Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53052 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ramli Amin
"Bangsa Indonesia pada dasarnya adalah bangsa yang mempunyai keinginan untuk maju. Hal ini tercermin dalam UUD 45 yang menjadi landasan konstitusional negara Republik Indonesia. Dalam UUD 45 tersebut jelas dicantumkan bahwa salah satu tujuan yang hendak kita capai setelah merdeka ialah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Adapun cara untuk mencapai cita-cita itu dapat ditempuh melalui pendidikan. Cara ini sesuai dengan martabat kita sebagai manusia. Intisari dart tindak pendidikan itu sendiri minimal berupa kegiatan belajar yakni membaca dan menulis. Hal ini sesuai dengan pendapat Dr. Daoed Yoesoef yang mengatakan bahwa pendidikan dalam kehidupan manusia merupakan alat yang menentukan sekali untuk mencapai kemajuan dalam semua bi_dang kehidupan. Selanjutnya dalam pasal 31 UUD 45 dikatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran, pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur oleh undang-undang."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15479
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucky Astarani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesanpromosi dan saluran promosi terhadap loyalitas pemustaka perpustakaan keliling di Perpustakaan Umum DKI Jakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskripsi analitik dan analisis bivariat.Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu desain pesan promosi dan saluran promosi serta 1 variabel terikat yaitu loyalitas pemustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta merasa pesan promosi dan saluran promosi yang disajikan dan digunakan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka. Selain itu, diketahui pula bahwa pesan promosi dan saluran promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pemustaka.
Penelitian juga dapat menunjukkan pola loyalitas pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta antara perpustakaan dan pemustaka.Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data.

This study aims to determine the effect promotional messages and promotional channels in the usersloyalty of Public Library mobile library in Jakarta.This study uses a quantitative approach to research method analytical description and analysis bivariat.Variabel this study consisted of two independent variables, promotional messages and promotional channels and one dependent variable is usersloyalty.
These results indicate that pemustaka Public Library mobile library in Jakarta felt message promotions and promotional channels that are presented and used is sufficient in accordance with the needs and desires pemustaka. In addition, note also that the promotional messages and promotional channels have a significant positive effect on loyalty pemustaka.
Research also shows patterns of loyalty pemustaka Public Library mobile library in Jakarta between the library and users. The data analysis in this study using the technique of multiple linear regression analysis with data processing applications.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T44183
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neneng Komariah
"Gerakan literasi harus didukung oleh tersedianya bahan bacaan yang berkualitas dan mudah dijangkau oleh mereka yang telah dan atau baru mulai memiliki minat baca. Perpustakaan umum dapat tampil mendukung gerakan literasi, oleh karena itu perlu dilakukan penguatan perpustakaan umum."
Jakarta: Perpustakaan Nasioanl RI , 2017
020 VIS 19:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Nurma Dewi
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan promosi di
Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga, sebagai bagian dari kegiatan
komunikasi perpustakaan kepada masyarakat penggunanya, yang dilakukan
dengan cara memahami tiap tahapan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan.
Alasan tahapan tersebut dilakukan, hambatan yang dihadapi dalam setiap tahapan,
hasil yang didapatkan, evaluasi keseluruhan tahapan promosi serta kemampuan
staf perpustakaan dalam menjalankan tiap tahapan promosi. Penelitian ini
dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra promosi Perpustakaan Umum
Kabupaten Purbalingga tidak mengawali kegiatannya dengan memahami
karakteristik masyarakat pengguna, akibatnya pada tahap eksekusi promosi, pesan
dan saluran promosi yang diberikan tidak mampu mengenai masyarakat pengguna
secara efektif. Pada tahap pasca promosi pihak perpustakaan tidak melakukan
evaluasi dan tidak mampu mengembangkan kegiatan promosi. Kemampuan staf
dalam tiap tahapan promosi juga belum memadai, staf cenderung pasif, kurang
komunikatif, dan kurang menghargai masyarakat pengguna, kondisi yang
demikian menyebabkan pelaksanaan kegiatan promosi di Perpustakaan Umum
Purbalingga belum bisa memberikan hasil yang diinginkan.

ABSTRACT
The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.;The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results., The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user’s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn’t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.]"
2015
T44618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Saputra
"Perbedaan mendasar antara perpustakaan perguruan tinggi dengan perpustakaan umum terletak pada basis keanggotaan. Pada perguruan tinggi anggotanya berbasis pada fakultas dan program studi, sedangkan perpustakaan umum berbasis pad a institusi. Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) pada awalnya dirancang untuk digunakan pada perpustakaan umum. Oleh karena itu, untuk diimplementasikan pada perguruan tinggi perlu dilakukan modifikasi terlebih dahulu terhadap basis data keanggotaan yang ada pada fitur membership. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan modifikasi terhadap aplikasi SLiMS 7 Cendana sesuai dengan kebutuhan perpustakaan perguruan tinggi. Diawali dengan modifikasi basis keanggotaan pada fitur membership. Setelah itu dilakukan eksperimen untuk mengamati pengaruhnya terhadap modul lainnya yang ada di dalam aplikasi. Karena modul-modul yang ada pada aplikasi SLiMS saling berelasi satu sama lainnya dan ditopang oleh database relasional, perubahan tersebut memberikan dampak terhadap modul lainnya, seperti munculnya pesan kesalahan, ketidaksesuaian judul kolom, dan data tidak tampil sesuai dengan permintaan. Oleh karena itu untuk menghasilkan aplikasi SLiMS sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi maka modifikasi harus dilakukan secara menyeluruh, terutama modul yang berelasi dengan modul membership, seperti modul sirkulasi, kartu anggota, visitor counter dan reporting."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2017
020 VIS 19:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Riyadi Sudaryanto
"ABSTRAK
Kedudukan perpustakaan di dalam masyarakat sangat penting karena p erpustakaan merupakan sumber informasi. Perpustakaan bertugas menyimpan, memelihara, dan mendayagunakan informasi untuk masyarakat. Disamping itu perpustakaan juga member jasa pelayanan kepada masyarakat misalnya, peminjaman bahan pustaka, pelayanan referens, pelayanan audio-visual dan pelayanan fotokopi. Didalam kehidupan sehari-hari dijumpai kenyataan bahwa tidak semua orang mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan. Agar masyarakat mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan, perlu ada kegiatan promosi. Tujuannya adalah memperkenalkan perpustakaan dan jasa pelayanannnya sehingga masyarakat menjadi sadar dan kemudian tertarik untuk memakai perpustakaan secara maksimal. Berbagai usaha promosi telah ditempuh oleh tiga perpustakaan umum di DKI Jakarta, yakni Perpustakaan Sumantri Drojonegoro, Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat dan Perpustakaan Yayasan Idayu. Penelitian membuktikan bahwa kegiatan promosi di tiga perpustakaan itu masih perlu ditingkatkan secara teratur. Penelitian juga menemukan bahwa kebanyakan pengunjung mengenal perpustakaan tersebut untuk pertama kali dari komunikasi antar teman, dengan guru/dosen atau orang tua mereka. Media promosi yang lazim seperti brosur/pamphlet dan sebagainya ternyata tidak banyak berperan. Diketemukan pula bahwa sebagian besar pengunjung di tiga perpustakaan tersebut adalah mahasiswa/pelajar. Jumlah pengunjung yang bukan mahasiswa/pelajar amat kecil. Kenyataan ini kiranya dapat mendorong bagi perpustakaan-perpustakaan yang diteliti itu untuk melakukan promosi lebih diet terutama ditujukan kepada anggota masyarakat bukan pelajaran atau mahasiswa agar mereka juga memanfaatkan perpustakaan.

"
1989
S15526
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Irhamsyah
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan Perpustakaan Daerah
Kabupaten Tangerang Wilayah Mauk oleh pemustaka. Penelitian ini
menggambarkan pemanfaatan Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang oleh
pemustaka ditinjau dari pemustaka memanfaatkan layanan perpustakaan, koleksi,
serta temu kembali perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat
pesisir Kabupaten Tangerang khususnya wilayah Kecamatan Mauk. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode FGD (Focus Group
Discussion). Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang Wilayah Mauk
dimanfaatkan oleh pemustaka yaitu masyarakat sekitar, pelajar, serta mahasiswa
sebagai sarana penunjang belajar dan juga sarana rekreasi pengganti perpustakaan
sekolah pada siswa. Sarana temu kembali yang masih belum dimanfaatkan secara
optimal oleh pemustaka karena ketidaktahuan pemustaka. Sebagai saran untuk
membuat poster mengenai tata cara penggunaan katalog.

ABSTRACT
This study his talking about the used of public library of Mauk in
Tangerang by users. This study describe the used of public library of Mauk in
Tangerang for how the users using library services, collections, and also retrieval
system of library for increasing community knowledge of Tangerang especially
Mauk regency. The study is FGD qualitative research. The users this library are
community people, student and college student as tools of study and recreation.
That replace school library for student. Retrieval tools is still unuseful optimal by
users. as a suggestion to make a poster about the manner of use of the catalog."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42517
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Rangga
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai representasi perpustakaan umum dan fungsi
perpustakaan umum yang terdapat dalam novel Libri di Luca. Penelitian ini adalah
penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian
semiotik serta analisis sintagmatik dan paradigmatik Roland Barthes yang
dikembangkan dari teori Ferdinand de Saussure. Analisis sintagmatik digunakan
untuk meneliti hubungan yang hadir secara bersamaan, sedangkan analisis
paradigmatik digunakan untuk meneliti hubungan yang hadir dan tidak hadir dalam
teks melainkan dalam pikiran pembaca teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
novel Libri di Luca menggambarkan fungsi perpustakaan umum sebagai fungsi
rekreasi, informasi, dan fungsi perpustakaan umum yang digunakan sebagai tempat
pertemuan.

ABSTRACT
This thesis discusses the representation of a public library and it?s function found in
the novel Libri di Luca. This research uses qualitative approach with semiotic
research method and Roland Barthes syntagmatic and paradigmatic analysis which
are developed from Ferdinand de Saussure?s Theory. The syntagmatic analysis is
used to analyse the relation that was concurrently present, whereas the paradigmatic
analysis is used to analyse the relation that is not present in the text but in the mind of
the readers. The result of this research indicates that the novel Libri di Luca describes
the public library?s function as a recreation, information, and as a meeting place.;;"
2015
S65364
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosnaiti
"Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) merupakan unsur penunjang Pemerintah DKI Jakarta di bidang pelayanan informasi, pengembangan dan pembinaan perpustakaan, telah berusaha memberikan peiayanan yang berkualitas dan memuaskan pelanggannya (pengunjung perpustakaan umum). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas pelayanan pada Perpustakaan Umum DKI Jakarta, dan untuk mengetahui pola Seven S dari MC Kinsey terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta sebagai institusi pengelola perpustakaan umum.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Zeitaml, Parasuraman dan Leonard L. Berry dengan lima dimensinya yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan teori yang dikemukakan oleh MC Kinsey melalui model Seven S (Strategy, Structure, System, Style, Staff, Skill, dan Shared Value).
Penelitian ini ada dua macam yaitu pertama, penelitian mengenai kualitas pelayanan yang jenis penelitiannya kuantitatif yang bersifat deskriptif menggunakan metode survey dengan pendekatan cross-sectional survey, pengumpulan data primer dan sekunder, serta pengambilan sampel sebanyak 335 responden dari 4264 orang pelanggan/pengunjung perpustakaan umum melalui kuesioner berskala Likert, Pengolahan data melalui teknik statistik yang hasilnya digunakan untuk mengukur servqual pada Gap-5. Kedua penelitian mengenai pola Seven S terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta (Perpumda) dianalisis secara kualitatif, pengumpulan data primer dan sekunder, serta sampel yaitu semua pegawai bidang layanan dan informasi perpustakaan (sampel jenuh) sebanyak 18 orang, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, penyebaran kuesioner dan teknik observasi non partisan.
Berdasarkan hasil pengolahan data maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan :
a. Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) belum memuaskan pelanggan/pengguna jasa, karena masih terdapat kesenjangan antara harapan dengan pelayanan yang diterima (tingkat kinerja pelayanan);
b. Pemanfaatan Perpustakaan Umum DKI Jakarta oleh masyarakat belum maksimal karena masih sangat kurang pelaksanakan sosialisasi, publikasi dan promosi yang dilakukan Perpustakaan Umum DKI Jakarta;
c. Kepemilikan Peralatan yang modern dan mutakhir masih sangat kurang seperti fasilitas komputer untuk intemet;
d. Komponen Seven S dari Mc Kinsey yang ada pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta belum memadai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan;
e. Status dan kedudukan institusi Perpustakaan Umum DKI Jakarta sebagai Kantor, sudah tidak sesuai dengan volume dan beban kerja yang diembannya.
Selanjutnya berdasarkan kesimpulan di atas, dapat dipertimbangkan beberapa saran sebagai berikut:
a. Membenahi kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan disiplin dan loyalitas pegawai dalam melaksanakan tugas terutama saat menjalankan tugas pelayanan pada Perpustakaan Umum;
b. Meningkatkan pelaksanaan sosialisasi, publikasi dan promosi agar masyarakat tahu, kenal dan tertarik kepada perpustakaan umum;
c. Menambah fasilitas peralatan yang modem dan mutakhir, antara lain; menambah fasilitas komputer untuk internet;
d. Untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Khu sus Ibukota Jakarta (Perpustakaan Umum di Tingkat Provinsi) perlu dibenahi komponen 7 S dari Mc. Kinsey pada Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai institusi pengelola Perpustakaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta antara lain :
- Memberi kesempatan kepada Pegawai untuk meningkatkan pendidikannya, terutama mengusahakan pegawai untuk mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada bidang studi ilmu perpustakaan;
- Mengupayakan agar status dan kedudukan Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta ditingkatkan menjadi Badan atau Dinas."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T22578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The aim ofthis research are (1) to know the influence of Rembang Public Library transfer to Kartini
Beach tourism area toward animo of visits to the libratyt (2) to know user perception about Rembang
Public Library transfer to Kartini Beach tourism area (3) to know animo of visits to Rembang Public
Library. This was a quantitative research that used correlation method between location (independent
variable) and animo of visits (dependent variable). Data were collected through questionnaire,
interview and documentation. Data analysis used product moment correlation and processed using
SPSS version 17 for Windows. The result of the study showed there was significant correlation between
location and animo of visits. Score of correlation was 0.632 at significance level 5% r table is 0.202.
The Rembang public library transfer to Kartini Beach tourism area belonged to good category whereby
grand mean of location variable was 2.86. Animo of visits also belonged to high category whereby
grand mean was 3.01. "
BIPI 11 :2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>