Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 934 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Herdito Sandi Pratama
"Tesis ini adalah sebuah studi filsafat mengenai filsafat. Filsafat adalah metaanalisa terhadap ilmu-ilmu. Di dalam kerjanya, filsafat tidak memiliki subject-matter tertentu dan sekaligus tidak menghasilkan eksplanasi. Tugas maksimal filsafat terhadap ilmu-ilmu adalah memberikan insight. Sementara, sebagai sistem berpikir, secara internal kegiatan berfilsafat senantiasa menghasilkan imperasi metaanalisa. Dengan demikian, metafilsafat inheren di dalam kegiatan filsafat. Pembuktian terhadap metafilsafat adalah melalui metodologi negatif sebuah eksploitasi model falsifikasionis terhadap akumulasi dan sintesa pengetahuan filsafat.

The thesis is a philosophical study of philosophy. Philosophy is a meta-analysis of other sciences. Philosophy thus does not have a certain subject-matter and does not produce explanation. The maximum task of philosophy for other sciences is giving insight. Meanwhile, as a thinking system, internally philosophy generates meta-analysis imperative. So, metaphilosophy is inherent in philosophy activity. Proof for metaphilosophy is through negative methodology an exploitation of falsificasionist model into the accumulation and syntheses knowledge of philosophy."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T28734
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Lipton, Michael
[Place of publication not identified]: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial, 1980
301.072 LIP m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Simbolon, Emerson Chan
"Behavior Engineering (BE) merupakan metodologi pengembangan perangkat lunak berbasiskan komponen dan perilaku dari sistem. BE menggunakan Behavior Modeling Languange (BML) sebagai bahasa pemodelan dalam merepresentasikan sistem. Sintaksis formal BML mendukung penjaminan kebenaran dari sistem dan penghasilkan kode implementasi secara otomatis. Metodologi BE pada saat ini belum menangani mekanisme agar kode yang dihasilkan dapat berjalan sesuai keinginan. Penelitian ini mendefinisikan tahapan yang dibutuhkan pada BE agar kode yang dibangkitkan bisa dieksekusi sesuai dengan tujuannya. Pendekatan penyusunan pola dilakukan dengan memanfaatkan fitur dan terminologi pada Rational Unified Process (RUP) yang sudah banyak dikenal sebagai praktis terbaik. Pengaplikasian metodologi hasil pengembangan dilakukan terhadap beberapa studi kasus dan telah menghasilkan kode yang dapat berjalan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa BE dapat diandalkan dalam mengembangkan sistem sampai tahap implementasi dan bukan hanya pada tahap analisa requirements saja.

Behavior Engineering (BE) is a component and behavioral based system methodology. BE uses Behavior Modeling Language (BML) to model a system. Formal syntax in BML supports automated code generation to the system it built. Currently, neither tool nor guidance existed to support code generation. This research propose a guideline which makes it reliable to support dependable code generation. Rational Unified Process (RUP) terminology such as work flow, worker, activity and artifact are used which are to be known as best practice in software development. The guide line is applied to several case studies and produced running applications. This research concludes that BE can be used to build a full running system and not only used in analysis phase.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanungkalit, Tiarma
"Proporsi pembelanjaan teknologi yang beralih ke cloud setelah krisis global pandemi COVID-19 diperkirakan pada tahun 2024 nanti akan makin meningkat mencapai 14,2% dari total belanja teknologi global, bertambah 9,1% dibandingkan tahun 2020 lalu. Software as a Service (SaaS) menjadi segmen pasar terbesar dalam layanan public cloud dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 117,8 miliar USD pada tahun 2021 menurut survei yang dilakukan Gartner pada tahun 2020. Penelitian ini mengambil studi kasus implementasi aplikasi Digital HR SaaS cloud computing yang dilakukan oleh sebuah perusahaan konsultasi global PT XYZ di salah satu klien. Proyek implementasi SaaS di klien PT XYZ tidak tercapai 100% sesuai rencana jadwal implementasi karena adanya kemunduran selama satu bulan dari rencana yang telah ditetapkan yang akhirnya menyebabkan peningkatan total biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi implementasi aplikasi SaaS dan membuat panduan untuk implementasinya di suatu perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip dari Essence Framework. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan Design Science Research (DSR). Perencanaan dan pengembangan metodologi implementasi dilakukan menggunakan Focus Group Discussion (FGD) terhadap tim implementasi PT XYZ dan juga expert judgement dengan melakukan wawancara terhadap lima ahli untuk mendapatkan umpan balik dari segi eksternal organisasi. Analisis penelitian ini menghasilkan daftar lima belas praktik yang dapat dipilih dalam metodologi implementasi SaaS yang dapat dijadikan acuan terhadap klien PT XYZ, yaitu (1) Identify Value, (2) Sprint Planning, (3) Daily Scrum, (4) Sprint, (5) Sprint Review, (6) Acceptance Criteria, (7) Stories, (8) Whole Team, (9) Informative Workspace, (10) Energized Work, (11) Pair Programming, (12) Weekly Cycle, (13) System Demo, (14) Inspect and Adapt, (15) Solution Demo. Praktik-praktik ini dihasilkan dari FGD dengan tim implementasi PT XYZ berdasarkan metode terpilih dari hasil studi literatur. Metode Agile untuk transformasi yang besar dan kompleks seperti SaaS berdasarkan studi literatur adalah Scrum, Lean dan Extreme Programming. Metode Scaled Agile Framework (SAFe) juga dimasukkan dalam metode terpilih karena SAFe merupakan metode scaling paling populer berdasarkan hasil survei VersionOne tahun 2020.

Global technology spending for cloud computing is expected to increase further after the COVID-19 pandemic crisis. Year 2024 spending has reached to 14.2% of total global technology spending, an increase of 9.1% from year 2020 spending. Software as a Service (SaaS) is the largest market segment in public cloud services. According to Gartner survey in 2020, the SaaS spending figure is expected to grow to 117.8 billion USD by 2021. This research was based on a case study of Digital HR SaaS cloud computing implementation done by one of the biggest global consulting firm in one of its clients. The implementation was delayed for one month thus failed to achieve its 100% target implementation timeline and led to an increase of the overall project cost. This research aimed to develop implementation methodology for SaaS application and to create guidance of its implementation in an organisation based on the principles of The Essence Framework. This research used Design Science Research (DSR) approach. Planning and development of the implementation methodology was carried out using Focus Group Discussion (FGD) with implementation team in PT XYZ and conducting expert judgment by interviewing five experts to get feedback from external point of view. The analysis of this research resulted in list of fifteen practices that can be selected for the SaaS implementation methodology to be used as reference for PT XYZ clients, namely (1) Identify Value, (2) Sprint Planning, (3) Daily Scrum, (4) Sprint, (5) Sprint Review, (6) Acceptance Criteria, (7) Stories, (8) Whole Team, (9) Informative Workspace, (10) Energized Work, (11) Pair Programming, (12) Weekly Cycle, (13) System Demo, (14) Inspect and Adapt, (15) Solution Demo. These practices are chosen through FGD with implementation team in PT XYZ based on Agile methods defined from the literature review for large transformation as SaaS, namely Scrum, Lean and Extreme Programming. In addition, Scaled Agile Framework (SAFe) method is also included as it is the most popular scaling method based on VersionOne survey in 2020. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fitra Filian Ahmad
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi peran Product Owner pada metodologi Scrum yang digunakan oleh Tribe Retail di PT AAA. PT AAA merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang financial technology (fintech) yang tergolong ke dalam jenis peer-to-peer lending (P2P). Penulisan laporan magang ini menggunakan kerangka evaluasi The Scrum Guide yang dikemukakan oleh Ken Schwaber & Jeff Sutherland. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peran Product Owner dalam metodologi Scrum pada Tribe Retail PT AAA telah berjalan dengan cukup baik. Akan tetapi, masih terdapat beberapa detail yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan performa tim dalam melakukan delivery product, seperti membuat Product Requirement Document (PRD), melakukan sprint grooming bersama seluruh Development Team, turut memberikan story points, dan turut memimpin sprint review.

This internship report aims to evaluate the role of a Product Owner in the Scrum methodology used by the Retail Tribe at PT AAA. PT AAA is a company operating in the financial technology (fintech) sector, specifically in peer-to-peer lending (P2P). The evaluation report utilized the framework provided by Ken Schwaber & Jeff Sutherland in The Scrum Guide. The evaluation results indicate that the role of the Product Owner in the Scrum methodology within the Retail Tribe at PT AAA has been performed quite well. However, there are still some details that need to be addressed to improve the team's performance in product delivery, such as making a Product Requirement Document (PRD), doing sprint grooming with the entire Development Team, should also providing story points, and leading the sprint review.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Kusumastuti
"ABSTRAK
Keunggulan bersaing suatu perusahaan dapat diciptakan melalui strategi penciptaan nilai. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penciptaan nilai dengan menggunakan konsep entrepreneurship, strategic management, strategic entrepreneurship dan ambidexterity (strategic dan contextual ambidexterity). Kajian ini menggunakan multimethodology (Rodriguez dan Mingers, 1997; Hardjosoekarto, 2012) karena mengaplikasikan lebih dari satu metodologi yaitu Peta Kognitif (Cognitive Map yang dikonversi menjadi System Dynamics) dan Soft Systems Methodology continuum dual imperatives (SSM based AR). Penggunaan aplikasi cognitive map dan SD adalah untuk memperkaya cultural stream of analysis dari SSM, khususnya pengungkapan situasi considered problematic di tahap ke-2 dan analisis debating di tahap ke-5.
Disertasi ini mengambil rujukan Lippo Karawaci yang keberhasilannya tidak terlepas dari peran pendiri sekaligus pemimpinnya, yaitu Mochtar Riady (Riady). Cognitive map digunakan untuk menggambarkan peta pemahaman Riady di dalam merumuskan keunggulan bersaing perusahaannya. Sedangkan SSM diaplikasikan sebagai metode untuk membangun proses pembelajaran di Lippo Karawaci yang mengacu pada kaidah Checkland (1990).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi proses pembelajaran yang berlangsung secara partisipatif dan berbasis budaya untuk mewujudkan keunggulan bersaing perusahaan yang berada dalam sistem terbuka yang rumit dan kompleks yang berbentuk serba sistem aktivitas manusia (human activity systems) dalam bentuk praktek ambidexterity. Implikasi CM di dalam pembelajaran memperlihatkan pentingnya 4 (empat) arah strategis pengelolaan sumber daya perusahaan yaitu sumber daya manusia (SDM), teknologi, keuangan perusahaan, dan aspek entrepreneur sebagai sumber keunggulan bersaing bagi perusahaan. Kajian ini menjadi penting karena merupakan best practice tentang bagaimana perusahaan yang besar dapat selalu menciptakan inovasi terhadap peluang baru dan sumber daya yang ada. Aktivitas exploratory innovation dan exploitative innovation terjadi dalam bentuk strategic dan contextual. Proses pembelajaran untuk mencapai keseimbangan ini merupakan pembelajaran menjadi ambidextrous organization.

ABSTRACT
Competitive advantage in a company can be created through value creation strategy. This research aims to analyze value creation strategy by using some concepts, such as entrepreneurship, strategic management, strategic entrepreneurship and ambidexterity (strategic dan contextual ambidexterity). This research uses multimethodology (Rodriguez dan Mingers, 1997; Hardjosoekarto, 2012) due to apply two systems of system methodology : Cognitive Map (subsequently converted to System Dynamics) and Soft Systems Methodology continuum dual imperatives (SSM). Application of cognitive map is to enrich cultural stream of analysis of SSM, especially debating analysis on the second and the fifth step.
This research was conducted on Lippo Karawaci which is can not be seperated from the role of its leader and founder, Mocthar Riady (Riady). Cognitive map is used to describe Riady?s cognition in formulating his company group?s competitive advantage. Meanwhile, SSM is a method to build learning process in Lippo Karawaci which following to Checkland (1990).
The result of this research shows that learning process occured and ongoing participatory based on culture to pursue the competitive advantage in an open of complicated and complex system that forming a human activity system in ambidexterity practice. Implication of CM shows the important of 4 (four) strategic direction in managing the company?s strategic resources?human resource, technology, financial, and entrepreneurial aspect are the source of competitive advantage. This research becomes important due to it?s best practice about how the big company is always create the new opportunities through innovation and learning process that occured simultaneous and becoming an ambidextrous organization.
"
2013
D1429
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joshi, Mark
"This innovative textbook introduces a new pattern-based approach to learning proof methods in the mathematical sciences. Readers will discover techniques that will enable them to learn new proofs across different areas of pure mathematics with ease. The patterns in proofs from diverse fields such as algebra, analysis, topology and number theory are explored. Specific topics examined include game theory, combinatorics, and Euclidean geometry, enabling a broad familiarity.
The author, an experienced lecturer and researcher renowned for his innovative view and intuitive style, illuminates a wide range of techniques and examples from duplicating the cube to triangulating polygons to the infinitude of primes to the fundamental theorem of algebra. Intended as a companion for undergraduate students, this text is an essential addition to every aspiring mathematician’s toolkit."
Switzerland: Springer International Publishing, 2015
e20528436
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ciptoning Hestomo
"Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi PT XYZ pada tahun 2017 bertanggung jawab atas beberapa proyek. Tetapi sayangnya tidak semua proyek yang ditangani dapat diselesaikan. Hal ini disebabkan beberapa hal terutama proses pengembangan perangkat lunak yang tidak teratur. Muncul peluang untuk menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak. Tetapi, tidak sembarang metodologi bisa digunakan karena bisa timbul kerugian ketika metodologi yang digunakan tidak tepat.
Digunakan metode quality function deployment dengan pendekatan pengambilan keputusan multi kriteria menggunakan bilangan fuzzy. Pengambil keputusan adalah seluruh karyawan PT XYZ. Nilai dari responden diambil menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan menggunakan dua matriks QFD dengan bilangan fuzzy.
Hasil dari penelitian ini, Dynamic System Development Method adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang sesuai diterapkan di PT XYZ dengan nilai 0,65691. Penelitian ini tidak hanya bermanfaat untuk PT XYZ, tapi juga bisa menjadi alternatif metode pemilihan metodologi pengembangan perangkat lunak bagi organisasi lain.

As a company engaged in information technology, XYZ-CORP in 2017 is responsible for several projects. Not all projects finished by the deadline. This is caused by the software development process is undisciplined. So, there are opportunities to enabled the use of software development methodology in the organization. But, not just any methodology can be used by the company. Incorrect methodology, may cause more problems than before.
The researcher decided to use the quality function deployment with multicriteria approach using fuzzy number. The decision maker in this study is every staff of XYZ-CORP. The data collection used in this research is questionnaire. Data processing is done using two QFD matrix with fuzzy number.
The result of this research, Dynamic System Development Method is a suitable software development methodology to be applied in XYZ-CORP with a value of 0.65691. This research is not only useful for XYZ-CORP, but also can be an alternative method of selecting software development methodologies for other organizations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>