Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43106 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S37411
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bethara Putra Ardeawan Pranoto
"Ls-Dyna atau yang lebih dikenal dengan Dyna3D, pada awalnya dikembangkan oleh Lawrence Livermore National Laboratory. Pada awalnya program ini digunakan untuk analisa stress benda akibat impact dan bersifat static, pada masa itu kemampuan program dan computer sangat sulit untuk melakukan analisa benda yang kecepatan tertentu. Namun dengan makin kompleksnya benda yang harus dianalisa dan makin pesatnya kemajuan teknologi, proses analisa yang melibatkan kecepatan dan gesekan menjadi semakin mungkin untuk dilakukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat simulasi impact dengan mengguankan program ansys-ls dyna dan menganalisa transient impact response yang terjadi saat material Spherical Nylon yang diasumsikan Linear Isotropic menumbuk Cylinder GFRP yang berbahan Viscoelastic.
Metoda yang digunakan dalam tugas akhir kali ini adalah studi literatue dan simulasi komputasi dengan menggunakan program Ansys-Ls Dyna. Hasil dari simulasi akan diverifikasi dengan hasil eksperimen yang telah dilakukan sebelumnya dengan menggunakan material Nylon dan GFRP viscoelastic.
Dari hasil simualsi dengan mengguankan program ansys dan diasumsikan material mengguakan Linear Isotropic didapatkan bahwa tegangan searah sumbu X saat V=100m/sec pada titik [1] adalah 4.26x106 Pa, pada titik [2] 4.57x106 Pa, sedangkan shear stress pada titik [3] sebesar 3.01x106Pa, niali contact time 1.51x10-2 sec, nilai contact area adalah 1.3mm dan nilai strain rate adalah 29.4. Nilai ini terus bertambah seiring dengan bertambahnya kecepatan yang dikenakan pada Nylon.
Simulasi dilakukan dengan menggunakan program Ansys-Ls Dyna, dan dari hasil simulasi diketahui bahwa Contact time yang terjadi antara Nylon dan GFRP menjadi lebih cepat dengan meningkatnya kecepatan atau velocity yang dikenakan pada nylon. Hal ini dikarenakan deformasi yang terbentuk atau contact area yang terjadi pada nylon juga menjadi lebih besar dengan meningkatnya kecepatan yang dikenakan pada Nylon. Hal ini menjadi kebalikan dari eksperimen nylon dengan material viscoelastic.

Dyna3D originated at Lawrence Livermore National Laboratory. The early application were primary for the stress analysis of structures subjected to a variety of impact loading. These application required what was the significant computer resource and the need for a much faster version was immediately obvious. Part of the speed problem was related to the inefficient implementation of the element technology which was further aggravated the fact that supercomputer in 1976 were much slower than today?s PC.
This research is making the simulation impact using Ansys V9.0 Program and analyze transient impact response that happened between Spherical Nylon that assumed as Linear Isotropic with Cylinder GFRP which Viscoelastics materials.
The method used in this final Project is study literature and computing simulation using Ansys V9.0 Program. The simulation Result will be verificated with experiment result which have been done before using material Nylon and GFRP viscoelastic.
The result from the simulation is stress at velocity V=100m/sec point [1] 4.26x106 Pa, point [2] 4.57x106 Pa, is while shear stress point [3] 3.01x106Pa, contact time 1.51x10-2 sec, contact area is 1.3mm and strain rate is 29.4. This value continue to increase along with increasing of Velocity.
There is a different between Simulation and Experiment which done before. The contact time in simulation is faster than experiment. This is happen because of different material behavior. In Viscoelastic Material, when the material got stress it will be deform into elastic deformation. But in Linear Elastic, the the material have a stress there will be a small deformation. So the energy that consume by Viscosity material and Linear material would be different."
2008
S37353
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37239
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panggabean, Mutiara S.
Depok: Universitas Indonesia, 1996
S28261
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gatot Prayogo
2012
D1876
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widharaniputri Yasminadani
"Latar Belakang: Perubahan warna masih menjadi masalah utama kegagalan klinis restorasi resin komposit. Perubahan warna dapat disebabkan oleh konsumsi teh yang tingkat konsumsinya tinggi, terutama teh hitam. Estetika merupakan indikator keberhasilan klinis yang berkaitan dengan kehalusan permukaan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pemolesan yang tepat. Untuk mengetahui pengaruh teknik pemolesan terhadap perubahan warna resin komposit, perlu dilakukan evaluasi terhadap resin komposit nanohibrid dan spherical filler setelah perendaman dalam teh hitam selama 7 hari. Perendaman selama 7 hari dilakukan untuk mengevaluasi performa klinis restorasi resin komposit selama 2 tahun. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai perubahan warna resin komposit nanohibrid dan spherical filler yang dipoles menggunakan polishing disc serta polishing disc diikuti wool brush dan diamond polishing paste setelah perendaman dalam larutan teh hitam. Metode: Dua puluh satu spesimen dari masing-masing resin komposit nanohibrid (Filtek Z250 XT shade A2) dan spherical filler (PALFIQUE OMNICHROMA) dipersiapkan dengan bentuk silinder berdiameter 6mm dan tebal 2mm. Total keempat puluh dua spesimen dibagi ke dalam 4 kelompok perlakuan dan 2 kelompok kontrol. Perlakuan pertama adalah pemolesan menggunakan polishing disc (Pd) dan perlakuan kedua menggunakan polishing disc diikuti wool brush dan diamond polishing paste (PdP). Spesimen yang tidak dipoles berfungsi sebagai kontrol (K). Warna awal spesimen diukur menggunakan colorimeter. Spesimen lalu direndam dalam larutan teh hitam selama 7 hari. Warna akhir diukur menggunakan colorimeter kemudian data dianalisis secara statistik menggunakan uji One-Way ANOVA dan uji Post Hoc Tamhane. Hasil: Perendaman dalam larutan teh hitam menghasilkan perubahan warna yang tidak dapat diterima secara klinis, kecuali pada kelompok N-PdP. Kelompok N-K menunjukkan nilai ∆E* terbesar, sementara kelompok N-PdP menunjukkan nilai ∆E* terkecil. Terdapat perbedaan bermakna antara kelompok N-K dengan kelompok SF-K, kelompok N-Pd, dan kelompok N-PdP; antara kelompok SF-K dengan kelompok SS-PdP; antara kelompok N-Pd dengan kelompok N-PdP; serta antara kelompok N-PdP dengan kelompok SF-PdP (p < 0.05). Kesimpulan: Penggunaan pasta dalam pemolesan dapat mengurangi perubahan warna pada resin komposit akibat perendaman dalam larutan teh hitam. Resin komposit nanohibrid yang dipoles menggunakan disc diikuti pasta menunjukkan ketahanan terhadap perubahan warna yang lebih baik daripada resin komposit spherical filler.

Color change remains a primary concern in the clinical failure of composite resin restorations. Color change can be attributed to the high consumption of tea, especially black tea. Aesthetics serve as a clinical success indicator that is related to low surface roughness. Therefore, it is crucial to apply appropriate polishing procedures. To assess the effect of polishing procedures on the color change of composite resin, an evaluation of nanohybrid and spherical filler composite resins after immersion in black tea for 7 days is necessary. The 7-day immersion aims to evaluate the clinical performance of composite resin restorations over a 2-year period. Objective: This study aims to determine the differences in color change values between nanohybrid and spherical filler composite resins polished using a polishing disc and using a polishing disc followed by a wool brush and diamond polishing paste after immersion in black tea. Methods: Twenty one specimens were prepared from each nanohybrid (Filtek Z250XT shade A2) and spherical filler composite resin (PALFIQUE OMNICHROMA), shaped as cylinders with a diameter of 6mm and a thickness of 2mm. The forty-two specimens were divided into 4 treatment groups and 2 control groups. The first treatment involved polishing with a polishing disc (Pd), and the second treatment involved polishing with a polishing disc followed by a wool brush and diamond polishing paste (PdP). Unpolished specimens served as controls (K). Initial specimen color was measured using a colorimeter. Specimens were then immersed in a black tea solution for 7 days. The final color was measured using a colorimeter and data were statistically analyzed using One-Way ANOVA and Tamhane's Post Hoc test. Results: Immersion in black tea solution resulted in clinically unacceptable color changes, except for the N-PdP group. The N-K group exhibited the highest ∆E* value, while the N-PdP group showed the smallest ∆E* value. There were significant differences between N-K and SF-K, N-Pd and N-PdP group, SF-K and SF-PdP group, N-Pd and N-PdP group, as well as N-PdP and SF-PdP group (p < 0.05). Conclusion: The use of paste in polishing can reduce color changes in composite resin due to immersion in black tea solution. Nanohybrid composite resin polished with a disc followed by paste demonstrates better resistance to color changes than spherical filler composite resin."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Madila Awalini
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S40858
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Daniell
"Komposit CFRP semakin banyak digunakan dalam industri teknik. Cabang-cabang teknik terus melakukan penelitian tentang keterbatasan komposit, menguji respon tumbukan komposit dengan berbagai skenario penabrak. Dengan diperkenalkannya perangkat lunak pemodelan elemen hingga, ABAQUS, eksperimen dapat dilakukan tanpa memerlukan sumber daya yang besar. Model dapat dibuat untuk membaca hasil respon tumbukan secara tepat dengan input yang terperinci pada perangkat lunak. Input penting untuk memodelkan eksperimen secara realistis meliputi sifat-sifat teknis dari penabrak dan CFRP, pembebanan, dan interaksi. Makalah ini menampilkan kemampuan untuk mereplikasi model dari makalah referensi dalam ABAQUS.

CFRP composites are gaining more usage in the engineering industries. Branches of engineering are continuously reseaching on the limitations of the composite, testing the impact response of the composite with various impactor scenario. With the introduction of finite element modelling software, ABAQUS, the experiments may be done without the need for materialistic resources. The models can be created to precisely read the results of impact responses with detailed inputs on the software. Crucial inputs to realistically model the experiment includes the mechnical properties of both impactor and CFRP, loading, and interaction. This paper showcases the ability to replicate a reference paper’s model in ABAQUS."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Evy Fithriyany AS
"Kemacetan yang kerap terjadi di Mal Ambasador jika dianalisis, juga dipengaruhi oleh arus pejalan kaki, terutama yang menyeberangi ruas jalan Prof. Dr. Satrio. Dari pengamatan selama 3 jam dengan memperhitungkan pejalan kaki, baik yang melintas, menyeberang jalan, menunggu angkutan umum, serta angkutan umum yang mengetem, dapat diketahui bahwa kemacetan yang terjadi dominan dipengaruhi oleh aktifitas pejalan kaki yang menyeberang jalan dengan nilai analisis korelasi sebesar -0,8703. Dalam durasi pengamatan tersebut dapat diketahui jumlah pejalan kaki yang menyeberang pada jam pengamatan pertama sebanyak 2571 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 2002 detik, pada jam pengamatan kedua sebanyak 912 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1386 detik, pada jam pengamatan ketiga sebanyak 1430 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1135 detik. Pada jam pengamatan pertama, dengan jumlah penyeberang jalan sebanyak 2571 orang dengan waktu pergerakan selama 2002 detik, jumlah arus lalu lintas adalah sebesar 2247 kendaraan/jam. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam pengamatan jam pertama selama durasi waktu + 1 jam (tepatnya 59 menit 20 detik), arus lalu lintas kendaraan akan berhenti selama 2002 detik (+ 33 menit 22 detik). Pada jam pengamatan kedua jumlah arus lalu lintas kendaraan meningkat menjadi 2839 kendaraan/jam, hal ini disebabkan karena berkurangnya waktu tunda yang diakibatkan dari jumlah penyeberang jalan, yaitu menjadi sebesar 912 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1386 detik. Sehingga arus kendaraan selama periode pengamatan (59 menit 44 detik) menjadi berhenti selama 23 menit 1 detik. Sedangkan pada jam pengamatan ketiga diketahui bahwa jumlah arus kendaraan adalah sebesar 2845 kendaraan/jam dengan jumlah penyeberang jalan sebanyak 1430 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1135 detik, dengan kata lain dalam waktu + 1 jam (60 menit), arus lalu lintas kendaraan akan berhenti selama 1135 detik (+ 18 menit 55 detik). Dari total pengamatan selama durasi + 3 jam diperoleh jumlah arus penyeberang jalan (P) sebesar 4913 orang, sehingga jumlah penyeberang jalan rata-rata adalah sebesar 1637,667 orang/jam. Jumlah kendaraan sebesar 19814 kendaraan. Nilai rata-ratanya adalah sebesar 6604,667 kendaraan/jam.Maka nilai PV2 adalah 7,1438 x 1010. Berdasarkan nilai tersebut, maka fasilitas yang disarankan bagi penyeberang jalan adalah berupa jembatan penyeberangan. Selain alasan keselamatan bagi pejalan kaki, hal ini juga demi menghindari ruas jalan Prof Dr. Satrio dari kemacetan lalu lintas.

Traffic jam of which is often happens at The Ambasador Mall, when we analyzed it is also caused by pedestrian, primarily by those whose cross Prof. Dr. Satrio Street. As a result from three hours of observation by calculating the pedestrian, who's passing through, crossing the street, waiting for public transportations and public transportations that waited there for load or unload passengers, it is known that the traffic jam happens are dominantly caused by the pedestrian activities that crossing the street with a correlation -0.8703. During the observation periods, for the first hour of observation there were 2,571 pedestrian/hour with total time of movement 2,002 seconds, during the second time of observation there were 912 pedestrian/hour with total time of movement 1,386 seconds, and for the third time of observation there were 1,430 pedestrian/hour with total time of movement 1,135 seconds. During the first hour of observation, with the number of pedestrian 2,571 pedestrian/hour with total time of movement 2,002 seconds, the amount of car traffic are 2,247 cars/hour. The above mentioned fact indicating that during the first hour of observation (with an exact elapsed time 59 minutes and 20 seconds), the current car traffic on that street jammed for 2,002 seconds (_ 33 minutes and 22 seconds), During the second time of observation the amount of car traffic increase to 2,839 cars/hour. It is caused by the delay time that decreased because of the amount of the pedestrian, which become 912 pedestrian/hour with total time of movement 1,386 seconds. So, the car traffic during the period of observation (exact elapsed time 59 minutes and 44 seconds), jammed for 23 minutes and 1 second. In the third time of observation known that the amount of car traffic at that time on that street is 2,845 cars/hour, with total pedestrian crossing that street are 1,430 pedestrian/hour with total time of movement 1,135 seconds. With other words, during +1 hour (60 minutes) the traffic had jammed for about 1,135 seconds (_ 18 minutes and 55 seconds). From the total observation time (_ 3 hours), known that the total pedestrians (P) are 4,913 pedestrians with an average of 1,637.667 pedestrian/hour, and the total amount of traffic are 19,814 cars with an average of 6,604.667 cars/hour. Therefore the PV2 value is 7.1438 x 1010. According to that value, it is urgently recommended to build a crossing bridge facility for the pedestrians. Besides the safety reason for the pedestrians, it is also to avoid the Prof. Dr. Satrio Street from having traffic jam."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50523
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>