Ditemukan 205497 dokumen yang sesuai dengan query
Asih Wijayanti
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
S19109
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Pulungan, Irzan Hanafiah
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1999
S19180
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17882
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sunarti
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tobing, Johnny Marihot
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16987
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Luthgardis Nita Yenny
"Target biaya merupakan suatu manajemen biaya yang bertujuan untuk mengurangi biaya produk secara keseluruhan sepanjang siklus hidup produk yang bersangkutan. Dalam penerapan target biaya, biaya yang digunakan adalah biaya target yaitu biaya yang berdasarkan pada pasar, artinya harga jual produk ditentukan berdasarkan keinginan pasar atau konsumen, baru kemudian perusahaan melaksanakan perencanaan biaya berdasarkan biaya yang sudah ditetapkan (harga jual dikurangi dengan target profit, PPN, bunga kredit). Tujuan utama dari target biaya adalah untuk mengurangi biaya produk pada tahap perencanaan atau desain suatu produk karena tahap ini akan mempengaruhi biaya produk selanjutnya. Konsep perencanaan biaya merupakan tujuan dari diterapkannya target biaya tersebut. Konsep ini meliputi tiga bagian utama yaitu pengurangan resiko pada pengenalan produk baru, proses pengembangan produksi yang lebih cepat, dan pengurangan biaya produk secara keseluruhan. memiliki empat aktivitas utama yaitu pembelian, si, penjualan, serta administrasi dan akuntansi. PT XYZ produk- Penerapan target biaya tersebut dimulai dengan menganalisa biaya-biaya yang terjadi pada aktivitas tersebut, mengalokasikan biaya-biaya tersebut per produk, menganalisa dan mengeliminasi aktivitas-aktivitas non value added yang terjadi, kemudian baru merencanakan biaya per produk yang dihasilkan oleh PT XYZ. Penerapan target biaya pada perusahaan menyebabkan PT XYZ mampu berbicara cukup banyak dalam bidang industri plastik, serta mampu bersaing dengan pesaingnya dengan menyediakan produk yang harganya cukup murah (mampu dijangkau oleh konsumen) namun dengan kualitas yang terjamin."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18832
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Zulfathia Nurrahmawati
"Biaya lingkungan merupakan dampak yang timbul dari sisi keuangan maupun non-keuangan yang harus ditanggung perusahaan sebagai akibat dari kegiatan yang mempengaruhi kualitas lingkungan.Penelitian ini memberikan penjelasan mengenai proses penyusunan laporan biaya lingkungan yang dimiliki oleh PT ABC dengan menggunakan pedoman GRI-G4 sebagai dasar analisis aktivitas lingkungan dan IFAC sebagai pedoman dalam mengidentifikasi sampai penyusunan laporan biaya lingkungan. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan PT ABC dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT ABC belum dapat menyusun Laporan Biaya Lingkungan secara akurat, namun perusahaan telah mencoba untuk dapat menyusun laporan tersebut agar dapat disajikan dengan lebih baik.
Environmental costs are the effects of the financial and non-financial that must be borne by the company. These costs are caused by activities that affect environmental quality. This study provides an explanation of the process of preparing of the environmental cost report of PT ABC by using GRI-G4 and IFAC. GRI-G4 guidelines used as the basic analysis of environmental activities and IFAC as a guidelines to identify the environmental costs up to preparation of a environmental cost report . The method used in this research is a case study by collecting the data through interviews with PT ABC and documentation study. The results indicate that the PT ABC has not been able to perpare environmental cost report accurately, nevertheless the company has been trying to compile the report in order to make it more representable."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S66777
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nita Yosita Hawadi
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S17011
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sawitri Handayani
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17112
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Eka Pratiwi
"Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan full cycle costing pada PT. Astra Daihatsu Motor. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa PT. Astra Daihatsu Motor menerapkan full cycle costing dengan tiga teknik utama. Tiga teknik utama adalah target costing, product-specific kaizen costing, general kaizen costing, sedangkan teknik pendukung adalah product costing. Target costing merupakan teknik pelaksanaan cost reduction pada tahap design dan development, specific kaizen costing pada tahap trial production, sedangkan general kaizen costing dilaksanakan pada tahap produksi. Product costing adalah teknik pendukung untuk mempermudah kegiatan full cycle costing.Dengan semakin baik pelaksanaan full cycle costing, diharapkan perusahaan dapat lebih menekan biaya produksinya dan meningkatkan profit perusahaan.
The objective of this research is to understand how PT. Astra Daihatsu Motor applies full cycle costing. This research uses field observation method. The result of this research shows that PT. Astra Daihatsu Motor applies full cycle costing with three main techniques and one supporting technique. The three main techniques are target costing, product specific kaizen costing, and general kaizen costing, while the supporting technique is product costing. Target costing is a cost reduction technique that is applied in design and development phase, product specific kaizen costing is a cost reduction technique that is applied in trial production phase, and general kaizen costing is a cost reduction technique that is applied in production phase. Product costing is a supporting technique used to help full cycle costing activity. With better full cycle costing, hopefully the company can get more cost reduction and profit."
Lengkap +
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2012
T31447
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library