Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86380 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Devi Herliandi
"Anfiback merupakan suatu sistem I alat yang berfungsi untuk mecegah suatu benda bergerak kembali ke arah sebelumnya, Sistem ini banyak digunakan dalam alur kelja proses produksi pada industri. Anliback system yang dibabas dalam skripsi ini digunakan untuk mengunci future proses pengelasan Ia!lgka mobil pada sebuah pabrik produksi mobil di daemb Ka:rawang, Potongun rangka mobil yang akan dirakit melalui proses pengelasan disusun sedcmilcian rupa diatas fu;ture. Setelah selesai proses pengelasan, fiXture yang terletak di alas re!, didorong sampai dengan menyentuh stopper di ujung rel dan dikunci dengan antiback system. Da!am tugas akhir ini analisa yang dilakukan adalah pada dudukan lengan (lever bracket) pengunci yang mengalami kegagalan (duduksn lengan pengunci tersebut menjadi bengkok} Analisa dilakakan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak atau software analisa yaitu CosmosWorks 2005 untuk analisa gaya yang diterima oleh komponen tersebut yang mana sebelunmya dilakakan pemodelan geometri duduksn lengan pengunci dengan menggunakan software 3D CAD So/idWorks 2005.. Konsttuksi dari komponen ini sangat sederbana, merupakan sambungan beberapa pelat baja {steel} dan pipe kotak {square pipe) dangan menggunakan sambungan pengelasan, dimana dalam analisa ini kondisi sambungan dianggap sempurna dalam kondisi pejal sehingga perbitungan sambungan las bisa dlabaikan"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37829
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasudungan, Maurice F.
"ABSTRAK
Ada tiga tahapan kegiatan yang dilakukan di dalam menganalisis keamanan suatu struktur pesawat terbang umumnya dan struktur dudukan mesin (engine mount) khususnya, yaitu:
1. Pengujian awal melalui permodelan komputer dengan menggunakan program NASTRAN. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi beban yang tenadi pada struktur yang dimodelkan.
2. Analisis kekuatan slruktur (strength analysis structure). Melalui analisis kekuatan struktur ini, kita menganalisis bagian-bagian kritis, dimana terdapat konsentrasi tegangan yang lebih besar dibandingkan yang lainnya, dengan teori-teori mekanika struktur yang ada.
3. Pengujian akhir melalui serangkaian test yang diadakan untuk mensimulasi kekuatan struktur terhadap kondisi penerbangan yang sebenarnya.
Penulis dalam hal ini melakukan tahapan kegiatan yang kedua dan melakukan tahapan kegiatan pertama secara tidak Iangsung.
Penulis mencoba menganilisis kekuatan struktur dudukan mesin (engine mount) dengan menggunakan modei yang lebih teliti dibandingkan permodelan sebelumnya, yang hanya menggunakan elemen rangka batang, dengan mengambil sampel salah satu bagian dari struktur dudukan mesin (engine mount), yakni struktur rangka batang melengkung dudukan mesin (curve strut machine engine mount), yang berfungsi sebagai penyambung antara dudukan mesin (engine mount) dengan sayap (wing).
Hasil yang diperoleh melalui analisis ini berupa batas keamanan atau margin of safety dari eIemen~eIemen kritis yang ada pada struktur yang diteliti.

"
1996
S36236
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aulia Hafif
"Dalam rangka pembuatan sebuah supporting item pada helikopter dibutuhkan perhitungan analisa tegangan yang tepat sehingga dapat diketahui kemampuan dari struktur untuk menanggung beban yang diberikan. Pembuatan dudukan Antenna KAC 952 dan Exciter KTR 953 yang merupakan bagian dari KHF 950 HF yang merupakan sebuah supporting item pada helikopter BELL 206 L4. Pemasangan ini dilakukan dengan adanya service buletin yang diterbitkan oleh perusahaan BELL. Berdasarkan aturan yang diterbitkan oleh CASR sebagai lembaga yang mengatur tentang keamanan dalam regulasi pesawat terbang, supporting item harus mampu menahan load case yang diberikan. Load case tersebut yaitu forward 12 G, downward 12 G, sideward 6 G, rearward 1,5 G dan upward 1,5 G. Proses yang dilakukan dalam mendisain dan simulasi terhadap pembuatan dudukan ini merupakan sebuah aplikasi ilmu yang diterapkan dalam sebuah karya nyata. Pembuatan dudukan ini dilakukan simulasi dengan memasukan load case yang ada dari luar dan diuji kemamputahanan dari dudukan yang telah didisain dengan menggunakan software berbasis finite elemen modeler yaitu ANSYS. Penggunaan software dilakukan untuk mempermudah perhitungan. Dari hasil simulasi software didapatkan tegangan von-Misses, tegangan normal, dan tegangan geser. Untuk tegangan normal dan tegangan geser dilakukan perhitungan margin of safety yang memberikan gambaran bahwa dudukan untuk KAC 952 dan KTR 953 ini dapat memenuhi sarat sebagai supporting item dimana nilai margin of safety lebih besar dari nilai yang ditetapkan oleh PT XYZ.
In case to make a supporting item for the helicopter, needed a analysis of the stress where the supporting item to be. The stress analysis use to simulate the ability of supporting item from the given load. Tray of KAC 952 and KTR 953 which is part of KHF 950 HF is a supporting item in the helicopter BELL 206 L4. This installation because of the new service bulletin from the BELL Company. Under the rules issued by the CASR as the agency that regulates the regulation of safety in aircraft, supporting the item must be able to withstand a given load case. The load case is forward 12 G, 12 G downward, sideward 6 G, rearward 1.5 G and upward of 1.5 G. The process in design and simulation for this tray is an application of the knowledge in a real work. The making of this tray simulate by input of the external load and endurance test. Design of the tray made by finite elemen modeler basis software that ANSYS. This software use to make easier calculating. From the software simulation results obtained von Misses stress, normal stress and shear stress. For normal stress and shear stress calculation of the margin of safety which suggests that the holder for KAC KTR 952 and 953 can be complied with as a supporting item where the value of the margin of safety is greater than the value set by PT XYZ."
2017
S66368
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aida Mahmudah
"Salah satu industri otomotif yang bergerak di bidang angkutan niaga adalah PT. KANCIL. (PT. Kumia Abadi Niaga Citra Indah Lestari) dengan produk angkutan niaga yang bernama KANCIL (akronim dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah) sebagai angkutan pengganti bajaj. Realisasi rencana produksi mobil KANCIL mulai dilaksanakan pada akhir tahun '90-an. Objek kerja sama yang dilakukan PT. KANCIL dengan salah satu rekanannya, yaitu Politeknik Manufaktur Bandung, (POLMAN - Bandung) adalah berupa perancangan dan pembuatan prototype bagian front axle dan steering system. Dan salah satu bagian penting dari front axle kendaraan roda empat adalah knuckle yang berfungsi untuk menempatkan roda sekaligus menahan beban pada kendaraan tersebut. Prototype knuckle ini lah yang menjadi bahan kajian dalam tulisan ini.
Tulisan ini membahas mengenai analisa statis kekuatan mekanis prototype knuckle mobil KANCIL. Pada analisa sebelumnya, pembebanan poros kendaraan hanya berdasarkan berat kendaraan dan penumpang, dan teori kegagalan yang digunakan kurang sesuai untuk knuckle yang dibuat dari material rapuh, yaitu FCD50. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini penulis membahas mengenai analisa pembebanan poros kendaraan pada kondisi operasi tertentu untuk mendapatkan pembebanan maksimum di poros depan (knuckle adalah komponen yang berhubungan dengan poros depan kendaraan), analisa statis pada sistem gaya knuckle dengan menggunakan bantuan piranti lunak tertentu, dan memeriksa kekuatan mekanisnya dengan menggunakan teori kegagalan yang sesuai untuk material rapuh, yaitu kriteria teori tegangan normal maksimum.
Pada akhir analisa, disimpulkan bahwa prototype knuckle secara umum mampu menahan beban maksimum, kecuali pada beberapa detail konstruksi. Pada kesimpulan ini pun diuraikan beberapa alternatif perbaikan konstruksi yang dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan konstruksi yang lebih baik, dan membandingkan hasil analisa yang dihasilkan pada kajian ini dengan hasil analisa sebelumnya.

One of industrial automotive that move on commercial transportation is PT. KANCIL (PT. Kurnia Abadi Mega Citra Indah Lestari) with their public transportation product, named KANCIL (acronym from Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah) as public transportation that will replace bajaj. Realization from KANCIL production planning begins on late of ’90. The object of corporation project between PT. KANCIL with one of their colleague, that is Politeknik Manufalctur Bandung (POLMAN - Bandung), is designing and making steering system and front axle prototype. One of the important parts from front axle of four wheel vehicle is knuckle, a part that fixing the wheel and hold back the vehicle load. This knuckle prototype is the object of' the present experiment.
This thesis discusses about static analysis of strength mechanical of KANCIL's knuckle prototype. On the last analysis, vehicle axle loading only based on the weight of vehicle and passenger, and used unsuitable failure prediction theory for knuckle that made from brittle material. For that reason, on this thesis I figure out vehicle axle loading on particular operation condition to obtain maximum loading on front axle (knuckle is a part that connected with front axle), static analysis on knuckle load system by using particular software, and checking mechanical strength of knuckle by using failure prediction theory that suitable with brittle material, that is maximum normal stress theory.
The conclusion is knuckle prototype generally able to hold back maximum loading except on some construction detail. On this conclusion some repairing alternatives that can be considered to obtain better construction and comparison of the last static analysis result and the present are figured out too.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S34288
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erson Efandy Mampuk
"Mesin thresher adalah mesin yang digunakan di pabrik pangolahan kelapa sawit yang fungsinya untuk melepaskan buah (brondolan) dari tandannya (bunch). Prinsip kerjanya adalah dengan memutar serta menjatuhkan tandan buah sawit berkali-kati di dalam thresher drum. Komponen utama dalam thresher drum adalah: poros, arm dan silinder yang berupa grating dari pelat-pelat strip. Tugas akhir ini khusus menganalisa komponen thresher arm dibawah pembebanan yang disimulasikan. Karena bentuk geometris yang tidak sederhana, proses pemodelan dan perhitungan dilakuk:an dengan bantuan program SolidWorks untuk pemodelan dan ANSYS Workbench untuk analisa struktur yang berbasis metode elemen hingga. Walaupun pembebanan yang sebenarnya berupa beban-beban stalik dan dinamik, ana[isa yang dilakukan hanya analisa statik dengan menyederhanakan beban-beban dinamik menjadi beban statik. Solusi-solusi yang dicari berupa medan tegangan dan deformasi pada thresher untuk mengetahui letak daerah kritis dan besaran tegangan tegangan dan deformasi yang terjadi pada bagian tersebut.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37483
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36041
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sekundariyadi
"ABSTRACT
Dalam rangka memanfaatkan fasilitas yang tersedia di jurusan Teknik Mesin yang
berupa satu set mesin Timor SOHC sumbangan P.T. Timor Putra Nasional, rnaka
dibentuklah proyek Timor. Proyek Timor ini merupakan kegiatan yang dilakukan
mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk diterapkan
secara nyata dalam bentuk 'used car rebuild'.
Mesin Timor ini diaplikasikan pada bodi kendaraan Dodge Avenger, jenis sedan,
tahun pembuatan 1979. Alternatif pemilihan kendaraan ini menggunakan asumsi bahwa
bentuk bodi, beral mesin, maupun kapasitas silindernya tidak jauh berbeda jika kita
membandingkan dengan kendaraan Timor. Satu hal prinsip yang berbeda adaiah
penempatan mesin pada dudukannya yang berhubungan dengan jenis penggeraknya.
Pada kendaraan Timor, mesin dipasang sejajar, menggunakan penggerak roda depan
(front wheel drive). Sedangkan pada kendaraan Dodge Avenger, mesin dipasang
melintang, menggunakan penggerak roda belakang (rear wheel drive).
Untuk mengatasi hal ini, berdasarkan asumsi yang ada, maka dirancang sebuah
engine adapier atau penyesuai dan dibuat dudukan mesin Timor yang baru agar dapat
dipasang pada ruang mesin Dodge Avenger. Mesin Timor tersebut dipasang secara
meiintang dan dengan menggunakan adapter disambungkan dengan gear-box Dodge
Avenger. Dalam penelitian ini, penulis membatasi masalah pada tinjauan dan analisa
struktur engine mountingnya sja.
Dudukan mesin yang memadai merupakan suatu hai yang penting dalam
penentuan terhadap kelaikan suatu kendaraan bermesin. Hal inilah yang mendasari
penulis untuk mengetengahkan tinjauan analisa dudukan mesin Timor SOHC pada
kendaraan Dodge Avenger sebagai tugas sarjana (S1) Jurusan Teknik Mesin - Fakultas
Teknik Universitas lndonesia.

"
1999
S36104
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kusuma Asmara Brata
"Proses desain untuk struktur mekanik yang kompleks harus dipertimbangkan dari fase pengembangan konsep hingga desain yang lengkap. Dalam industri otomotif, khususnya struktur bodi bus, pengembangan konsep dapat didukung dengan rancangan khusus dan piranti analisa. Saat struktur chassis baru telah dikembangkan, struktur bodi harus direncanakan agar sesuai dengan chassis baru tersebut. Penulis mencoba untuk mengembangkan bodi yang sesuai dengan chassis 0 500 RI 16321 60 (DIN 34) dan akan dikaji kelakuan mekaniknya dengan metode elemen hingga. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan karakteristik puntir dari struktur dengan bantuan piranti lunak metode elemen hingga (NASTRAN) dan pengujian model skala sebagai verifikasi hasil analisa. Dalam tesis ini telah dilakukan simulasi dengan bantuan piranti lunak guna mengetahui respon struktur terhadap pembebanan statis. Kekakuan puntir konsep baru ini diperkirakan relatif sama dengan kekakuan puntir konsep konvensional dengan massa struktur yang lebih ringan. Fenomena puntiran yang terjadi pada hasil analisa metode elemen hingga dapat diverifikasi secara kualitatif dengan pengujian model skala.

Design process for complex mechanical structure must be considered from conceptual phase to detail design. In automotive industry, especially bus body structure, the concept development can be supported by special design and analysis tools. As a new type of chassis have developed, a certain body must be designed to fit it. Author has been trying to develop body for 0 500 R 11632 1 60 [DIN 34] platform and would have it's mechanical behaviour analyzed with finite element analysis. The goals of this research are to examine torsion characteristic of structure with aid of Finite Element Software (NASTRAN) and scale model experiment as a verification. It has been done for structure response against static load in this paper. Torsion stiffness of the new concept predicted relatively equal to conventional 's one even when the weight of new concept structure is set to minimum. Twist phenomenon could be verified qualitatively with scale model experiment."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T14950
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniadi Ramadhan
"Gangguan dalam menghasilkan sistem tenaga listrik dapat menyebabkan ketidakstabilan tegangan pada sistem beban. Ketidakstabilan tegangan dalam sistem menyebabkan sistem beroperasi secara tidak normal yang menyebabkan keruntuhan tegangan atau pemadaman total di seluruh sistem. Makalah ini membahas analisis stabilitas tegangan statis dan dinamis dari Sistem Tenaga Senayan-Sambas dengan menggunakan perangkat lunak ETAP12.6.0 untuk simulasi aliran beban dan simulasi analisis sementara. Perubahan pengaruh persentase beban dan catu daya reaktif dari tegangan sistem akan diamati menggunakan analisis statis. Skema pelepasan beban dengan relai di bawah tegangan dan kompensator daya reaktif dalam beban, yang akan dilindungi ketika terjadi gangguan masif pada generator, akan digunakan sebagai sistem. Skema pelepasan beban disampaikan untuk mengembalikan dan menstabilkan tegangan sistem. Skema tersebut kemudian akan menjatuhkan beberapa beban prioritas tinggi dari sistem. 15 MVA atau 12,32% dari seluruh beban akan dihemat untuk mencegah beban dari tersandung kompensator daya reaktif yang digunakan dengan 30 capasitive rating MVAR.

Interference in generating electric power systems can cause voltage instability in the load system. Voltage instability in the system causes the system to operate abnormally which causes a voltage collapse or a total blackout throughout the system. This paper discusses the static and dynamic stress stability analysis of the Senayan-Sambas Power System using ETAP12.6.0 software for load flow simulations and transient analysis simulations. Changes in the effect of the percentage load and reactive power supply of the system voltage will be observed using static analysis. A load release scheme with a relay under voltage and a reactive power compensator in the load, which will be protected when there is massive interference with the generator, will be used as a system. The load release scheme is delivered to restore and stabilize the system voltage. The scheme will then drop some high priority loads from the system. 15 MVA or 12.32% of the total load will be saved to prevent the load from tripping over the reactive power compensator used with 30 MVAR rating capacities."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>