Ditemukan 6489 dokumen yang sesuai dengan query
Flugel, Gustavus
Lipsiae: Sumtibus et Typis Caroli Tauchnitil, 1842
R 297.20 FLU c
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Syaikh, M. Said
Jakarta: Rajawali, 1991
R 297.01 SYA k
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Petersen, Andrew
London: Andrew Petersen, 1996
R 723.303 PET d
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Widia Irfiani
"Penelitian ini membahas implementasi metode Istima' sebagai metode pembelajaran yang digunakan dalam menghafal Al-Qur'an pada anak usia dini di Tahfi? Anak Usia Dini Indonesia Qur'an Foundation, Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Istima' dalam proses menghafal, adakah perbedaan dalam penerapannya pada dua kelas yang berbeda, serta membuktikan apakah ada perbedaan pada aspek fonologi bahasa Arab pada anak-anak dengan pemahaman huruf hijaiyah dengan yang tidak dalam hal pelafalan ayat yang dihafal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sumber data berupa kajian pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Setelah dilakukan analisis terhadap data penilitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran melalui metode Istima' untuk menghafal Al-Qur'an saat ini cukup tepat untuk anak usia dini yang sebagian besar belum mampu membaca dan menulis huruf hijaiyah, tidak adanya perbedaan yang signifikan pada penerapan metode Istima' pada dua kelas yang berbeda, dan ditemukan perbedaan dalam pelafalan bunyi bahasa Arab pada anak yang memiliki prior knowledge dengan yang tidak, selanjutnya perbedaan ditemukan pada kecepatan anak dalam menghafal suatu surah.
This study discusses the implementation of Istima' method as a learning method used in memorizing Al Qur 39 an for early childhood in Tahfi of Early Childhood, Indonesia Qur 39 an Foundation, Depok. The purpose of this study is to find out how the application of Istima' method in the process of memorizing, is there a difference in its application to two different classes, and also proves whether there is a difference in the phonological aspects of Arabic language in children with knowledge of hijaiyah letters and who do not in terms of pronunciation of memorized verses. The research method used is qualitative with data sources such as literature review, observation, interview, and documentation. After analyzing the research data, the results shows that the method of learning through Istima' method to memorize the Qur 39 an is currently quite appropriate for early childhood that most have not been able to read and write hijaiyah letters, there is no significant difference in the application Istima' method in two different classes, and there is difference in Arabic pronunciation of children who have knowledge of hijaiyah letters with those who do not then the difference is found in the speed of the child in memorizing a surah."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Zaidan, Abdul Karim
Jakarta: Robbani Press, 1999
R 297.43 Zai e
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Zaidan, Abdul Karim
Jakarta: Robbani Press, 1999
R 297.43 ZAI e
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
"Naskah terdiri atas dua bagian. Bagian pertama berisi dua teks cerita bercorak Islam. Teks pertama, menceritakan riwayat Nabi Muhammad ketika melawan iblis. Teks ini tersusun dalam tiga pupuh, sebagai berikut: (1) dhandhanggula; (2) pangkur; (3) asmarandana. Teks ini terdapat pada h.1-10, dan diikuti oleh lebih 80 halaman kosong. Teks kedua (h.96-138), tanpa judul, mengisahkan kerajaan di negeri Arab yang diperintah oleh seorang raja bernama Kanjeng Sinuhun Abdullah Abdulmansyur Ibnu Abas, yang memerintahkan kepada Kyai Ngusman untuk memeriksa sebuah mesjid guna mengetahui jumlah anggota jemaatnya. Jika mereka berhasil, beliau berjanji akan membahagiakan semua anak keturunannya. Daftar pupuhnya sebagai berikut: (1) dhandhanggula; (2) sinom; (3) kinanthi; (4) asmarandana; (5) mijil; (6) pucung. Setelah teks ini pun terdapat sejumlah halaman kosong. Bagian kedua semula merupakan naskah lepas, tetapi kemudian dijilid menjadi satu codex baru. Bagian naskah ini berisi semacam Serat Kawi Jinarwa, yaitu keterangan ungkapan-ungkapan bahasa Kawi (bahasa susastra) dalam bahasa Jawa sehari-hari. Jumlah kata atau ekspresi yang terungkap dalam teks ini lebih dari 1500 buah. Naskah tidak dilengkapi dengan keterangan penyalinannya, namun berdasarkan jenis kertas serta gaya tulisan yang dipergunakan, maka dapat diperkirakan bahwa naskah disalin sekitar perempat terakhir abad 19. Tempat penyalinan kurang jelas."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
BA.352-NR 315
Naskah Universitas Indonesia Library
s.l.: s.n., 2007
R 433 PRI
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Abu Ahmadi
Jakarta: Bumi Aksara , 1995
297 ABU m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Al-Math, Muhammad Faiz
Jakarta: Gema Insani Press , 1994
297 ALM k
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library