Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170992 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Santi Susanti
"Skripsi ini membahas tentang metode tahfidz Al-Quran Program Pembibitan Penghafal Al-Qur'an (PPPA) dengan mengambil studi kasus di Pesantren 7ahfidz Daarul Qur'an Tangerang. Pendirian PPPA sendiri adalah untuk melahirkan para hafid: dan hafidzah Al-Quran yang dilakukan melalui program-program PPPA yang berbasis tahfidz Al-Quran. Salah satu sarana dalam merealisasikan hal tersebut adalah dengan mendirikan Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an. Dalam mewujudkan terlahirnya huffadz, pihak pesantren menyusun kurikulum tahfidz dan mempersilahkan para santrinya untuk menggunakan metode yang cocok dalam menghafal Quran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriftif-analisis. Hasil penelitian ini menyarankan kepada pihak lembaga untuk meneliti dan membuat metode baru yang efektif dalam menghafal Al-Quran di Pesantren 7ahf1d: Daarul Qur'an.

Programme of Talent Scouting for Memorizing Al Qur'an (PPPA) by using a This undergraduate thesis discusses about a tahfid: Al-Quran method in the This undergraduate thesis discusses about a tahfid: Al-Quran method in theThis undergraduate thesis discusses about a tahfid: Al-Quran method in themethod that PPPA used is tahfid Al-Quran. One realization of this program is bydevoloping Daarul Qur'an IslanTic Boarding of 7ahfid. In realizing to create huffad., the boarding school arrange curriculum and allows the student to use the appropriate methods for tahfid Al-Quran. This research design is a qualitative"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S13399
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Khalafullah, Muhammad A.
Jakarta: Paramadina, 2002
297.122 KHA at
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Pada dasarnya ilmu harus digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan dan kemaslahatan manusia. Dalam hal ini ilmu dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam meningkatkan taraf hidup manusia dengan memperhatikan kodrat manusia, martabat manusia, dan kelestarian atau keseimbangan alam. Demi kepantingan manusia tersebut, maka pengetahuan ilmiah yang diperoleh dan disusun dipergunakan secara komunal dan universak. Komunal berarti bahwa ilmu merupakan pengetahuan yang menjadi milik bersama, setiap orang berhak memanfaatkan ilmu menurut kebutuhannya. Universal berarti bahwa ilmu tidak mempunyai parokial seperti ras, ideologi atau agama. Sehingga dalam Islam dilarang keras menyembunyikan ilmu, artinya ilmu itu harus disebarkan untuk bisa dimanfaatkan. Melalui iqra 'bismi Rabbika, digariskan bahwa titik tolak atau motivasi pencarian ilmu, demikian juga tujuan akhirnya, haruslah karena Allah. Ilmu harus bernilai Rabbani. Sehingga ilmu yang "bebas nilai", harus disempurnakan dengan nilai Rabbani."
KONSTAINT 9:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Al-Qur'an sebagai kalimat Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Kitab ini tidak hanya mengajarkan tentang kepercayaan, ibadah, hukum dan moralitas, namun juga mendeskripsikan tentang hal-hal yang terkait dengan ilmu pengetahuan. Dalam al-Qur'an ada beberapa istilah seperti al nazr, al fikr, al aql dan al qalb yang berkaitan dengan beberapa bentuk metodologi ilmiah. Metodologi ilmiah yang telah digunakan oleh para ilmuan dan para filosof adalah metode observasi, metode pemikiran rasional dan metode intuitif. Di sisi lain, al-Qur'an menyebutkan bahwa penggunaan metode-metode ini bertujuan untuk memperoleh kebenaran dalam upaya memperkuat iman."
KONSTAIN 1:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kamil Abdushshamad
Jakarta: Media Akbar Sarana, 2003
297.4 MUH m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Salinan kitab suci Al-Qur'an, khususnya surah al-Fatihah dan al-Baqarah. Teks naskah ini tidak mencantumkan keterangan tarikh penyalinan dan nama penyalinnya. Namun berdasarkan jenis kertas, aksara dan gaya penulisannya, diperkirakan disalin pada pertengahan abad ke-19. Tidak ada catatan yang menjelaskan tentang tarikh pemerolehan naskah ini oleh Pigeaud. Untuk naskah lain yang berisi teks Al-Qur'an, bandingkan MSB/I.23, 30-35, 35a, 46; LOr 2097, 2244 A-l 1, NBS 118, BrKMA 6646; dan PNRI/CS 90."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
IS.2-B 21.05
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
"Al-Quran is Allah's verses revealed to the universe and as a miracle of Rasulullah arranged in good and beautiful Arabic, in which Arabs and their potes at that time could not equal make it well known in its language and literature which includes all aspects like in phisical structure and inner structure (its content and message)"
297 TURAS 12 (1-3) 2006
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Telaah stilistika terhadap gaya bahasa kisah al-Qur'an menunjukkan salah satu materi kajian sastra al-Qur'an yang cukup komprehensif dan berwawasan masa depan karena mencakup hampir semua cabang ilmu Arab klasik dan dapat dipadukan dengan teori kesustraan modern. Dalam kisah al-Qur'an untuk menyampaikan "kebenaran agama" yang dikaitkan dengan konteks sosial budaya, kedua, menjadikan bentuk kisah al-Qur'an sebagai acuan normatif bagi mengembangkan sastra yang islami di era globalisasi. Sebagai contoh, al-Qur'an menggambarkan kisah Nabi Ibrahim dalam berbagai variasi, ada yang pendek, sedang dan ada pula yang panjang. Gaya pemaparannya pun bermacam-macam. Persoalan yang menarik dalam kajian al-Qur'an adalah kisah al-Qur'an, khususnya uslub pengulangan kisahnya dengan pendekatan stilistika. Persoalan ini seringkali dijadikan sebagai argumen menentang al-Qur'an sebagai kitab yang tidak tersusun secara teratur."
KONSTAINT 9:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini untuk mengetahui secara tepat kontruksi pemikiran yang dibangun oleh M. Quraish Shihab, khususnya tentang metode interpretasinya, yang diperlukan pelacakan atas biografi, latar sejarah, jejak dan karier intelektualnya. Yang demikian dimaksudkan untuk melihat secara utuh perubahan arah pemikiran dalam fase-fase intelektual sebagai akibat dari persinggungan dengan kehidupan ilmiah dan sosial yang dialami dan dilalui. Dalam mengkaji perjalanan intelektual Quraish Shihab diperlukan sistematika, baik dalam intelektual-akademik maupun itelektual sosial yang dilaluinya. Menuju upaya tersebut, penulis membagi jejak perjalanan intelektualnya ke dalam beberapa tahap atau fase, karena persoalan pembagian fase dan tahap inilah yang selama ini tidak atau kurang mendapat perhatikan dalam banyak tulisan dan artikel lainnya."
KONSTAINT 9:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
As-Suyuth, Iman
Jakarta Gema Insani Press 1994,
297.12 Ass a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>