Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 876 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ihara, Saikaku
Tokyo: Charles E. Tuttle, 1972
895.63 IHA c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Asri Sukmahaningtyas
"Penelitian terdahulu oleh Khan et al. (2023), dan Wilson (2015)menyatakan bahwa laki-laki cenderung bersikap lebih positif terhadap romansa di tempat kerja. Dewasa kini, romansa tempat kerja menjadi suatu fenomena yang wajar terjadi sebagai bentuk dinamika organisai. Bagai pisau bermata dua, romansa di tempat kerja dapat memberi dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif romansa di tempat kerja adalah perselingkuhan di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis, motif, peran teknologi yang digunakan, sikap berdasarkan status sosial dan latar belakang serta dampak yang ditimbulkan oleh hubungan perselingkuhan di tempat kerja pada organisasi dilihat dari pengalaman pelaku karyawan laki-laki. Teori pertukaran sosial dan dinamika kekuasaan digunakan untuk peneliti memahami dan menganalisa fenomena perselingkuhan di tempat kerja. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling dikarenakan kriteria informan yang sifatnya spesifik serta sifat topik yang tergolong sangat sensitif. Pengambilan data diperoleh dengan melakukan one-on-one in-depth interview. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik coding untuk mengkategorikan informasi, menemukan hubungan makna antar kategori dan menemukan satu tema besar yang lebih umum mencakup seluruh kategori dan digambarkan dalam satu peta pemikiran berupa Kronologi Perselingkuhan di Tempat Kerja. Penelitian ini menekankan pada fenomena perselingkuhan di tempat kerja sebagai dampak negatif dari romansa di tempat kerja, sehingga memperkaya penemuan dari penelitian percintaan di tempat kerja sebelumnya di Indonesia, khususnya dari pengalaman karyawan laki-laki sebagai pelaku.

Men tends to act more positively than female when it comes to romance in the workplace (Khan et al., 2023; Wilson, 2015). Nowadays workplace romance is a common phenomenon as a result of workplace dynamics. Like a coin, workplace romance has positive and negative effect, one of the negative effects is Workplace Affair. This research presents an exploratory assessment of workplace affairs using a qualitative approach to identify how motives and types of workplace affairs, role of ITC, also attitudes based on perpetual background (personal and organizational climate) work behavior, from a male employee experience. Social exchange theory and power dynamics approached are used to explain this phenomenon. Respondents were collected using purposive and snowball sampling methods due to the sensitive nature of the informant criteria. The semi-structured, one-on-one in-depth interview was done to nine male employees who had and/ or are engaging in workplace affair. Data was analyzed using open, axial and selective coding. Factors of workplace affair experienced by male employee are described and assemble into a Workplace Affair Chronology mind map as helicopter idea of the phenomenon. This study emphasizes more of workplace affair as the dark side of workplace romance thus enriched the findings of previous study regarding workplace affair in Indonesia especially from male employee experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ary Ginanjar Agustian
Jakarta: Arga Tilanta, 2017
181.11 ARY s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Endo, Shusaku, 1923-1996
New York: Harper & Row, 1982
895.635 SHU s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hilmy Aulia Filardi
"Penelitian ini membahas mengenai tersiratnya nilai mono no aware dalam serial drama First Love Hatsukoi (selanjutnya disebut FLH) yang merupakan karya adaptasi dari lagu First Love dan Hatsukoi karya Utada Hikaru. Serial drama tersebut mirip dengan beberapa film bergenre drama romantis yang dirilis di akhir dekade 2000-an, yang memiliki elemen-elemen nostalgia seperti kisah cinta pertama di masa remaja, latar tempat yang merupakan daerah non urban sebagai tempat tinggal para tokohnya di masa muda, dan terdapatnya suatu penyakit kronis yang diderita oleh tokohnya. Elemen-elemen nostalgia tersebut menyiratkan pengejawantahan perasaan terhadap objek atau subjek tertentu yang dapat dirasakan dengan panca indera, yaitu nilai mono no aware. Elemen-elemen nostalgia tersebut juga terdapat di dalam FLH, melalui keterlibatan intertekstual-kontekstual dengan dua lagu Utada Hikaru yang merupakan karya sumbernya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk memaparkan bagaimana aspek penting dari proses adaptasi atau alih wahana objek penelitian, yaitu keterlibatan intertekstual-kontekstual dalam FLH dengan lagu First Love dan Hatsukoi dapat memunculkan nilai mono no aware yang tersirat. Terdapatnya mono no aware yang tersirat disebabkan oleh keterlibatan intertekstual-kontekstual tersebut melalui elemen-elemen nostalgia yang mirip dengan film drama romantis pada akhir dekade 2000-an, yang juga bersifat familiar bagi penonton khalayak umum. Teori yang digunakan adalah teori adaptasi Linda Hutcheon (2006). Kemudian, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis konsep alih wahana dengan cara menganalisis bagaimana saja unsur-unsur sinematografi dalam medium atau wahana serial drama FLH. Data-data sinematografis dari FLH berikutnya penulis bandingkan dengan bait-bait dari lirik lagu Hatsukoi dan First Love, sehingga dapat menjelaskan bagaimana unsur-unsur tersebut menyiratkan nilai mono no aware. Inti yang penulis dapatkan setelah membuat penelitian ini adalah bahwa setelah karya sastra lagu Hatsukoi dan First Love dibuatkan karya adaptasinya melalui FLH, terdapat nilai mono no aware dalam adegan-adegan FLH sebagai hasil dari adaptasi yang melibatkan intertekstual-kontekstual antara FLH dengan kedua lagu tersebut.

This research discusses the implied value of mono no aware in the drama series First Love Hatsukoi (hereinafter referred to as FLH), which is an adaptation work based on the songs First Love and Hatsukoi by Utada Hikaru. The drama series shares similarities with several romantic drama films released in the late 2000s, featuring nostalgic elements such as first love stories during adolescence, non-urban settings as the characters' hometowns in their youth, and the presence of a chronic illness affecting the characters. These nostalgic elements imply embodiment of feelings towards a specific object or subject that can be experienced through all the human’s five senses, which is the definition of mono no aware. These nostalgic elements are also present in FLH through intertextual-contextual engagement with the two songs by Utada Hikaru, which serve as the source material. Therefore, this research aims to illustrate how the important aspect of the adaptation or transmedia process, namely the intertextual-contextual involvement in FLH with the songs First Love and Hatsukoi, can evoke the implied value of mono no aware. The presence of implied mono no aware is caused by the intertextual-contextual involvement through nostalgic elements resembling those found in romantic drama films of the late 2000s, which are also familiar to the general audience. The theory employed is Linda Hutcheon's Theory of Adaptation (2006), and the collected data is analyzed using the method of transmedia concept analysis by examining how the cinematographic elements in the medium of the FLH drama series are compared with the lyrics of Hatsukoi and First Love. This analysis aims to explain how these elements imply the value of mono no aware. The main conclusion drawn from this research is that after the literary works of the songs Hatsukoi and First Love were adapted through FLH, there is a value of mono no aware present in the scenes of FLH as a result of the adaptation that involves intertextual-contextual elements between FLH and the two songs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sella Rachmawati
"ABSTRAK
Lagu merupakan salah satu unsur pendukung dalam film atau drama. Lirik dalam lagu membantu penontonnya untuk lebih memahami kisah dalam film atau drama dengan lebih jelas. Penelitian ini melakukan pendekatan ilmu linguistik, yaitu semantik. Semantik adalah ilmu yang mempelajari tentang makna. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan makna konotasi cinta yang ada di dalam empat lirik lagu dari drama Goblin, yaitu . lagu lsquo;Cheot-nun-chereom Neo-ege Ga-gett-da rsquo; oleh Ailee, lsquo;Cheot Nun rsquo; oleh Jung Joonil, lsquo;Beautiful rsquo; oleh Crush dan lsquo;Heaven rsquo; oleh Roy Kim dan Kim Yeji. Drama Goblin adalah drama Korea Selatan yang telah ditayangkan pada akhir November 2016 hingga akhir Januari 2017 di tvN. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan makna konotasi cinta positif dan negatif pada keempat lirik lagu drama Goblin. Pada penelitian ini, makna konotasi cinta positif lebih banyak ditemukan dibandingkan dengan makna konotasi cinta yang negatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pembaca.

ABSTRACT
Song is one of the supporting elements in a movie or drama. The lyrics in the song help the audience to better understand the story in the movie or drama more clearly. This research approach linguistic science, that is semantic. Semantics is the study of meaning. The purpose of writing this journal is to know and explain the meaning of the connotation of love that is in the four lyrics of the song from the drama Goblin, that is. 39 Cheot Nun 39 by Ailee, 39 Cheot Nun 39 by Jung Joonil, 39 Beautiful 39 by Crush and 39 Heaven 39 by Roy Kim and Kim Yeji. Goblin is a South Korean drama that has aired in late November 2016 until the end of January 2017 on tvN. This study used descriptive qualitative method. The results found the positive and negative connotation meaning of love in the four lyrics of Goblin rsquo s songs. From this study, the positive connotation meaning of love is a lot more than the negative connotation meaning of love. This study is expected to provide information to the reader."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Morrison, Tony
New York: Vintage Books, 2003
813.54 MOR l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Clements, Jonathan
"Summary:
From a leading expert in Japanese history, this is one of the first full histories of the art and culture of the Samurai warrior. The Samurai emerged as a warrior caste in Medieval Japan and would have a powerful influence on the history and culture of the country from the next 500 years. Clements also looks at the Samurai wars that tore Japan apart in the 17th and 18th centuries and how the caste was finally demolished in the advent of the mechanized world"
London: Robinson, 2013
952.031 CLE b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Larasati
"enelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna konotatif dari beberapa kata dan frasa khas yang digunakan dalam lirik lagu bertema cinta dan patah hati NIKI. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teori makna yang diusulkan oleh Leech (1981) dan Corpus of Contemporary American English (COCA) untuk mengkonfirmasi keunikan pilihan kata NIKI dengan memeriksa frekuensi kemunculan kata dan frasa serta kolokasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dua belas makna konotatif yang terdiri dari delapan makna konotatif positif dan empat makna konotatif negatif. Di antara dua belas makna konotatif tersebut, terdapat empat pergeseran makna konotatif yang terdiri dari konotasi netral ke positif, konotasi netral ke negatif, konotasi negatif ke positif, dan konotasi positif ke negatif. Selain itu, beberapa makna tetap mempertahankan konotasinya. Mayoritas pergeseran adalah dari konotasi negatif ke positif. Frekuensi kata-kata unik dalam lirik lagu NIKI lebih sering muncul dalam genre seperti majalah dan buku-buku yang termasuk dalam ranah fiksi. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi bagaimana makna konotatif dalam lirik lagu NIKI berhubungan dengan konteks budaya tertentu, khususnya budaya Indonesia. Hal ini dapat melibatkan studi perbandingan antara makna konotatif dalam lagu-lagu NIKI dan lagu-lagu dari artis lain dari budaya yang berbeda untuk memahami bagaimana budaya mempengaruhi interpretasi konotatif dalam bahasa.

This study aims to identify connotative meanings of some distinctive words and phrases used in NIKI's love and heartbreak-themed song lyrics. This descriptive qualitative study uses the theory of meaning proposed by Leech (1981) and the Corpus of Contemporary American English (COCA) to confirm the uniqueness of NIKI’s word choice by examining the frequency of occurrence of the words and phrases and their collocations. The results of this study show twelve connotative meanings consisting of eight positive connotations and four negative connotations. Among these twelve connotative meanings, there are four shifts in connotative meaning consisting of neutral to positive connotations, neutral to negative connotations, negative to positive connotations, and positive to negative connotations. Additionally, some meanings retain their connotations. The majority of the shift is from negative to positive connotations. The frequency of the unique words in NIKI’s song lyrics appears more frequently in genres such as magazines and books within the realm of fiction. Further research could explore how the connotative meanings in NIKI's song lyrics relate to specific cultural contexts, particularly Indonesian culture. This may involve comparative studies between the connotative meanings in NIKI's songs and those of other artists from different cultures to understand how culture influences connotative interpretation in language."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tasya Saffana Nadhira
"Di Belanda, Spotify merupakan salah satu aplikasi untuk mendengarkan lagu. Melalui lagu penyanyi dapat mengekspresikan apa yang ingin ia sampaikan dan tidak jarang kata-kata yang digunakan mengandung majas tertentu begitu pula dengan Marco Bosato. Tugas akhir ini membahas tentang bagaimana majas metafora cinta pada empat lagu yang masuk ke dalam chart top 40 di Spotify dengan judul Zij, Hoe Het Danst, Rood dan Thuis karya Marco Borsato. Penelitian ini bertujuan untuk melihat fungsi penggunaan majas metafora dalam keempat lagu yang bertemakan cinta, keluarga, rumah, suasana hati, kebahagian, kenangan dan lainnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk menganalisis keempat lagu yang mengandung majas metafora dengan menggunakan teori dari Wiertzema dan Jansen. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa setiap lirik lagu yang dibawakan oleh Marco Borsato memiliki majas yang sarat makna di dalamnya. Metafora yang berasosiasi dengan cinta menggunakan kata-kata yang merujuk kepada warna, angin, matahari, bulan, kunci, dansa, sinar, perang, darah, duri, dan lainnya. Fungsi metafora tersebut adalah berupa fungsi U atau uitleg berfungsi memberi penjelasan, fungsi Z atau verzachten berfungsi untuk menghaluskan pesan yang disampaikan ,dan fungsi E atau estetisch berfungsi untuk memperindah makna yang diwakilinya.

In the Netherlands, Spotify is one of music streaming application. Through songs, singers could convey what they want to express. Moreover, it's not rare that singers use figure of speech, and the same goes to Marco Bosato. This final paper discusses the ways in which metaphors associated with love on Marco Borsato's four songs, titled Zij, Hoe Het Danst, Rood, and Thuis, are used. All of which also made it into the top 40 chart in Spotify. This research aims to see the function of metaphorical figures of speech in these four songs that have themes of love, family, home, mood, happiness, memories, and more. The research method used is descriptive analysis to analyze the four songs that contain metaphorical figures using the theories of Wiertzema and Jansen. The results of this study indicate that each song lyric sung by Marco Borsato has a meaningful figure in it. The metaphors associated with love use words that refer to color, wind, sun, moon, keys, dancing, light, war, blood, thorns, etc. The function of the metaphor is in the form of the function U or uitleg which functions to provide an explanation, the function Z or verzachten serves to smoothen the message conveyed, and the function E or estetisch serves to beautify the meaning it represents."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>