Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15165 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zorkoczy, Peter
Jakarta: Elex Media Komputindo, 1987
621.382 ZOR it (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Calosa
"Ketika komunikasi langsung hanya dapat dilakukan secara tatap muka, kita dengan pasti mengetahui siapa dan di mana lawan bicara kita. Saat mulai menggunakan telepon kabel, kita tahu ke mana kita mencari lawan bicara kita, tetapi kita tidak tahu pasti siapa yang akan menjawab panggilan kita. Sekarang di zaman telepon seluler, kita tahu siapa yang kita tuju, tetapi kita tidak tahu pasti di mana ia berada. Bahkan pada jaringan internet kita tidak tahu di mana dan siapa lawan bicara kita.
Di masa lalu ketika kita melihat dari sebuah jendela, kita akan selalu melihat tempat yang sama di sisi sebelah sana tanpa adanya perbedaan waktu. Saat ini hampir di setiap rumah terdapat jendela yang membawa kita melihat berbagai macam tempat dengan setting waktu yang berbeda-beda. Televisi dan internet memberi kebebasan pada kita untuk memilih ?pemandangan? yang ingin kita lihat. Video conference memungkinkan kita melihat hal yang terjadi saat ini juga di tempat yang nun jauh di sana.
Siang dan malam yang membatasi hari serta dinding yang membatasi ruang, menjadi suatu konsep yang tidak lagi pasti. Batas antara ruang publik dan ruang privat di kota menjadi semakin kabur. Dengan fleksibilitas dan mobilitas tinggi, kegiatan privat dapat dibawa ke ruang publik. Dengan konektivitas tinggi, kegiatan publik dapat dilakukan di ruang privat. Tempat bertinggal, sebagai manifestasi ruang paling privat dari manusia, perlahan-lahan mengalami transformasi seiring perubahan-perubahan yang terjadi ini.
Tulisan ini akan mengkaji hubungan antara perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masyarakat kota dengan dunia arsitektur, bagaimana teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruhnya pada cara bertinggal, dan apa yang terjadi di dalam hubungan tersebut.

When direct communication can only be done face to face, we know exactly who we are talking to and where they are. When we began to use cable telephone, we know where we are calling to, but we don?t know who?s going to pick up the call. Now in the days of mobile phones, we know who are we calling to, but we don?t know exactly where they are. Even on internet, we don‟t know who we are talking to and where they are.
Once, when we looked at the window, we would see the very same place will always there on the other side, without time differences across the glass. Right now almost in all houses there is a window which takes us see various places with various time settings. Television and internet give us freedom to choose the view we want to see. Video conference makes us possible to see things happening miles away at the very moment.
Sunrises and sunsets that defined days, and walls that bounded places became uncertain concepts. The distinction between public and private realms become more blur. With high flexibility and mobility, we bring private activities to public spaces. With high connectivity, public activities can be done in private spaces. Dwelling, as a manifestation of the most private space for human being, is slowly transformed by these changes.
This writings will analyze the relationships between the development of information and communication technology in an urban society with the architectural realm, how the information and communication technology impact how people dwells in a city, and what is really happening in that connection.
"
2008
S48400
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Demetrius Christian Israelli Kia
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan memahami keterkaitan antar variabel di dalam penerimaan terhadap teknologi mobile learning menggunakan model teori TAM. Persepsi aksesibilitas informasi IA hendak diuji efeknya terhadap niat menggunakan BI dengan dimediasi oleh persepsi kemudahan PEU dan persepsi kegunaan PU penggunaan teknologi mobile learning pada 160 siswa SMA di Jabodetabek. Analisis data dilakukan menggunakan PROCESS Macro model 6, untuk mediasi serial majemuk, untuk mengetahui efek langsung, efek mediasi, dan efek total dari IA terhadap BI. Hasil analisis menunjukkan total efek IA ke BI yang didapatkan adalah signifikan c = 1.51, p < 0.001, tetapi efek mediasi yang signifikan ab = 0.81, CI [0.2997, 1.4016] berkontribusi melebihi efek langsung yang tidak signifikan c = 0.70, p = 0123. Penemuan lain juga menyarankan bahwa posisi PEU dan PU sebagai prediktor dipertahankan dan TAM valid untuk digunakan di Indonesia.

ABSTRACT
The present study aimed to understand the linkage between variables, within the context of acceptance towards mobile learning, using the technology acceptance model theory framework. Perceived informational technology was to be tested for its effects on behavioral intention to use mobile learning technology through the mediation role of perceived ease of use and perceived usefulness in 160 high school students in Jabodetabek. Data analysis was done by using PROCESS Macro model 6 for serial multuple mediation to investigate the direct effect, mediated effect, and total effect, of IA towards BI. The analysis results show that the acquired total effect of IA towards BI is significant c 1.51, p 0.001, but the significant mediated effect ab 0.81, CI 0.2997, 1.4016 contributes more than the insignificant direct effect c 0.70, p 0123. Other findings also suggest that the positions of PEU and PU as predictors for the TAM are retained and TAM is valid for use in Indonesia. Keywords mobile learning, technology acceptance model, behavioral intention to use technology, perceived informational accessibility, educational technology."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arini
"CSCW (Computer Supported Cooperative Work) dan teknologi groupware mengizinkan individu-individu untuk berinteraksi satu sama lain yang terletak pada tempat yang sama maupun berbeda dengan menggunakan komputer (jaringan) melalui media suara, data dan gambar (video) yang dilakukan secara sinkron maupun asinkron. Cara ini dapat diimplementasikan untuk mendukung Cooperative learning dan working dalam bentuk komunikasi, sharing informasi dan diskusi antar pengajar/dosen dan pelajar/mahasiswa.
CSCW merupakan sebuah bentuk yang menggabungkan pemahaman bagaimana crang bekerjasama dalam grup menggunakan teknologi computer networking dalam kesatuan hardware, software, service dan teknik. Groupware adalah merupakan perancangan teknologi untuk memfasilitasi kerjasama grup.
Untuk mengimplementasikan CSCW dan teknologi groupware membutuhkan kebutuhan secara teknis dan non teknis guna mendukung kerja bersama tersebut, adapun kebutuhan secara teknis dipertimbangkan sebagai kebutuhan teknis untuk implementasi, sedangkan non teknis dipertimbangkan seperti faktor dan afek dari luar yang mempengaruhinya implementasi CSCW dan teknologi groupware itu sendiri.
Bentuk groupware secara sinkron yang mendukung sebuah coferecing dipilih dalam project ini guna mendukung Cooperative learning an working dengan 3 aspek aplikasinya yaitu untuk comnntnicatton, sharing information, dan decission support. Teknologi groupware tersebut adalah Openmeeting yaitu sebuah open source software yang mendukung conferencing system.
Melalui pengkajian yang mendalam pada too! ini, penulis menyimpulkan satu kelemahan Openmeeting dimana pengiriman informasi melalui email bersifat asinkron sehingga tidak diterima oleh user secara cepat. Untuk itu dikemukakan alternatif penyelesaian berupa tambahan service yaitu SMS Gateway dengan menggunakan Gammu. Perancangan dan implementasi Openmecting di tinjau dari 4 hal yaitu aspek aplikasi yang ingin diwujudkan. kebutuhan secara teknis, lapisan (layer) aplikasi dan korelasi groupware yang digunakan terhadap CSCW dan teknologi groupware. Evaluasi implementasi Openmecting dikaji menggunakan 3 penilaian yaitu evaluasi fitur, penggunaan dan manfaat yang diberikan pada 10 user.
Dari hasil evaluasi untuk penilaian secara fitur mendapatkan angka rata-Tara 4. penilaian terhadap penggunaan mendapatkan angka rata-ram 4, dan penilaian terhadap manfaat mendapat angka rata-rata 4,35. Angka-angkat tersebut menunjukkan bahwa implementasi Openmeeting memberikan hal positif dari segi fiturnya, penggunaannya dan manfaatnya.

The CSCW (Computer Supported Cooperative Work) and groupware technology allows people to interact each other through voice, data and video links in real time (as synchronously). Synchronous groupware brings together user which are geographically distributed or located at the same place via a network. This can be implemented for cooperative learning and working which can be used for communication, share information and decision support between lecturer and student.
Generally CSCW is a generic term which combines the understanding of how people work in groups using the enabling technologies of computer networking and associated hardware, software, services and techniques. Groupware is a technology designed to facilitate the work of groups.
The implementation of CSCW and groupware technology involves some technical and non-technical requirements to support the collaboration. Technical requirements consider the technical the implementation, whereas the non technical methods consider sonic external factors and impacts. Both of them influence the development of CSCW and groupware technology itself.
In this project, a synchronous groupware technology which support Conferencing has been chosen to support Cooperative learning and working by three application aspects, which are communication, sharing information and decision support. Groupware technology used in this thesis is Openmeeting, an opensource software which support conferencing system
Through depth evaluation on Openmeeting, it can be summarize that one weakness of this tool is the asynchronous information delivery through email. In order received to user. in this work an additional service using SM'.'IS Gateway used on Gammu has been added.
Considerable study on this tool, the writer has been acquired the weakness until constitute the writer to do the improvement in order to give the alternative solution about it. Additional service which the writer have done, that is SMS Gateway using Gammu.
Design and Openmeeting implementation considered from 4 aspects, those are the desirable application. technical requirement, layer application and groupware correlation used in CSCW and groupware technology. The evaluations of Openmeeting implementation has been studied using 3 assessment, which are features evaluation, utilizate evaluation and benefit evaluation by l4 users.
The evaluation result show an average values 4 for features evaluation, the average value:, 4 for utilization evaluation and the average values 4,35 for benefit evaluation. These value shows that openmecting implementation give positive effect to this project Front the features utilizing and useful aspects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24418
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yuni Nurhayati
"ABSTRAK
Sebagai salah satu lembaga negara yang lahir di era reformasi, Mahkamah Konstitusi terus berusaha menciptakan pelayanan profesional dalam mewujudkan pelayanan yang ramah, terbuka dan modern bagi masyarakat para pencari keadilan. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, berbagai upaya modernisasi dilakukan dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabillitas layanan Mahkamah Konstitusi. Salah satu terobosan dilakukan dengan membuat kebijakan pemeriksaan persidangan jarak jauh dengan menggunakan fasilitas video conference yaitu sebuah teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan dukungan bagi persidangan di MK sehingga memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk dapat melakukan persidangan tanpa harus hadir di ruang sidang Gedung MK. Namun sejak diresmikan penggunaannya pada tahun 2008 hingga saat ini pemanfaatannya masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi “Video Conference” dalam pemeriksaan persidangan, respon serta perilaku pihak-pihak yang berperkara di Mahkamah Konstitusi dan aspek eksternal apa saja yang berpotensi menghambat maupun mendorong pemanfaatannya. Dengan menggunakan pendekatan post positivis dan desain kualitatif deskriptif, penelitian ini memberikan gambaran bahwa rendahnya tingkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi “Video Conference” dalam pemeriksaan persidangan dipengaruhi oleh aspek budaya dan kepercayaan (trustworthiness) masyarakat.

ABSTRAK
As one of the state institutions that were born in the era of reform, the Constitutional Court keep trying to create a professional service that is friendly, open and modern for those whom seeking justice. In line with the developmental progress
of information and communication technology, modernization efforts are carried out with the aim of improving the efficiency, effectiveness, transparency and accountability services. One of the answer is by making a policy that allows witnesses to give evidence without the need to attend court using video conferencing facilities. Video conference is an information and communication technology which provides support for the trial to provide easy access to the public to be able to conduct the trial without the need to attend in the courtroom.
But since inaugurated in 2008 to the present utilization is still relatively low. This study aims to analyze the utilization of information and communication technology "Video Conference" in the proceedings, and the response behavior of the parties litigant in the Constitutional Court and the external aspects that could potentially inhibit or encourage it. By using a post-positivist approach and qualitative descriptive design, this research suggests that the low level of utilization of information and communication technology "Video Conference" in the proceedings is influenced by cultural aspects and beliefs (trustworthiness) community."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfi Azizi Gumay
"ABSTRAK
Dalam rangka meningkatkan pendapatan dan menjalankan strategi perusahaan dalam hal memimpin pertumbuhan bisnis broadband baru, tim bisnis secara terus menerus melakukan inovasi fitur-fitur paket broadband sesuai dengan kebutuhan pelanggan kemudian melakukan request perubahan kepada tim IT. Salah satu request perubahan tersebut adalah request terkait proyek teknologi informasi sistem ordering paket broadband. Tidak seluruh proyek teknologi informasi sistem ordering paket broadband mengalami keberhasilan. Permasalahan pada proyek tersebut antara lain adalah proyek yang melebihi target waktu dan proyek yang memiliki kualitas yang kurang diharapkan. Agar proyek teknologi informasi sistem ordering paket broadband mengalami peningkatan keberhasilan sehingga dapat membantu mencapai strategi perusahaan, maka analisis pemeringkatan faktor penentu keberhasilan proyek teknologi informasi sistem ordering paket broadband di PT Telkomsel perlu dilakukan.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan peringkat faktor penentu keberhasilan proyek teknologi informasi sistem ordering paket broadband di PT Telkomsel. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mendapatkan rekomendasi solusi terhadap permasalahan faktor-faktor penentu keberhasilan proyek. Tinjauan pustaka dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan proyek teknologi informasi di organisasi telekomunikasi. Hasil identifikasi dari tinjauan pustaka tersebut kemudian divalidasi oleh pakar manajemen proyek dan narasumber pemangku kepentingan proyek yang diteliti. Faktor-faktor penentu keberhasilan tersebut kemudian dilakukan pemeringkatan melalui kuesioner pairwise comparison yang diolah dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan pengguna dan komunikasi yang efektif adalah faktor penentu keberhasilan yang paling penting diikuti kemampuan dan motivasi tim, manajemen dan metodologi proyek, kemampuan dan kepemimpinan manajer proyek, requirement management, tujuan proyek yang jelas, dan dukungan manajemen puncak dan budaya organisasi

In order to increase revenue and run the companys strategy in terms of leading the growth of the new broadband business, the business team continuously innovates broadband package features according to customer needs and then requests a change to the IT team. One of the change requests is a request related to the information technology project for broadband package ordering system. Not all information technology projects for broadband package ordering systems have been successful. Problems with the project include projects that exceed the target time and projects that have less expected quality. In order for the information technology project for broadband packet ordering system at PT Telkomsel to be more successfull so that it can help achieve the companys strategy, an analysis of the ranking of critical success factors of the information technology project for broadband packet ordering system at PT Telkomsel needs to be done.
This research was conducted to obtain a rank of critical success factors of information technology project for broadband packet ordering system at PT Telkomsel. In addition, this research was also conducted to obtain recommendations for solutions to the problems of critical success factors of information technology project for broadband packet ordering system at PT Telkomsel. The literature review was conducted to identify the critical success factors of information technology project in telecommunications organizations. The results of the identification from the literature review were then validated by project management experts and stakeholder of the project studied. The critical success factors then ranked through a pairwise comparison questionnaire which was processed using the Analytic Hierarchy Process (AHP) method. The results of this study indicate that user involvement and effective communication are the most important critical success factors followed by team capability and motivation project management and methodology project managers capabilities and leadership, requirements management clear project goals , and top management support and organizational culture "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Smale. P.H.
Allandoad: Wheeler, 1983
621.38 SMA t I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Taub, Herbert
New York: McGraw-Hill, 1989
621.38 TAU p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Richardus Eko Indradjit
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2001
658.403 8 RIC m;658.403 8 RIC m (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>