Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9496 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36518
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stephanus Jaka Hariyana Widodo
"Sebagai badan usaha yang masih kecil, CV SN dituntut untuk bergerak cepat mengembangkau diri selagi ada kasempatan yang baik. CV SN menjadi salah satu badan usaha yang rnampu lolos dari krisis, maka hams pandai-pandai mengambi! peluang-peluang usaha yang ada. Krisis moneter yang melanda negara Indonesia mengakibatkan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing, khususnya Dolar Amerika, menjadi sangat rendah. Banyak badan usaha yang gulung tikar karena hal tersebut. Namun lain halnya bagi CV SN justm melemahnya nilai tukar Rupiah itu Iebih mengunnmgkan bagi CV SN kzrena tmnsaksi penjualan produk dalam mata uang Dolar. CV SN bergerak dalam bidang percetakan. Selama ini order cukup banyak dan tidak mampu mengeijakannya sendiri, maka hanyak pekeljaan yang barus dikerjakan di tempat lain. Salah satu kekurangan CV SN adalah belum memiliki mesin perfect binding, yaitu mesin untuk menjilid dengan lem panas. Dengan demikian semua pekerjaan jilid dengan lem panas pasti dikeijakan di luar CV SN. Mengingat kondisi yang menguntungl-:an tersebut CV SN berencana untuk investasi mesin perfect binding. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Iebih pastj bagaimana kondisi kelayakan investasi mesin perfect binding pada CV SN . Tentu saja basil dari penelitian ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan CV SN dalam hal investasi mesin perfect binding."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37711
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hartono Notosudiro
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1980
S16798
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Agus Kramayanti
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36620
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amar Rachman
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Jezen Zainal Arifin
"Analisa kelayakan adalah suatu analisa yang meneliti apakah sebuah proyek atau peluang usaha layak dijalankan. Pada skripsi ini, analisa kelayakan yang dilakukan adalah untuk menentukan kelayakan pada pembuatan snap ring untuk dibuat sendiri atau dibeli dari local suplayer. Analisa kelayakan telah dilakukan berdasarkan aspek pasar, aspek teknis, dan aspek keuangan. Hasil dari peramalan permintaan produk dan data keuangan yang ada diolah dengan menggunakan minitab 14. Kemudian untuk dapat menghitung pendapatan dan parameter kelayakan keuangan, data-data tersebut diolah dengan menggunakan NPV, IRR, Payback Periode, dan PI. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan tinjauan aspek permintaan pasar dan aspek teknis, maka investasi ini dikatakan layak.
Pada pilihan alternatif make or buy decision, perusahaan dapat menghemat (saving) dengan membuat sendiri dengan membeli mesin pres. Selain ketiga aspek diatas, salah satu cara pengambilan keputusan dalam situasi yang tidak menentu adalah dengan melakukan analisa sensitivitas. Dasar analisa yang dipakai dalam analisis ini adalah dilihat dari ikhtisar laba-rugi dan aliran kas selama periode studi yaitu 3 tahun (sesuai dengan umur ekonomis mesin). Metode pendukung yang digunakan adalah simulasi bilangan random, untuk menghitung nilai NPV, dan IRR secara lebih tepat.

Feasibility analysis is an analysis that examines whether a project or business opportunity feasible to run. In this thesis, conducted a feasibility analysis is to determine the feasibility of making snap ring to make your own or purchased from local supplier. Feasibility analysis has been carried outbased on market aspects, technical aspects, and financial aspects. The results of forecasting demand for the product and financial data that is processed by using minitab 14. Afterward to be able to calculate the income and financial feasibility parameters, the data are processed by using the NPV, IRR, Payback Period, and PI. Based on the analysis by a review aspects of market demand and technical aspects, it is worth for the investment.
For the alternative choices or buy decision, the company can make savings with making by our own by buying a press machine. In addition to the above three aspects, one way of decision making in uncertain situations is to conduct a sensitivity analysis. Basic analysis used in this analysis is seen from the summary of profit and loss and cash flow during the study period of three years (according to the age of economical machine). The method used is to support simulation random numbers, to calculate the value of NPV, and IRR are more precisely.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52120
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Richard
"Perusahaan pelayaran yang menjadi objek penelitian dalam skripsi ini bergerak dalam bidang jasa transportasi laut, dalam hal ini jasa pengiriman barang dalam bentuk peti kemas (container).Dalam memenuhi permintaan konsumen (perusahaan yang mencarter kapal), perusahaan ini memiliki dua buah kapal laut kargo semi container untuk mengantar barang dari satu tujuan ke tujuan lain. Dengan bertambahnya umur kapal laut kargo semi container yang dimiliki perusahaan tersebut, maka banyak pula permasalahan yang timbul, salah satunya yaitu permasalahan mesin kapal. Mesin kapal laut kargo pada umumnya memiliki umur ekonomis sekitar dua puluh lima sampai tiga puluh tahun, namun didalam kenyataannya tidak banyak mesin kapal yang dapat beroperasi selama itu. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh maintenance atau perawatan mesin yang tidak sesuai dengan prosedur, atau pihak maintenance yang sengaja mengabaikan prosedur-prosedur pemeliharaan demi mendapatkan keuntungan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan analisa penggantian mesin kapal dengan Ilmu Ekonomi Teknik menggunakan metode Annual Equivalen. Pada penelitian ini, kenapa menggunakan metode Annual Equivalen, karena metode ini dianggap cukup efektif dan akurat terhadap perhitungan yang menggunakan dua investasi dengan umur sisa yang berbeda. Langkah selanjutnya yaitu dengan menghitung Annual Equivalen dari mulai penggantian yang dilakukan saat ini sampai dengan penggantian sepuluh tahun kemudian. Dengan demikian maka dapat diketahui waktu yang tepat untuk melakukan penggantian.

Sea transport company that becoming research object in this study make a move in the field of sea transportation service, in this case service delivery of goods in the form of container. To fulfill request of consumer, this company have two semi cargo boat of container to deliver goods from one target to other target. By increasing semi cargo boat age that had by the company, hence there are also many problems of arising out, one of them that is a problems of motorship. Cargo ship machine in general have economic age about twenty five until thirty year, but in reality not many motorship able to operate during that. The mentioned can be resulted from the maintenance or treatment of machine which disagree with procedure, or the maintenance department which intend to disregard conservancy procedures for the shake of getting large of profit.
Consider of that problems, hence to analyse engine replacement of the ship with Economics Technique use method of Annual Equivalen. This method is assumed effective enough accurate and to calculation using two invesment with different remains age. The next step is by counting and calculating Annual Equivalen from strarting replacement in this time up to replacement ten years later. Thereby hence can know by right time to do replacement.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S52142
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ishak
"Kepemilikan kapal melalui pola pengadaan commercial shipping investment merupakan alternatif yang dapat digunakan oleh Pertamina Direktorat Perkapalan, Kebandaran dan Komunikasi (Dit. PKK) untuk menggantikan pola yang selama ini digunakan yaitu governmental shipping investment. Dimana didalam pola commercial ini, penilaian terhadap suatu investasi tidak terbatas hanya pada parameter NPV, IRR, payback period dan PI saja sebagaimana pada pola governmental akan tetapi penilaian tersebut juga meliputi hal-hal mengenai pasar, keekonomian dan sensitivitasnya, tingkat kekayaan perusahaan, keputusan dan struktur pendanaan serta keputusan tipe investasi, beli dengan dana sendiri, pinjaman, proporsi antara keduanya atau dengan leasing.
Dari analisis yang dilaksanakan terhadap kondisi Dit. PKK di dalam tesis ini diperoleh hasil yang memperlihatkan bahwa pangsa pasar pengangkutan BBM melalui laut mengalami penurunan yang significant yaitu dari 57,21% pada tahun 89/90 menjadi 22,47% pada tahun 98199, hal ini dikarenakan diantaranya adalah berkurangnya jumlah unit dan DWT kapal milik yaitu dari 56 unit (586.863 DWT) menjadi 42 unit (480.082 DWT), dimana dari 42 unit tersebut terdapat 8 unit (113.500 DWT) yang akan di lay up pada tahun 2000/2001. Sementara dilain pihak, dalam kurun waktu yang sama jumlah pengangkutan BBM melalui laut justru mengalami peningkatan rata-rata sebesar 7,2% per tahun (1.675.242 LT).
Analisis keputusan pendanaan menunjukkan bahwa bentuk investasi yang dapat dilaksanakan oleh Dit. PKK terhadap 8 unit kapal tersebut adalah melalui pembelian langsung dengan proporsi antara dana sendiri dan pinjaman (debt to equity ratio) sebesar 0,66 (66%), dimana rasio ini menghasilkan NPV, ERR dan ROE yang optimal dibanding dengan struktur dan bentuk investasi lainnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T3084
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwidjo Guswondo
"Untuk mengembangkan dunia maritim pada umumnya dan Pelayaran Rakyat pada khususnya, maka pengembangan kapal sebagai alat transportasi laut tidak dapat dipungkiri lagi. Pemerintah pun menyadari akan hal ini, dengan dikeluarkannya azas Cabotage melalui Keppres No. 5 Tahun 2005 mengenai alat transportasi laut berbendera Indonesia, diikuti dengan Undang undang Pelayaran No 17 tahun 2008 mengenai pemberdayaan alat transportasi diatas air. Maka pembuatan kapal, khususnya jenis kapal barang yang mengangkut komoditas sehari-hari dan berbagai barang lainnya.
Pada penelitian ini, penulis menganalisa kelayakan investasi dari kapal dengan lambung pelat rata yang diproyeksikan untuk klasifikasi usaha Pelayaran Rakyat(kapal barang dengan rute pelayaran dalam negeri). Pada analisa kelayakan investasi, digunakan metode Net Present Value, dan didapatkan hasil bahwa NPV > 0, yang merupakan suatu indikator bahwa investasi untuk pembangunan kapal dengan tingkat suku bunga peminjaman modal sebesar 15% ini layak.

To develop maritime world in general, and Pelayaran Rakyat in particular, so development of ship as a sea transportation is undeniable. The government also realize about it, by way of implementation of the Cabotage principality with Keppres No. 5 Tahun 2005 about Indonesian Flagged Sea Transportation Fleet, that follow by Undang-Undang Pelayaran No 17 tahun 2008 about utilizing of sea transportation fleet on the water. So, the making of ship, especially general cargo ship that carry daily commodity and other variety goods.
On this research, we analyze the stability and investment feasibility from the flat hull ship that will gonna be classified as Pelayaran Rakyat(general cargo ship with local sea voyage). In this analysis, we can get conclusion that this investment is feasible, because with Net Present Value Method we get the NPV is bigger than 0, so this investment is feasible.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51009
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>