Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5722 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S35816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Muhammad Andira Mulia
"Skripsi ini meneliti tentang sifat nyala dari minyak pelumas secara eksperimental menggunakan kalorimeter kerucut yang dibandingkan dengan hasil simulasi menggunakan perangkat lunak Fire Dynamic Simulator V05. Sampel minyak pelumas yang digunakan merupakan suatu campuran dengan berbagai macam komponen yang tersedia di pasaran dan memiliki temperatur nyala peralihan pada 228oC berdasarkan Material Safety Data Sheet (MSDS). Rentang temperatur tinjaun dari sifat penyalaan mandiri adalah 350oC sampai 550oC pada tekanan atmosfer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat penyalaan mandiri dari minyak pelumas sangat bergantung pada kondisi dari campuran uap hasil vaporisasi, nitrogen dan oksigen. Selain itu, data waktu penyalaan, laju pelepasan kalor dan densitas optik dari asap hasil pembakaran sampel minyak pelumas juga di observasi untuk masing- masing tingkat pancaran fluks kalor.

Auto-ignition behavior of lubricating oil is studied experimentally using cone calorimeter. A comparison with the simulation result performed using software Fire Dynamic Simulator (FDS) V05. The adopted lubricating oil is an unknown mixture that available in the market and known to have flash point temperature of 228oC based on Material Safety Data Sheet (MSDS). The measured temperatures of auto- ignition behavior range from 350 ◦C to 550 ◦C at atmospheric pressure. The result of this research shows that the auto-ignition behavior of lubricating oil is strongly depend on condition of gas mixture consisting of oil vapor, nitrogen, and oxygen. Moreover, time to ignition, heat release rate and optical density of smoke from combustion product are observed for each irradiance level."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44544
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Izuladha
"Laju penguapan pada droplets penting untuk diketahui dalam melakukan simulasi pada combustion. Yosuo Moriyoshi dan Yasuo Imai melakukan penelitian tentang pengukuran distribusi kosentrasi tekanan uap pada bahan bakar dalam phase gas dan liquid[9]. Christopher J. Rutland and Yunliang Wang melakukan simulasi
terhadap semprotan campuran cairan turbulen menggunakan software DNS[10]. Banyak simulasi combustion menggunakan software Fluent ataupun DNS yang menggunakan model analogi Ranz-Marshall pendekatan stagnan film sebagai dasar untuk menghitung laju perpindahan panas dan massa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model analogi tersebut dapat digunakan pada premium dan pertamax yang memiliki bilangan lewis besar (3-4) serta membandingkan dengan model E. A. Kosasih [6].
Penelitian ini menggunakan alat berupa jarum yang berisi larutan. Setelah larutan diteteskan pada termokopel, kemudian dialirkan udara dengan kecepatan dan temperatur bervariasi. Setelah dianalisa akan didapat hubungan antara bilangan Reynold (Re), Prandtl (Pr), Schmidt (Sc), Nusselt (Nu) dan bilangan Sherwood (Sh). Model Modifikasi oleh E. A. Kosasih ternyata mempunyai korelasi yang lebih kuat dibandingkan dengan model film stagnan.

Evaporation rate on the droplets is important to note in doing simulation on combustion. Yosuo Imai Yasuo Moriyoshi and conducts research on measurement of concentration distribution in the fuel vapor pressure in the gas and liquid phase[9]. Christopher J. Rutland and Wang Yunliang simulation of Turbulent liquid spray mixing and combustion by using DNS software[10]. Many combustion simulation using FLUENT software or DNS which uses the analogy of Ranz-Marshall model of stagnant film approach as a basis for calculating the rate of heat and mass transfer. This study aimed to see whether the analogy model can be used on premium and pertamax which has a large Lewis numbers (3-4) and compare with model modification E.A Kosasih[6].
This research is using a nozzle filled with solution. After the solution is injected on thermocouple, then air flow is given with some velocity and temperature variations. After being analized, the relations between Reynold number (Re), Prandtl (Pr), Schmidt (Sc), Nusselt (Nu) and Sherwood number (Sh) will be found. The modification model E. A. Kosasih has stronger correlation than stagnant film model.
"
2010
S630
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Petrovsky, N.
Moscow: MIR Publisher, 196-
628.872 3 PET m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pulkrabek, Willard W.
New Jersey: Prentice Hall International, 1997
621.4023 PUL e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pulkrabek, Willard W.
Upper Saddle River, N.J.: Prentice-Hall, 2004
621.43 PUL e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pulkrabek, Willard W.
Upper Saddle River, N.J.: Prentice-Hall, 1997
621.43 PUL e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Taylor, Charles F.
Cambridge: MIT Press, 1966
629.25 Tay i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Putu Octavio
"Parameter dari kualitas pembakaran pada motor pembakaran dalam dapat dilihat dari performanya dan emisi gas buang yang dihasilkan. Salah satu faktornya adalah kualitas bahan bakar yang digunakan. Metode untuk meningkatkan kualitas bahan bakar adalah dengan memberi katalis pada bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahan bakar mengikat oksigen, sehingga dapat memberikan efek pembakaran yang lebih baik. Tujuan lainnya adalah penggunaan katalis diharapkan dapat menghemat konsumsi bahan bakar dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. Pengujian ini menggunakan bahan bakar dasar premium.
Katalis yang digunakan antara lain tipe A, yaitu katalis dimasukan kedalam tangki bahan bakar. Sedangkan katalis yang kedua, tipe B, katalis dilewatkan pada aliran bahan bakar yang terletak di antara pompa bahan bakar dan karburator. Pengujian juga dilakukan dengan melakukan perpaduan antara kedua katalis.
Hasil pengujian menunjukan bahwa penggunaan perpaduan kedua katalis menghasilkan performa yang lebih baik bila dibandingkan dengan premium tanpa katalis. Kombinasi ini dapat meningkatkan daya (BHP) rata-rata sebesar 9,48% dan efisiensi thermal rata-rata sebesar 9,47%, serta penurunan konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 9,8% dan penurunan emisi gas buang sebesar 10,21%.

The indicators quality of internal combustion engines are performance and exhaust gas condition. One of the factors is the quality of fuel that is used. The method to increase fuel quality is by mixing fuel with catalyst. The purpose is the fuels can bind oxygen easily and get the better combustion process. Other purposes are to decrease fuels consumption and good for the environment. This research use gasoline as fuels.
The type of catalyst is A that is input to fuel tank. The second type is B, which is passed by fuel and is located between carburetor and fuel pump. The experiments also use both of fuel catalyst combination.
The result of experiments indicates that utilization both of catalyst combination can increase BHP average 9.48% and thermal efficiencies 9.47%. The results also show that the specific fuel consumption decrease 9.8% and emission decrease 10.21% compare to gasoline result.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50956
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mathur, M.L.
New Delhi : Dhanpat Rai and Sons, 1980
621.43 MAT c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>