Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115171 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yasmina Kusuma Dewi
"Pandangan umum tentang ciri-ciri khas manusia Jepang telah banyak ditinjau dari berbagai sudut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis bermaksud mengungkapkan ciri-ciri khas manusia Jepang ditinjau dari sudut tingkah laku dan cara berfikir orang Jepang. Untuk itu penulis memusatkan perhatian pada sebuah buku karangan Isaiah Bendasan yang berjudul Nihon Jin To Yudaya Jin (orang Jepang dan orang Yahudi). Buku ini adalah sebuah buku yang sangat terkenal di Jepang yang isinya banyak mengungkapkan tingkah laku dan cara berfikir orang Jepang yang dibandingkannya dengan ornag Yahudi. Misalnya bagaimana sikap manusia Jepang dalam menghargai nilai air, kebebasan, rasa aman dan pandangan orang Jepang terrhadap waktu dan lain-lain."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1987
S13893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Banyak orang yang mempunyai koleksi buku pribadi di rumah dalam jumlah yang cukup besar. Mereka biasanya ingin mengelola koleksi bukunya sebagaimana sebuah perpustakaan sederhana. Misalnya deretan bukunya tertata dengan rapih menurut sistematika tertentu.kalau ingin mencari sebuah topik tertentu, maka mereka dapat dengan mudah menemukan buku apa saja yang membahas topik yang dicari tersebut diantara buku koleksinya....."
020 VIS 10:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Denia Putri Prameswari
"[Perceraian tidak hanya berdampak pada orang tua, melainkan juga pada anak dalam keluarga. Anak usia prasekolah merupakan mereka yang paling tertekan dalam menghadapi peristiwa tersebut. Dampak negatif perceraian pada anak dapat diminimalisir dengan pemberian pengetahuan sebelumnya. Pengetahuan mengenai perceraian, salah satunya dapat disampaikan melalui buku cerita bergambar. Sayangnya, di Indonesia peneliti belum menemukan buku cerita bergambar mengenai perceraian untuk anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas buku cerita bergambar dalam meningkatkan pengetahuan anak usia prasekolah mengenai perceraian. Penyusunan buku cerita bergambar dalam penelitian ini berdasar pada 3 sumber informasi, yaitu (1) studi literatur, (2) analisis buku cerita bergambar, dan (3) need assessment. Pengujian dilakukan dengan menggunakan pre dan post test terhadap 5 partisipan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Partisipan merupakan anak usia prasekolah yang orang tuanya sedang menjalani proses perceraian. Hasil analisa dengan paired sample t-test menunjukkan bahwa buku cerita bergambar secara signifikan meningkatkan pengetahuan anak usia prasekolah mengenai perceraian. Sebagai hasil analisa tambahan, orang tua partisipan mengaku lebih mudah menjelaskan perceraian kepada anaknya dengan menggunakan buku cerita. Untuk penelitian selanjutnya, dapat dibuat buku cerita bergambar mengenai perceraian untuk anak pada tahapan usia yang berbeda atau dalam menghadapi peristiwa menantang lain;The impacts of divorce are not only felt by parents but also by children. Preschool children are the most distressed for facing parental divorce. The negative impacts of divorce on children can be minimized when children had pervious knowledge about the event. One of the method to give knowledge about divorce to children is through picture book. Unfortunately, in Indonesia, researchers have not found picture books for preschoolers about divorce. This study aims to test the effectiveness of picture book in increasing knowledge of preschool children about divorce. Formulation of picture books in this study is based on three sources of information: (1) the study of literature, (2) analysis of picture books, and (3) need assessment. This picture book that have been prepared, then used to test its effectiveness for increasing knowledge of preschool children about divorce. The test was conducted using pre and post test on 5 participants. The statistical method used in this study is paired sample t-test. The purposive sampling method was used to select the participants. The participants for this study are preschool children with parents that is undergoing divorce proceedings. The result shows that picture books in this study significantly increase preschool children's knowledge about divorce. As an additional result, parents find it easier to explain divorce to their children using the picture book from this study. For further study, researcher can make another picture book about divorce for children at different age or to face another challenging situation in life.
, The impacts of divorce are not only felt by parents but also by children. Preschool children are the most distressed for facing parental divorce. The negative impacts of divorce on children can be minimized when children had pervious knowledge about the event. One of the method to give knowledge about divorce to children is through picture book. Unfortunately, in Indonesia, researchers have not found picture books for preschoolers about divorce. This study aims to test the effectiveness of picture book in increasing knowledge of preschool children about divorce. Formulation of picture books in this study is based on three sources of information: (1) the study of literature, (2) analysis of picture books, and (3) need assessment. This picture book that have been prepared, then used to test its effectiveness for increasing knowledge of preschool children about divorce. The test was conducted using pre and post test on 5 participants. The statistical method used in this study is paired sample t-test. The purposive sampling method was used to select the participants. The participants for this study are preschool children with parents that is undergoing divorce proceedings. The result shows that picture books in this study significantly increase preschool children's knowledge about divorce. As an additional result, parents find it easier to explain divorce to their children using the picture book from this study. For further study, researcher can make another picture book about divorce for children at different age or to face another challenging situation in life.
]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T43874
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Ratnaningsih
1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Setyawan
"Studi pustaka mengenai etika kerja orang Jepang menurut Suzuki Shosan dan hubungannya dengan pandangan orang Jepang tentang kerja dewasa ini telah dilakukan sejak februari 1991. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kerja yang dilakukan bangsa Jepang yang telah berhasil membawa bangsanya ke dalam kemajuan ekonomi yang pesat. Pengumpulan data untuk mencapai tujuan penuilisan dilakukan melalui metode penelitian pustaka dengan jalan meneliti referensi-referensi yang berkaitan dengan tema permasalahan. Sedangkan teori yang dipakai sebagai kerangka pemikiran adalah teor.i yang dikemukakan oleh Shimada Akiko dan Yamamoto Shiehihei.Hasi1 studi pustaka ini. menunjukkan bahwa kegiatan kerja bagi bangsa Jepang sudnh tidak berada dalam tingkat sebagai sarana untuk mempertahankan kelangsungan hidup saja, melainkan sudah berada dalam tingkat, .sebagai sarana untuk mengembangkan dan mewujudkan diri. Hal ini tidak terlepas dari jasa Suzuki Shosan, seorang pendeta Budha sekte Zen. Suzuki Shosan adalah seorang pendeta Budha yang pertama kali mengaitkan kegiatan kerja dengan praktek agama Budha. dengan pemikirannya itu, makna kegiatan kerja bagi bangsa Jepang dapat diluaskan artinya menjadi. lebih dari sekedar sebagai. sarana untuk mempertahankan kelangsungan hidup."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S13846
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutrano NS
Jakarta: Jala Permata, 2006
020 SUT b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Kumpulan abstrak penelitian riset pelajaran keperawatan jiwa Fik UI. "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Vania Anindita
"Latar Belakang: Trauma gigi sulung merupakan cedera yang melibatkan gigi dan/atau struktur pendukungnya sehingga dapat menyebabkan fraktur, perpindahan gigi dan kerusakan jaringan pendukung dengan prevalensi dunia sebesar 22,7%. Data ini menunjukkan anak usia muda perlu mendapatkan perhatian khusus dari individu terdekat karena berisiko tinggi terjadinya trauma gigi sulung. Orang tua memiliki peran utama dalam penanganan darurat trauma gigi. Rendahnya pengetahuan orang tua dapat meningkatkan risiko terjadinya trauma gigi sulung, sehingga kebutuhan edukasi menjadi sangat penting. Digitalisasi dalam perkembangan teknologi menunjukkan perubahan penyampaian informasi dan meningkatkan penggunaan media elektronik sebagai sumber edukasi yang dapat digunakan masyarakat luas. Berbagai sumber informasi menjadi lebih cepat dan efektif didapatkan dengan adanya perangkat elektronik dan jaringan internet. Tujuan: Menganalisis perbedaan tingkat pengetahuan orang tua anak Sekolah TK sebelum dan sesudah membaca buku elektronik “Trauma Gigi Sulung Anak” dan buku elektronik dapat bermanfaat sebagai panduan bagi para orang tua sebagai individu terdekat anak. Metode Penelitian: Penelitian dilakukan pada 10 Sekolah TK Negeri di Jakarta Selatan dengan total 130 orang tua anak yang memenuhi kriteria inklusi. Buku elektronik dan kuesioner dalam penelitian ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan melalui diskusi pakar, dokter gigi dan orang tua anak Sekolah TK di luar subjek penelitian. Dilakukan penilaian tingkat pengetahuan awal menggunakan kuesioner dengan durasi 8 menit, selanjutnya orang tua membaca buku elektronik dengan durasi 6 menit. Penilaian tingkat pengetahuan kembali menggunakan kuesioner yang sama sesudah membaca buku elektronik dilakukan dengan durasi 8 menit. Hasil: Nilai median total skor pengetahuan sebelum dan sesudah membaca buku elektronik secara berurutan adalah 14 (cukup) dan 17 (baik). Berdasarkan uji Wilcoxon, didapatkan nilai p = 0,001 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna secara statistik (p < 0,05) antara total skor pengetahuan orang tua anak Sekolah TK sebelum dan sesudah membaca buku elektronik “Trauma Gigi Sulung Anak”. Kesimpulan: Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan orang tua anak Sekolah TK sebelum dan sesudah membaca buku elektronik “Trauma Gigi Sulung Anak”.

Background: Trauma to the primary teeth is an injury involving the teeth and/or their supporting structures which can cause fractures, tooth displacement and damage to supporting tissues with a worldwide prevalence of 22,7%. This data shows that young children needs to get special attention from the closest individuals due to the high risk of trauma to the primary teeth. Parents have a major role in emergency management of dental trauma. Lack of parental knowledge can increase the risk of trauma to the primary teeth, hence the educational needs are very important. Digitalization in technological developments shows changes in the delivery of information and increases the use of electronic media as a source of education that can be used by the wider community. Various sources of information can be obtained more quickly and effectively with the existence of electronic devices and internet. Objectives: Analyzing the difference of knowledge levels of preschool parents before and after reading electronic book “Trauma to the Primary Teeth” and the electronic book can be useful as a guide for parents as the closest individuals to children. Methods: Research was conducted at 10 preschools in South Jakarta with a total of 130 parents of children who met the inclusion criteria. The electronic book and questionnaires in this study were tested for validity and reliability before being used namely through expert discussions, dentists and preschool parents outside the research subjects. An assessment of the level of initial knowledge was carried out using a questionnaire with a duration of 8 minutes, followed by a reading session on the electronic book by the parents with a duration of 6 minutes. Re – assessment of the level of knowledge using the same questionnaire after reading the electronic book was carried out with a duration of 8 minutes. Results: The median total score of knowledge before and after reading electronic book was 14 (fair) and 17 (good) respectively. Based on Wilcoxon test, the p value = 0,001 was obtained which indicated that there was a statistically significant difference (p < 0,05) between total score of knowledge of preschool parents before and after reading electronic book “Trauma to the Primary Teeth”. Conclusions: There is a difference of knowledge levels of preschool parents before and after reading electronic book “Trauma to the Primary Teeth”."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Laxman Sanjaya Pendit
Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri, 2007
028.9 PUT m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ockeloen, G.
Batavia - Amsterdam : G. Kolff & Co., 1940
011 OCK c
Buku Klasik  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>