Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132409 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Palfas Mustari
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Santoso
"Naiknya harga baja di dunia yang disebabkan oleh krisis global, sangat membebani perusahaan galangan kapal. Untuk itu penggunaan baja harus dikurangi seminimal mungkin. Salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi koefisien blok kapal. Optimasi koefisien blok dapat dilakukan untuk semua jenis kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari ukuran utama kapal yang optimal dan meminimalisir biaya pengadaan pada proses pembuatan kapal. Data diambil dari PT. Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), yaitu kapal yang sudah dibangun dengan tipe cargo semi container. Untuk mempermudah dalam pengolahan data maka peneliti menggunakan bantuan software maxsurf.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa daerah optimal berada pada varian 3. Dengan selisih total biaya pengadaan sebesar Rp 1,024 milyar, hal ini membuktikan bahwa bertambahnya koefisien blok kapal akan berakibat bertambahnya hambatan kapal sehingga bertambah pula biaya pengadaan instalasi tenaga penggerak. Sedangkan dampak pada biaya pengadaan baja semakin berkurang, hal ini dikarenakan dengan koefisien blok yang besar tingkat kerumitan dalam pembangunan semakin berkurang.

World crisis effects the development of steel rate. It impedes the business of ship building. Therefore, the usage of steel must be decreased. The alternative way is by optimizing the block coefficient of ship. It can be done by all variants. The goal of this research is to find out the main calculation of ship optimally. The data is taken from PT. Dok and Perkapalan Kodja Bahari (Persero) that the ship has established by the type of cargo with semi container design. The writer uses the maxsurf software in order to easier the writer in analyzing the data.
The result of this research proves that the optimal area appears in 3rd variant. The difference result can be seen from the cost provided with the amount of 1.024 million rupiah. It proves the increasing the block coefficient of ship that causes the increasing of resistance. Therefore, it causes the increasing of the installation cost provided in main spring. In contrast, the effect of the steel cost provided is getting decrease.. It is because the high degree of block complexity in establishing is also getting decrease.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51000
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Suparmin
Jakarta: Perusahaan Listrik Negara, 2003
537 SUP l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Amen, Daniel G.
Bandung: Qanita, 1998
611.81 AME c ;611.81 AME c (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hariyono Winarto
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2024
PGB-pdf
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Tambunan, Toman Sony
"ABSTRAK
Pancasila adalah dasar Negara Kesatuan republik Indoneisa dan juga merupakan falsafah hidup bagi bangsa yang menjadi acuan universal nilai-nilai kehidupan, yang dimana harus dilaksanakan secara konsisten dalam berbangsa dan bernegara. Kepemimpinan negara harus mengacu pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai tersebut ke dalam fungsi dan perannya sebagai seorang pemimpin. Nilai-nilai dari kepemimpinan Pancasila adalah: Spiritual, Humanisasi, Nasionalis, Demokratis dan Keadilan Sosial (social justice). Kelima nilai-nilai kepemimpinan tersebut sudah mengacu kepada kelima sila yang ada di Pancasila. Kepemimpinan Pancasila harus bisa bertindak dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pemimpin yang berbasis Pancasila akan mampu mengelola kebhinekaan dengan baik, menjaga keutuhan negara Republik Indonesia, membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar, serta menjadikan Indonesia ke arah yang lebih baik."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM 43 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sasaki, Fumio
"alam buku Hello, Habits, Sasaki menjelaskan cara membentuk kebiasaan baru yang kita inginkan—dan menyingkirkan berbagai kebiasaan yang tidak bermanfaat. Berdasarkan teori dan kiat terkenal tentang ilmu pembentukan kebiasaan yang dikajinya dari psikologi kognitif, neurosains, dan sosiologi, serta berbagai contoh dari budaya populer dan berbagai cara yang telah dicoba dan diuji dari kehidupannya sendiri, dia mengungkap kesalahpahaman umum tentang “keteguhan hati” dan “ bakat”. Selanjutnya, dia menawarkan panduan bertahap menuju sukses. Akhirnya, Sasaki menunjukkan bagaimana orang awam seperti dirinya dapat menggunakan prinsip pembentuk-kebiasaan yang baik untuk meningkatkan diri dan mengubah hidup.
"
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2022
158 SAS h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Winoto Hadi
"Globalisasi perekonomian nasional menimbulkan potensi serta tantangan bagi industri pelayaran nasional. Menurut jadwal yang telah disepakati bersama, rangkaian perjanjian AFTA, GATT, WTO serta NAFTA akan diimplementasikan penuh oleh seluruh negara negara anggotanya selambatlambatnya pada tahun 2020.
Dikarenakan industri pelayaran yang bersifat permintaan dan merupakan derived demand, peranan tidak langsung industri pelayaran pada perekonomian nasional adalah lebih besar daripada peranannya secara langsung. Perekonomian suatu negara memiliki keunggulan kompetitip bukan saja karena mampu menghasilkan komoditi yang sesuai dengan selera konsumen, dengan harga murah dan dengan kualitas yang prima. Daya saing perekonomian juga ditentukan oleh tersedianya transportasi yang mampu menyampaikan barang pada konsumen dengan cepat, murah, dan tepat waktu. Tersedianya transportasi (termasuk pelayaran taut) yang handal telah memungkinkan pelabuhan, seperti Amsterdam, Singapura dan Hong Kong mampu menjadi pusat distribusi regional dan internasional.
Berdasarkan itu maka diperlukan studi-studi penting untuk bidang kelautan terutama armada niaga dan pelabuhan. Dalam tesis ini ditinjau pada pola pergerakan armada kapal laut yang memuat kontainer dengan dibatasi waktu minimal selama kapal melakukan siklus/voyage dan turn round time di pelabuhan dilihat dari sisi komposisi armada. Armada ini dibagi menjadi 5 (lima) golongan yakni, golongan I yang berbobot mati ( DINT) dibawah 14000, golongan II antara 14000 sampai kurang dari 30000, golongan III antara 30000 sampai kurang 40000, golongan IV antara 40000 sampai kurang dari 50000, terakhir golongan V lebih dari 50000 DWT. Masing-masing kapal mempunyai daya muat kontainer sebesar, golongan 1500 teus, golongan II 1000 teus, golongan III 1800 teus, golongan IV 3000 teus dan golongan V 4180 teus.
Untuk menghitung jumlah komposisi armada kapal laut bermuatan kontainer dan waktu minimal tersebut diperlukan model matematis yang sederhana namun memenuhi fungsi kendalanya. Model ini diaplikasikan pada kapal-kapal berbagai golongan tersebut sehingga didapat komposisi yang memenuhi syarat.
Hasil keseluruhan analisa didapat bahwa : waktu sikius kapal dan waktu putar kapal di pelabuhan mencapai kondisi optimum sehingga persamaan model optimasi dapat digunakan, karakteristik pelabuhan mempengaruhi komposisi kapalnya. Kapal golongan V tepat untuk pelabuhan Tanjung Priok, kapal golongan I dan II tepat untuk pelabuhan Tanjung Perak, Panjang dan Tanjung Emas, kapal golongan I, II dan V tepat untuk pelabuhan Panjang.
Daftar Pustaka 24 ( 1990 - 2003 )"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14643
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tambunan, Oktavianus
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S38390
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>