Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13689 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aida Mahmudah
"Salah satu industri otomotif yang bergerak di bidang angkutan niaga adalah PT. KANCIL. (PT. Kumia Abadi Niaga Citra Indah Lestari) dengan produk angkutan niaga yang bernama KANCIL (akronim dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah) sebagai angkutan pengganti bajaj. Realisasi rencana produksi mobil KANCIL mulai dilaksanakan pada akhir tahun '90-an. Objek kerja sama yang dilakukan PT. KANCIL dengan salah satu rekanannya, yaitu Politeknik Manufaktur Bandung, (POLMAN - Bandung) adalah berupa perancangan dan pembuatan prototype bagian front axle dan steering system. Dan salah satu bagian penting dari front axle kendaraan roda empat adalah knuckle yang berfungsi untuk menempatkan roda sekaligus menahan beban pada kendaraan tersebut. Prototype knuckle ini lah yang menjadi bahan kajian dalam tulisan ini.
Tulisan ini membahas mengenai analisa statis kekuatan mekanis prototype knuckle mobil KANCIL. Pada analisa sebelumnya, pembebanan poros kendaraan hanya berdasarkan berat kendaraan dan penumpang, dan teori kegagalan yang digunakan kurang sesuai untuk knuckle yang dibuat dari material rapuh, yaitu FCD50. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini penulis membahas mengenai analisa pembebanan poros kendaraan pada kondisi operasi tertentu untuk mendapatkan pembebanan maksimum di poros depan (knuckle adalah komponen yang berhubungan dengan poros depan kendaraan), analisa statis pada sistem gaya knuckle dengan menggunakan bantuan piranti lunak tertentu, dan memeriksa kekuatan mekanisnya dengan menggunakan teori kegagalan yang sesuai untuk material rapuh, yaitu kriteria teori tegangan normal maksimum.
Pada akhir analisa, disimpulkan bahwa prototype knuckle secara umum mampu menahan beban maksimum, kecuali pada beberapa detail konstruksi. Pada kesimpulan ini pun diuraikan beberapa alternatif perbaikan konstruksi yang dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan konstruksi yang lebih baik, dan membandingkan hasil analisa yang dihasilkan pada kajian ini dengan hasil analisa sebelumnya.

One of industrial automotive that move on commercial transportation is PT. KANCIL (PT. Kurnia Abadi Mega Citra Indah Lestari) with their public transportation product, named KANCIL (acronym from Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah) as public transportation that will replace bajaj. Realization from KANCIL production planning begins on late of ’90. The object of corporation project between PT. KANCIL with one of their colleague, that is Politeknik Manufalctur Bandung (POLMAN - Bandung), is designing and making steering system and front axle prototype. One of the important parts from front axle of four wheel vehicle is knuckle, a part that fixing the wheel and hold back the vehicle load. This knuckle prototype is the object of' the present experiment.
This thesis discusses about static analysis of strength mechanical of KANCIL's knuckle prototype. On the last analysis, vehicle axle loading only based on the weight of vehicle and passenger, and used unsuitable failure prediction theory for knuckle that made from brittle material. For that reason, on this thesis I figure out vehicle axle loading on particular operation condition to obtain maximum loading on front axle (knuckle is a part that connected with front axle), static analysis on knuckle load system by using particular software, and checking mechanical strength of knuckle by using failure prediction theory that suitable with brittle material, that is maximum normal stress theory.
The conclusion is knuckle prototype generally able to hold back maximum loading except on some construction detail. On this conclusion some repairing alternatives that can be considered to obtain better construction and comparison of the last static analysis result and the present are figured out too.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tresna Priyana Soemardi
"Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kekuatan mekanis knuckle, dibuat dari material FCD 50, dengan menggunakan analisis statis pada pembebanan maksimal. Beban maksimal ini diperoleh dari perhitungan pembebanan pada poros depan kendaraan dalam kondisi operasi kendaraan yang direm pada saat berbelok di jalan menurun. Pada analisis pembebanan poros kendaraan sebelumnya diperoleh beberapa nilai pembebanan pada beberapa nilai kecepatan dan deselerasi. Akhirnya, diperoleh nilai deselerasi dan nilai kecepatan maksimum kendaraan dimana kendaraan aman dioperasikan pada saat direm di jalan menurun dan berbelok. Sebagai perbandingan juga dilakukan perhitungan pembebanan poros depan kendaraan pada kondisi operasi kendaraan yang direm pada saat berbelok di jalan mendatar, karena deselerasi yang berbeda untuk masing-masing kondisi operasi, yaitu 0,5g untuk kondisi operasi di jalan mendatar dan 0,2g untuk kondisi operasi di jalan menurun. Hasil perhitungan tetap menunjukkan pembebanan maksimum pada kondisi operasi di jalan menurun. Studi statika diarahkan pada deskripsi kuantitatif dari gaya-gaya yang bekerja pada struktur teknik dalam kesetimbangan.

Analysis of Kancil?s Knuckle Prototype. The objective of this work is to execute strength analysis of knuckle, which is made from FCD 50, by using static analysis on maximum loading. This maximum loading is obtained from front axle loading calculation on particular operating condition. That is, vehicle is braking while cornering in down hill. From previous vehicle loading calculation, we get a number of loading values on different speed and deceleration. At the end, we get a value of speed and deceleration that guarantee the vehicle safety if it is braking while cornering in down hill. As comparison, loading calculation is executed too for same operating condition on level ground. This is because of different deceleration for each operating condition, 0,5g for operating condition on downhill and 0,2g on level ground. The result shows that maximum loading occurred when vehicle is operated on down hill is larger than on level ground. Study of static focused on quantitative description of loads that act on technical structure in equilibrium."
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2004
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Herliandi
"Anfiback merupakan suatu sistem I alat yang berfungsi untuk mecegah suatu benda bergerak kembali ke arah sebelumnya, Sistem ini banyak digunakan dalam alur kelja proses produksi pada industri. Anliback system yang dibabas dalam skripsi ini digunakan untuk mengunci future proses pengelasan Ia!lgka mobil pada sebuah pabrik produksi mobil di daemb Ka:rawang, Potongun rangka mobil yang akan dirakit melalui proses pengelasan disusun sedcmilcian rupa diatas fu;ture. Setelah selesai proses pengelasan, fiXture yang terletak di alas re!, didorong sampai dengan menyentuh stopper di ujung rel dan dikunci dengan antiback system. Da!am tugas akhir ini analisa yang dilakukan adalah pada dudukan lengan (lever bracket) pengunci yang mengalami kegagalan (duduksn lengan pengunci tersebut menjadi bengkok} Analisa dilakakan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak atau software analisa yaitu CosmosWorks 2005 untuk analisa gaya yang diterima oleh komponen tersebut yang mana sebelunmya dilakakan pemodelan geometri duduksn lengan pengunci dengan menggunakan software 3D CAD So/idWorks 2005.. Konsttuksi dari komponen ini sangat sederbana, merupakan sambungan beberapa pelat baja {steel} dan pipe kotak {square pipe) dangan menggunakan sambungan pengelasan, dimana dalam analisa ini kondisi sambungan dianggap sempurna dalam kondisi pejal sehingga perbitungan sambungan las bisa dlabaikan"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37829
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robyn Frannando
"Tulisan ini membahas tentang perancangan, pembangunan perangkat keras, dan pembuatan program untuk aplikasi prototipe robot mobil wisata. Aplikasi prototipe robot mobil wisata ini dapat diaplikasikan di suatu taman wisata dimana dalam tulisan ini diaplikasikan untuk kebun binatang. Robot mobil wisata ini diharapkan dapat membantu petugas memperkenalkan koleksi taman wisatanya kepada pengunjung. Aplikasi Prototipe robot mobil wisata ini bergerak otomatis mengikuti garis, mendeteksi keberadaan objek didepanya, mendeteksi kandang, memberi pemberitahuan berupa suara dan karakter tulisan melalui LCD. Robot dilengkapi dengan beberapa sensor yaitu sensor pendeteksi jalur, sensor pendeteksi kandang, sensor pendeteksi objek didepan robot, dan dikendalikan dengan menggunakan mikrokontroler AVR ATMega 8535.
Untuk memperlihatkan kinerja dari prototipe ini, pengujian terhadap hasil rancangan telah dilakukan. Pengujian dilakukan terhadap masing-masing komponen penyusun robot dan terhadap robot secara keseluruhan. Dari hasil pengujian, prototipe ini memperlihatkan kinerja yang baik. Beberapa fungsi yang direncanakan dipastikan dapat tercapai. Tetapi untuk membuat dalam ukuran besar yang sesungguhnya perlu dilakukan analisa lebih mendalam lagi baik secara mekanik, elektrik dan piranti lunaknya.

This final project describes the robot design, hardware development, and program development for the Tour Car Robot Prototype. The Tour Car Robot Prototype can be applied in a theme park. In this final project, car robot is applied for zoo. Tour car robot is designed to help officers to introduce the visitors about their zoo collection. Tour Car Robot Prototype moves automatically to follow the line, detect the objects appearing in front of it, detect the cage, give notice in the form of the voice and character writing through LCD. Robot equipped with some sensor, lane detection sensor, cage detection sensor, object detection sensor in front of robot, and is controlled using AVR ATMega 8535 microcontroller.
To demonstrate the performance of this prototype, performance test has been done. The tests are functional test for the performance of each robot component and running test for measure the whole robot performance. As shown from the test results, the prototype has run in good performance. Several planned functions have worked sufficiently. The robot designed in this final project is just prototype. To make in the large sizes, however, some advancement researches regarding mechanical system, electrical system and software is needed.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51356
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kusuma Asmara Brata
"Proses desain untuk struktur mekanik yang kompleks harus dipertimbangkan dari fase pengembangan konsep hingga desain yang lengkap. Dalam industri otomotif, khususnya struktur bodi bus, pengembangan konsep dapat didukung dengan rancangan khusus dan piranti analisa. Saat struktur chassis baru telah dikembangkan, struktur bodi harus direncanakan agar sesuai dengan chassis baru tersebut. Penulis mencoba untuk mengembangkan bodi yang sesuai dengan chassis 0 500 RI 16321 60 (DIN 34) dan akan dikaji kelakuan mekaniknya dengan metode elemen hingga. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan karakteristik puntir dari struktur dengan bantuan piranti lunak metode elemen hingga (NASTRAN) dan pengujian model skala sebagai verifikasi hasil analisa. Dalam tesis ini telah dilakukan simulasi dengan bantuan piranti lunak guna mengetahui respon struktur terhadap pembebanan statis. Kekakuan puntir konsep baru ini diperkirakan relatif sama dengan kekakuan puntir konsep konvensional dengan massa struktur yang lebih ringan. Fenomena puntiran yang terjadi pada hasil analisa metode elemen hingga dapat diverifikasi secara kualitatif dengan pengujian model skala.

Design process for complex mechanical structure must be considered from conceptual phase to detail design. In automotive industry, especially bus body structure, the concept development can be supported by special design and analysis tools. As a new type of chassis have developed, a certain body must be designed to fit it. Author has been trying to develop body for 0 500 R 11632 1 60 [DIN 34] platform and would have it's mechanical behaviour analyzed with finite element analysis. The goals of this research are to examine torsion characteristic of structure with aid of Finite Element Software (NASTRAN) and scale model experiment as a verification. It has been done for structure response against static load in this paper. Torsion stiffness of the new concept predicted relatively equal to conventional 's one even when the weight of new concept structure is set to minimum. Twist phenomenon could be verified qualitatively with scale model experiment."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14950
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardinata Supardi
"Pengembangan mobil listrik pada umumnya dilakukan dengan cara mengganti tenaga penggerak pada mobil motor bakar dengan motor listrik dan memodifikasi drive train sesuai dengan spesifikasi motor listrik yang digunakan. Namun tampilan antarmuka yang digunakan masih menggunakan tampilan pada dashboard bawaan sistem mobil motor bakar. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan dan pengujian prototipe sistem kontrol-monitoring pada sistem mobil listrik. Sistem ini terdiri dari perangkat lunak LabVIEW sebagai antarmuka pengguna dan perangkat keras Arduino sebagai modul kontrol. Pengguna dapat mengatur on off motor listrik, arah putaran, dan pompa pendingin via panel LabVIEW. Selain itu juga, pengguna dapat memilih mode pendinginan manual atau otomatis. Sistem monitoring-nya meliputi tampilan RPM, suhu motor listrik, dan keadaan baterai. Dengan adanya sistem kontrol-monitoring ini, pengguna dapat leluasa menjalankan serangkaian instruksi pada mobil listrik berdasarkan informasi hasil monitoring yang ditampilkan pada LabVIEW secara interaktif. Penelitian ini telah berhasil menjalankan fungsi kontrol dan monitoring atas sistem mobil listrik secara keseluruhan.

The development of electric cars in general is done by replacing the engine on the combustion engine car with electric motor and then drive train is modified in accordance with the specifications of the electric motor used. But the interface used is still using the default display on the dashboard of combustion engine car. The research conducted development and testing of prototype systems and control - monitoring system of electric cars. This system consists of LabVIEW software as the user interface and the Arduino hardware control module. Users can set on off an electric motor, the direction of rotation, and the coolant pump panel via LabVIEW. In addition, users can choose manual or automatic cooling mode. The monitoring system includes the display RPM, temperature electric motor, and battery state. Hopefully, by the control- monitoring system, the user can freely execute a series of instructions on the electric car is based on the results of the monitoring information displayed interactively on LabVIEW. This study has successfully run a control and monitoring functions over the electric car system as a whole.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53843
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angie Ayunda
"Pengembangan prototipe dan analisa perbandingan aplikasi sistem rekrutmen karir berbasis web, merupakan sebuah sistem yang berusaha mengakomodir kebutuhan para pencari kerja dan perusahaan untuk mengefisiensikan waktu dan biaya. Dimana dalam sistes ini dikembangkan sebuah sistem perekrutan karyawan yang dimulai dengan pempublikasian lowongan, pengiriman aplikasi lowongan hingga pelaksaanaan test secara online. Disini juga dibahas mengenai perbandingan perbandingan yang ada dengan situs lowongan kerja sejenis. Apa saja kelebihan dan kekurangan sistem ini secara real. Baik dari segi performansi, waktu respon, design, aspek teknis, dll.

Development of Prototype and Comparison Analysis of Web Based Career Recruitment Application System, is a system that try to give an accommodation of applicant and employer needed to have more efficiency in cost and time. This system is about develop a recruitment on line system that starts when the company publish the vacancy on this website, then the applicant's sending their application until carrying out the on line test. Here is also doing some analysis of comparison that this system has had rather than others system look like. It such on the plus and the minus of this system has had in a real time. It based on performance, time response, design and another technical aspect."
2009
S51121
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Sidiq Fanani
"Dalam dunia perkapalan kemajuan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar termasuk dalam proses reparasi dan pembangunan kapal. Dalam lingkup penyedia jasa pembangunan kapal, tentunya hal ini sangat membantu termasuk dalam efisiensi produksi kapal. Bila dilihat pada umumnya bahwa proses pembuatan kapal (konstruksi) perlu dilakukan di galangan, maka konsep pembangunan kapal yang diusung di skripsi ini mengenai proses pembangunan kapal di non galangan ( workshop ). Hal ini tentunya memberikan keuntungan karena pembangunan kapal menjadi lebih efisien, meminimalisir tempat, waktu serta pengerjaan kapal yang tentunya menguntungkan baik bagi pihak produksi maupun pihak owner. Terobosan dalam ide pembangunan kapal di tempat non galangan ini tidak lepas dari konsep pembuatan konstruksi kapal yang menghindarkan proses bending dan rolling. Tentunya hal tersebut dipenuhi dengan menggunakan profil plat yang lebih sederhana ( profil L welding, profil T, Knuckle, Ron Bar) namun tetap mengacu pada standar klasifikasi yang telah ditentukan BKI. Jenis kapal tentunya cukup dibatasi disini dengan tipe kapal plat datar seperti katamaran plat datar, barge dan kapal ikan plat datar. Tentunya panjang dan berat total akan dibatasi agar sesuai dengan prosedur pembuatan yang memungkinkan dalam workshop. Dengan inovasi ini tentunya proses pembuatan kapal bisa dilakukan dimanapun di seluruh pelosok Indonesia tanpa perlu di galangan.

Technological advances in the shipping world has a profound effect included in the process of repair and ship building. Within the scope of ship construction services provider, you are incredibly helpful, including the production efficiency of the ship. When viewed in general that the shipbuilding process (construction) needs to be done in the shipyard, the ship that brought the concept of development in this thesis about the development process in non dock ship (workshop). This course provides an advantage because the construction of ships to be more efficient, minimizing the place, time and workmanship of course the ship is mutually beneficial to the production as well as the owner. Breakthrough in the development of ideas in non dock ship is not separated from the concept of construction of ships to avoid the bending process and Rolling. Of course it is filled with a simpler plate profile (profile L welding, profile T, Knuckle, Ron Bar) but still refers to a predetermined classification standard BKI. Type of vessel must be quite limited here to the flat plate type of vessel such as a flat plate catamaran, barge and boat fishing a flat plate. Course length and total weight will be limited to match-making procedures that allow the workshop. With this innovation certainly the shipbuilding process can be done anywhere throughout Indonesia without in dry dock."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42931
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Naskah ini merupakan ringkasan yang dikerjakan oleh Mandrasastra pada bulan Agustus 1934. Di dalamnya terdapat dua teks ringkasan, yaitu suluk kancil dan suluk bayanullah. Teks suluk kancil disebut juga sebagai suluk seh lanang, mengisahkan keunggulan tentang patih Prabu Iskandar dalam menjalankan tugasnya. Ada tiga orang patih yang diunggulkan, yaitu Aluamah, Kertipraja dan Among Nata. Mereka bertiga masing-masing diperintahkan menemui Seh Lanang, Seh Jariyah dan Pendeta Suracala. Ketika utusan menemui Seh Lanang, terjadi dialog tentang ilmu, sehingga utusan tertarik, lalu berguru pada Seh Lanang. Utusan berikutnya menemui Seh Jariyah, namun dalam dialog ilmu, utusan menemui keburukan Seh Jariyah, sehingga Seh Jariyah dan wiku-wiku yang lainnya diadili oleh jaksa dan dipenjara. Teks suluk bayanullah bercerita mengenai perjanjian manusia dengan penciptanya dari masa gaib, hingga ajaran bagaimana cara berguru. Teks ini banyak berisi ajaran tasawuf Islam. Keterangan lain mengenai teks suluk bayanullah, lihat deskripsi naskah FSUI/PW. 103. Menurut keterangan di luar teks disebutkan bahwa naskah babon kedua teks ini berasal dari Cirebon. Pigeaud memperolehnya dari Dr. Kraemer dan J. Van de Weg, di Juntikulon, tidak disebutkan tanggal pemerolehan naskah ini. Teks juga tidak memcantumkan keterangan apa pun tentang nama dan tarikh penulisan naskah induk, serta keberadaannya kini."
[Place of publication not identified]: [Publisher not identified], [Date of publication not identified]
PW.107-L 21.20
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
"Cerita binatang atau fabel yang mengandung ajaran, umum terdapat di mana-mana. Setiap daerah mempunyai seekor binatang yang merupakan tokoh utama. Di daerah Toraja misalnya, tokoh utamanya adalah burung hantu, sedangkan di Jawa dan Sumatra adalah sang Kancil atau pelanduk. Di Jawa cerita kancil sangat populer. Mulanya cerita ini beredar secara lisan kemudian dibukukan pada abad ke-19. Cerita tersebut agak digemari, terbukti dengan adanya beberapa buku yang mengalami cetak ulang sampai dua atau tiga kali. Dalam semua versi cerita kancil berbahasa Jawa, ceritanya dapat dilihat sebagai suatu siklus yang menceritakan seluruh riwayat hidup sang Kancil sejak lahir sampai meninggalnya. Salah satu versi Serat Kancil yang tertua adalah Serat Kancil Amongsastra (selanjutnya disingkat SKA) karangan Kyai Rangga Amongsastra, seorang penulis Kadipaten selama pemerintahan PB V di Surakarta. Serat kancil tersebut dikarang pada tahun 1822. Atas usaha Dr. W. Palmer van den Broek, SKA dicetak pada tahun 1878 dengan judul Serat Kancil anyariyosaken lelampahahanipun kancil, kidang, lan sapanunggilanipun satowana. Buku ini diterbitkan kembali pada tahun 1889 dengan perantaraan D.F van der Pant, sesudah mendapat perbaikan di sana sinomi. SKA telah digubah dalam bentuk prosa oleh Ki Padmasusastra (Ng. Wirapustaka) dengan judul Serat Kancil Tanpa Sekar, Lampah-lampahipun Kabayan Kancil, diterbitkan oleh H.A Benjamin di Semarang pada tahun 1909. Berikut di bawah ini adalah isi pokok cerita Serat Kancil Amongsastra: l. Jenang dodol Nabi Sulaeman. 2. Ikat pinggang Nabi Sulaeman. 3. Gambuhelan Nabi Sulaeman. 4. Kancil tertangkap oleh petani. 5. Kancil menangkap raksasa. 6. Kancil menyeberangi sungai dengan menghitung buaya. 7. Lepas dari mulut buaya. 8. Perlombaan kancil dengan siput. 9. Kancil terjerumus ke dalam sumur. 10. Anak berang-berang mati terpijak oleh kijang. 11. Kera merusak persahabatan harimau dengan kerbau, kerbau ditolong kambing. 12. Kijang menyelamatkan anak-anak burung, kemudian burung-burung membalas budi kijang waktu kijang dikhianati oleh kera. 13. Kijang menyelamatkan diri dari buaya. 14. Kijang menolong anak-anak burung branjangan. 15. Sekali lagi kijang menyelamatkan diri dari buaya. 16. Kijang difitnah kuwuk, tetapi kijang ditolong oleh burung branjangan. Kuwuk mati. Serat Kancil lain yang juga mempakan buku induk adalah Serat Kancil yang diterbitkan oleh G.C.T van Dorp di Semarang pada tahun 1871, berjudul Serat Kancil, awit kancil kalahiraken ngantos dumugi pejahipun wonten ing nagari Mesir, mawi kasekaraken. Buku ini mengalami cetak ulang sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1875 dan 1879. Pengarang teks versi ini tidak diketahui. Tentang masa penulisannya, Brandes berpendapat bahwa Van Dorp menerbitkan versi teks lama. Angka tahun 1871 yang termuat pada pupuh pertama edisi ini menunjukkan masa naskah pertama kali naik ke percetakan. Pada tahun 1881 F.L. Winter menyalin teks ini ke dalam bahasa Melayu, berbentuk prosa, dengan judul Lotgevallen van den kantjil in het Maleisch. Setahun berikutnya yaitu pada tahun 1882, ia menyalin dan menerbitkan teks yang sama dalam bahasa Jawa berbentuk prosa dengan judul Lotgevallen van den kantjil, geillustreed met 12 platen uit den poezie in proza overgebracht en voor de jeugd omgewerkt atau Serat dongeng anyariosaken lelampahanipun kancil kajarwekaken dening Tuwan F.L. Winter ing Surakarta, kangge waosan para lare, mawi rinengga ing gambuhbar 12 idji. Kedua buku tersebut diterbitkan oleh Penerbit Gebr. Gimberg di Surabaya. Berikut di bawah ini adalah isi pokok cerita Serat Kancil van Dorp: 1. Kancil ditangkap petani. 2. Perlombaan kancil dengan siput. 3. Kancil terjerumus ke dalam sumur. 4. Kancil menyeberangi sungai dengan berkendaraan seekor buaya. 5. Kancil mendamaikan kera dengan harimau, tetapi berakhir dengan perselisihan antara keduanya. 6. Kancil membunuh 11 ekor anak babi hutan. 7. Jenang dodol Nabi Sulaeman. 8. Ikat pinggang Nabi Sulaeman. 9. Terompet Nabi Sulaeman. 10. Mengadili perselisihan harimau dengan kambing. 11. Mengadili perselisihan burung dares dengan burung beluk. 12. Kancil menyuruh kerbau menghitung buah beringin. 13. Mengikat ular. 14. Kancil menangkap raksasa. 15. Kancil minta 70 buah durmai kepada landak. 16. Kancil menyeberangi sungai dengan menghitung buaya. 17. Menaklukkan semua binatang. 18. Kancil pergi ke Mesir dan pengalaman-pengalaman kancil di Mesir. Serat Kancil Salokadarma merupakan buku induk lain. Buku ini dikarang oleh R.A. Sasraningrat, putra Pakualam di Yogyakarta, berangka tahun 1891. Serat Kancil ini banyak memuat penjabaran ngelmi kasampurnan. R.P. Natarata menggunakan buku tersebut sebagai sumber untuk menggubah Serat Kancil Kridamartana (Yogyakarta: H. Buning, 1909). Berikut ini adalah isi pokok cerita Serat Kancil Salokadarma: 1. Kerbau minta nasehat kuwuk, kemudian kepada kentus karena ancaman harimau. Harimau tertipu oleh kentus. Kuwuk meninggal karena terseret oleh harimau. 2. Kentus meninggal. Istrinya, si kambing melahirkan anak seekor kancil. Kancil dipelihara kerbau sebagai balasan jasa ayahnya. 3. Kancil berlomba dengan siput. 4. Kancil tertangkap petani. 5. Kancil bertobat kepada Tuhan dan diangkat menjadi raja di Gebangtinatar, sebagai wakil Nabi Sulaeman. 6. Buaya yang tak tahu berterima kasih mendapat hukumannya. 7. Harimau menjadi gisau. Dipanggil oleh kancil tidak mau menghadap. 8. Kuwuk juga menyatakan diri menjadi guru, ditangkap oleh sang Kancil dan diasingkan. 9. Harimau dipanggil untuk ketiga kalinya, tetap menolak. Kancil datang kepada harimau dan belajar kepadanya. Harimau diangkat menjadi jurumertani Sang Kancil. Sumber-sumber lain yang menguraikan tentang Serat Kancil cukup banyak. Di antaranya adalah Vreede 1892: 313-314, Brandes 1903, Pratelan I: 137-147, II: 250-255, Juynboll 1911: 104, Asdi Saridal Dipodjojo 1962, Behrend 1990: 327-332. Setelah melihat naskah-naskah Serat Kancil koleksi Ruang Naskah FSUI (FSUI/CL.57-62) ternyata masing-masing teks merupakan versi tersendiri. Keterangan lebih lanjut lihat masing-masing deskripsi naskah. Adapun CL.57 ini diberi judul Dongeng Sato Kewan oleh Pigeaud. Namun demikian, teks ini tidak ada kaitan sama sekali dengan karangan C.F. Winter dengan judul yang sama (berulang kali terbit sejak 1854, lihat Pratelan I: 40-41), melainkan, penyunting cenderung menganggap teks ini sebagai seversi dengan Cerita Kancil karena hanya cerita binatang dengan kancil sebagai tokoh utamanya yang dimuat di dalamnya. Cerita siklus Kancil dimulai dari kelahiran kancil sampai menjadi raja di negara Rum. Naskah ini memuat banyak ajaran di antaranya adalah ajaran keong kepada kancil tentang agama Islam, ajaran Seh Imam Sapingi, Nabi Muhammad dan lain-lain. Secara garis besar isi pokok Serat Kancil ini adalah sebagai berikut: 1. Kancil lahir dari seorang putri pendeta bernama Dewi Sungkawa. 2. Kancil ditangkap bapak tani. 3. Perlombaan kancil dengan keong. 4. Kancil tercebur ke dalatn sumur, kemudian menipu gajah sehingga berhasil keluar dari sumur. 5. Kancil bertemu dengan kijang. 6. Kancil bertemu buaya. 7, Kancil menolong kera dari ancaman harimau, kemudian mendamaikan keduanya. 8. Kancil membunuh 11 ekor anak babi hutan. 9. Kancil mengelabui harimau dengan menyuguhi jenang yang sebenarnya adalah tlethong (tahi kerbau/sapi). 10. Harimau kembali dikelabui oleh kancil untuk mengenakan ikat pinggang dari Tuhan yang sebenarnya adalah ular. Ular dan harimau bertarung. 11. Harimau ditipu dengan terompet dari Tuhan. 12. Kancil bertemu kembali dengan keong dan mengadakan perlombaan. Kancil kalah, akhirnya diberi wejangan tentang kehidupan di dalam guwa garba, agama Islam, ajaran S'eh Imam Supingi, ajaran Nabi Muhammad dan lain-lain. 13. Kancil bertemu dengan babi hutan, harimau dan gajah Keempatnya pergi mencari ikan. 14. Kancil membunuh raksasa. 15. Kancil bertempur dengan buaya. 16. Kancil pergi ke Mesir dan bertemu dengan Putri Mesir. 17. Kancil berubah wujud menjadi seorang pria tampan, menikah dengan putri Mesir setelah mengalahkan Adipati Basunanda. 18. Kancil yang telah berubah menjadi pria tampan bertahta di Mesir. Cerita Kancil versi ini lebih dekat pada cerita kancil versi Van Dorp walaupun ada perbedaannya. Sebagian besar pokok ceritanya sama: Perbedaan hanya terletak pada akhir episode yaitu ketika kancil berada di Mesir. Teks Van Dorp berakhir dengan kematian Kancil di tangan Adipati Basunanda, sedangkan naskah ini diakhiri dengan kemenangan Kancil atas Basunanda. Teks ini terdiri dari 76 pupuh, banyak di antaranya pendek-pendek, atau bahkan terdiri atas satu bait saja. Mandrasastra sudah membuat ringkasan dari naskah ini pada bulan November 1933. Ringkasan sebanyak 16 halaman tersebut dimikrofilm bersama-sama naskah ini. Daftar pupuh: (1) dhandhanggula; (2) gambuh; (3) sinom; (4) kinanthi; (5) dhandhanggula; (6) pucung; (7) duduk; (8) sinom; (9) durma; (10) asmarandana; (11) pangkur; (12) pucung; (13) asmarandana; (14) durma; (15) dhandhanggula; (16) duduk; (17) sinom; (18) durma; (19) gambuh; (21) asmarandana; (22) pangkur; (23) dhandhanggula; (24) pucung; (25) dhandhanggula; (26) sinom; (27) pucung; (28) asmarandana; (29) dhandhanggula; (30) sinom; (31) pangkur; (32) asmarandana; (33) dhandhanggula; (34) sinom; (35) dhandhanggula; (36) sinom; (37) durma; (38) pangkur; (39) durma; (40) asmarandana; (41) asmarandana; (42) kinanthi; (43) asmarandana; (44) dhandhanggula; (45) sinom; (46) durma; (47) dhandhanggula; (48) kinanthi; (49) dhandhanggula; (50) asmarandana; (51) pangkur; (52) kinanthi; (53) mijil; (54) dhandhanggula; (55) kinanthi; (56) mijil; (57) kinanthi; (58) sinom; (59) mijil; (60) dhandhanggula; (61) kinanthi; (62) mijil; (63) kinanthi; (64) maskumambang; (65) dhandhanggula; (66) sinom; (67) pangkur; (68) durma; (69) dhandhanggula; (70) mijil; (71) dhandhanggula; (72) sinom; (73) durma; (74) dhandhanggula; (75) maskumambang; (76) pangkur. Naskah sama sekali tidak memuat nama pengarang teks atau penyalin naskah. Pupuh pertama hanya menyebutkan peringatan kelahiran K.B.R.A. Pati pada Sabtu Wage\ 25 Sapar, Wawu 1779, tetapi penanggalan tersebut penuh dengan ketidakcocokan atau kekeliruan (mulai dari nama warsa, hingga kecocokan hari-pasaran-tanggal, dst), sehingga meragukan untuk pegangan masa penyalinan. Pada awal tahun 1930an naskah ini dimiliki Kanjeng Bendara Jayengharjana (Harjawigena) seperti tertulis pada keterangan di h.i. Ia membeli naskah ini dari R.T. Patih Jayeng Irawan dari Istana Pakualaman Yogyakarta, pada tangal 17 Maret 1932 seharga /5,00 (h.ii). Pada h.ii-iii, h.l terdapat cap bertuliskan nama R.M.T Djajeng Irawan, Pakualaman Jogjakarta. Naskah kemudian dibeli oleh Pigeaud di Yogyakarta pada tangal 24 Mei 1933."
[Place of publication not identified]: [Publisher not identified], [Date of publication not identified]
CL.57-NR 246
Naskah  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>