Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 45816 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sarumpaet, J.P. (Jan Pieter)
Melbourne: Sahata, 1977
499.215 SAR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Napitupulu, Posma Prima
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara student engagement dan perceived classroom structure siswa SMA pada tiga matapelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Pengukuran terhadap student engagement menggunakan alat ukur School Engagement Measure-McArthur (Fredricks, et al., 2005) dan pengukuran terhadap perceived classroom goal structure menggunakan skala Perception of Classroom Goal Structure dari alat ukur Patterns of Adaptive Learning Survey (Midgley, et al., 2000). Jumlah partisipan yang diperoleh sejumlah 188 siswa kelas 11 SMA yang bersekolah di Jabodetabek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga dimensi student engagement, yaitu behavioral, emotional dan cognitive engagement memiliki hubungan yang signifikan dengan perceived classroom goal structure pada seluruh matapelajaran. Menggunakan multiple regression analysis diketahui bahwa tipe perceived classroom goal structure, yang memberikan sumbangan terbesar terhadap adalah tipe persepsi classroom mastery goal structure. Berdasarkan hasil tersebut, student engagement siswa dapat ditingkatkan dengan membentuk kelas yang memiliki clasroom mastery goal structure.

The purpose of this study was to investigate whether there was a relationship between student engagement and perceived classroom goal structure of high school grade students in Math, Bahasa and English subjects. Student engagement was measured using the School Engagement Measure-McArthur (Fredricks, et al, 2004) and student?s perceived classroom goal structure was measured using the Perception of Classroom Goal Structure scale of the Pattern of Adaptive Learning Survey (PALS) (Midgley, et al., 2000). A total of 188 eleventh grade students from schools in the Jabodetabek area participated in this study.
Results show that there was an overall significant correlation between the three student engagement dimensions (behavioral, emotional, and cognitive) and student?s perceived classroom goal structure. Using multiple regression analyses, the study shows that perceptions of a classroom mastery goal structure contributed the most to student engagement. Result of the study implies that student engagement can be increased in a classroom with a mastery goal structure.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S53037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budhi Paramita
Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia , 1977
330.9 BUD o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2007
410 Bah
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Balai Pustaka, 1988
I 499.25 T 40
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Balai Pustaka, 1993
499.221 TAT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sutan Takdir Alisjahbana
Djakarta: Pustaka Rakjat, 1954
499.2 SUT b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Grasindo, 1991
499.28 KER t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Valerie Joan
"Penelitian ini membahas penerjemahan dua buah lagu rohani Kristen berbahasa Jerman yang terdapat dalam buku lagu “Deutsche Volkslieder” ke dalam buku lagu rohani berbahasa Indonesia “Kidung Jemaat”. Kedua lagu yang menjadi korpus data penelitian memiliki tema yang sama, yaitu ungkapan rasa syukur dan penyembahan kepada Tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pergeseran bentuk dan makna, serta makna yang hilang dalam hasil terjemahan lagu rohani Jerman ke dalam bahasa Indonesia. Hasil analisis terjemahan kedua lagu tersebut menunjukkan bahwa tujuan dari lagu tersebut dapat tetap tersampaikan, meskipun ada pergeseran makna dan bentuk yang dilakukan oleh penerjemah.

The focus of this research is the analysis of two German gospel song lyrics taken from the “Deutsche Volkslieder” songbook which are translated into Indonesian in “Kidung Jemaat”. The topic of the two songs mentioned above is the same, which is worship and expressions of gratitude towards God. The purpose of this research is to identify the shifts, notably the shifts of structure meaning that happened in the process of translation. The song lyrics will be analyzed using the theory of component of meaning by Larson, Simatupang’s theory on shifts in translation, as well as translation of poetry by Lefevere. The result of this analysis shows that the purpose of a song would still be delivered , even when there are shifts of meaning and structure occurred in one song translation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kharisma Ulinnuha
"Agramatisme pada pasien afasia salah satunya ditandai dengan gejala gangguan produksi
verba dalam tuturan spontan (Goodglass, 1976 dalam Centeno dan Obler, 2001). Klaim
tersebut kemudian dikembangkan dalam penelitian berbagai bahasa termasuk yang
dilakukan oleh Rossi & Bastiaanse (2008) dalam bahasa Italia. Rossi & Bastiaanse (2008)
menyatakan bahwa gejala gangguan produksi verba ditemukan pada penutur bahasa Italia
dengan sindrom afasia. Lebih lanjut hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa temuantemuannya
mendukung hipotesis Argument Structure Complexity Hypothesis (ASCH)
(Thompson, 2003) dan pengkodean gramatikal dalam model Levelt (1989). Hipotesis
tersebut menyatakan bahwa pada penutur bahasa dengan sindrom afasia cenderung
menggunakan struktur argumen yang sederhana. Sementara itu, terkait model Levelt
(1989), hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penutur dengan sindrom afasia terdapat
masalah produksi tuturan pada tahap pengkodean gramatikal, yaitu bentuk-bentuk
pengimbuhan verba serta kaitannya dengan struktur sintaksis. Dengan latar belakang
tersebut, penelitian ini dirancang untuk mendapatkan karakteristik struktur verba pada
tuturan spontan penutur bahasa Indonesia dengan sindrom afasia Broca serta kaitannya
dengan Argument Structure Complexity Hypothesis (ASCH) (Thompson, 2003) dan
pengkodean gramatikal seperti yang telah dilakukan untuk bahasa Italia (Rossi &
Bastiaanse, 2008). Dalam penelitian ini terdapat lima pertanyaan utama terkait tipe verba
dan token verba, verba dasar dan verba berafiks, keterkaitan verba dan fungsi sintaktis,
keterkaitan verba dan fungsi semantis, serta kontribusi temuan terhadap hipotesis ASCH
dan pengkodean gramatikal. Penelitian ini melibatkan delapan partisipan yang terdiri dari
empat partisipan dengan sindrom afasia Broca dan empat partisipan normal sebagai
kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan urutan eksploratori (exploratory sequential mixed methods) (Creswell, 2013). Metode ini
melibatkan pemaparan secara kualitatif dan disusul dengan data-data kuantitatif. Adapun
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima buah gambar yang
mengadaptasi Cookie Theft serta 3 buah instruksi untuk bercerita tentang kegiatan seharihari.
Cookie Theft merupakan instrumen gambar yang digunakan dalam tes afasia di
berbagai bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada partisipan dengan sindrom
afasia Broca, produksi tipe verba dan token verba cenderung lebih rendah dibanding pada
partisipan kontrol. Untuk kasus verba dasar dan verba berafiks, partisipan afasia
cenderung mengalami masalah gramatikal pada penggunaan verba berafiks. Begitu pula
dengan fungsi sintaktis dan semantis, partisipan afasia cenderung menggunakan verba
dalam struktur sintaktis dan semantis yang lebih sederhana dibandingkan partisipan
normal. Dengan temuan-temuan tersebut, hasil penelitian ini mendukung hipotesis ASCH
tentang penyederhanaan argumen (Thompson, 2003) serta kecenderungan adanya
masalah pengkodean gramatikal seperti pada temuan Rossi dan Bastiaanse (2008).

Agrammatism in aphasic patients is characterized by the symptom of impaired verbs
production in spontaneous speech (Goodglass, 1976 in Centeno and Obler, 2001). The
claim was later developed in a multilingual study including that of Rossi and Bastiaanse
(2008) in Italian. Rossi and Bastiaanse (2008) stated that symptoms of impaired verbs
production were found in Italian speakers with aphasia syndrome. Furthermore, the result
shows that the findings support the Argument Structure Complexity Hypothesis (ASCH)
(Thompson, 2003) and grammatical encoding in Levelt’s model (1989). The hypothesis
states that aphasic speakers tend to use simple argument structures. Meanwhile, related
to Levelt’s model (1989), the result shows that aphasic speakers tend to have problems in
speech production, especially in grammatical encoding level; verb inflection and its
relation to syntactic structure. In respect of that, the present study is designed to obtain
the characteristics of verbs use in the spontaneous speech of Indonesian speakers with
Broca's aphasia syndrome as well as its relation to the Argument Structure Complexity
Hypothesis (ASCH) (Thompson, 2003) and grammatical encoding as conducted for
Italian (Rossi & Bastiaanse, 2008). In this study, there are five main questions related to
verb types and verb tokens, basic verbs and verbs with affixes, relation of verbs and
syntactic functions, relation of verbs and semantic functions, and the contribution of
findings to the ASCH hypothesis and grammatical encoding. This study involves eight
participants consisting of four participants with Broca's aphasia syndrome and four
normal participants as a control group. This study uses exploratory sequential mixed
methods (Creswell, 2013). This method involves explanation qualitatively and followed
by quantitative data. The instruments used in this study are five pictures adapting Cookie
Theft and 3 instructions to tell stories about daily activities. Cookie Theft is a picture instrument used in aphasia test in many languages. The result shows that in participants
with Broca's aphasia syndrome, the production of verb types and verb tokens tends to be
lower than in control participants. For the case of basic verbs and verbs with affixes,
participants with aphasia tend to experience grammatical problems with the use of verbs
with affixes. Similarly, in term of syntactic and semantic functions, it is found that aphasic
participant tend to use verbs in simpler syntactic and semantic structure compared to the
normal ones. Based on the aforementioned findings, the result of this study supports the
ASCH hypothesis regarding simplifications of the argument (Thompson, 2003) and the
tendency for grammatical encoding problems as in the findings by Rossi and Bastiaanse
(2008).
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>