Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 85795 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nila Ayunda
"ABSTRAK
Penelitian mengenai Tarekat Idrisiyah telah dilaksanakan di Pesantren Fathiyyah al Idrisiyah Pagendingan dan Majelis Taklim Al Idrisiyah jakarta pada bulan Juli 1989, Januari 1990 dan Mei 1990. Tujuannya adalah untuk mengetahui tentang ajaran tarekat Idrisiyah dan pelaksanannya serta tanggapan masyarakat terhadap ajaran-ajaran tersebut.
Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, disertai penelitian lapangan berupa observasi dan wawancara dengan tokoh-tokoh tareat Idrisiyah, yaitu diantaranya K.H. Muhammad Dahlan, K. Daud Burhanuddin, Hasbullah Bc.Hk., Ali Yusuf BA, Drs, Salim Bella Pili, Ibu Rohana serta wawancara kepada tokoh-tokoh masyarakat desa Jarihurip, Kecamatan Cisayong, Tasikmalaya.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tarekat Idrisiyah mempunyai ajaran-ajaran yang cukup berat untuk diamalkan, sehingga tarekat ini hanya mempunyai sedikit pengikut yang aktif. Yang sedikit dari yang aktif itu, sangat taat menjalankan ajaran tarekatnya. Tanggapan masyarakat sekitar umumnya jurang menyetujui ajaran tarekat Idrisiyah.

"
1990
S13325
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A. Malik
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta, 2008
297.77 Mal i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Pesantren as a social-religious-institution has played a significant role in the dynamic of Indonesia nation. The role of the pesantren is not only concerned with educational and social-religious aspects but also broader, namely social transformation. In developing pluralism awareness in multicultural era, the pesantren has the important role. At the pesantren, there are many values that can be applied to meet the challenge. The existence of the pesantren, nowadays, is closely related to social affairs. Thus, to optimize this role, it is necessary to make a serious, systematic and sustainable effort because not all of the pesantren has the urge to do it."
EDJPPAK
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Arfan Mu`ammar
Surabaya: Refka Media Pratama, 2016
297.07 MUH i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hasim A. Rachmat
"Skripsi ini memaparkan secara umum dinamika sistem pendidikan pesantren di Bekasi pada masa Orde Baru 1967-1998. Pemaparan dikhususkan kepada penjelasan mengapa sistem pendidikan pesantren tradisional bisa dapat bertahan dalam tekanan sistem pendidikan umum yang lebih modern yang lebih sejalan dengan format pembangunan yang digalakkan rezim Orde Baru selama kurun waktu tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar sistem pendidikan pesantren di Bekasi tetap mempertahankan sistem pendidikan pesantren tradisional, namun juga merespon sistem pendidikan umum dengan mengembangkannya sistem klassikal, silabus dan kurikulum yang lebih terarah, dan menambahkan ilmu-ilmu non-agama kedalam pesantren.
Hasilnya adalah sistem pendidikan pesantren tradisional yang berdampingan dengan sistem pendidikan umum atau disebut dengan sistem pendidikan pesantren semi-modern.
This thesis descrides aboutthe dynamics of pesantren education system in Bekasi on the New Order era, 1967-1998. This thesis focuses on the explanation why does the traditional pesantren education system still stand againts the pressure of modern education system fobbed by the New Order era.
This theses shows that the pesantren in Bekasi, beside their traditional education system, they also responded the modern education system by applying the classical system, syllabus, more directed curriculum, and add non-religion majors.
The result is a new system called semi-modern pesantren education system, a joint of pesantren and modern education system.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42836
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indonesia: Pusat Studi dan Pengembangan Pesantren (PSPP) in Collaboration With The Ministry of Religious Affairs ,
370 IJPS
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Iit Iriyana Mukhlisoh
"Skripsi ini membahas bagaimana perkembangan salah satu pondok pesantren tertua di Tambakberas, Jombang, Jawa Timur mampu bertahan keberadaanya di tengah semakin dikekangnya keberadaan pondok pesantren oleh pihak kolonial. Usaha untuk merevitalisasi pondok pesantren dilakukan oleh salah satu pimpinan pondok tersebut yaitu K.H. Wahab Hasbullah dengan mendirikan madrasah Mubdl Fan. Hal ini bertujuan agar keberadaan pondok pesantren ini tetap menjadi tempat menggali ilmu bagi masyarakat sekitarnya. Dari awal kepemimpinan K. H. Wahab Hasbullah, pondok pesantren ini mengalami perkembangan dan pembaruan baik dari segi fisik maupun non fisik.

The focus of this study about development one of the oldest boarding school in Tambakberas, Jombang, East Java. This boarding school able to maintance its existence in the middle of the limitation by the Dutch Colonial. Efforts to revitalize the boarding school conducted by one of the leaders, K.H. Wahab Hasbullah. He built madrasah Mubdl Fan intended that the existence of the boarding school remains a place to explore the science surrounding communities. From the beginning of leadership K.H. Wahab Hasbullah this boarding school is experienced growth and change in bot physical and non-physical."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A. Hanief Saha Ghafur
"ABSTRACT
This thesis essentially, wants to explain the integration process in pesantren and how the pesantren coordinates all of its elements and integrative powers in order to maintain its unity and sustainable of tradition. The frames of thinking in interpreting analyzing some elements and phenomena of pesantren living are system approach and functional analysis. In term of these integration viewed as an action of pesantren to consolidate and coordinate its elements, so that the harmony and synchronization can be reached with configuration of tradition. Thought differences and contrasts often appear this eventually can be handled by harmonisizing process, so that the unity and integration can go on and integration can be avoided.
Since it founded, pesantren has based its existence on a particular basic of tradition. Some experts of pesantren called it pesantren's tradition or pesantren subculture. It called as a subculture due to it has a specific and unique tradition, and in many ways differs from the others society's culture, particularly in tradition of religion, education and society. If pesantren founded without this basic of tradition, it would be difficult accepted by its supporting society, especially the traditional Moslem society which is not only-as its major supporter, but also as the basic of santri's recruitment.
Lirboyo's Pesantren, one of the pesantrens which have called it self as pesantren salafi (ancient/non modern pesantren) and using salafi as the guided line of pesantren (khittoh), has been the pesantren whose stronger orientation to its past tradition. Using tradition of salafi, Lirboyo's always attempts to maintain its sustainable and existence through an on going socialization process and social control. It wishes through these two mechanisms to integrate and maintain its tradition of pesantren, especially the tradition of religion. Even, in the tradition of religion, members of pesantren idealized religion and religiousness as something that cannot be changed. Therefore according to them, integrating the tradition of religion is the same as continuing the past tradition in the present, without need adaptation and changed. However if the tradition of religion used without reinterpretation and reactualization based on the here-now context or situation, it would be historical fossils of tradition.
After living in its own tradition some 40 years, Lirboyo's faces pressure, through aspirative suggestions of its supporting society and changing processes of its environment, to make its education of pesantren more adaptable and modern. By changing pressure, Lirboyo's has dilemmatic choices, survives with its salafi tradition, changes with abandoning its khittoh or combines the two choices. Its same that the Lirboyo's chooses the third way, survives its salafi tradition while changing, follows the modern trend of education. In the beginning, it succeeds in developing school's system, pesantren's organization, the administrative rules of pesantren, etc. However when it founded the modern madrasah and UIT (Universitas Islam Tribhakti) and tried to integrate them in one system of traditional education of pesantren, it failed.
Impact of an unsuccessful offer to combine two scientific traditions is the appearance of educational dual patterns, traditional education of Pesantren and MHM (Madrasah Hidayatul Mubtadiin), and a modern education institution TRIBHAKTI. Each of institutions different systems consolidates and integrates its tradition. The dual patterns make on one side pesantren and MHM become more resistant in accepting every changing pressure and reformation, and on the other side TRIBHAKTI's educational institution go away with its adaptive character.' Moreover every changing pressure will be absorbed and managed, but then the pesantren will make canalization to flow it to the appropriate way.
It is not exact to relate the foundation of pesantren to its surrounding society's supports, because it relates to the kyai"s success in consolidating the network of supporting society. In the case of Lirboyo's since it founded, it have never succeed to influence and consolidate its surrounding society. The society has tradition and orientation, which differ from pesantren. To overcome this problem, the kyai and pesantren through their network of supporting society, always consolidate and accumulate their influence continually. Moreover the basic influence of kyai appears and become a source of santri's recruitment.
The network of supporting society also becomes instrument to santri in society, specifically in the rural. If kyai and his kinship network well-known as the heart of santri"s tradition, pesantren is a place of its development and the supporting society, consisting of alumni, santri's parent and pesantren's sympathetic people and pesantren, is the outer circles that spreads the tradition of pesantren to the other part of society. This network consolidate continually, and contact and communication done through activities among others, pengajian, meeting, reunion, halal bi halal and so on. All of supporting societies make the kyai and pesantren as centre of orientation in their religious living and morality.
"
1993
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhyaksa Dault
"Penelitian ini ingin mengetengahkan suatu pola penyesuaian (adaptasi) sebuah Lembaga Pendidikan Tradisional Agama Islam yang disebut Pesantren yang selama ini terkenal dengan tradisi lamanya. Tradisi Lama yang dimaksud adalah keseluruhan tradisi pesantren yang sangat kuat diwarnai oleh doktrin keagamaan. Seluruh tradisi pesantren berpijak pada Kitab Kuning dan kitab-kitab klasik Islam. Kurikulum pesantten berpijak pada kitab-kitab klasik itu. Dalam system pendidikan dan pengajaran pesantren tidak ada system klas. Santri dianggap menyelesaikan pendidikan apabila mampu dan menguasai kitab kuning dan kitab-kitab klasik lainnya. Dengan kuatnya pijakan terhadap doktrin keagamaan, maka pesantren yang bcrwawasan konservatif ini tidak menerima unsur-unsur luar yang bersifat non agama. Sikap "tertutup" ini telah berlangsung berabad-abad lamanya dan merupakan kekhasan utama yang ada pada sistem tradisional ini.
Sejalan dengan kemajuan zaman dan perubahan masyarakat, sistem tradisional ini tidak begitu saja dipertahankan. Untuk dapat mengimbangi perkembangan dan dinamika perubahan masyarakat perlu ada penyesuaian (adaptasi). Adaptasi ini menyentuh berbagai bidang seperti pendidikan dan kurikulum, bidang sosial, ekonomi, dan politik. Proses penyesuaian diri sebuah pesantren terhadap dinamika dan perubahan masyarakat ditunjukan oleh pesantren Daaml 'Uluum di Kotamadya Bogor yang menjadi lokasi utama penelitian ini. Tulisan ini bersifat deskriptif analitik yang lebih mengandalkan wawancara dan pengamatan. Wawancara dilakukan terhadap berbagai komponen pesantren seperti Kyai (4 orang), Guru/Ustadz (4 orang), Samri (14 orang), orang tua santri ( I6 orang), tokoh masyarakat (5 orang). Mereka dianggap dapat mewakili unsur-unsur yang yang menjadi subyek penelitian.
Dari hasil wawancara dan pengamatan intensif terhadap proses adaptasi pesantren Daarul 'Uluum terhadap dinamika dan perubahan masyarakat, penelitian ini menemukan berbagai perubahan antara lain bahwa ciri khas pesantren tradisional dimana dominasi pendidikan dan pengajaran adalah penguasaan kitab-kitab klasik Islam perlahan-lahan ditinggalkan dengan teradopsinya kurikulurn Nasional yang mewajibkan semua lembaga pendidikan baik yang agama maupun yang umum menyelenggarakan sistem pendidikan Nasional. Penelitian ini menemukan bahwa pesantren Daarul 'Uluum tidak lagi bersifat tradisional eksklusif, namun sudah mengarah ke modern inklusif. Indikatornya adalah adanya adaptasi kurikulum, adaptasi sistem pendidikan dan pengajaran, adaptasi di bidang keuangan dan ekonomi, sosiai, budaya dan politik. Implikasinya di masa depan adalah bahwa pesantren ini akan bisa menghadapi berbagai perubahan dan dinamika Zaman karena sifatnya yang sudah terbuka (modern-inklusif). Penulis akhirnya berkesimpulan bahwa karena adanya kemajuan cara berpikir dan dinamika masyarakat maka sistem pesantren yang selama ini diramalkan sangat "eksklusif" dan tradisional perlahan-lahan ditinggalkan dan disesuaikan dengan perkembangan masyarakat yang ada."
Depok: Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosmaria Syafariah Widjayanti
"Kyai dan sistem pendidikan pesantren berpengaruh dalam menentukan pandangan hidup seorang santri. Pengaruh kyai yang dominan tergantung pada ajaran kyai, kewibawaan kyai, moralitas kyai, ilmu sang kyai, relasi kyai dengan masyarakat sekitar. Sedangkan sistem pendidikan merupakan variabel yang berpengaruh, jika sistem itu tepat digunakan. Dalam sistem pendidikan yang mempengaruhi pendangan hidup santri tergantung pada kurikulum yang diberikan, metode pengajaran, hubungan antara kyai dan santri, dukungan peralatan dalam proses belajar dan mengajar.
Dalam Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Surakarta, tidak ditemukan sosok kyai seperti yang dideskripsikan dalam pesantren pada umumnya. Namun sosok kyai dapat ditemukan dari fungsi ustad di pesantren ini. Ustad adalah guru yang mengajarkan ilmu di sekolah-sekolah formal dan non formal di pesantren ini. Tidak semua ustad membaur atau hidup bermukim dalam pesantren. Ustad senior hidup di rumah sendiri bersama kelurga yang jaraknya reatif jauh dari pesantren. Sementara Ustad junior hidup dan bermukim bersama para santri. Dalam kehidupan bersama ini terjadi transfer ilmu dan keyakinan dan pola periaku dari ustad junior kepada para santri.Dalam pesantren Ngruki ini tidak terdapat pola kepemimpian yang sentralistik Pengambilan keputusan dilakukan lewat musyawarah dalam suatu rapat yang dilaksanakan oleh Dewan Direktur. Hal ini wajar karena sistem kepemimpinan pesantren Ngruki tidak dikenal seorang kyai atau ustad senior, tetapi berada di tangan Dewan Direktur.
Pondok Pesantren Ngruki ini tergolong pesantren modern, yang tampak dari sistem pendidikan yang digunakan. Dalam sistem pendidikan ini mengunakan sistem klasikal, yang terdiri dari tingkatan atau jenjang pendidikan. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab. Di samping pendidikan formal yang berlangsung dalam kelas, juga terdapat pendidikan non formal seperti pramuka, pencinta alam, silat dan sebagainya.
Berkaitan dengan ketahanan dan keamanan nasional, pesantren ini dapat mendukung ketahanan nasional mengingat sumber daya yang dimiliki. Dengan jumlah santri yang mencapai 2000 orang, maka alumni setiap tahunnya menyebar di masyarakat. Sumber daya alumni yang berkualitas yang dimiliki pesantren sangat membantu dalam pembangunan. Namun hal ini juga tergatung pada persepsi yang dibangun para alumninya pada waktu menjadi santri di pondok tersebut. Persepsi yang negatif seperti tidak mau menghormati bendera, akan berpengaruh dalam ketahanan nasional.

Study on two variables such personality of Kyai and educational system of pesantren has an effect on determining a variable of perception of life for a santri. Meanwhile the dominant Kyai influence depends on his teaching, authority, morality, knowledge, and relationship with his society around. On the other hand, the education system represent a variable having an effect on, if the system is precisely proceed. In the system influencing perception of life of a santri depends on a given curriculum, instruction method, relation between santri and kyai, and tools for supporting the course of learning and teaching.
The study shows that in the Pesantren Islam Al Mukmin. Ngruki in Surakarta case, there is no such of figure of which is described as common sense in pesantren life. However, the figure could be found from ustad function in this pesantren. The ustad is a teacher, which is teaching knowledge in formal schools and non-formal in this pesantren. Furthermore, all ustad do not all mixed or life live in pesantren. Meanwhile, senior ustad prefers to live at home with his family, which is relatively far from pesantren, whereas junior ustad prefer to live together with santri. In this coexistence happened the transfer of beliefs and knowledge and behavioral patterns from junior ustad. There is no centralistic leadership pattern, thus the decision-making depends on discussion in Board Of Directors of Pesantren. It can be understandable since the leadership system and style of the Ngruki pesantren do not in recognizing a senior ustad or kyai, but residing in Board Of Directors hand.
The Pesantren Ngruki pertained modem pesantren, visible from education system, which is used. In the education system that classical system used, consist of education ladder or level. The medium of instruction is Indonesian, Arabic and English. There is also education of non formal such boy scout, natural adventure, martial art and etc, beside formal education which is taking place in class.
In conjunction with national security and resilience, the pesantren could support national resilience in term of possession of the resource. With amount of santri to 2000, hence its alumni in every year disseminate in society. The qualified alumnus is a valuable resource for development. However, it also depends on their perception of its alumni when becoming santri in the pesantren. A negative perception such as saluting respect national flag will have an effect on in national resilience.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T15259
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>