Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11904 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zurhaida Nurdin
"Kesadaran akan bertambahnya bidanga yang berhubungan dengan pelayanan dokumentasi dan informasi ilmiah menyebabkan banyak terbentuk organisasi baru untuk membangun program-program kerja sama. Hal ini disebabkan karena menigkatnya jumlah literatur di seluruh dunia yang setiap tahun diterbitkan. Juga karena kesadaran terbatas dan mahalnya biaya untuk pembeli literatur yang tiap tahun meningkat harganya. Suatu wadah kerjasama di tingkat internasional yang merupakan jaringan informasi untuk ilmu pengetahuan dan teknologi seluruh dunia adalah UNISIST (United Nations Science Information System for Science and Technology) suatu proyek UNESCO. Ada juga yang khusus untuk bidang pertanian, yaitu International Information System for the Agricultural Science and Technology (AGRIS) yang mempunyai program kerjasama di seluruh dunia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1976
S15614
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Keluarga Jurusan Ilmu Perpustakaan FSUI
050 MIPI i (1981)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Asep Saefulloh Hermawan
"Skripsi ini membahas program pengembangan perpustakaan kelurahan yang dilakukan oleh Perpustakaan Umum Kota Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Adapun program-program pengembangan perpustakaan kelurahan yang diteliti meliputi program perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Program-program tersebut diteliti untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaannya dan kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan Umum Kota Bogor dalam melakukan pengembangan perpustakaan kelurahan. Hasil penelitian menyarankan bahwa program pengembangan perpustakaan kelurahan harus terus ditingkatkan karena peranan perpustakaan-perpustakaan kelurahan yang ada di Kota Bogor sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup masyarakat.

The Focus of this study is district library developing program that is carried out by Bogor Public Library. The research that is used is qualitative research with case study method. The district library developing programs that are analyzed consist of planning, organizing, actuating, and controlling program. Those programs are analyzed to identify how to carry out the district library developing program and some obstacles that are faced by BOgor Public Library in carrying out district library developing program. The result of the research suggest that the district library developing program ought to be enhanced continuously because the role of dictrict library in Bogor City is very useful in improving people_s skill and life quality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S14907
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Diona Septia
"Skripsi ini membahas program pemberdayaan masyarakat di Rumah Pintar Bhara Cendekia 1 melalui fasilitas dan layanan yang disediakan. Pemberdayaan masyarakat merupakan usaha meningkatkan potensi dan kemampuan diri masyarakat. Rumah pintar Bhara Cendekia 1 merupakan salah satu bentuk perpustakaan komunitas yang menghadirkan program pemberdayaan masyarakat di setiap kegiatannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat di Rumah Pintar Bhara Cendekia 1 mengacu pada tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan pemberdayaan di rumah pintar ini berbasiskan pada metode pembelajaran, terlihat dari fasilitas dan layanan yang ada pada setiap sentra, yaitu: sentra baca, sentra kriya, sentra komputer, sentra bermain, sentra audio visual, sentra psikologi dan konsultasi kesehatan, dan sentra outbond.

This thesis discusses the community empowerment program in the Rumah Pintar Bhara Cendekia 1 through facilities and services provided. Community empowerment is an effort to increase community self-potential and capabilities. Rumah Pintar Bhara Cendekia 1 is one of the community library that present the community empowerment program in each their activity. This is a qualitative research that using case study method. Results showed that community empowerment in Rumah pintar Bhara Cendekia 1 based on the national education goals. improving intellectuality of the nation. Empowerment activities in this rumah pintar based on the method of learning, visible from the existing facilities and services at each center, ie: reading center, craft center, computer center, play center, audio-visual center, health and consulting psychology center, and outbound center."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15206
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Harwati
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi dan harapan pemustaka terhadap rencana perubahan sistem perpustakaan Universitas Indonesia (UI) dalam hal sistem layanan, sarana dan prasarana, koleksi, dan SDM (staf perpustakaan). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu menyediakan akses yang mudah untuk menuju perpustakaan UI yang bare seperti tersedianya sarana transportasi umum yang memadai; harus memperhatikan disain ruangan dan tats letak setiap fasilitas, terutama fasilitas yang mengandung unsur hiburan; staf perpustakaan harus meningkatkan kompetensi yang dimiliki, baik kompetensi profesional, maupun kompetensi individu.

The focus of this study is about the perceptions and expectations users through the changing plan of the library system in University of Indonesia (UI), in terms of services system, facilities, collections, and human resources (library staff). This research is quantitative with survey method. The results suggest that the need for providing easy access to the new UI library. For instance, available public transportation facilities; pay attention to the room design and layout of each facility, especially facilities that contain of entertainment element; improved library staff competences, both professional competence and individual competence."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15369
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Perpustakaan FK-UI, 2003,
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Arini Eka Purwanti
"ABSTRAK
Facebook merupakan situs jejaring sosial yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah sebagai sarana promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan facebook dalam kaitannya dengan promosi perpustakaan forum Idnonesia membaca. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi melalui facebook bersifat interaktif karena adanya aliran informasi yang timbale balik atau komunikasi dua arah yang terjadi antara pustakawan dengan pemustaka. Perpustakaan Forum Indonesia Membaca dalam memanfaatan facebook belum maksimal dan mengalami kendala dalam hal sumber daya manusia.

Abstract
Facebook is social networking site thereis widely used for various purposes, one of them is as a promotion_s tool. The Purpose of this study was to know the utilizationof facebook in related to promotion Forum Indonesia Membaca Library. Qualitative study (case study method) was used in this study. The results showed that the promoton of the library through facebook was interactive because of the reciprocal flow of information or two-way communication between the librarians with the user. Forum Indonesia Membaca Library in using facebook have not maximized yet and constraints in terms of human resources."
2010
S15034
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Chan Sirdi
"Perkembangan Perpustakaan Universitaa Riau (selanjutnya disingkat Perpustakaan Unri) tidak begitu memuaskan, walaupun Perpustakaan Unri telah mulai dibina sejak tahun 1969. Sampai seat ini pekerjaan-pekerjaan perpustakaan yang sederhana pun masih banyak yang tidak dapat dilaksanakan dengan lancar. Hal ini terutama sekali disebabkan karena sangat lemahnya potensi pegawai Perpustakaan Unri yang ada sekarang. Tidak seorang pun diantara pegawai-pegawai Perpustakaan Unri yang mempunyai pendidikan penuh dan pengalaman yang memadai dalam bidang perpustakaan. Pimpiaan Unri menyadari sepenuhnya bahwa harus ada usaha untuk mengatasi keadaan ini. Oleh karena itulah di dalam buku Rencana Pengembangan Universitas Riau: 1974-1983 telah digariskan kebijaksanaan jangka pendek dalam pengembangan Perpustakaan Unri. Rencana jangka pendek itu memberikan tekanan pada usaha untuk memenuhi tenaga yang trampil dalam menjalankan pekerjaan-pekerjaan perpustakaan. Bahkan pada tahun 1973 telah dimulai mengirimkan pegawai Perpustakaan Unri untuk mengikuti pendidikan/latihan dalam bidang perpus_takaan_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1977
S15208
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isye Siti Asyiah
"Penelitian ini membahas kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia dalam dimensi SERVQUAL. Kualitas layanan didasarkan pada lima dimensi SERVQUAL, yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia yang dilihat dari dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Sampel penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Universitas Indonesia. Pendekatan penclitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia berada pada kisaran tingkat sedang sampai tinggi.
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan masih harus terus berupaya agar kualitas layanan yang ada saat ini dapat terus ditingkatkan lebih baik lagi, di antaranya petugas perpustakaan yang berhubungan dengan pelayanan diharapkan untuk meningkatkan lagi sikap empati, perpustakaan memperbaharui koleksi yang mutakhir yang meliputi buku teks dan jurnal tercetak, mempercepat akses koneksi terhadap jurnal elektronik, menjaga perawatan komputer untuk akses OPAC agar dapat selalu berfungsi dengan baik, mempercepat koneksi internet, serta meningkatkan fasilitas fisik seperti menyediakan kursi dan sofa yang nyaman.

This study discusses the service quality of Library of University of Indonesia using the SERVQUAL dimensions. Service quality measurement is based on five SERVQUAL dimensions. They are tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The purpose of this study is to determine the level of service quality in Library of University of Indonesia based on tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy dimensions. Sample of this research are users of Library of University of Indonesia. This research uses quantitative approach with survey method.
The results of this research reveal that service quality of Library of University of Indonesia is ranging from medium to high levels. The results of this research suggest that the library should improve its existing service quality to be even better. One thing that should be concerned about is the librarians. They are expected to increase their attitude of empathy. Also the library should update its collection periodically, including textbooks and printed journals, speed up connection of electronic journals access, maintain OPAC's computers to work properly, accelerate internet connections, and improve physical facilities such as providing comfortable chairs and sofas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15435
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Safitri
"Skripsi ini membahas manajemen perpustakaan di SDN Marunda 02 Pagi, SDN kalibaru 07 Pagi, dan MI At-Taufiq. Manajemen perpustakaan meliputi pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan Dengan mcnggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, dan pengumpulan data berupa wawancara dan kajian dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen perpustakaan sekolah belum dilaksanakan dengan baik karena belum maksimalnya pelaksanaan fungsi manajemen di ketiga perpustakaan sekolah tersebut, akibatnya tujuan perpustakaan pun tidak tercapai. Penulis menyarankan agar kepala sekolah selaku manajer sekolah membuat standar yang ingin dicapai, perencanaan yang rinci dan sistematis mengenai pengembangan sumber daya perpustakaan sekolah dan kegiatan perpustakaan meliputi pengadaan, pengolahan, pelayanan dan sosialisasi untuk mencapai tujuan perpustakaan sekolah masing-masing. Hal ini karena perencanaan adalah fungsi terpenting dalam manajemen dan pelaksanaan fungsi selanjutnya adalah implementasi dari fungsi perencanaan.

This undergraduate thesis discusses the library management of SDN Marunda 02 Pagi, SDN Kalibaru 07 Pagi, and MI At-Tautly. Management is the function of planning, organizing, actuating, and controlling. The thesis uses qualitative research methods, descriptive approach and data collection in the tbrm of interviews and document review. The research concludes that the three school libraries management has not perfomed well because the implementation of management functions has not perfomed well. Consequently their set goal can not be achieved. So, the writer suggest that the school principal as the manager makes standard and specific targets, a detailed and systematic planning about the school library resources development and activities to achieve the goal of each school libraries. This is because planning is the most important function in management and the next (unction is the implementation of planning function."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15378
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>