Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 45599 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sianturi, Pauline C.
"ABSTRAK
Tanah bertulang (reinforced earth) merupakan suatu material komposit
terdiri dari tanah yang dipadatkan yang di dalamnya ditancapkan elemen-elemen
tulangan tarik, yang biasanya dibuat dari jalur-jalur logam yang dipasang secara
horisontal.
Tanah mempunyai sifat lemah terhadap tegangan tarik tetapi kuat menahan
tegangan tekan sedangkan tulangan adalah sebaliknya, bersifat lemah terhadap
tekan tetapi kuat terhadap tarik. Tanah mengalami keseimbangan atau kestabilan
karena adanya gaya-gaya friksi yang timbul di antara tanah dan tulangan, dimana
tegangan-tegangan pada tanah disalurkan menuju elemen-elemen yang
ditempatkan pada daerah tarik.
Soil Nailing merupakan salah satu metode penulangan tanah yang
diterapkan pada lereng atau galian tanah asli yang membentuk dinding tanah. Pada
teknik ini, tanah asli diperkuat dengan baja batangan yang digrout ("nails")
dengan shorcrefe sebagai penutup (facing) untuk mencegah larinya tanah ke luar.
Pada karya tulis ini akan diielaskan sistem penulangan tanah dengan teknik
soil nailing untuk dinding penahan tanah, rnengenai mekanisme interaksi tanah-
tulangannya dan perilakunya serta beberapa metode desain, yaitu: metode Davis,
TALREN dan Caltrans yang dilengkapi dengan suatu studi kasus dengan
mengambil data-data lapangan dari proyek Wisma Pondok Indah. Kemudian
dilakukan analisis perhitungan stabilitas dengan mengglmakan program SNAIL
yang dikeluarkan oleh Caltrans dimana hasil yang didapat akan dibandingkan
dengan hasil perhitlmgan dengan menggunakan metode Taylor, STABIL dan
grais. Dari hasil yang didapat diketahui bahwa terjadi peningkatan faktor
keamanan bila lereng tersebut diberi tulangan bila dibandingkan dengan tanpa
tulangan.

"
1996
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Korosi baja tulangan dalam beton adalah permasalahan yang umum ditemui
dalam struktur konstruksi di sekitar lingkungan air laut. Penyebab utama korosi ini
adalah serangan ion klorida dari air laut yang akan menurunkan umur pakai dan
kualitas beton. Salah satu usaha untuk mengatasi terjadinya korosi ini adalah
penambahan zat yang dapat mengurangi laju korosi baja tulangan yang dikenal
dengan istilah inhibitor. Jenis inhibitor yang dapat digunakan antara lain adalah
Natrium benzoat. Inhibitor ini adalah jenis inhibitor organik yang akan
mengabsorbsi permukaan logam dan melindunginya dari korosi.
Penelitian ini menggunakan sampel baja tulangan dalam selimut beton
dengan penambahan konsentrasi inhibitor Natrium benzoat 0 I/m3, 35 L/mj, 45 L/ms
yang dicelup dalam air Iaut buatan (35 gpl). Penelitian dilakukan dari minggu ke-26
sampai 30 perendaman melanjutkan penelitian sebelumnya, yaitu minggu ke-3 dan
ke-4 selama curing Serta minggu ke-5 sampai ke-9 perendaman. Pengukuran yang
dilakukan adalah Iaju korosi dengan metode potensiodinamik (overpotensial +_ 20
mV dan scan rate 0,1 mV/menit) dan mekanisme inhibisi inhibitor dengan metode
Electrochemical Impedance Spectroscopy (porensiai AC 10 mV dan selang frekuensi
5000-0, 002 Hz). Spektra impedance hasil pengukuran EIS dipresentasikan dalam
bentuk kurva Nyquist dan Bode.
Hasil pengukuran potensiodinamik menunjukkan nilai Icorr ketiga variasi
Sampel yang hampir sama dan cenderung semakin meningkat dari minggu ke-26
sampai minggu ke -30. Sedangkan hasil pengukuran EIS dengan melakukan fitiing
kurva Nyquisi dan Bode dengan program Zview dari Scribner Associaies
menunjukan kondisi semua sampel baik dengan maupun tanpa inhibitor telah
terkorosi. Kondisi tersebut berdasarkan nilai Rp tahanan poIarisasi-nya dalam
rentang 250-2500 ohm/cm2 yang menunjukan Iaju korosi yang tinggi dan nilai CPE,”
tidak berada pada rentang 40-60 #F/cm. Jadi, penelitian minggu ke-26 sampai 30
ini menunjukan penambahan inhibitor Natrium benzoar kurang eféktif lagi
memproduksi baja tulangan dalam selimut beton dari proses korosi."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S41287
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Korosi baja tulangan dalam beton merupakan permasalahan utama pads
struktur-struktur bangunan seperti pada jembatan dan bangunan di sekitar laut. Hal
ini disebabkan karena serangan ion klorida pada baja tulangan yang menyebabkan
kualitas dan umur pakai beton menurun. Salah satu metode pengendalian korosi
tersebut adalah dengan cara penambahan inhibitor korosi Ca(NO3)2 ke dalam
lingkungan beton. Mekanisme inhibisi inhibitor Ca(NO3)2 terhadap pedlalcu korosi
baja tulangan dipelajari dengan menggunakan metode EIS (Electrochemical
Impedance Spectroscopy).
Pada penelitian ini, baja tulangan yang akan diukur dengan metode EIS
dicelup ke dalam larutan pori artifisial yang mengandung 35 gp! NaCl dan inhibitor
Ca(NO3)2 dengan variabel konsentrasi sebesar 4.65, 5.21, dan 5.77 gpl. Pengukuran
EIS dilakukan setiap minggu sampai akhir minggu kelima dengan memberikan
potensial bolak-balik 10 mV dan selang frekuensi darii 5000 Hz sampai 0.001 Hz.
Dengan metode EIS ini, proses korosi dapat dimodelkan berupa komponen-
komponen rangkaian listrik. Penentuan model rangkaian listrik dilakukan dengan
cara pencocokan (fitting) hasil pengukuran dan hasil interpretasi model dalam
bentuk kurva Nyquist dan Bode.
Secara umum, hasil firing kurva Nyquist dan Bode yang menggunakan
program Zview dari Sciibner Msociates menunjukkan bahwa penambahan inhibitor
Ca(N03)2 dengan variabel konsentrasi sebesar 4.65, 5.21, dan 5.77 gpl temyata
tidak dapat membantu baja tulangan dalam membentuk lapisan pasif stabil yang
mmgalcibaxkan baja tetap terkorosi. Dalam hal semakin bertambah konsentrasi
inhibitor Ca(N03)1, baja tulangan semakin terkorosi. lnterprelasi mekanisme korosi
yang terjadi ekuivalen dengan rangkaian listrik model 5."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S41286
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Beton dengan baja tulangan sebagai penguat merupakan material konstruksi yang memiliki sifat mekanis yang sangat baik dan umur layanan yang relatif tinggi. Beberapa tahun terakhir ini telah muncul sejumlah kasus dalam pengaplikasian beton pada berbagai bidang struktural. Kasus yang sering muncul yaitu korosi pada baja tulangan dalam beton akibat serangan ion klorida yang umumnya terjadi pada bangunan-bangunan dan jembatan-jebatan yang terdapat di sekitar laut. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan penambahan inhibitor korosi Ca(NO3)2. Mekanisme inhibisi inhibitor Ca(NO3)2 terhadap perilaku korosi baja tulangan diamati dengan menggunakan metode Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS).
Penelitian dilakukan dengan mencelupkan baja karbon rendah yang telah dipreparasi ke dalam larutan pori artifisial yang mengandung 35 gpl NaCl dengan perubahan inhibitor Ca(NO3)2 masing-masing dengan konsentrasi 0 gpl (tanpa inhibitor), 1.302 gpl, 1.860 gpl, dan 2.418 gpl. Pengukuran dilakukan setiap minggu dari minggu kesatu hingga minggu kelima. Dengan metoda EIS, sistem baja tulangan dalam larutan pori digambarkan sebagai rangkaian listrik ekivalen yang harga tahanan dan kapasitasnya dapat diukur pada berbagai frekuensi (5000 Hz sampai 0.002 Hz). Interpretasi perilaku korosi baja tulangan digambarkan melalui enam model rangkaian ekivalen, dan penentuan model yang sesuai dilakukan dengan mengalurkan hasil pengukuran dan hasil interpretasi (fitting) model dalam bentuk kurva Nyquist dan kurva Bode.
Hasil penelitian menunjukkan potensial larutan SPS + 35 gpl NaCl tanpa inhibitor berada antara -538 mV hingga -355 mV. Untuk larutan yang mengandung inhibitor Ca(NO3)2, konsentrasi 1.302 gpl menunjukkan efek inhibisi yang lebih baik. Namun demikian konsentrasi yang digunakan masih belum efektif dalam menginhibisi korosi baja tulangan dalam larutan. Efek inhibisinya dari akhir minggu kesatu hingga akhir minggu kelima ekivalen dengan model 2 yang menunjukkan bahwa telah terbentuk lapisan pasif yang belum merata di seluruh permukaan baja."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S41292
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S47908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew Andreas Sadero
"ABSTRAK
Indonesia merupakan salah satu wilayah yang rentan akan potensi kerusakan struktur akibat gempa bumi karena terletak pada perbatasan antar lempeng utama dunia. Dalam upaya memitigasi kerusakan tersebut, telah diterbitkan peraturan Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung (SNI 03- 1726-2002). Namun demikian, masih terdapat bangunan gedung di Indonesia, terutama di Jakarta, yang dibangun sebelum peraturan ketahanan gempa diterbitkan sehingga perancangan struktur bangunan tersebut mungkin tidak memperhitungkan ketahanan terhadap gempa, seperti pada Gedung X. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat keamanan dan kelayakan struktur bangunan eksisting seperti Gedung X dengan melakukan evaluasi sesuai kerangka evaluasi ketahanan gempa bangunan eksisting yang terdiri dari analisis struktur, pemeriksaan kekuatan dan kekakuan struktur.
Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan dalam penelitian ini, ditemukan defisiensi pada kekuatan struktur Gedung X dalam menahan beban gempa. Struktur itu kemudian diperbaiki menggunakan metode peningkatan kinerja elemen eksisting dengan teknik concrete jacketing pada kolom dan fiber reinforced polymer (FRP) pada balok. Setelah dilakukan analisis struktur dan pemeriksaan kembali, didapatkan bahwa struktur tersebut telah memiliki kekuatan dan kekakuan yang cukup dalam menahan beban gempa nominal akibat gempa rencana sesuai dengan SNI 03-1726-2002.

ABSTRACT
Indonesia is one of the most vulnerable regions of structural destruction potencies due to earthquake because it lays on the major tectonic plates boundaries in the world. To mitigate the destruction of building structures due to earthquake, the regulation of the Seismic Design for Buildings (SNI 03-1726-2002) has been published. Nevertheless, There are existing buildings in Indonesia, in particular Jakarta, that had been constructed before the first seismic design regulation was published thus the structural design of them might not include the seismic design, like that of X Building. Therefore, this research aims to determine the safety dan proper level of existing building structures like X Building by carrying out an evaluation based on seismic evaluation of existing building framework that consists of existing structural analysis and strength-stiffness check.
Based on the evaluation that has been done, the deficiency on structural strength of X Building in resisting the earthquake induced force was found. The structure was then rehabilitated using enhancing the performance of existing elements methods by concrete jacketing on columns and fiber reinforced polymer (FRP) technique on beams. After the structural analysis and check had been done again, it was found that the structure already had sufficient stiffness and strength capacity in resisting the nominal earthquake loads due to design earthquake based on SNI 03-1726-2002."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1145
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pemukiman, 1983
624.1834 IND b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nofa Perkasa
"Struktur beton bertulang merupakan material yang terdiri dari material beton dan baja tulangan. Pada struktur balok beton bertulang yang mengalami pembebanan, terjadi kombinasi tegangan tarik dan tekan. Berdasarkan sifat-sifat material beton dan tulangan baja, maka tegangan tekan yang timbul akan ditahan oleh beton, sedangkan tegangan tarik akan ditahan oleh tulangan baja tarik. Perilaku beton bertulang akibat pembebanan dapat diketahui melalui penelitian di laboratorium dan pendekatan teoritis. Dimana pada pendekatan laboratorium merupakan pendekatan untuk mengetahui lendutan yang sebenarnya terjadi pada struktur tersebut. Pendekatan teoritis merupakan perhitungan dengan menggunakan metode, rumus maupun teori-teori yang ada. Perilaku beban-lendutan balok beton betulang dapat diketahui melalui penelitian di laboratorium dan pendekatan teoritis. Penelitian di laboratorium merupakan pendekatan untuk mengetahui lendutan yang sebenarnya terjadi pada struktur tersebut. Pendekatan teoritis dapat berupa perhitungan menggunakan rumus dan teori yang ada. Salah satu analisa tentang periiaku penampang beton bertulang akan dilakukan dengan metode analisa fiber, yaitu pembagian penampang beton bertulang ke dalam serat-serat atau segmen-segmen, dengan memberikan sifat non-linier elastis pada material tersebut berdasarkan kurva hubungan tegangan-regangan material beton bertulang. Analisa tersebut dilakukan dengan suatu pemodelan numerik dan diterjemahkan kesuatu bahasa pemograman, yaitu bahasa Visual Basic, dimana untuk mengoptimasi program dari segi kecepatan dan keakuratan akan dilakukan optimasi terhadap berbagai metode numerik yang digunakan yaitu proses pencarian akar persamaan dan integrasi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34976
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ktut Gunawan Wirajaya Rajan
"ABSTRAK
Karya tulis ini disusun dengan tujuan untuk memprediksi kapasitas beban ultimit dan karakteristik deformasi total struktur dari struktur Cangkang Beton Bertulang secara Numerik. Untuk maksud tersebut, dalam karya tulis ini akan digunakan metoda elemen hingga, dengan memperhitungkan faktor-faktor nonlinieri tas dari perilaku struktur beton dalam kenyataannya. Faktor-faktor ini biasanya tidak diperhitungkan pada analisa-analisa struktur beton secara konvensional. Kalaupun ditinjau, itupun terbatas dai am bentuk penyeder hanaan-penyederhanaan yang sangat kasar yang sudah barangtentu tidak dapat menggambarkan perilaku struktur yang dapat dianggap mendekati kebenaran. Hal ini terjadi karena sifat-sifat material beton yang sangat komplek. Dalam karya tulis ini, faktor-faktor nonlinieritas struktur beton yang akan dibahas antara lain ; retak beton, tension-stiffening, sifat nonlinier beton pada kondisi tegangan multiaksial, struktur yang tak-homogen akibat adanya tulangan dalam beton dan interaksi antara beton dan baja Cbonded actiorO. Di samping itu juga dibahas faktor nonlinieritas akibat dari segi-segi geometrik struktur yang berperilaku tidak linier setelah mengalami deformasi. Dengan menggunakan metoda numerik, dalam hal ini metoda elemen hingga, dalam karya tulis ini akan diperlihatkan suatu metoda dengan hasil yang lebih rasional untuk penggambaran kompleksitas sifat-sifat struktur beton bertulang. Elemen cangkang yang digunakan adalah elemen cangkang degenerate dengan diskritisasi berlapis pada ketebalannya. Kehadiran tulangan baja diasumsikan dengan model smeared, di mana tulangan dianggap sebagai suatu bidang dengan ketebalan ekivalen yang memiliki sifat-sifat anisolropik uniaksial, sesuai dengan arah pemasangannya. Untuk memenuhi kondisi nonlinier geometrik, dalam karya tulis ini diadopsi pendekatan Total Lagrangian yang berdasarkan pada hipotesa regangan Von Karman. Hasil-hasil yang dicapai dengan metoda dalam karya tulis ini akan diperbandingkan dengan hasil-hasil dari teori-teori klasik maupun dengan data-data hasil eksperimen para peneliti yang ada pada penulis."
1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>