Ditemukan 764 dokumen yang sesuai dengan query
Molyneux, John
Jakarta: Teplok Press, 2000
320.531 MOL k
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Marx, Karl, 1818-1883
[place of publication not identified]: [Publisher not identified], [date of publication no identified]
320.531 M 312
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Soetan Sjahrir, 1909-1966
Jakarta: LEPPENAS, 1982
320.531 SJA s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Donny Gahral Adian
Depok: Koekoesan, 2011
335.4 DON s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Gita Indah Permatasari
"Film animasi Prancis Le Tableau (2011) karya Jean-François Laguionie mengisahkan kehidupan dalam sebuah lukisan yang belum diselesaikan oleh pelukisnya. Terdapat pengelompokkan tokoh-tokoh dalam lukisan yang didasarkan oleh progres pelukisan. Artikel ini mendalami bagaimana pengelompokkan sosial dalam film menimbulkan konflik ketidaksetaraan dan mendorong gerakan penghapusan kelas sosial. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan perspektif kritik Marxis sebagai kerangka teoretis dalam menginterpretasikan konflik ketidaksetaraan dan konsep penghapusan kelas sosial dalam narasi visual film animasi Le Tableau serta mengkritisinya dengan realitas kehidupan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan berupa unsur naratif, efek visual pada tokoh dan latar serta kutipan langsung dari tokoh. Analisis aspek naratif ditunjang dengan konsep teori A.J. Greimas dalam bentuk skema aktan dan struktur fungsional, kemudian pemaknaan simbol dari pengembangan animasi didukung teori film animasi dari Boggs dan Petrie. Hasil analisis menunjukkan konsep Marxisme terkait penghapusan kelas sosial yang tercermin dalam film sebagai pertentangan struktur kelas sosial menjadi sebuah wacana utopis untuk diimplementasikan dalam kehidupan.
The French animated film Le Tableau (2011) by Jean-François Laguionie portrays life within an unfinished painting by its painter. The characters in the painting are grouped based on the progress of the painter's work. This article delves into how social categorization in the film gives rise to conflicts of inequality and propels a movement toward the dismissal of social class. The research aims to apply a Marxist critical perspective as a theoretical framework in interpreting the inequality conflicts and the concept of dismissal of social class in the visual narrative of the animated film Le Tableau, and to critically analyze it concerning the reality of social life. The research methodology used is qualitative descriptive. The data utilized includes narrative elements, visual effects on characters and settings, as well as direct quotes from characters. Narrative aspect analysis is supported by A.J. Greimas' theory in the form of actant schemes and functional structures, with symbol interpretation from animation development supported by animation film theories from Boggs and Petrie. The analysis results reveal Marxist concepts related to the dismissal of social class reflected in the film as a resistance to social class structures, becoming a utopian discourse to be implemented in real life."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Bocock, Robert
Yogyakarta: Jalansutra, 2011
320.532 BOC p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Eagleton, Terry
London: Routledge, 1976
801.95 EAG m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
London : Central Books Ltd
050 WM 3 (1960)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Moscow: Foreign Languages Publishing House, 1892
100 KAR
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lowith, Karl
London: Routledge, 1993
301 LOW vt
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library