Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13998 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Trisnowati Affandi
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1980
S16654
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Doddy Rizky
"Persediaan merupakan aset perusahaan yang sangat penting, terutama bagi badan usaha industri maupun yang bergerak di perdagangan. Karena posisi persediaan sebagai aset yang sangat penting bagi perusahaan, maka harus dilakukan sistem informasi akuntansi yang baik untuk mengelola persediaan serta dapat meminimalisir kecurangan. Tujuan dari studi mandiri ini adalah menganalisis sistem informasi akuntansi yang telah dijalankan, manfaatnya terhadap pengendalian internal persediaan perusahaan beserta kendala dan upaya dalam pelaksanaannya. Studi mandiri ini menggunakan metode kajian kepustakaan, kajian didasarkan pada hasil penelitian penelitian terdahulu terkait sistem informasi akuntansi persediaan dan pengendalian internal perusahaan. Pada era globalisasi ini sistem informasi akuntansi sangat berpengaruh dalam pengembangan perusahaan. Akan tetapi semakin banyak persediaan yang dimiliki perusahaan maka pada akhirnya sumber daya manusia juga akan memakan waktu yang lebih lama dalam menyiapkan laporan persediaan kepada manajemen, sehingga diperlukan adanya sistem informasi persediaan yang dapat membantu mengelola data menjadi informasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi dalam perencanaan, pengendalian, dan pengoperasian suatu kegiatan. Agar operasional perusahaan berjalan lancar dan visi-misi perusahaan dapat terlaksana, maka dibutuhkan pengendalian internal persediaan. Adanya sistem informasi akuntansi persediaan dapat mendukung manajemen dan pengendalian persediaan. Dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak tidak signifikan berpengaruh terhadap pengendalian intern persediaan barang, sedangkan sistem informasi akuntansi persediaan barang yang terkait dengan sumber daya manusia prosedural, basis data dan jaringan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal persediaan barang.

Inventory is a very important company asset, especially for industrial business entities and those engaged in trading. Due to the position of inventory as a very important asset for the company, a good accounting information system must be carried out to manage inventory and can minimize fraud. The purpose of this independent study is to analyze the accounting information system that has been implemented, its benefits to the company's internal inventory control and the constraints and efforts in its implementation. This independent study uses a literature review method, the study is based on the results of previous research studies related to inventory accounting information systems and company internal controls. In this era of globalization, accounting information systems are very influential in company development. However, the more inventory the company has, in the end human resources will also take longer in preparing inventory reports to management, so an inventory information system is needed that can help manage data into information that is in accordance with management needs. Accounting information system is a system that processes data and transactions to produce information in planning, controlling, and operating an activity. In order for the company's operations to run smoothly and the company's vision and mission to be carried out, internal inventory control is needed. The existence of an inventory accounting information system can support inventory management and control. Several previous studies have shown that the inventory accounting information system related to hardware and software does not significantly affect the internal control of inventory, while the inventory accounting information system related to procedural human resources, databases and communication networks has a significant effect on internal control of goods inventory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jusuf Sudibyo
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1970
S16304
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lily Melita; Yvone Augustine S.
"Sistem Informasi Akuntansi merupakan sarana yang penting di dalam memperlancar dan mengarahkan kegiatan sehari-hari serta pengambilan keputusan. Dengan diterapkannya Sistem Informasi Akuntansi akan memberi manfaat bagi perusahaan terhadap masalah operasi, hingga pelayanan dan pengelolaan menjadi Iebih efisien, ekonomis dan efektif. Untuk memenuhi kebutuhan intormasi yang baik bagi pihak dalam dan luar perusahaan PT. Matan telah menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan. Adapun salah satu diantaranya adalah Sistem Informasi Akuntansi.
Sistem Ìnformasi Akuntansi seperti halnya struktur organisasi merupakan bagian dan sistem informasi manajemen PT. Matan. Selain ditujukan untuk pendukung pengoperasian dan pengusahaan juga untuk mendukung kebutuhan permintaan data dan sistem informaSi manajermen tingkat yang lebih atas. Sistem Informasi Akuntansi di PT. Matan pada dasarnya digunakan untuk menyajikan informasi guna mendukung operasi harian, pengambilan keputusan dan yang berkenaan dengan kepengurusan. Meskipun SIA Matan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasi perusahaan yang ekonomis, bukan berarti bahwa SIA dapat memecahkan seluruh permasalahan operaional.
Hasil temuan menunjukkan bahwa biaya overhead yang dibebankan per klien ditentukan berdasarkan biaya total yang dikurangi dengan biaya langsung, bukan merupakan biaya overhead yang sesungguhnya dimana nilainya mencapai 80 - 90 % total cost. Akibat besarnya biaya overhead hasil pembahasan menunjukkan timbul kerugian atas order pelanggan tertentu yang mengakibatkan terjadi penurunan laba perusahaan. Adapun masalah yang berkaitan dengan SIA pada umumnya berkaitan dengan perancangan sistem yang perlu ditingkatkan dan perlu dibuatnya beberapa aplikasi sistem tambahan. Setelah dilakukan pembahasan dipiIih alternatif usulan tambahan untuk program aplikasi komputer dengan menyertakan cara penentuan pembebanan tarif biaya overhead.
Sebagai tindak lanjut dan usulan tersebut telah diberikan Saran yang diharapkan dapat mempercepat dan mengamankan pengembangan Sistem Informasi Akuntansi. Saran-saran tersebut antara lain perlu dibuat tambahan pengendaIian baik akuntansi maupun administrasi komunikasi yang baik antar departemen agar dapat diperoleh data yang sesungguhnya untuk didistribusikan, dibutuhkan pelaksana yang mampu membuat program aplikasi dan menggunakannya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astaria Widiati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S19363
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Waldeni Virgo
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
S19370
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Bagus Kresna
"Pada saat perusahaan kecil berkembang menjadi besar, proses organisasi menjadi semakin rumit dan bidang tanggung jawab managerial menjadi semakin luas. Pada saat itulah diperlukan adanya sistem akuntansi manajemen, yang memusatkan perhatiannya pada pelaporan bagi managemen guna keperluan evaluasi. Skripsi ini bertujuan meningkatkan pemahaman pembacanya bagaimana suatu sistem akuntansi pertanggungjawaban dapat berguna bagi peningkatan kualitas managerial control. Metoda penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi adalah penelitian literatur dan penelitian lapangan pada suatu perusahaan manufaktur yang menerapkan sistem akuntansi pertanggung-jawaban. Pada penelitian lapangan data-data didapatkan dari mempelajari manual perusahaan, struktur organisasi, dari observasi langsung terhadap kegiatan pabrik dan kantornya, serta dari tanya jawab dengan pihak yang berkompeten dalam perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kelemahan pada struktur organisasi perseroan, yaitu tidak terlihatnya sebuah departemen pada bagan struktur tersebut. Perusahaan juga belum menetapkan budget bagi sebagian unit-unit dalam organisasinya, dan laporan pertanggungjawaban yang merupakan ciri khas sistem akuntansi pertanggungjawaban juga belum terdapat pada perusahaan. Hal-hal tersebut menimbulkan kesulitan bagi managemen perusahaan dalam melaksanakan pengendalian biaya-biaya. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa masih banyak hal-hal yang hams diperbaiki pada sistem akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan pada perusahaan. Langkah yang dapat ditempuh antara lain; memperbaiki struktur organisasi perseroan agar mencerminkan seluruh unit pertanggungjawaban pada perusahaan. Suatu budget hams dipersiapkan bagi tiap-tiap unit pertanggung jawaban, baik bagi keperluan planning maupun control. Langkah berikutnya, perusahaan dapat menggunakan laporan pertanggungjawaban yang berjenjang, yang merupakan feedback bagi setiap manager atas hasil-hasil aktual dimana mereka bertanggungjawab."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18906
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debrina Rosalyn
"Laporan magang ini membahas tentang implementasi sistem informasi akuntansi SIA beserta pengendalian internal di PT SAF Tbk. Ruang lingkup pembahasan difokuskan pada siklus pengeluaran untuk kegiatan perdagangan. Penyusunan laporan magang ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada laporan magang ini, implementasi SIA di PT SAF Tbk telah memenuhi tiga fungsi utama SIA melalui ketersediaan seluruh komponen SIA. Namun, penerapan SIA di PT SAF Tbk belum menghasilkan informasi yang berkualitas, ditunjukan dengan permasalahan-permasalahan yang muncul di setiap komponen SIA dan ketidakefektivan pengendalian internal. Penulis memberikan saran untuk improvisasi kepada PT SAF Tbk yang ditujukkan untuk setiap permasalahan yang muncul serta prinsip pengendalian internal yang belum terpenuhi.

This report examines implementation of Accounting Information System AIS and information system control in PT SAF Tbk. Analysis and discussion is narrowed to expenditure cycle in trading section. Data were collected by individual observation and user interview. Result of this report indicates that PT SAF Tbk conducts sufficient practice of AIS to satisfy its three main function by implementing full existence of AIS components. However, in further explanation, the implementation of AIS does not meet criterias to produce qualified information, evidenced by issuess in each of AIS rsquo components and ineffective internal control. Writer suggests recommendations for improvement to PT SAF Tbk in order to achieve the best practice of AIS and internal control for its business activities.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Deasy Novayanti
"Selama ini lembaga pelayanan kesehatan selalu berusaha berjuang melawan berbagai macam tekanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien, untuk memenuhi peningkatan permintaan pelayanan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat atas pentingnya kesehatan yang umumnya belum sepenuhnya menggunakan sistem komputerisasi.
Untuk mengurangi kelambanan melakukan tindakan medis dan tuntutan mal praktek dari pasien, lembaga rumah sakit hares dapat melakukan dengan cepat suatu tindakan medis dan mempertanggung j awabkan tindakan yang telah diambil selama proses pelayanan. Komputer dapat memainkan peranan yang penting tidak raja buat kenyamanan pasien, tapi juga mempermudah kerja petugas rekam medik, dokter dan perawat. Sebelumnya sudab lama komputer telah membantu rumah saldt dalam operasi bisnisnya, misalnya dalam pelayanan administrasi, manajemen stratejik, system billing, dan lain-lain.
RS Atang Senjaya sangat menyadari perlunya penyediaan jasa pelayanan yang berorientasi pada pasien. Walaupun merupakan rumah sakit milik pemerintah, usaha untuk memperbaiki kondisi pelayanan yang masih belum terkomputerisasi tetap menjadi agenda utama. Salah satu usaha yang dilakukan adalah menyediakan sistem komputerisasi untuk bagian rekam medik.
Saat ini sistem informasi rekam medik yang digunakan bersifat manual dan hanya menggunakan bantuan kertas untuk mnyimnpan data-data medic. Pemerosesan data secara manual ini selain bersifat tidak efisien dan efektif juga mengakibatkan Ienyapnya informasi dikarenakan berkas rekam medik hilang.
Untuk itu rumah sakit membutuhkan analisa atas sistem rekam medik yang ada saat Untuk program jangka pendek, RS Atang Senjaya akan membangun sistem sistem komputerisasi yang belum terintegrasi sepenuhnya dengan sistem lain di rumah sakit. Sistem komputerisasi ini diharapkan dapat mengatasi masalah tidak adanya back-up data rekam medik yang sangat dibutuhkan apabila berkas rekam medik hilang atau sedang tidak berada di tempatnya dan tidak terorganisir dengan baiknya penomoran rekam medik bagi pasien dari bagian registrasi dengan bagian rekam medik.
Dalam melakukan analisis sistem, pemodelan proses dibuat dalam bentuk event diagram untuk tiap-tiap proses dan dibuat sebuah Context Data Flow External Agents yang berhubungan dengannya. Sebagai penggabungan selumh event diagram secara rinci dibuat Data Flow Diagram (DFD). Beberapa proses yang memiliki sub proses digambarkan pula dalam bentuk Decomposition Diagram. Pemodelan data dilakukan dengan menggambarkan sebuah Entity Relationship Diagram (ERD). Selain itu, dibuat juga dokumentasi atas proses, data flow, dan data store sebagai kamus data.
Sebagai kesimpulan, system informasi rekam medik rawat inap yang akan dibangun harus mengubah prosedur dasar yang selama ini digunakan agar sejalan dengan penggunaan komputer dalam prosesnya. Setelah ditemukan usulan sistem yang cocok, maka untuk diimplementasikan dan dioperasikan secara keseluruhan hams disertai dengan tahap pembangunan fisik komputer dibeberapa bagian dalam sistem rawat imp RS Atang Senjaya. Disarankan agar pengembangan yang akan dilakukan terintegrasi dengan sistem-sistem yang lain dalam rumah sakit agar penggunaan teknologi komputer dapat dimanfaatkan dengan baik dan memuaskan, serta dapat membantu rumah sakit untuk menjaga kualitas pelayanan dan memperoleh loyalitas pasien untuk berobat serta memperoleh potensial pasien yang banyak."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T15596
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riki Fauzi
"Pada dunia bisnis pada saat ini, perusahaan secara berlomba-lomba mencapai peringkat "Market Leader" dalam bisnisnya termasuk perusahaan otomotif. Semakin berkembangnya perusahaan otomotif ditambah dukungan pemerintah menyebabkan semakin tingginya kebutuhan akan pengendalian internal. Di dalam lingkungan organisasi PT. TPN, pengendalian internalnya masih banyak kekurangan walaupun secara umum dapat dikatakan baik. Sistem otorisasi masih belum begitu diterapkan, masih banyak dokumen terutama pada transaksi penerimaan kas tidak diotorisasi oleh staf yang berwenang. Selain itu, belum dilakukannya pemisahaan tugas antara pihak yang menerima dan mencatat penerimaan uang dengan pihak yang menyetorkannya ke Bank, hal ini dapat menimbulkan penggelapan uang. Serta, masih adanya ketidakcukupan dokumen pendukung atas transaksi (juga paling banyak di bagian penerimaan uang), sehingga menyulitkan didalam mengklasifikasikan jenis penerimaan serta sebagai lampiran bukti terhadap absah tidaknya transaksi. Untuk lebih mengoptimalkan pengendalian internal pada PT. TPN, hendaklah PT.TPN melakukan rancangan ulang sistem pengendalian internalnya, terutama yang berkaitan dengan hal otorisasi, kelengkapan dokumen, dan pemisahan tugas. Dengan demikian, pengendalian internal dapat lebih efektif sehingga memudahkan managemen dalam mengatur dan mengembangkan perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1998
S19293
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>