Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 161773 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andrianto Yulistiadi
"Kebutuhan kapal sebagai sarana angkut utama pada mega proyek lahan gambut sejuta hektar di Kalimantan Tengah dirasakan semakin mendesak. Selain untuk menghubungkan antar daerah. transportasi merupakan faktor penunjang yang penting dalam penumhuhan ekonomi di daerah tersebut.
Namun kendala yang dihadapi, daerah tersebut rentan terhadap erosi yang diakibatkan gelombang air, maka salah satu jenis kapal yang sesuai untuk daerah tersebut adalahjenis kapal Katamaran. Kekhususan dari kapal ini adalah memiliki dua buah lambung yang dihubungkan secara paralel. Kapal ini selain memiliki ruang muat yang besar dan gelombang yang ditimbulkannya relatif kecil, juga memiliki stabilitas yang baik jika dibandingkan dengan kapal berlambung tunggal (monohull).
Bahan kapal katamaran tersebut direncanakan menggunakan komposit fiberglass. Pemilihan bahan ini disesuaikan dengan kondisi air lahan gambut yang bersifat korosifterhadap bahan tertentu, terutama Iogam besi. Selain bersifat tahan korosif juga mudah dilcerjakan dan dapat menggunakan peralatan yang relatif sederhana sehingga cocok untuk dikembangkan pada daerah tersebut.
Perhitunan kekuatan memanjang dan melintang merupakan salah satu bagian dari proses perancangan kapal. Ukuran profil, berat kapal dan kondisi gelombang merupakan bagian dari permasalahan kekuatan kapai yang memerlukan perhitungan yang berulang-ulang untuk mendapatkan hasil rancangan yang baik. Perhitungan kekuatan memanjang dan melintang tersebut dilakukan pada kondisi kritis yang berbeda-beda."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samosir, Freddy A.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36622
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susanto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1990
S35499
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wardani Paramita
"Masih kurangnya infrastruktur sarana transportasi darat di daerah Kalimantan, terutama dalam pembukaan proyek lahan gambut sejuta hektar, mendorong perlunya dicari alternatif transportasi di daerah tersebut. Mengingat kondisi geografisnya, maka salah satu alternatif sarana transportasi yang baik untuk daerah tersebut adalah dengan menggunakan kapal / perahu, yang memiliki ruang muat yang besar, stabilitas kapal yang baik dan terutama diharapkan tidak menimbulkan gelombang yang besar akibat laju kapal, untuk mencegah erosi pada tepian sungai.
Alternatif jenis kapal yang memenuhi persyaratan di atas adalah kapal katamaran. Oleh karena itulah dibuat perancangan kapal katamaran ini, dimana salah satu faktor penting dalam perancangan adalah mencari besarnya tahanan kapal, karena dari tahanan kapal ini dapat diperoleh parameter-parameter lain yang dibutuhkan dalam perancangan, seperti perhitungan perkiraan daya mesin dan perhitungan propulsi.
Metode yang digunakan dalarn perhitungan tahanan kapal di sini adalah dengan menggunakan metode satu per satu dengan rumus pendekatan dengan perhitungan luas bidang basah yang diambil dari gambar rencana garis. Dari sinilah kemudian dapat diperoleh tahanan kapal yang dicari, dan kemudian dapat diperkirakan daya yang dibutuhkan kapal tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36248
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Agus Kramayanti
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36620
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Mayasanti
"Penggunaan mesin propuisi kapal menjadi semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi permesinan yang menghasilkan berbagai produk dengan efisiensi yang jauh lebih baik dan mesin-mesin konvensional. Perkembangan mesin propuisi ini juga sangat beragam dan berbeda untuk setiap jenis kapalnya. Namun perkembangan pengaplikasian di lapangan pada kapal-kapal Indonesia masih sangat terbatas hanya untuk jenis konvensional saja.
Permasalahan inilah yang kemudian menjadi alasan perlu adanya suatu kajian tentang pertimbangan pemilihan mesin yang paling tepat. Penelitan ini terbatas untuk studi perbandingan jenis sistem propuisi untuk kapal patrol i tipe 28 meter dari aspek teknis.
Kegiatan pengkajian ini dimulai dengan studi literatur dan studi lapangan untuk menentukan kapal yang akan dianalisa serta jenis sistem propulsinya. Selanjutnya adalah memilih sistem propuisi lainnya yang paling memungkinkan untuk digunakan pada kasus tersebut.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa hasil perbandingan dari aspek teknis dari penggunaan sistem propuisi dengan menggunakan Waterjet Propulsion System sebagai pengganti Conventional System yang terdapat pada kapal tersebut.

Use of machine of ship propulsion become immeasurable progressively along with technological growth of machinery yielding various product with efficiency which far better from conventional machines, growth of this propulsion machine also very immeasurable and differ for every ship type. But growth for application for ships in Indonesia still very limited for conventional type.
This problems later, then become reason need existence study about consideration of most machine election precisely. This research limited for study of comparison of type of propulsion system for patrol boat 28 metre type from technical aspect.
This study activity started with study of literature and field study to determine ship to be analysed and also type of propulsion system. Then selected most other propulsion system enable to be used at the case.
End result from this research in the form of comparison result from technical aspect the than use of propulsion system by using Waterjet Propulsion System in the place of Conventional System that found on the ship.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38076
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Rusli
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmi Satarsyah
"ASBTRAK
Dalam tiga puluh tahun terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan pada
penggunaan kapal multihulls untuk berbagai aplikasi seperti feri, kapal penangkap
ikan, kapal olahraga, dan kapal penelitian oseanografi. Kenaikan harga BBM telah
menyebabkan bisnis armada operasional dan pengiriman berada dalam situasi
yang krusial. Konsumsi bahan bakar kapal dipengaruhi oleh volume kapal atau
luas permukaan tercelup yang berpengaruh terhadap peningkatan tahanan kapal
dan ukuran mesin utama. Trimaran bentuk lambung atau kapal dengan tiga
lambung yang menjadi perhatian karena dapat memberikan luas dek yang lebih
besar dan ukuran draft yang kecil. Pada penelitian ini menggunakan beberapa
konfigurasi untuk mendapat hasil hambatan yang optimal pada kapal trimaran
asimetrik. Hambatan salah satu merupakan faktor penting ketika merancang kapal
karena berhubungan dengan perhitungan daya mesin utama kapal, biaya
operasional kapal dan konsumsi bahan bakar. Dalam tesis ini akan menjelaskan
pengaruh nilai hambatan yang disebabkan oleh konfigurasi melintang (S / L) pada
lambung kapal trimaran asimetrik. Metode eksperimen (uji fisik) dan numerik
(HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian penelitian dengan
variasi kecepatan dalam bilangan Froude 0 -0,51.

ABSTRACT
In the last thirty years, there is significant increase on the use of multihulls vessels
for various applications such as ferries, fishing vessels, sporting craft, and
oceanographic research vessels. The increase of fuel price has caused fleet
operational and shipping bussines to be in danger situation. The fuel consumption
of a ship is influenced by ship volume or wetted area which contributes directly to
the increase of ship resistance and the size of main engine. Trimaran hull form or
vessel with three hulls has recieved considerable attention because it can provide
even bigger deck area and shallower-draft. The core of the study involves
determaining the total resistance for each model in the series in konjunction
varying tranversal side-hull locations. Resistance is an important factor when
designing a ship because it deals with the calculation of main engine power of
vessels, vessel operating costs and fuel consumption. In this thesis would explain
the decrease in resistance value caused by the transversal configuration (S / L) on
out-trigger trimaran asymetrical vessel. Experimental method (physic test) and
numerical (HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) conducted the study with the velocity
variations in the Froude number 0 -0,51."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42273
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zubair Muis Alie
Yogyakarta: Deepublish, 2019
623.87 MUH p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jus Widjaja
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35880
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>