Ditemukan 58943 dokumen yang sesuai dengan query
Akmal Fauzan
Depok: Universitas Indonesia, 2005
S29046
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 2005
S28508
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Pada struktur yang memiliki berat sendiri cukup ringan seperti konstruksi kayu, diperoleh suatu keuntungan dimana struktur tersebut hanya menyerap gaya gempa yang kecil dan sedikit sehingga dalam memperhitungkan kestabilan dari struktur, akibat gaya gempa ini dapat diabaikan. Oleh karena itu perhitungan kestabilan struktur tersebut hanya akan ditinjau terhadap beban mati, beban hidup serta akibat beban angin. Oleh karena itu, dimodelkan suatu struktur kayu dengan menyusun kayu-kayu kaso pada jarak tertentu yang diperkuat dengan pengaku serta pelat multipleks yang berfungsi sebagai portal utama dari struktur bangunan tersebut. Peninjauan kekuatan dan kestabilan dari struktur ini akan ditinjau dari lendutan yang timbul akibat pembebanan-pembebanan di atas dalam kondisi 2 dimensi, yaitu peninjauan dalam bentuk portal bidang (plane frame). Analisa lendutan tersebut dilakukan dengan mempergunakan metode matriks dengan konsep stiffhes analysis yang diaplikasikan dalam program GT-STRUDL. Keuntungan yang diharapakan dari hasil pemodelan ini, antara lain karena bahan kayu kaso dengan ukurannya yang standar sehingga mudah diperoleh di pasaran, pengerjaan struktur kayu relatif cepat, serta karena berat sendiri struktur yang relatif ringan sehingga dapat diharapkan penghematan pada ukuran pondasi, disamping ditinjau dari segi artistik memberikan kesan yang lebih baik dibandingkan dengan bangunan yang mempergunakan material lain."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34941
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adrian Ahmad Riza
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38518
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38540
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
TELAAH 30:1 (2012)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38509
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dedi Permadi
"Pada skripsi ini dibuat sebuah sistem kendali tertutup dengan menerapkan logika fuzzy sebagai pengendali. Sistem ini dibuat untuk menguji algoritma real-time reasoning fuzzy controller yang diterapkan pada sistem kendali posisi motor do berbasis komputer. Sistem yang dikendalikan diimplementasikan berupa gerakan rotasi satu dimensi. Perangkat keras yang digunakan dalam skripsi ini, terdiri dari empat bagian utanu, yaitu antarmuka PC, rangkaian pengubah sinyal (ADC dan DAC), penggerak motor dan sensor. Antarmuka PC berfungsi untuk mengatur pengalamatan dan jalur data antara perangkat keras dan perangkat lunak. Sensor berfungsi untuk memberikan masukan pada perangkat lunak fu=ry, melalui antar-muka PC, kemudian pengendalifuzzy memberikan keluaran pada penggerak motor. Sinyal yang keluar dari sensor adalah sinyal analog, untuk itu perlu diubah menjadi sinyal digital oleh ADC sebelum masuk ke komputer. Sebaliknya, sinyal yang keluar dari komputer adalah sinyal digital dan harus diubah menjadi sinyal analog untuk dapat dipakai oleh penggerak motor. Perangkat lunak dalam sistem ini digunakan sebagai antarmuka pemakai dengan sistem untuk melakukan fungsi-fungsi seperti menset sistem untuk inisialisasi, menjalankan algoritma pengendali fuzzy berdasarkan sinyal input yang masuk ke dalam bus data, mengeluarkan sinyal pengendali yang sesuai kepada penggerak motor melalui DAC, memasukkan komposisi Memori Assosiatif Fuzzy, memonitor tanggapan waktu sistem dan melakukan analisis respons sistem. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa penerapan pengendali fuzzy pada sistem kendali posisi gerakan rotasi satu dirnensi ini dapat menurunkan overshoot dan mengurangi galat tunak."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S38800
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ardhi Putra Pratama
2012
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Nada Wahyudhia
"Pada sistem tenaga listrik, terdapat tiga komponen penting yang berperan dalam menyalurkan energi listrik, yaitu sistem pembangkitan, transmisi, dan distribusi. Dalam beberapa kasus, digunakanlah saluran hibrida yang menggabungkan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dan saluran kabel bawah tanah (SKTT) dengan pertimbangan tertentu seperti keterbatasan biaya dan pertimbangan lingkungan. Namun, perbedaan karakteristik antara kedua jenis saluran tersebut dapat menyebabkan kesalahan dalam deteksi lokasi gangguan. Untuk meningkatkan keandalan sistem, digunakan sistem proteksi yang bertugas mengamankan sistem tenaga listrik dengan melakukan identifikasi dan pemindaian terhadap gangguan yang terjadi, sehingga dapat meminimalisasi kegagalan pasokan listrik yang dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. Dilakukan pengujian antara relai jarak dengan relai gelombang berjalan untuk mendeteksi lokasi gangguan menggunakan perangkat lunak MATLAB. Data hasil simulasi menunjukkan Rata-rata persentase kesalahan deteksi lokasi gangguan pada sistem gelombang berjalan ujung tunggal adalah sekitar 1,12%, sedangkan pada sistem gelombang berjalan ujung ganda hanya sekitar 0,36%. Di sisi lain, relai jarak menunjukkan tingkat kesalahan yang jauh lebih tinggi, dengan rata-rata sekitar 33,73%. Dari penelitian ini terungkap bahwa sistem proteksi gelombang berjalan ujung ganda lebih efektif dalam mendeteksi lokasi gangguan dibandingkan dengan sistem gelombang berujung tunggal dan sistem proteksi relai jarak.
In the electrical power system, there are three crucial components that play roles in delivering electrical energy, namely generation, transmission, and distribution systems. In some cases, hybrid channels combining high-voltage overhead lines (SUTT) and underground cable channels (SKTT) are utilized with certain considerations such as cost limitations and environmental concerns. However, differences in characteristics between these two types of channels can lead to errors in fault detection. To enhance system reliability, a protection system is employed to secure the power system by identifying and scanning disturbances that occur, thus minimizing power supply failures that could lead to system instability. Testing is conducted between distance relays and traveling wave relays to detect fault locations using MATLAB software. Simulation data shows that the average error percentage of fault location detection in the single-ended traveling wave-based system is approximately 1.12%, while in the double-ended traveling wave-based system it is only about 0.36%. On the other hand, distance relays exhibit a much higher error rate, averaging around 33.73%. This research reveals that the double-ended traveling wave protection system is more effective in detecting fault locations compared to the single-ended traveling wave system and the distance relay protection system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library