Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5935 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Taylor, D.A.
London: Butterworth-Heinemann, 1980
625.824 TAY m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Quartermaine, Peter
London: Academy Group and National Maritime Museum, 1996
623.81 QUA b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Erish Azhari
"Kaum nelayan masih menduduki taraf ekonomi masyarakat lapisan bawah, hal ini dikarenakan tingkat produktifitas hasil lautnya yang minim dan tidak didukung dengan sarana penangkapan ikan yang baik. Beberapa cara dilakukan pemerintah guna meningkatkan taraf kehidupan nelayan, seperti pemberian kredit motor beserta alat tangkapnya. Tetapi hal tersebut tidak banyak membuahkan hasil. Hasil tangkapan para nelayan masih minim, dikarenakan nelayan harus berusaha lebih giat lagi untuk membayar kredit ditambah lagi motor dan unit propulsi yang butuh perawatan mahal dan mudah rusak. Penggunaan motor tempel atau 'z' peller, harganya sangat mahal, dan sangat tidak cocok untuk kaum nelayan yang tergolong kurang mampu dalam pengadaannya. Selain itu pemakaian poros propeller yang panjang dianggap tidak efisien. Dengan menggunakan unit propulsi dengan transmisi rantai, diharapkan harga dapat ditekan seminimal mungkin, mudah dalam perawatannya, menghemat ruangan, mesin mendapat pendinginan yang baik, serta handal.

The fisherman is still become the marginal economic society, it is caused by the minimum income of production at the sea, and they don't have a good facility for fishing. The government has done many ways to raise the social economics of the fisheries, but it can't make any changes. The fisherman's production income is still not satisfied, it may be caused by the propulsion unit of the ship that need serious care to maintain and easy to spoilt. The outboard engine or 'z' peller has an expensive price and not suitable for the fisherman, and using the long ass of propeller is not efficient. By utilizing the chains transmission of ship propulsion the price can be stressed at the minimum, easy maintenance, larger of space hold, good engine cooling, andreliable."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52152
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eyres, David J.
Oxford: Butterworth-Heinemann, 2001
623.8 EYR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Eyres, David John
Amsterdam: Butterworth-Heinemann, 2012
623.82 EYR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rawson, K.J.
Oxford: Butterworth-Heinemann, 2001
623.81 RAW b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hughes, Owen F
New York: John Wiley & Sons, 1983
623.81 HUG s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Santoso
"Naiknya harga baja di dunia yang disebabkan oleh krisis global, sangat membebani perusahaan galangan kapal. Untuk itu penggunaan baja harus dikurangi seminimal mungkin. Salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi koefisien blok kapal. Optimasi koefisien blok dapat dilakukan untuk semua jenis kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari ukuran utama kapal yang optimal dan meminimalisir biaya pengadaan pada proses pembuatan kapal. Data diambil dari PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), yaitu kapal yang sudah dibangun dengan tipe cargo semi container. Untuk mempermudah dalam pengolahan data maka peneliti menggunakan bantuan software maxsurf.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa daerah optimal berada pada varian 3. Dengan selisih total biaya pengadaan sebesar Rp 1,024 milyar, hal ini membuktikan bahwa bertambahnya koefisien blok kapal akan berakibat bertambahnya hambatan kapal sehingga bertambah pula biaya pengadaan instalasi tenaga penggerak. Sedangkan dampak pada biaya pengadaan baja semakin berkurang, hal ini dikarenakan dengan koefisien blok yang besar tingkat kerumitan dalam pembangunan semakin berkurang.

World crisis effects the development of steel rate. It impedes the business of ship building. Therefore, the usage of steel must be decreased. The alternative way is by optimizing the block coefficient of ship. It can be done by all variants. The goal of this research is to find out the main calculation of ship optimally. The data is taken from PT. Dok and Perkapalan Kodja Bahari (Persero) that the ship has established by the type of cargo with semi container design. The writer uses the maxsurf software in order to easier the writer in analyzing the data.
The result of this research proves that the optimal area appears in 3rd variant. The difference result can be seen from the cost provided with the amount of 1.024 million rupiah. It proves the increasing the block coefficient of ship that causes the increasing of resistance. Therefore, it causes the increasing of the installation cost provided in main spring. In contrast, the effect of the steel cost provided is getting decrease.. It is because the high degree of block complexity in establishing is also getting decrease.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51000
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fendra Agusta
"Indonesia sebagai negara kepulauan sangat bergantung kepada transportasi laut. Penggunaan transportasi laut yang efektif dan efisien adalah salah satu faktor utama untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Untuk itu, pengoptimalan transportasi laut adalah hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Salah satu usaha pengoptimalan tersebut adalah dengan menggunakan kapal pelat datar semi-trimaran. Secara teori, bentuk lambung kapal yang semi-trimaran dan menyerupai water tunnel akan menyebabkan stabilitas kapal menjadi lebih baik. Pengecekan sesuai dengan standar Internasional diperlukan untuk membuktikan teori ini. Apabila terbukti, maka dengan sistem propulsi yang lebih efisien serta stabilitas yang lebih baik, kapal pelat datar semi-trimaran adalah solusi yang tepat untuk transportasi laut Indonesia yang lebih optimal.

Indonesia as an archipelago relies heavily on sea transport. The use of sea transport effectively and efficiently is one of the main factors to improve the economy. Therefore, optimization of marine transportation is very necessary. One way to optimize it is by using semi trimaran flat hull ship. In theory, the shape of the semi trimaran hull which resembles a water tunnel will lead to increased stability of the ship. Checking compliance with international standard is necessary to prove this theory. If proven, with more efficient propulsion system and better stability, semi trimaran flat hull ship is the right solution for Indonesia rsquo s better sea transportation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S66066
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dage, John H. La
Cambridge, UK: Cornell Maritime Press, 1953
623.824 DAG m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>