Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 82278 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chung, Yeong Rhim
Korean: Samji Books, 1992
499.222 57 CHU i I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rien Hermawaty
"Kosakata amat penting keberadaannya dalam suatu bahasa. Bahkan dapat dikatakan kosakata adalah bahasa itu sendiri karena kosakata digunakan dalam setiap kegiatan berbahasa. Objek penelitian ini adalah ajaran kosakata dalam buku ajar bahasa Indonesia (Pelajaran Berbahasa Indonesia untuk SMA jilid 1, 2, dan 3). Dengan anggapan bahwa buku ini dapat mewakili buku-buku ajar bahasa Indonesia yang ada, dan telah diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana ajaran kosakata dalam buku ajar Pelajaran Berbahasa Indonesia dan kesesuaiannya dengan kurikulum. Untuk mengetahui hal itu diteliti frekuensi kemunculan kata, kemunculan kata dalam konteks kalimat, kesesuaian dengan kurikulum. Uji pendapat Nababan, Nation, Dale dan tabel uji Williams menjadi hasil akhir penelitian ini.Melalui penelitian ini terbukti bahwa ajaran kosakata dalam buku ajar Pelajaran Berbahasa Indonesia kurang memenuhi syarat. Yaitu kosakata yang disajikan belv memperhatikan frekuensi kemunculan kata, proporsi terra, variasi bentuk latihan dan tugas. Walaupun dari frekuensi kemunculan kata jumlah kata (token) 361.661 dan jenis kata (rope) 33.520 yang ada di dalam buku ajar Pelajaran Berbahasa Indonesia jilid 1, 2, dan 3 sudah memenuhi syarat. Kesesuaiannya dengan kurikulum pun masih kurang karena berdasarkan analisis kesesuaian kosakata dengan tema masih ada kosakata yang disajikan tidak sesuai dengan tema. Para penulis buku yang akan datang hendaknya memperhatikan aspek-aspek kelemahan pada buku ini dengan lebih memperhatikan penyajian ajaran kosakata. Terutama pada peinbelajaran perilaku kata gramatikal karma kata -kata gramatikal banyak yang frekuensi kemunculannya tinggi. Kata-kata gramatikal ini memiliki perilaku gramatikal tertentu yang dapat dipelajari oleh pemelajar. Sehingga diharapkan akan lebih memudahkan pemelajar dalam kegiatan-kegiatan berbahasanya, seperti dalam membaca, menulis, berbicara, maupun menyimak.

Vocabulary is very Important in a language. Indeed, vocabulary is the language itself because it is used in every language activities. The object of this research was vocabulary in bahasa Indonesia lesson books (Pelujarun Berhahusa Indonesia for Senior High School Volume 1, 2, and 3). It was expected that the lesson books represented all bahasa Indonesia lesson books and had been applied in Senior High School teaching learning process. This research aimed at knowing how vocabulary was presented in lesson books Pelujaran Berbahasa Indonesia and its relevancy with the curriculum. Nababan, Nation, Dale statement's test and Williams test's table became the results finding of this research.This research proved that vocabulary in lesson books Pelajaran Berbahasa Indonesia were not adequate. Vocabulary presented did not count word occurrence frequency, theme proportion, exercise and practice variations. Although from the words occurrence frequency, there were 361.661 tokens and 33.520 types that existed in the Senior High School lesson books volume 1, 2, and 3 were adequate. The relevancy with the curriculum were not adequate because according to relevancy vocabulary with theme analysis there are still vocabulary which presentation were not relevance with theme. In the future, it is expected that the lesson book writers pay attention to the weaknesses of the lesson books being analysed by taking a note on the vocabulary presentation. Furthermore, this also applies in grammatical word attitude learning because the occurrence of grammatical words are high. These grammatical words have specific attitude which can be learnt by learners. Therefore, knowing these attitude help the learners easy doing their language activities such as reading, writing, speaking, and listening."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T37416
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahn, Kyung Hwa
Korea: Korea Foundation, 2009
KOR 495.78 BAH II
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahn, Kyung-hwa
Seoul: Korea Foundation, 2010
KOR 495.78 AHN i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahn, Kyung-hwa
Seoul: Korea Foundation, 2010
KOR 495.78 Bah V
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahn, Kyung-hwa
Seoul: Korea Foundation, 2008
KOR 495.78 AHN i I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ihsan
"Jurnal ini menjelaskan tentang metode ceramah dalam pengajaran bahasa korea yang digunakan pada program preeliminary training BNP2TKI Ciracas jakarta timur. Pembahasan ini mencakup kemahiran menulis dan kemahiran mendengar. Penelitian ini dilakukan pada peserta preeliminary training gelombang 294 kelas D. Metode kualitatif digunakan sebagai pendukung dalam menganalisis data yang diperoleh. Hasil deskripsi ini merupakan deksripsi mengenai metode dua kemahiran bahasa Korea serta penjabaran tingkat pemahaman seluruh peserta.

This paper describes about the Korean language teaching lecture methods used in Preliminary Training BNP2TKI Ciracas, East Jakarta. The discussion includes writing skills and listening skill. This study wasconducted on cycle 294 Class D. The qualitative methods are used as support in analyzing the data. The result of this paper describes the two methods of Korean language as well as the description of the understanding level of all participants.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Iftah Nur Rohmah
"ABSTRAK
Skripsi ini mengkaji tentang metode yang digunakan dalam mengajarkan kemahiran berbahasa Arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Masjid Istiqlal Jakarta. Kemahiran bahasa Arab ini terdiri dari kemahiran mendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini sebagian besar adalah metode kualitatif, namun metode kuantitatif juga digunakan sebagai pendukung dalam menganalisis data yang diperoleh. Metode pengajaran yang digunakan dalam mengajarkan kemahiran berbahasa Arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Istiqlal adalah metode ceramah, metode terjemah, metode gramatika, metode menghafal, metode tanya jawab, metode membaca, metode menulis. Metode pengajaran yang paling efektif adalah metode membaca. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi mengenai metode pengajaran dalam empat kemahiran bahasa Arab yang digunakan oleh pengajar, serta penjabaran tingkat pemahaman seluruh siswa kelas VIII MTs Istiqlal Jakarta terhadap empat kemahiran bahasa Arab tersebut.

ABSTRACT
This thesis research describes Arabic skills teaching method used on students in secondary of Junior High School or Madrasah Tsanawiyah (MTs) Istiqlal Jakarta. This skills includes languange proficiency of listening, speaking, reading, and writing skill. The research method used in this paper is qualitative. Besides, quantitative method was used also as a support in analyze the data obtained. Arabic skills teaching method used on students in secondary of Madrasah Tsanawiyah Istiqlal are lecture method, translation method, grammar method, memorize method, question and answer method, reading method, and writting method. The most effective method is reading method.The result of this research are descriptions of the method of four skills Arabic language used in MTs Istiqlal Jakarta and the comprehension level of all students in the second grade of MTs Istiqlal Jakarta about the four skills of the Arabic language."
Lengkap +
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55372
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seoul: Universitas Dankook Korea, 2009
KOR 495.782 MAR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bandung: ITB Press, 1994
499.207 PEN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>