Ditemukan 92870 dokumen yang sesuai dengan query
Riyadi Sudaryanto
"
ABSTRAKKedudukan perpustakaan di dalam masyarakat sangat penting karena p erpustakaan merupakan sumber informasi. Perpustakaan bertugas menyimpan, memelihara, dan mendayagunakan informasi untuk masyarakat. Disamping itu perpustakaan juga member jasa pelayanan kepada masyarakat misalnya, peminjaman bahan pustaka, pelayanan referens, pelayanan audio-visual dan pelayanan fotokopi. Didalam kehidupan sehari-hari dijumpai kenyataan bahwa tidak semua orang mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan. Agar masyarakat mengetahui pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan, perlu ada kegiatan promosi. Tujuannya adalah memperkenalkan perpustakaan dan jasa pelayanannnya sehingga masyarakat menjadi sadar dan kemudian tertarik untuk memakai perpustakaan secara maksimal. Berbagai usaha promosi telah ditempuh oleh tiga perpustakaan umum di DKI Jakarta, yakni Perpustakaan Sumantri Drojonegoro, Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat dan Perpustakaan Yayasan Idayu. Penelitian membuktikan bahwa kegiatan promosi di tiga perpustakaan itu masih perlu ditingkatkan secara teratur. Penelitian juga menemukan bahwa kebanyakan pengunjung mengenal perpustakaan tersebut untuk pertama kali dari komunikasi antar teman, dengan guru/dosen atau orang tua mereka. Media promosi yang lazim seperti brosur/pamphlet dan sebagainya ternyata tidak banyak berperan. Diketemukan pula bahwa sebagian besar pengunjung di tiga perpustakaan tersebut adalah mahasiswa/pelajar. Jumlah pengunjung yang bukan mahasiswa/pelajar amat kecil. Kenyataan ini kiranya dapat mendorong bagi perpustakaan-perpustakaan yang diteliti itu untuk melakukan promosi lebih diet terutama ditujukan kepada anggota masyarakat bukan pelajaran atau mahasiswa agar mereka juga memanfaatkan perpustakaan.
"
1989
S15526
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andriaty Selvina
"
ABSTRAKPengertian perpustakaan berbeda antara pengertian pa_da zaman dahulu dengan pengertian zaman sekarang. Pada zaman dahulu koleksi perpustakaan terbatas pada kumpulan buku saja, sehingga perpustakaan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku belaka. Pada masa kini koleksi perpustakaan tidak saja terbatas pada buku, melainkan juga dalam bentuk lain seperti film, pita rekaman, gambar, filmstrip, mikrofis, mikrofilm, peta dan majalah. Dengan demikian pengertian perpustakaan pada masa sekarang lebih luas di_bandingkan zaman sebelumnya.
Walaupun perpustakaan telah ada sejak zaman dahulu, namun sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa saja sebenarnya kegiatan,yang dilakukan oleh perpustakaan.
Aman (1984:1) dalam tulisannya mengatakan bahwa ang_gapan tradisional mengenai perpustakaan adalah merupakan salah satu hambatan mengapa informasi tidak dapat dipero_leh secara tuntas. Masyarakat tidak atau belum sepenuhnya mengetahui jenis jasa yang bagaimanakah yang dapat diminta atau yang akan diperoleh dari perpustakaan selain peminjaman buku. Pandangan terhadap para petugas perpustakaan belum_lah menguntungkan bagi perpustakaan_
"
1985
S14937
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lucky Astarani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesanpromosi dan saluran promosi terhadap loyalitas pemustaka perpustakaan keliling di Perpustakaan Umum DKI Jakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskripsi analitik dan analisis bivariat.Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu desain pesan promosi dan saluran promosi serta 1 variabel terikat yaitu loyalitas pemustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta merasa pesan promosi dan saluran promosi yang disajikan dan digunakan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka. Selain itu, diketahui pula bahwa pesan promosi dan saluran promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pemustaka.
Penelitian juga dapat menunjukkan pola loyalitas pemustaka perpustakaan keliling pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta antara perpustakaan dan pemustaka.Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data.
This study aims to determine the effect promotional messages and promotional channels in the usersloyalty of Public Library mobile library in Jakarta.This study uses a quantitative approach to research method analytical description and analysis bivariat.Variabel this study consisted of two independent variables, promotional messages and promotional channels and one dependent variable is usersloyalty. These results indicate that pemustaka Public Library mobile library in Jakarta felt message promotions and promotional channels that are presented and used is sufficient in accordance with the needs and desires pemustaka. In addition, note also that the promotional messages and promotional channels have a significant positive effect on loyalty pemustaka. Research also shows patterns of loyalty pemustaka Public Library mobile library in Jakarta between the library and users. The data analysis in this study using the technique of multiple linear regression analysis with data processing applications."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T44183
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Lastri
"
ABSTRAKPenelitian mengenai promosi perpustakaan telah dilakukan di Perpustakaan Daerah DIY, pada bulan Februari 1995. Tujuannya ialah untuk mengetahui apakah promosi perpustakaan yang telah dilakukan dapat menarik pemakai datang ke Perpustakaan DIY, hambatan dalam melaksanakan promosi layanan perpustakaan teknik dan media promosi layanan perpustakaan Perpustakaan DIY yang paling banyak diketahui oleh pemakai.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Cara pengumpulan kuesioner, pembentukan kerangka sampel dan pemilihan sampel dijelaskan.
Hasil menunjukkan bahwa Perpustakaan Daerah DIY telah berhasil melakukan promosi layanan perpustakaan
"
1995
S15493
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"This article is the results of BC (british council) library research as the object of its own research. The research was carried out by using library-research method, re-analyzing the existing quantitative data and conducting several interviews with informants to support the analysis. The study also evaluates the results of a survey which was conducted by a librarian on BC library users in january 1996. The survey was conducted by applying "accidental sampling (non probabilty sampling). from the survey, the data can be processed as many as 221 respondents. Meanwhile, qualitative data is obtained by performing in-depth question-and answer sessions with the informants who werw authorized by the respected agency. Therefore, the resluts of this research can not be generalized to other institutions. This library has made some improvements in terms of:service additional facilities, personnel qualities, as well as promotion. However, the number of the members who have been exposed by media campaigns such as billboards and the buildings 7.69 percent and the advertisement is 4.52 percent. These figures are very small compared to exposure through mouth-to-mouth campaign that achieves 57.01 percent. The question now is what kind of promotion that "fits" the BC?"
JIPIN 2:2 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Munir Fuady
"This article is the results of BC (british council) library research as the object of its own research. The research was carried out by using library-research method, re-analyzing the existing quantitative data and conducting several interviews with informants to support the analysis. The study also evaluates the results of a survey which was conducted by a librarian on BC library users in january 1996. The survey was conducted by applying "accidental sampling (non probabilty sampling). from the survey, the data can be processed as many as 221 respondents. Meanwhile, qualitative data is obtained by performing in-depth question-and answer sessions with the informants who werw authorized by the respected agency. Therefore, the resluts of this research can not be generalized to other institutions. This library has made some improvements in terms of:service additional facilities, personnel qualities, as well as promotion. However, the number of the members who have been exposed by media campaigns such as billboards and the buildings 7.69 percent and the advertisement is 4.52 percent. These figures are very small compared to exposure through mouth-to-mouth campaign that achieves 57.01 percent. The question now is what kind of promotion that "fits" the BC?"
Pengurus Pusat Ikatan IPI, 2015
020 JIPIN 2:2 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Rossita Dewi
"Penelitian ini membahas mengenai iklan layanan masyarakat yang diproduksi oleh Perpustakaan Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan proses penyampaian iklan layanan masyarakat serta tanggapan dari pemustaka terhadap iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Perpustakaan Nasional masih memiliki kekurangan dalam melakukan promosi, selain itu iklan layanan masyarakat produksi Perpustakaan Nasional juga belum efektif karena belum mampu memenuhi tujuan dari promosinya.
This mini-thesis presents an evaluation of library public service announcement (PSA) at Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. The purposes of this research are to describe the dissemination process of public service announcement to the public and understanding the user respons about the PSA. A case study method is used in this qualitative research. The result shows that promotion held by National library haven?t maximal yet. In addition, National Library? PSA haven?t effective since the promotion purposes isn?t accomplished yet."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61429
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Didi Tjahjadi
"Dalan dunia modern seperti sekarang ini, dengan perkembangan ilmu yang semakin maju, orang semakin membutuhkan informasi secara cepat, terus-menerus, dan sebanyak mungkin. Sumber informaai itu sebagian besar tersedia di perpustakaan-perpustakaan, baik yang berupa buku maupun bahan bukan buku. Tugas perpustakaan dalan memberikan peleyanan kepada masyarakat pemakainya tidaklah cukup hanya dengan menyediakan gedung perpustakaan lengkap dengan koloksi yang te1ah diatur, peralatan dan pegawai yang terdidik baik, serta menanti penganjung untuk datang ke perpustakaan. Dengan pelayanan socara pasif ini hanya sebagian kecil dari pengunjung yang dapat menarik manfaat dari perpustakaan, dan sumber-sumber informasi serta jasa-jasa yang tersedia di perpustakaan banyak yang tidak digunakan. Padahal tujuan perpustakaan menghimpun serta mengatur kolek_sinya itu tidak lain untuk disampaikan kepada masyarakat yang memerlukannya. Agar tujuan perpustakaan dapat tercapai sebaik-baiknya, perpus_takaan haruslah secara aktif dan kreatif neningkatkan kagiatannya, yang berarti neningkatkan jasa informasinya. Berbagai cara untuk meningkatkan jasa imformasi ini sudah banyak dilakukan di Indonesia, tetapi sebagai perpustakaan dari negara yang sedang berkembang, kegiatan kegiatan yang dilakukan masih banyak nengalami hambatan dan kurang menunjukkan hasil yang memuaskan. Salah satu cara untuk meningkatkan jasa informasi yang akan penulis kemukakan dalam skripsi ini ialah paneran bahar pustaka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15235
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Danny Ferry Juddin
"Perpustakaan FKM UI memiliki tugas untuk mengumpulkan. melestarikan, mengolah, memanfaatkan dan menyebarluaskan informasi ilmiah khusus bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk menunjang program pendidikan, pengajaran. penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Aar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, perpustakaan harus giat memperkenalkan/mempromosikan jasa dan layanan yang ada kepada pnmakai untuk dapat mewujudkan pemakaian fasilitas perpustakaan yang lebih optimal. Skripsi ini mengangkat masalah program promosi yang diadakan di Perpustakaan FKM UI terutama melalui sudut pandang mahasiswa FKM UI, yang dalam kasus ini merupakan sama-sama untuk memasarkan jasa dan layanan yang disediakan perpustakaan.
Dari hasil penalitian dapat diketahui bahwa pemakai perpustakaan FKM UI sangat mengharapkan program promosi yang alami dan dilaksanakan agar dapat terus ditingkatkan. Masukan-masukan dari pemakai merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan layanan perpustakaan. Berupa program yang telah dilaksanakan sebenarnya tidak cukup baik, hanya perlu sedikit pembenahan, misalnya untuk Papan Display dan Book Lists. Untuk kedua program pemakaian tidak diperlukan tenaga atau dana khusus, yang dibutuhkan adalah pemilihan lokasi yang lebih strategis sehingga dapat lebih mudah dikenali dan digunakan oleh pemakai. Secara keseluruhan pemakai mengharapkan program promosi yang dilaksanakan dapat ditingkatkan, sehingga perpustakaan dapat memikirkan lebih berperan aktif dalam mendukung proses belajar-mengajar lingkungan FKM UI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15277
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siti Maisyaroh
"Penelitian ini membahas tentang kegiatan promosi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Alfabet dan Bina Kreasi di Depok. Tujuan penelitian adalah mengetahui kegiatan promosi dalam mempromosikan jasa dan layanan TBM Alfabet dan TBM Bina Kreasi serta memahami faktor yang mempengaruhinya. Teori bauran promosi yang digunakan dalam penelitian ini adalah periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, publikasi/hubungan masyarakat, pemasaran langsung, interactive/internet marketing.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari kegiatan observasi, wawancara dengan lima informan. dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa TBM Alfabet dan TBM Bina Kreasi telah melakukan bauran promosi periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, publikasi dan pemasaran media interaktif. Dana, sumber daya manusia dan koleksi merupakan faktor yang mempengaruhi kegiatan promosi di TBM Alfabet dan TBM Bina Kreasi.
This research discusses the promotional activities of Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Alfabet and Bina Kreasi in Depok. The purpose of the research is to know the promotional activities in promoting services and service TBM Alfabet and TBM Bina Kreasi as well as understand the factors that influence it. Promotion mix theory used in this research is advertising, sales promotion, personal selling, publicity/public relations, direct marketing, and interactive/internet marketing. This research is using case study method with qualitative approaches. Data collected comes from observation, interviews with five informants and document analysis. The results showed that TBM Alfabet and TBM Bina Kreasi have been doing promotional mix are advertising, sales promotion, personal selling, publicity and marketing of interactive media. The factors that affecting promotion activities at TBM Alfabet and TBM Bina Kreasi is funding, human resources and collections."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42260
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library