Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 176263 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anastasia Mia
"
ABSTRAK
PT. Suba Indah adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan swasta yang
bergerak di sektor pangan, khususnya dalam pengolahan makanan dan minuman.
Produk yang dihasilkan meliputi aneka ragam minuman, anggur, sirop, aneka saus
serta sambal, sosis serta daging olah. Produk-produk tersebut telah dipasarkan di
bawah lebih dari dua puluh lima merek dagang, empat belas diantaranya adalah
merek lisensi. Produk-produk di atas telah didistribusikan ke seluruh pelosok
nusantara, serta diekspor.
Penentuan jumlah bahan baku dan bahan kemasan yang harus dipesan
dan dibeli untuk keperluan produksi di PT. Suba Indah selama ini dilakukan hanya
berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di Divisi Logistik secara umum, dan
di bagian Pembelian secara khusus, serta tidak memilih suatu metode tertentu. Cara
ini tidak dapat dipungkiri, masih sering mengakibatkan beberapa jenis bahan baku
dan bahan kemasan menumpuk di gudang Sementara itu beberapa jenis bahan baku
lain, khususnya bahan baku yang banyak dipakai untuk pernbuatan beberapa macam
produk, masih sering tidak mampu memenuhi permintaan produksi, terlebih untuk
permintaan produksi mendadak.
Penulisan ini akan membahas perhitungan jumlah bahan baku dan bahan
kemasan yang dibutuhkan untuk keperluan produksi dengan metode EOQ
(Economic Order Quantity) atau Perhjtungan jumlah Pemesanan yang Ekonomis,
dalam upaya memperbaiki pola pengendalian persediaan yang selama ini diialankan
perusahaan Perhitungan tambahan dilakukan atas tiga kondisi berbeda yang mungkin
terjadi atau diterapkan di perusahaan yaitu 1 jika pemnntaan untuk keperluan
produksi naik sebesar 15% , jika beberapa komponen biaya yang harus dikeluarkan
dapat ditekan, dan yang terakhir adalah gabungan dari kedua kondisi pertama.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode EOQ
perusahaan dapat memudahkan pelaksanaan pengendalian persediaannya sekaligus
menghemat biaya.
"
1997
S36254
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfa Sri Aditya
Depok: Universitas Indonesia, 1996
S36584
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ade Yahya
"ABSTRAK
Pelanggan mempersyaratkan produk (barang/jasa) yang memuaskan
kebutuhan dan harapannya. Kebutuhan dan harapan peianggan (Voice of
Customer) selalu berubah, dan untuk itu organisasi perlu memperbaiki atau
meiakukan improvisasi secara berkesinambungan terhadap produk dan
prosesnya.
Guna mengantisipasi kebutuhan dan harapan pelanggan yang selalu
berubah dan mengimprovisasi (memperbaiki) proses dan produk, maka
dibutuhkan alat bantu berupa sistem informasi produk yang dapat dengan segera
menganalisa kebutuhan dan harapan pelanggan saat ini dan akan datang
menjadi quality effort (improvement).
Alat bantu dalam bentuk software program QFD diupayakan
pengembangannya untuk diaplikasikan pada data-data suara pelanggan tentang
kualitas yang rnereka butuhkan dari produsen mobil Opel dan juga persepsi
mereka tentang kualitas mobil Toyota sebagai pesaingnya.
Penggunaan software selelah diisi dengan data-data suara pelanggan
diuji keakurasiannya dengan peraiatan yang digunakan seoara manual. Dan
ternyata bahwa peralatan itu sangat akurat dan dapat menghasilkan diagram
matriks rumah kualitas, dengan tempilan data-data yang perlu menjadi perhatian
pihak predusen demi menghasrlkan kualitas tertentu yang diinginkan para
pelanggan.

"
2001
S37117
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clements, Richard Barret
New Jersey: Prentice-Hall, 1994
R 658.5 CLE h
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
New York : Marcel Dekker, 1991
658.5 STA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pyzdek, Thomas
New York: McGraw-Hill, 2010
658.5 PYZ s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Athaya Fatharani Lasminingrat
"Penyediaan produk yang berkualitas merupakan hal penting yang perlu menjadi fokus dan tujuan perusahaan di industri mana pun, termasuk industri produk Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Terlebih lagi, industri FMCG sedang mengalami kenaikan volume penjualan secara global. Namun, sebuah perusahaan FMCG di wilayah Tangerang sedang mengalami masalah mengenai penyediaan produk berkualitas yang memenuhi kepuasan pelanggan. Salah satu produknya, yaitu sabun cuci piring, mengalami peningkatan biaya rework produk cacat secara drastis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Oleh karena itu, identifikasi akar permasalahan cacat produk diperlukan agar tingkat kecacatan pada proses produksi dapat dikurangi. Penelitian ini menerapkan konsep six sigma dengan mengikuti alur metode Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control (DMAIC) untuk membantu mencari akar masalah dan merancang perbaikan proses produksi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akar dari masalah yang ada yaitu kurang telitinya operator saat mengoperasikan panel HMI untuk melakukan aktivitas pencampuran bahan baku cairan sabun, kelalaian operator dalam mengikuti alur kerja, dan mesin penunjang aktivitas yang tidak beroperasi dengan benar. Berdasarkan hal tersebut, diberikan rekomendasi berupa modifikasi tampilan panel Human-Machine Interface (HMI), pelatihan operator, serta pengecekan mesin secara berkala. Melalui rekomendasi yang diberikan, diharapkan tingkat produksi barang cacat dapat berkurang.

Delivery of quality products is an important matter that needs to be the focus and goal of companies in any industry, including the Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) industry. Especially, FMCG industry is experiencing an increase in sales volume globally. However, an FMCG company in the Tangerang area is experiencing problems regarding providing quality products that meet customer satisfaction. One of its products, namely dishwashing liquid, experienced a drastic increase in the cost of reworking defective products compared to previous months. Therefore, identification of the root causes of product defects is necessary so that the level of defects in the production process can be reduced. This study applies the six sigma concept by following the Define, Measure, Analyze, Improve, and Control (DMAIC) method to help identify root causes and design relevant production process improvements. The results showed that the root of the problem was the operator's uncarefulness when operating the HMI panel to carry out the activity of mixing the raw materials for dishwashing liquid, the operator's negligence in following the workflow, and the supporting machines that did not operate properly. Based on this, recommendations are given in the form of modifying the appearance of the Human-Machine Interface (HMI) panel, operator training, and periodic machine checks. Through the recommendations given, it is expected that the level of production of defective goods can be reduced."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grant, Eugene Lodewick
Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha, [date of publication not identified]
658.562 GRA s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Grant, Eugene Lodewick
New York N.Y.: McGraw-Hill , 1964
311.214 GRA s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>