap penonton. Pembicaraan mengenai trilogi drama Bom Waktu, Opera Kecoa, Opera Juliniini berusaha menyingkap keberhasilan dalam pementasan lakon tersebut apakah ditunjang dengan _keberhasilan_ keberadaan naskah lakon itu sendiri. Penulis menganalisis naskah lakon trilogi drama Bom Waktu, Opera Kecoa, Opera Julini berdasarkan pendekatan intrinsik, yaitu melihat jalinan unsur-unsur utama di dalamnya. Hal yang menarik dalam menganalisis, unsur-unsur dalam lakon naskah ini adalah tokoh dan penokohannya. Karena unsur ini pada hakikatnya berhubungan erat dengan watak manusia. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam lakon ini adalah cermin tokoh-tokoh miskin dengan berbagai watak dan masalahnya, juga proses perubahan watak tokoh akibat miskin."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dent, Edward J.
Harmondsworth: Penguin Books, 1949
782.07 DEN o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ismail Fahmi
"Skripsi ini mengungkap representasi negara dalam Trilogi Bom Waktu Karya Nano Riantiamo dan Myth yang bekerja didalamnya. Permasalahannya berangkat dari teater sebagai medium komunikasi yang efektif dalam masyarakat Indonesia memiliki cetak biru pertunjukan berupa naskah drama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotik, yang melihat teks sebagai sebuah bentukan struktur yang memiliki myth dan kontra myth. Naskah drama harus diperlakukan secara berbeda dengan cabang literatur lainnya. Oleh karena penelitian ini memperhatikan empat unsur dalam sebuah drama, yaitu bentuk, karakter, dialog dan petunjuk panggung. Penelitian ini sendiri memusatkan perhatian pada karakter dan dialog yang merupakan haupttext, teks yang utama dalam naskah drama. Teks tersebut tidak seluruhnya diperhatikan, melainkan yang berhubungan dengan representasi negara dalam Trilogi Bom Waktu saja. Dalam naskah drama Trilogi Bom Waktu, negara direpresentasikan dalam perwujudan aparat keamanan dan aparat birokratis. Negara dalam representasi tersebut diposisikan selalu berhadapan dengan rakyat. Negara direpresentasikan sebagai penindas yang korup dalam naskah Teater Koma tersebut. Representasi tersebut merupakan kontra myth dari yang biasa ditampilkan oleh pemerintah."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ismail Fahmi
"Skripsi ini mengungkap representasi negara dalam Trilogi Bom Waktu Karya Nano Riantiamo dan Myth yang bekerja didalamnya. Permasalahannya berangkat dari teater sebagai medium komunikasi yang efektif dalam masyarakat Indonesia memiliki cetak biru pertunjukan berupa naskah drama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotik, yang melihat teks sebagai sebuah bentukan struktur yang memiliki myth dan kontra myth. Naskah drama harus diperlakukan secara berbeda dengan cabang literatur lainnya. Oleh karena penelitian ini memperhatikan empat unsur dalam sebuah drama, yaitu bentuk, karakter, dialog dan petunjuk panggung. Penelitian ini sendiri memusatkan perhatian pada karakter dan dialog yang merupakan haupttext, teks yang utama dalam naskah drama. Teks tersebut tidak seluruhnya diperhatikan, melainkan yang berhubungan dengan representasi negara dalam Trilogi Bom Waktu saja. Dalam naskah drama Trilogi Bom Waktu, negara direpresentasikan dalam perwujudan aparat keamanan dan aparat birokratis. Negara dalam representasi tersebut diposisikan selalu berhadapan dengan rakyat. Negara direpresentasikan sebagai penindas yang korup dalam naskah Teater Koma tersebut. Representasi tersebut merupakan kontra myth dari yang biasa ditampilkan oleh pemerintah."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
S4223
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raeburn, Michael
London: Thames and Hudson, 1998
R 782.1 RAE c
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Raeburn, Michael
London: Thames and Hudson, 1998
R 782.1 RAE c
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Zakaria Arifin
Selangor: Dewan Bahasa dan Pustaka, 1989
782.1 ZAK p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Titi Nginung
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016
899.221 32 TIT o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gransville, Wilfred
New York: Philosophical Library, 1952
R 792.03 GRA t
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Nazly Purihati Sanie
"Kebudayaan bangsa Cina merupakan kebudayaan tertua yang telah ada sejak jaman sebelum masehi dan sampai sekarang masih dilestarikan serta digunakan oleh masyarakat luas. Di dalam kebudayaan Cina, ada satu hasil kesenian yang mencakup 2 aspek seni yaitu seni sastra dan seni tari. Hasil jenis kesenian ini yang disebut Jingxi atau opera Beijing. Seperti halnya perubahan jaman, opera Beijing atau Jingxi juga mengalami banyak kemajuan atau kemunduran sesuai dengan pola pemerintahan seorang kaisar di jaman dinasti tersebut. Dalam skripsi ini dibicarakan suatu peran yang terdapat dalam opera Beijing yaitu peran Jing yang mana peran ini tidak terdapat di dalam pertunjukan opera Barat. Pembahasan ini bertujuan untuk memperlihatkan keistimewaan peran Jing, bagaimana asal muasal terjadinya peran Jing dan perkembangan peran Jing tersebut. Berdasarkan analisis, secara garis besar dapat disimpulkan sebagai berikut : - Peran Jing lebih menitikberatkan pada kemampuan tehnik tubuh (gesture), kostum, vokal dan tata rias wajah. Karena hanya mengandalkan gesture atau gerak tubuh maka pemain peran Jing harus tinggi besar dan sempurna terutama kemampuan vokal yang tegas dan jernih serta jelas. - Peran Jing adalah adalah peran yang amat penting sehingga para pemain peran Jing tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun karena dapat merusak konsentrasi penonton. - Make up atau tata rias wajah peran Jing amat beragam sesuai dengan peran yang di bawakan. Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan sumbangan bagi pemahaman tentang opera Beijing"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>